Jumat, Maret 07, 2014
1

SURABAYA-(IDB) : Dalam rangka menghadapi Pemilu tahun 2014, Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir (Menbanpur-1 Mar) melaksanakan latihan penanggulangan huru-hara yang dilaksanakan di lapangan apel Ksatrian Marinir Sutedi Senaputra Karang Pilang, Kamis (06/03/2014).


Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan prajurit Marinir dalam rangka mengantisipasi perkembangan situasi di Jawa Timur dan sekitarnya menjelang Pemilu Legislatif maupun Pilpres 2014. Diharapkan prajurit Menbanpur-1 Mar siap diterjunkan ke lapangan apabila sewaktu-waktu diperbantukan.



Dalam pelaksanaan latihan penanggulangan huru hara yang diskenariokan tersebut melibatkan 2 Satuan setingkat Batalyon (SSY) dengan menggunakan perlengkapan PHH standar TNI serta dilengkapi kendaraan water canon. 

 Dengan sigap, tegas, dan tidak ragu-ragu, SSY 1 dibawah komando Komandan SSY Mayor Marinir Darwin Tambunan ini berhasil menghalau para demonstran yang bertindak anarkis serta mengamankan provokator dan mengevakuasi pejabat VIP dari amuk massa.



Latihan yang dipimpin langsung Pasops Danmenbanpur-1 Mar Letkol Marinir Budi Setyoko, S.T., disaksikan langsung oleh Wadanmenbanpur-1 Mar Letkol Marinir Sumantri serta Danyonprov-1 Mar Mayor Marinir Idi Rizaldi. 

 Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut diharapkan dapat bermanfaat sekaligus mengecek sejauh mana kesiapan prajurit Menbanpur-1 Mar dalam melaksanakan penanganan aksi sesuai  prosedur, kecepatan dan ketepatan guna penanganan aksi huru hara yang terjadi di wilayah kerjanya. 

 


Sumber : Kormar

1 komentar: