Sabtu, Juni 07, 2014
6
WASHINGTON-(IDB) : Belanja militer Cina lebih dari US $ 145 miiar pada tahun lalu karena modernisasi terhadap pesawat tanpa awak (drone), kapal perang, jet, rudal dan senjata cyber, kata Departemen Pertahanan AS, Kamis 5 Juni 2014. Taksiran Pentagon ini lebih tinggi dari penghitungan resmi yang dikeluarkan Beijing.

Perkiraan Pentagon, menggunakan harga dan nilai tukar tahun 2013, 21 persen di atas nilai yang resmi diumumkan oleh Cina, yang sebesar US$ 119,5 miliar.

Soal anggaran dan perkembangan terbaru dari pertahanan Cina ini disampaikan Pentagon dalam laporan tahunannya kepada Kongeres AS. Laporan itu juga mengakui bahwa memperkirakan pengeluaran Cina tak mudah arena "kurangnya transparansi".

Laporan itu muncul hanya beberapa hari setelah Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel menuduh Beijing mendestabilisasi kawasan dalam mengejar klaim teritorial.

Cina mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan dan Laut Cina Timur yang diketahui kaya minyak dan gas, serta menolak klaim serupa atas daerah itu dari tetangganya, yaitu Taiwan, Brunei Darussalam, Vietnam, Filipina dan Malaysia. Jepang juga memiliki sengketa wilayah dengan Cina atas pulau-pulau di Laut Cina Timur.

Dalam laporan 96 halaman itu dikatakan bahwa Cina mempersiapkan kontingen potensial di Laut Cina Selatan dan Laut Cina Timur, dengan menyebut latihan Oktober 2013 lalu bernama "Maneuver 5" di Laut Filipina sebagai salah satu buktinya. Kata Pentagon, itu adalah latihan terbuka terbesar Angkatan Laut Cina sampai saat ini.

Amerika Serikat bulan lalu mendakwa lima perwira militer Cina dan menuduh mereka meretas perusahaan dan mencuri rahasia dagang perusahaan AS. Laporan terbaru ini juga memperbarui peringatan terkait soal tersebut.

"Cina menggunakan... kemampuannya untuk mendukung pengumpulan intelijen terhadap diplomatik, ekonomi, dan pertahanan di sektor basis industri AS yang mendukung program pertahanan nasional AS," kata laporan itu.

Pentagon juga mengutip soal kemajuan teknologi drone Cina dan menunjuk laporan Defense Science Board yang memperingatkan bahwa adanya dorongan Beijing untuk "menggabungkan sumber daya yang tak terbatas dengan kesadaran akan teknologi" yang "memungkinkan Cina sejajar atau bahkan melebihi pengeluaran AS dalam sistem pesawat tak berawak di masa depan."

Laporan itu mencatat bahwa pada September 2013, "kemungkinan" drone Cina tercatat untuk pertama kalinya melakukan pengintaian di atas Laut Cina Timur. Cina juga meluncurkan rincian empat drone yang sedang dikembangkannya pada tahun 2013, termasuk Lijian, drone siluman pertama negara itu.

Kementerian Pertahanan China, dalam sebuah pernyataan di situsnya "menentang" laporan Pentagon itu. "Tahun demi tahun AS mengeluarkan apa yang disebut laporan 'Perkembangan Militer dan Keamanan di China, membuat kritik tak masuk akal atas pertahanan dan pembangunan normal militer Cina dan melebih-lebihkan 'ancaman militer China', yang itu benar-benar salah," katanya.

Cina sedang mengevaluasi laporan itu dan akan memberikan reaksi setelah melihat situasinya.




Sumber : Tempo

6 komentar:

  1. good china.ayo ditambh lagi tu anggaran militernya mpe 300 billion dolar... di dunia ini hrus ada keseimbangan.barat mentan2 maju seenaknya menjatuhkan negara berkembng.embargo militer la. ekonmi la... sayang seandainya china,jepan,korsel,india bersatu akan lbh bagus.

    BalasHapus
  2. Tpi setelah tiongkok meng-klaim natuna, apakah kita masih mendukung tiongkok ?

    BalasHapus
  3. Amerika mulai takuuuuut, Amerika jadi sulit tidur…… .

    BalasHapus
  4. tetapi amerika masih paling tinggi di duniakaaan anggaran militernya. kok malah sibuk, n syirik ama china, ya kalo mampu itu haknya china sebgai negara merdeka dan berdaulat, ngapain sewot tuh AS...

    BalasHapus
  5. barat di terjang krisis karna ulah mereka sendiri arogan ...sejalan berjalan waktu pengaruh sekutu melemah di kawasan asia dan eropa timur .

    BalasHapus
  6. kembali lagi, semua itu keuntungan buat indonesia,.... bagaimanapun china adalah sahabat buat indonesia, dari sudut pandang berbagai sisi, dianataranya : 1. Ekonomi (Cnooc, Huskey, Sinarmas, Gasalam, dll) , 2. Budaya (pecinaan, barongsai,dll), 3.Tehnology (Huawei, C705/805, heavy industry, GTE, Componect) 4. Pertahanan ( radar, Propelier roket, alur laut 1-2-3, satelit, nuklir 5. Informasi (selat malaka, alur 1-2-3, triangel asia(Rusia-China-indonesia), serta kedekatan filisofi berfikir ("one China, it's similar One NKRI),

    jadi tidak ada issu, china in Indonesia, kita membutuhkan kesetaraan regional dan perimbangan dalam hal mengejar kesetaraan itu, dan itu tidak dapat dari amerika (pasifik), ataupun dari Uni EUROP, maju terus china.... agar kita INDONESIA ikut tergerek negara maju di regional ASIA

    BalasHapus