Sabtu, Oktober 18, 2014
0
NEW DELHI-(IDB) India berhasil menguji tembak rudal jelajah jarak jauh buatan dalam negeri, Nirbhay Jumat (17/10/2014). Rudal canggih India itu menjadi pesaing rudal jelajah milik Amerika Serikat (AS), Tomahawk.

Itu merupakan uji tembak rudal jelajah jarak jauh berkemampuan nuklir yang pertama kali dilakukan India. Rudal “Nirbhay” meluncur dari sebuah peluncur di fasilitas uji coba rudal di Chandipur, sebelah timur negara bagian Orissa.

”Uji tembak berhasil,” demikian laporan kantor berita India, Press Trust of India, mengutip keterangan pejabat senior pemerintah.

”Hasil dari uji tembak itu dipastikan dengan menganalisis data yang diambil dari radar dan poin telemetri,” lanjut pejabat senior India yang berbicara dalam kondisi anonim.

Tidak seperti rudal balistik lainnya, rudal “Nirbhay” memiliki sayap dan ekor sirip. Rudal ini dimaksudkan untuk multifungsi. Yakni bisa diluncurkan dari darat, laut dan udara.

Menurut NDTV, rudal canggih buatan dalam negeri India itu mampu melesat hingga 1.000 kilometer.”Yang membuat India mampu melakukan serangan jarak jauh ke dalam wilayah musuh,” bunyi laporan stasiun televisi India itu.

Rudal “Nirbhay” dianggap oleh para ahli militer sebagai rudal jelajah Tomahawk AS versi India. Kesuksesan India menguji tembak rudal canggihnya pada hari ini sekaligus untuk menebus kegagalan peluncuran rudal subsonik pada Maret 2013 lalu. Saat itu peluncuran rudal subsonik harus dibatalkan di tengah jalan setelah arahnya menyimpang dari jalur.



Sumber : Sindo

0 komentar:

Poskan Komentar