Sabtu, April 26, 2014
4
SURABAYA-(IDB) : Indonesia akan segera mendirikan fasilitas desain kapal perang di Surabaya. Lokasinya sangat mungkin akan bertempat di salah satu perguruan tinggi negeri di kota yang menjadi basis utama kekuatan laut Indonesia. 
Tujuan dari pendirian fasilitas itu adalah untuk menjadi pusat desain kapal perang bagi Indonesia, apapun jenis kapal perang itu. Pusat desain tersebut nantinya akan menyerahkan hasil desain kepada galangan kapal yang diserahi oleh pemerintah untuk membangun suatu kelas kapal perang.
Eksistensi pusat desain kapal perang memang suatu keharusan bagi Indonesia. Selama ini desain kapal perang sepenuhnya diserahkan kepada produsen kapal perang berdasarkan spesifikasi teknis yang ditetapkan oleh pengguna akhir. Namun demikian, ada hal yang harus diperhatikan dengan pembangunan fasilitas tersebut.
Galangan kapal perang seperti PT PAL Indonesia mempunyai pusat desain sendiri, di mana salah satunya adalah mendesain kapal perang yang akan dibangun oleh galangan itu. Agar tidak memunculkan tumpang tindih, sebaiknya harus ada sinergi antara pusat desain milik galangan kapal dengan pusat desain kapal perang yang dimiliki atau di bawah pengawasan Departemen Pertahanan.
Selain itu, keberadaan fasilitas desain kapal perang harus pula mampu mengembangkan filosofi kapal perang Indonesia. Hal itu bersifat sangat penting karena filosofi itulah yang akan menentukan desain kapal perang. Selama ini tak jelas filosofi kapal perang yang dianut oleh Indonesia.
Sumber : Torpedo

4 komentar:

  1. Selama ini memang Indonesia dalam memproduksi suatu barang apapun selalu kurang luwes dalam hal desain. Cobalah kita melihat sejenak desain dari paman sam misal F22 raptor, F23 black widow. desainnya sangat indah dan luwes dalam penampilan. Menampakkan kalau desainnya lebih maju dari jet fighter yang lain. Kalo kapal perang ya USS Independence. Sedangkan Dari Indonesia yang cukup hebat desainnya yang tak kalah adalah KRI Klewang. hihi kelihatan futuristik banget. Kalau tidak tumpang tindih dg produsennya saja ya baguslah itu diadakan

    BalasHapus
  2. Saya setuju rencana ini, dengan terealisasinya gagasan ini berarti kita memberi solusi akan kemampuan SDM kita dalam olah pikir di bidang design.
    Saya ingat kenalan saya Bp. Laksma TNI ( Pur) Wulang Widodo yg terkenal dengan produk design kapal -kapal cepat roketnya.
    Dornier Jerman yg dulukala merupakan produsen pesawat, sekarang malah banyak konsentrasi di bidang Design pesawat yg kebetulan SDM-nya juga dari Kediri, Jatim, Indonesia sebagai Chief-nya.
    Mas Budi Santoso yg sekarang jadi Dirut PT DI juga terkenal sebagai seorang design senjata spt SS-2 dan seterusnya.

    BalasHapus
  3. Dengan adanya fasilitas design ini kita harapkan tenaga tenaga ahlinya bisa dari mana saja yang penting punya kemampuan ,selama ini kan hanya bertumpu sama tenaga ahli Pt PAL..Karena ini adalah baru didirikan tentu peralatannya juga harus yang mutahir seperti komputer tehnologi baru,alat alat bantu 3 dimensi yang sekarang marak di pakai untuk perancangan.Kita harapkan outputnya lebih canggih , cepat /presisi dalam mendesign.

    BalasHapus
  4. Pt pal yg paling utama harus bekerja dengan keneja tinggi lebih di utamakan , kalau pt pal di kasih kesempatan modal masih jalan di tempat ceo derektur pt pal layak di ganti ajaa...supaya ada kenerja berkompetisi dan majunya perusahaan BUMN bisa di pertanggung jawapkan
    Meniru galangan kapal class dunia" nort gruman" di mana tiap tahun ada chenk and ricek dari pemerintah setempat ga ada istilah santai lenggang kangkong bisanya minum kopi di warung duluu...baru berangkat kerja .

    BalasHapus