Selasa, Agustus 19, 2014
0
BOGOR-(IDB) : Latihan bersama dengan GPOI Capstone Exercise Garuda Canti Dharma di PMPP TNI Sentul, Bogor, resmi dibuka. Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Panglima TNI Moeldoko dan General Vincent K. Brooks selaku Commanding General of USARPAC.

Garuda Peace Operation Initiative (GPOI) Capstone Exercise Garuda Canti Dharma 2014 adalah program kerja kerjasama international yang dilaksanakan TNI dengan pihak GPOI USA. Kegiatan itu melibatkan 726 peserta dari 21 negara seperti di antaranya Jepang, Bangladesh, Nepal, Korea Selatan, Tanzania dan Mongolia.

Dalam sambutannya, Panglima TNI Moeldoko mengatakan, materi latihan difokuskan pada bidang Civil Military Cooperation, Capacity Building dan Enhancing Regional Cooperation yang dipadukan dalam 3 rangkaian kegiatan yang meliputi GPOI Snior Training Seminar (STS), Staff Training Event (STE) dan field training event (FTE).

Tujuan kegiatan ini di antaranya untuk meningkatkan pemahaman tentang aspek-aspek multidimensi dari kemungkinan opperasi perdamaian yang kompleks. Juga untuk mengatasi kendala-kendala dalam latihan guna meningkatkan kemampuan dalam kesipan operasional.

"Sasaran latihan di kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan baik secara individu maupun kolektif guna menyiapkan peacekeepers dalam rangka dukungan operasi perdamaian dalam lingkup regional maupun international," jelas Moeldoko.

Sementara Direktur Latihan, Komandan PMPP TNI Brigjen TNI AM Putranto mengatkan dalam latihan nanti melibatkan 63 instruktur, yang terdiri dari 31 orang instruktur dari TNI dan 32 orang intruktur dari tentara asing.

"Selain itu melibatkan 6 orang staf dari GPOI serta fasilitator 11 tentara asing. Latihan rencananya akan dilaksanakan hingga 1 September 2014," pungkas Putranto.



Sumber : SCTV

0 komentar:

Poskan Komentar