Senin, Juli 04, 2011
0

SURABAYA-(IDB) : Perkembangan lingkungan saat ini telah menciptakan suatu tantangan yang harus dihadapi oleh prajurit Penerbangan TNI Angkatan Laut. Hal ini telah membawa implikasi berupa tuntutan dan tantangan bagi prajurit Penerbangan TNI Angkatan Laut untuk meningkatkan profesionalisme dan disiplin prajurit sehingga memiliki tingkat kesiapan yang tinggi serta mampu dihadapkan pada tantangan tugas yang semakin kompleks,
pada hari Rabu 22 Juli 2011 bertempat di Marshelling Area Lanudal Juanda, Puspenerbal melaksanakan upacara pembukaan Back To Basic, selaku Inspektur Upacara Wadan Puspenerbal Kolonel Laut (P) I. Nyoman Nesa.
Pada TW II TA. 2011 Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut mengadakan Back to Basic selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 22 sampai dengan 24 Juni 2011, materi yang dipelajari meliputi teori yang dilaksanakan di Wispa Lanudal Juanda berupa Air Landed, Air Droop (Rubber duck, Low level air droop,Junpur), Marshaller, Patroli Maritim, Navgen (A Juanda air Ploting), Flight Paln, NACS, Helideck Party, Sosialisasi Juanda VFR Route dan Flight Training Area, Materi praktek lapangan berupa Halideck Party, Mashaller dan demo NACS. Pada kegiatan Back to Basic ini Jumlah peserta 125 orang terdiri dari Puspenerbal, Wing 1, Lanudal Juanda, Fasharkan Pesud dan perwakilan dari wing Udara 2, Lanudal Tanjung Pinang, Matak, Kupang serta Sabang.  

Back to Basic berakhir pada hari jumat tanggal 24 Juni 2011, di tandai dengan pelepasan tanda peserta oleh Dirrops Puspenerbal Kolonel Laut Sujatmiko (Papelat) sekaligus sebagai Irup pada upacara penutupan kegiatan Back to Basic tahun 2011 yang diadakan dihalaman depan Wispa Lanudal Juanda.
Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan back to basic ini adalah dalam rangka memberikan penyegaran kembali agar prajurit Penerbangan TNI Angkatan Laut selalu meningkatkan profesionalisme sebagai prajurit matra laut yang bertugas di bidang penerbangan  dengan  harapan kembali dipercaya untuk mengawaki alutsista penerbangan yang modern dan canggih agar menjadi satuan penerbangan yang solid dan kuat   menjadi penerbangan yang besar dan mampu untuk berkolaborasi dengan alutsista TNI Angkatan Laut yang lain dalam rangka mengamankan dan menjaga kedaulatan yuridiksi nasional indonesia di laut. 

Dengan telah terlaksananya kegiatan back to basic ini diharapkan seluruh peserta mampu memahami tujuan yang sebenarnya yaitu untuk meningkatkan soliditas sesama prajurit dan meningkatkan kwalitas pengabdian sesuai dengan bidang masing-masing dalam rangka mebesarkan Penerbangan TNI Angkatan Laut yang kita cintai ini sehingga mampu meraih kejayaan seperti tahun 60 sampai 70-an.
  

Sumber: Puspenerbal

0 komentar:

Posting Komentar