Jumat, April 25, 2014
1
JAKARTA-(IDB) : Kepala Pusat Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Andika Perkasa mengatakan, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) batal diterjunkan guna menyelamatkan upaya pembajakan terhadap maskapai penerbangan Virgin Blue Air.

Hal itu menyusul telah diamankannya seorang pelaku yang diduga mabuk dan melakukan upaya “pembajakan," bernama Matt Christoper.

“Pasukan batal diterjunkan, anggap saja tadi latihan penanggulangan teror,” kata Andika kepada wartawan, Jumat (25/4/2014).

Andika menambahkan, Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Budiman telah mendapatkan laporan tentang kemungkinan terjadinya pembajakan Virgin Australia di Bandara Ngurah Rai, Bali. Mendapat laporan tersebut, KSAD lalu memerintahkan agar pasukan Kopassus melakukan persiapan yang diperlukan.

“Pasukan sudah disiapkan di (Bandara) Halim. Tapi karena tadi mendapatkan informasi jika yang melakukan orang mabuk dan sudah ditangani maka batal diterjunkan,” tegasnya.

Pembajak Ternyata Penumpang Mabuk

PT Angkasa Pura memastikan tidak ada pembajakan yang dilakukan terhadap pesawat Virgin Blue rute Brisbane-Denpasar.

“Penumpang sedang mabuk dan menerobos ke kokpit. Jadi bukan pembajakan,” kata GM Angkasa Pura I Trikora saat dikonfirmasi Okezone, Jumat (25/4/2014).

Trikora belum mengetahui apakah penumpang diamankan di mana. “Saya belum dapat informasinya,” tandasnya.

Sebelumnya, TNI Angkatan Udara membenarkan adanya informasi tentang pembajakan pesawat Virgin Blue.

Sebelumnya disebutkan pihak Bandara Ngurah Rai menerima informasi dari pilot pesawat yang mengabarkan bahwa pesawat Virgin Blue yang ditumpangi 139 orang dibajak oleh seseorang yang saat itu menggedor-gedor pintu kokpit.




Sumber : Okezone

1 komentar:

  1. Pak Andika Perkasa, ini kan wilayah AU, seharusnya legowo biar PASKHAS yang unjuk kelebihan, jangan semuanya kopasus, nanti ada pembajakan kapal laut kopasus juga yg turun, terus pasukan al utk apa dilatih? kalau semuanya kopasus yg ambil alih? sudah saatnya sekarang doktrin darat adalah segala-galanya harus ditinggalkan, sekarang saanya doktrint kita bersama 3 matra lebih baik.

    BalasHapus