Senin, April 04, 2011
0
Pesawat C-130 Hercules TNI AU
JAKARTA-(IDB):TNI Angkatan Udara kembali mengerahkan satu pesawat C-130 Hercules dan satu pesawat CN-235 untuk membantu pemadaman api yang masih melalap tiga kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah.

"Kedua pesawat sudah diberangkatkan tadi pagi membawa 'foam' (busa, red) pemadam api," kata juru bicara TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Bambang Samoedro ketika dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Minggu.

Marsekal Pertama Bambang Samoedro menambahkan, kedua pesawat tersebut diberangkatkan dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma dan Pangkalan Udara Abdurahman Saleh, Malang.

Selain itu, TNI Angkatan Udara juga menyiagakan satu lagi helikopter untuk membantu pemadaman tersebut.

Sebelumnya, TNI Angkatan Udara sudah mengerahkan dua unit C-130 Hercules dan satu pesawat Fokker untuk membawa "foam" pemadam api ke Cilacap.

Dua helikopter TNI Angkatan Udara dari Pangkalan Udara Atang Sendjaya,Bogor, juga telah berada di lokasi sejak Sabtu (2/4).

"Kini satu helikopter masih kami siagakan dan siap untuk diterbangkan jika diperlukan," kata Bambang.

Ia menambahkan, hingga kini sudah 41,5 ton "foam" pamadam api yang diangkut ke Cilacap.

"Sementara itu yang kita kerahkan, jika perkembangan di lapangan belum bisa diatasi oleh unsur-unsur yang ada maka TNI AU akan menambah armadanya untuk mengatasi kebakaran itu," kata Bambang.

Terkait itu, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat langsung menuju lokasi untuk memastikan situasi terakhir di lokasi kebakaran, sehingga bisa dipastikan armada yang akan dikerahkan nantinya.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan akan mengerahkan enam unit helikopter untuk menyemprotkan busa (foam) pemadam api ke atas tiga tangki penimbunan BBM Kilang minyak Cilacap Jawa Tengah yang terbakar sejak Sabtu (2/4).

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, satu-satunya cara melokalisasi kobaran api yakni dengan menyemprotkan foam dari atas dengan helikopter.

"Penyemprotan akan dilakukan sepanjang hari. Sebab, bahaya jika api menjalar ke tangki lain," ujarnya.

Selain helikopter dari TNI AU, Kepolisian Daerah Jateng juga mengerahkan satu unit helikoper dari Semarang. Saat ini helikopter dari Polda Jateng sudah sampai di Bandara Tunggul Wulung.


Sumber: Kemhan

0 komentar:

Posting Komentar