Selasa, Mei 03, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Anggota Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran, Mohammad Mahdi Shahriari mengkonfirmasikan keseriusan negaranya untuk menggalang hubungan diplomatik dengan Mesir. "Lobi serius antara kedua negara tengah berjalan untuk mempersiapkan peluang lebih besar bagi hubungan diplomatik Iran-Mesir," ungkap Shahriari Senin (2/5) saat mengomentari peresmian kedutaan Tehran dan Kairo.

Terkait urgensitas jalinan hubungan diplomatik Kairo-Tehran, Shahriari menandaskan, Iran dan Mesir, dua negara penting di kawasan dan jika keduanya saling bekerjasama maka akan mampu memainkan peran signifikan baik di tingkat regional maupun internasional.

Deputi menteri luar negeri Iran urusan Timur Tengah, Mohammad Reza Sheibani baru-baru ini menilai peningkatan hubungan Tehran-Kairo dalam koridor kepentingan kedua pihak. Dikatakannya, hubungan ini akan terus meningkat sesuai dengan kepentingan kedua bangsa serta akan memperhatikan kemaslahatan masing-masing serta kawasan.

Nabil al-Arabi, Menteri Luar Negeri Mesir berulangkali menyatakan bahwa Mesir saat ini tengah berupaya meningkatkan tingkat hubungan diplomatiknya dengan Republik Islam Iran.

Di sisi lain, para petinggi Iran menyambut baik membaiknya hubungan negara ini dengan Mesir serta menilai hal ini menguntungkan kedua belah pihak dan kawasan.

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar