Rabu, Juli 16, 2014
0
GRATI-(IDB) : Batalyon Zeni Tempur 10/2 Kostrad pada minggu ke-26 bulan Juli telah menyelesaikan jadwal latihan tingkat regu nya. Rangkaian latihan tingkat regu dimulai dengan Latorjabru pada awal triwulan II kemudian UTJ Jabru yang dilaksanakan di Kesatriaan Pasuruan dan Probolinggo dilanjutkan Geladi Peta Model dan Medan tingkat Regu dan puncaknya diakhiri dengan latihan taktis tingkat Regu serta UST tingkat Regu yang digelar selama 14 hari di Rahlat Puslatpur Marinir Grati.

Latihan taktis tingkat regu dimulai pada tanggal 11- 20 Juni 2014 di Home Base dan Rahlat Puslatpur Marinir Grati yang diikuti oleh 18 regu dari Kizipur A, B dan C. Dalam pelaksanaan latihan taktis tingkat regu dilaksanakan dengan sifat dua pihak di kendalikan.

Materi yang dilaksanakan dalam latihan ini adalah Banpurzi dalam pemindahan Taktis, Banpurzi dalam serangan dan Banpurzi dalam pertahanan. Sub materi yang dilatihkan adalah Lidikzi, Penyebrangan sungai, Perkubuan, Rintangan, Samaran dan Bek Air Listrik. Latihan dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan secara garis besar latihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan sasaran latihan dapat tercapai.



Untuk Uji siap tempur tingkat regu dilaksanakan pada tanggal 23 – 26 Juli 2014 di ikuti oleh 180 orang dan dilaksanakan di tempat yang sama.

Dalam pelaksanaan Uji siap tempur ini bertujuan untuk menguji kemampuan dan keterampilan tempur satuan Zeni tingkat Regu dalam melaksanakan pekerjaan tugas peleton zipur guna memberikan Banpurzi kepada satuan manuver setingkat Batalyon dalam pelaksanaan tugas operasi. Seluruh pelaku tampak bersemangat mengikuti latihan ini.

Selain dapat memelihara kemampuan yang dimiliki UST juga berfungsi untuk mengukur kemampuan personel tersebut. Dalam latihan kali ini hasil yang dicapai adalah seluruh Regu Zipur dapat 100% lulus mengikuti latihan tingkat regu tahun ini.

Untuk merangsang semangat berlatih maka pada pelaksanaan UST TK Ru kali ini kemampuan tiap-tiap regu dalam menyelesaikan setiap persoalan UST di kompetisikan.

Regu yang memperoleh nilai tertinggi diberikan penghargaan / hadiah berupa uang tunai sejumlah Rp.500.000,- sedangkan regu yang mendapat nilai terendah mendapatkan hukuman melaksanakan Hanmars sejauh ±5 KM dari daerah latihan menuju ke titik muat kendaraan



Sumber : TNI AD

0 komentar:

Poskan Komentar