Jumat, Juni 20, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menerima sosialisasi Cyber Defence Awareness dari Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII) yang diketuai oleh Sylvia W. Sumarlin  di Gedung O.B. Syaaf, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No. 67, Jakarta Pusat, Kamis (19/6/2014).

Pangarmabar Laksamana Muda (Laksda) TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E., dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr. A. Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., mengatakan, sosialisasi Cyber Defence Awareness ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pencerahan tentang pentingnya Cyber Defence di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Lebih lanjut Pangarmabar menyampaikan, bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat dan semakin dominan, salah satunya adalah inter-connection networking atau internet. Internet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar system global transmission control sebagai protocol suite sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani milyaran pengguna di seluruh dunia.

Oleh karena itu, dalam rangka menghadapi ancaman dan keamanan khususnya Cyber  Warfare diperlukan Cyber Defence Awareness sebagai bagian dari strategi pertahanan negara mengatasi segala ancaman yang berhubungan dengan bidang cyber.

Tema kegiatan sosialisasi ini adalah “Meningkatkan Pemahaman Cyber Defence Secara Benar dalam Rangka Pembentukan Naval Cyber Command Guna Mewujudkan TNI Angkatan Laut Berkelas Dunia”.  Acara ini dimaksudkan untuk menumbuhkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperkuat ketahanan cyber dalam rangka mendukung sistem pertahanan negara.

Sementara itu, sebelum dimulai acara sosialisasi, Kepala Dinas Informasi dan Pengolahan Data  Angkatan Laut (Kadisinfolahtal) Laksma TNI Hinsa P. Lumban Tobing memberikan sambutan pengantar tentang C4ISR dan Cyber mewujudkan TNI Angkatan Laut berkelas dunia.

Dalam acara tersebut Tim FTII (Federasi Teknologi Informasi Indonesia) memaparkan antara lain, tentang etika penggunaan dan kemajuan teknologi informasi serta Cyber Defence  sebagai bagian dari teknologi informasi.  Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan demo penyadapan handphone yang tujuannya menunjukkan bahwa semua pembicaraan melalui telpon selular mudah diketahui oleh pihak lain.

Acara sosialisasi tersebut diikuti oleh perwakilan perwira dari Koarmabar, Kolinlamil, Korps Marinir, Seskoal dan Lantamal III Jakarta.


Sumber : Koarmabar

0 komentar:

Posting Komentar