Sabtu, Juli 30, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Angkatan Laut Iran kembali berhasil menyelamatkan kapal tanker minyak, Hoda, dari serangan sekelompok bajak laut di Selat Bab el-Mandeb.
 
Para bajak laut menaiki speedboat yang dilengkapi dengan roket berpeluncur granat (RPG) dan sejumlah senjata dan menyerang kapal tanker milik Iran. Demikian disampaikan juru bicara Angkatan Laut Iran dalam siaran pers, hari Juamt (29/72011)

Menurut laporan tersebut, para pembajak laut menyerang kapal tanker minyak Iran yang bernama Hoda. Ketika mereka mencoba membajak kapal tersebut, Angkatan Laut Iran bertindak cepat yang kemudian memaksa para perompak melarikan diri dari tempat kejadian.

Teluk Aden yang menghubungkan Samudera Hindia dengan Terusan Suez dan Laut Mediterania adalah rute tercepat untuk perjalanan antara Asia, Eropa dan Amerika . Rute ini dilewati sekitar 20.000 kapal dalam setiap tahunnya.

Namun, serangan perompak Somalia yang dilengkapi senjata berat dan speedboat mendorong sejumlah perusahaan besar di dunia beralih rute dari Terusan Suez. Namun rute lain tentunya akan menyedot dana yang lebih besar.

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar