Senin, Mei 30, 2011
0
MAKASSAR-(IDB) :  Muhibah yang membawa misi latihan anti perompak Kapal Perang Rusia Admiral Panteleyev berakhir. Kapal yang berpengalaman menggagalkan aksi perompakan di laut ini kembali ke negaranya. Kemarin, Minggu, 29 Mei bertempat di Dermaga Soekarno, Admiral Panteleyev bertolak menuju Rusia pada pukul 10.00 wita.

KRI Oswald-354 memandu Admiral Panteleyev menuju perairan Makassar. Selanjutnya kedua kapal perang tersebut berpatroli hingga ke perbatasan Perairan Makassar. Usai latihan, Admiral Panteleyev bersama kapal sipil jenis tunda melanjutkan perjalanan ke Rusia.

Selama di Makassar  sejak  24 Mei lalu, beberapa kegiatan dilakukan Angkatan Laut Rusia dan TNI AL. Selain simulasi antiperompak, Courtesy Call serta seminar anti perompak menjadi rangkaian kunjungan Admiral Panteleyev. Sehari sebelum  ke Rusia, kapal berjenis buru selam ini membuka open ships bagi masyarakat dan pelajar Makassar.

Panglima Flotila Armada Pasifik Colonel (Laut) Victor N. Sokolov sesaat sebelum berangkat mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Makassar serta Lantamal VI. Penyambutan dan jamuan yang luar biasa dirasakan Viktor sebagai ungkapan persahabatan kedua negara. Viktor berjanji kerja sama dan persahabatan tersebut akan terus terjalin, termasuk dalam bentuk kegiatan militer. "Banyak yang telah kami lakukan disini, termasuk sharing mengenai upaya antiperompak. Banyak yang pelajari di TNI AL, kami merasa berbangga berada disini," ungkapnya.

Komandan Lantamal VI Brigadir Jenderal TNI Marinir Chaidier  Patonnory menyampaikan  bahwa hubungan kerja sama  TNI AL dan AL  Rusia terjalin sejak lama. Bahkan sebagian kendaan tempur TNI AL  berasal dari Rusia. "Saya berharap hubungan yang sudah terjalin selama ini semakin erat," tambahnya.

Sumber: Fajar

0 komentar:

Posting Komentar