Sabtu, September 10, 2011
0
JAKARTA-(IDB) : Menteri Pertahanan Korea Selatan Jenderal (Purn) Kim Kwan-jun menilai, Indonesia memiliki potensi besar menjadi negara yang diperhitungkan di bidang pertahanan. "Berdasarkan sumberdaya alam dan sumberdaya manusianya, Indonesia siap jadi kekuatan besar di kawasan Asia," kata Kwan-jun dalam Seminar Pertahanan “Saling Membangun Kerja Sama Industri Pertahanan” di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (9/9).

Kim dalam kesempatan itu, menyarankan agar Indonesia memperkuat pertahanan wilayah laut. Hal ini, kata dia, karena secara geografis Indonesia mirip dengan Korea Selatan dan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. "Penguatan industri kapal sudah jadi wajar dan sangat tepat," katanya.

Dia menuturkan, industri kapal Korea sudah menjadi kelas dunia. Selain itu, Korea sudah mampu membangun pesawat tempur dan kapal perang. Kwan-jun mengatakan, negaranya siap berbagi pengalaman dan ilmu membangun industri pertahanan, khususnya kapal perang dan pesawat tempur dengan Indonesia. "Kerja sama ini akan mendukung peningkatan ekonomi Indonesia dan Korsel," kata Kim.

Kerja sama RI-Korea sudah berlangsung sejak 2004 dengan membangun kapal Landing Platform Dock (LPD). “Sekarang siap mendukung industri kapal di Indonesia,” tambahnya.

Sumber: Jurnas

0 komentar:

Posting Komentar