Sabtu, Maret 08, 2014
19
SINGAPURA-(IDB) : Singapura mengatakan bahwa pihaknya akan mengganti pesawat tanker pengisi bahan bakar di udara KC-135R yang dibuat oleh perusahaan AS Boeing dengan pesawat tanker multiperan Airbus A330 MRTT, dikutip oleh laman Space War.



Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengatakan kepada parlemen Singapura mengenai keputusannya untuk mendapatkan A330 MRTT, yang desainnya berdasarkan pesawat A330 sipil.



Ng tidak menyebutkan berapa unit A330 MRTT yang akan dibeli Singapura, namun sumber di Airbus menyebutkan bahwa Singapura ingin membeli enam pesawat A330 MRTT dengan kontrak diperkirakan senilai USD 1,4 miliar.



Dari laporan The Military Balance 2014 yang diterbitkan oleh Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) yang berbasis di London, diketahui bahwa Angkatan Udara Singapura selama ini mengoperasikan 4 unit pesawat tanker pengisi bahan bakar di udara KC-135R.



"Pada tahun 2030, tanker udara KC-135R kita telah akan digantikan dengan tanker Airbus A330 multiperan, yang telah kita putuskan untuk mengakuisisinya," kata Ng saat debat mengenai anggaran negara.



"MRTT, atau Airbus A330, dapat menampung bahan bakar 20 persen lebih banyak dari KC-135 dan otomatis akan meningkatkan jangkauan pesawat tempur kita melalui pengisian bahan bakar di udara," katanya.



Boeing KC-135R Angkatan Udara Singapura.
Airbus A330 MRTT juga dapat berperan ganda sebagai pesawat kargo dan angkut pasukan, misalnya untuk menggelar pasukan dan peralatan ke luar negeri yang jauh seperti yang Singapura lakukan pada saat operasi bantuan kemanusiaan dan bencana.



IHS Jane Defence Weekly mengatakan bahwa Airbus juga telah mendapatkan order untuk pembelian A330 MRTT dari Angkatan Udara Australia, Arab Saudi, Inggris dan Uni Emirat Arab (UEA).
Boeing KC-135, yang mulai terbang untuk Angkatan Udara AS pada 1950-an, dimanfaatkan untuk melayani pengisian bahan bakar di udara untuk pesawat-pesawat pembom jarak jauh, pesawat tempur dan pesawat kargo.

Pada tahun 2011, Boeing mengalahkan rival Eropa-nya (Airbus) untuk kontrak senilai USD 30 miliar untuk menggantikan armada tua KC-135 Angkatan Udara AS dengan armada tanker baru yaitu KC-46, yang pengiriman pertama dijadwalkan pada tahun 2017.




Sumber : Artileri

19 komentar:

  1. gila negara segede upil, mau dipake dimana tuh pesawat. Palingan kalo china menyerang asia pasifik itu kapal pada dibawa lari singapura ke indonesia/australia

    BalasHapus
  2. Hhkwkw...ulah tingkah laku negara kutu....singapore kurang paham , mau nya gimana ?... pesawat sebesar itu mau di parkir di mana ?.... bicara singapore negara jasa hanya alasan sajaa...aslinya jadi bazes kruptor dan kayu golondongan plus batu bara .
    Sejalan berjalan waktu singapore suram . Karna mulai beberapa bln nkri bakal menerapkan kebijakan ketat

    BalasHapus
  3. Bentar lagi kita bangun kilang minyak. Ga perlu lagi ambil bbm dari singaporn. Kalo ini sukaes, singaporno bakalan suram. Itulah sebabnya mereka mencak2 dengan alibi kri usman harun. Majulah indoneaia

    BalasHapus
  4. Inilah contoh negara yg kelebihan duit tp kurang ahli dlm strategi militer...entah cocok atau tidak yg penting bisa beli peralatan yg terCANGGIH dan terMAHAL..
    Padahal kecanggihan peralatan tempur bukan segala-galanya...msh ada faktor2 lain yg ikut menentukan juga..

    BalasHapus
  5. Sabodo teuing ah dek meli kapal na mangratus siki oge....emang masalah buat gw...itu mah masalah pemerintahan gw....nu penting ayena malam minggu kumaha cara na urang hayang ulin jeng awewe tapi awewe na te boga.....tah singapura bade nyumbang moal awewe ka saya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya jelas masa bodoh...lah kamu pikirkan hanta awewe mulu..awewe kamu sekali-kali mikir alutsista, hihihi...kira2 bisa ga ya...??

      Hapus
    2. haduuh.. ujang kasep.. itu pinggul kebo sudah menunggu dinaikin... segeralah menumpakinya

      Hapus
  6. kowe kuwi ngomong boso opo aku rak ngerti nang?!!

    BalasHapus
  7. Berisik pertanda tak mampu, dasar indon...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysia sebagai bangsat besar makmur kaya raya hidup senang menghirup gas dari pantat nenenk elly, harus banyak sabar menghadapi saudara tua yg selama ini terhina.
      sebagai bangsa yg terhina tercurangi, Nusantara siap membantu saudaranya merdeka atau mandiri, paling tidak pembentukan Republik Demokratik Malaya yg sehingga warga negaranya merasakan demokrasi yg sebenarnya

      Hapus
    2. cerewet kau alay......,negara kau aja ga mampu ngelawan singapura koq ngomong macem2 disini.kami ini bangsa pejuang,bukan bangsa pengemis yg minta merdeka pada tuannya.kami berjuang dengan darah dan tenaga kami sendiri.seandainya ada suatu tempat di dunia yg bisa di jadikan ajang resmi sebagai tempat adu kekuatan pasukan tempur,mari kita uji kekuatan .anda masuk ke blog ini hanya utk mencari ribut ya?

      Hapus
  8. Singapore meniru pertahanan moderen israel rong....rongg...hehe.....ada perbedaan jauh situasi di benua arap israil dan asia tenggara singapore , bicara israil negara ini dana uang pertahanan dapat hibah gak terbatas dukungan politek dari america , arap hanyalah negara ketcil dan bodoh , sebaliknya asia tenggara singapore dapat dukungan politek sekutu mines dana hibah ...
    Dari pada singapore pandai menipu negara tetangga sendiri bagus kebijakan kurang ajaar di rubah sebelum di TERKAM macan sebelah ....jadilah singapore tetangga yg baik sopan dan bukan siapa sayaa...nkri bukanlah negara arap !!! Ada perubahan yata nkri uu minerba di terapkan bagi hasil sudah jellas , singapore pun bak orang sakit gigi susah di obati karna dana hibah dari pengusaha hitam di potong di tegah jalan dan suramnya singapore sudah yata keliatan ....

    BalasHapus
  9. Menurut sumber : singapore akusisi airbus A330 mrtt multi peran dalam hitungan jam bisa di rubah bombing penjelajah , sasaran utama kapital jakarta pusat meliter economi ...bagus penguasa sekarang tni segera di bangun se kuat mungkin pertahanan diri segera akusisi TU 160 BLACK JACK bombing jarah jauh sebelum nkri hagus ,stop akusisi senjata alaa kadar nya hanya makan biyaya besar . Akusisi s 400 penangkis kebutuhan mendesak sebelum petaka datang bagus di rancang dari sekarang .

    BalasHapus
  10. BERISIK PERTANDA TAK MAMPU,,,DASAR INDON,,,TETANGGA BELI YG LBIH BAGUS DIA YG KEBAKARAN JEMBUT, INDON HANYA BISA BELI RONGSOKAN F-16 YG BIKIN TETANUS,,YA UDAH PAKE... TETANGGA YG GAK BAIK ITU YA BEGINI,,,

    BalasHapus
  11. BELI S-400??? emangnya ada duit moyang mu??? walau kau jual kuburan moyang mu gak akan sanggup beli S-400.
    sanggup hanya beli ES-CENDOL...HEHEHE

    BalasHapus
  12. Singapur keren....AU nya dapat melakukan pertempuran jarak jauh dengan pesawat canggih, itungan setengah jam objek vital lawan....blarrrrrrr

    BalasHapus
  13. Indonesia sebaiknya bawa permasalahkan koruptor yang di piara di Singapore. Koruptor itu penjahat jadi negara pelindung penjahat adalah negara penjahat, negara pelindung penjahat bisa diserang. atau negara pelindung penjahat harus mendapatkan sangsi. Karena ia merusak negara lain. perjanjian exrta disi boleh tidak disetujui. tapi penjahat seharusnya dihukum. Uang yang ditanam di singapore bisa dijadikan modal lagi di Indonesia. Negara tersebut tidak perlu mengeluarkan uang cukup dengan uang orang Indonesia yang dibawa ke Singapore yang ditanam keuntungan negara tersebut berkali lipat. Indonesia harus berani mengangkat ini. kalau perlu Negara pelindung Koruptor adalah negara teroris.Ini senjata mematikan buat negara yang curang.

    BalasHapus
  14. Maksudnya kata kata diatas pada bagian akhir adalah bangun opini publik bahwa negara pelindung koruptor adalah negara Terroris. Ini senjata mematikan buat Indonesia atau negara lain yang mengalami hal yang sama seperti Indonesia terhadap Singapore dan negara lain.

    BalasHapus
  15. Negara pelindung koruptor adalah negara teroris, katanya singapura negara bersih koq memelihara koruptor teroris bagaimana pendapat masyarakat Internasional kan membuat malu seluruh warga ASEAN dan beli 6 pesawat terbang Air bus A330 MRTT adalah utk menyiapkan pesawat2 om AS serta om NATO bila terjadi konflik bersenjata karena pulau hawai digunakan peluncuran pesawat canggih AS maupun pulau Diego Garsia. Merdeka......................

    BalasHapus