Jumat, September 26, 2014
0
SURABAYA-(IDB) : TNI akan menggelar perayaan HUT ke-69 pada 7 Oktober mendatang di Dermaga Ujung Surabaya. Salah satu rangkaian acaranya adalah pemberian baret dan brevet TNI kepada sejumlah kepala daerah oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

"6 Oktober akan diberikan baret TNI dan brevet kepada Gubernur atau kepala daerah. Para Gubernur menghadap Panglima TNI menyampaikan apresiasi dan ingin menjadi mitra TNI. Panglima TNI akan lakukan pemasangan baret dan brevet," ungkap Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basya dalam media gathering di Mabes TNI Cilangkap, Jaktim, Rabu (17/9/2014).

Meski tak menyebut siapa-siapa saja kepala daerah yang dimaksud, Fuad mengatakan para kepala daerah ini ingin mendeklarasikan sebagai mitra kerja TNI. Moeldoko pun berinisiatif memberikan baret dan brevet (tanda kemahiran/kualifikasi) TNI kepada kepala daerah tersebut.

"Brevet yang dibuat khusus untuk gubernur. Penyerahannya ada kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan (para kepala daerah). Ada kegiatan matra darat, matra laut, dan matra udara," kata Fuad.

Berbagai kegiatan dalam rangka HUT ke-69 sudah dan akan dilakukan oleh TNI. Mulai dari bakti sosial hingga puncaknya nanti akan ada demonstrasi pembangunan kekuatan TNI pada 7 Oktober 2014 di Dermaga Ujung Koarmatim Surabaya.

TNI akan menampilkan defile pasukan dan parade serta demo sailinh pass dan flying pass berbagai alutsista, baik dari AU, AL, dan AD.

"Ada kegiatan demonstrasi serangan-serangan udara langsung, ditembakkan sasaranya di laut. Ada tank-tank penembakan di laut, operasi lintas udara di Madura tapi disaksikan di Ujung Dermaga. Terjun statik di laut oleh AL, pembebasan sandera di laut. Bela diri militer di atas tank, berkelahi di laut.
Akan ditutup oleh Jupiter Acrobat Team," jelas Fuad.

TNI juga akan mengadakan lomba inovasi bagi prajuritnya. Kegiatan ini diberi nama penghargaan inovasi Panglima TNI yang memperebutkan Panglima TNI Award.

"Penialain diberikan oleh tim ahli. (Tim) ada dari UI dan Gadjah Mada (UGM) juga," tutup Fuad.



Sumber : Detik

0 komentar:

Poskan Komentar