Rabu, Februari 05, 2014
45
TELOK KEMANG-(IDB) : Amerika Syarikat (AS) secara rasmi hari ini mengucapkan terima kasih kepada Angkatan Tentera Malaysia (ATM) yang telah menyelamatkan tentera negara tersebut di Mogadishu, Somalia selepas 20 tahun kejadian itu berlaku.

Biarpun kisah pengorbanan tentera Malaysia yang menyertai operasi Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (UNOSOM II) pada 3 dan 4 Oktober 1993 itu tidak pernah didedahkan malah tidak langsung dipaparkan dalam filem berjudul Black Hawk Down arahan Ridley Scott pada 2001, pengisytiharan itu amat membanggakan ATM.

Pemangku Penolong Setiausaha Negara Biro Hal Ehwal Politik Tentera AS, Tom Kelly berkata, negaranya amat terhutang budi dengan pengorbanan anggota ATM yang disifatkan sebagai berani mempertaruhkan nyawa demi menyelamatkan tentera elit AS yang ketika itu terperangkap dalam serangan militan Somalia.

"Jasa tentera Malaysia ini akan dikenang dan AS mengucapkan jutaan terima kasih di atas tindakan berani pasukan ATM untuk menyelamatkan anggota kami dalam kejadian 20 tahun lalu itu.

"Malah dalam kejadian itu seorang anggota tentera Malaysia telah kehilangan nyawa selain sembilan tercedera dalam operasi menyelamat di Mogadishu itu," katanya.

Beliau berkata demikian ketika berucap pada Majlis Penyerahan Pengiktirafan Keupayaan Latihan Penuh dan Pelancaran Blueprint Pusat Pengaman Malaysia di sini hari ini.

Sementara itu, Panglima Angkatan Tentera, Tan Sri Zulkifeli Mohd Zin dalam ucapan turut berkata, beliau terharu dengan pengiktirafan itu kerana AS dapat mengenang jasa perajurit tanah air yang terlibat dalam operasi itu.

"Saya juga berterima kasih kerana AS hari ini masih mengenang pengorbanan anggota kami yang terlibat dalam operasi itu walaupun ia telah berlalu hampir 20 tahun lalu.

"Terima kasih kerana mengimbas kembali jasa anggota pengaman Malaysia yang sanggup bertarung nyawa demi menyelamatkan anggota AS," katanya.

Dalam kejadian itu, lebih 100 anggota ATM mempertaruhkan nyawa demi menyelamatkan tentera AS yang terperangkap ketika diserang puak militian Somalia di tengah bandar Mogadishu.

Operasi menyelamat itu turut mengakibatkan sembilan anggota ATM tercedera selain mengorbankan nyawa Koperal Mat Aznan.

Bagaimanapun, kisah sebenar itu tidak pernah diceritakan dan pengorbanan besar pahlawan negara yang memainkan peranan utama dalam operasi berkenaan seperti tidak diiktiraf malah anggota ATM seperti tidak wujud dalam kejadian itu seperti yang diuar-uarkan media antarabangsa.




Sumber : Utusan

45 komentar:

  1. KEBERANIAN MENGAKUI ITU SUSAH..MAKANYA SETELAH 20 THN BERU DI KASIH PENGHARGAAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bukan masalah menyelamatkan AS nya,tapi keberanian pasukan malaysia juga bisa dicontoh....mereka gak perlu pujian bertahun,tapi mereka berbuat sehingga dibanggakan ,seoga pasukan kita tidak terbalik tdak berbuat tapi dibanggakan trus...

      Hapus
    2. Gak percayaaaa sama sekali....lihat kemampuan malaysia banyak contoh...tuh kasus ambalat..kena kejar kapal indo kabur.....kasus hadapi cuma 200 sulu...semua pada kacau....itukah management combat pertempuran???kasus james shoal hadapi pla navy...masih percaya bullshit semua ini?????ingat USA SELALU LIPS SERVICE DOANG.....

      Hapus
  2. KapanPUN AS ITU ADALAH MUSUH ISLAM , KARENA MEREKA MEMBUNUH MUSLIM DI SELURUH DUNIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya kita berpikir, bersikap dan bertindak proporsional. Dalam banyak tulisan, liputan TV dan dokumentasi fim bisa diketahui bahwa sejak lama ada banyak orang2 AS beragama Islam yang ikut bergabung dalam dinas tentara AS.

      ** jadiiii = sante aja brow :d **

      Hapus
    2. setuju brok...

      Hapus
    3. aaaah ano Berita Islam ,,, ga usah prfokatip laaah,, Itu Saudi Arabia cium-ciuman dengan AS udah berpuluh-puluh tahun ! protes deh lu sanaaa! didepan kedubes Saudi!

      Hapus
  3. Malingshit kirim teroris ke Indonesia tapi dia sendiri selamatkan orang amerika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul..!! Taktik "carmuk" = Cari Muka...

      Hapus
  4. Halah...faktanya Atm cuma sekumpulan anjing penjaga istana fuckingham.

    BalasHapus
  5. lhoo kok gak ada adegannya di filem yg ada malah pasukan lapis baja pakistan???

    BalasHapus
  6. Gk ada berita yg lebih berbobot napa....bosan gue lihat malingshit ini...

    BalasHapus
  7. Berita ini dibuat2...buat nutupin isu memalukan James Shoal... sekaligus buat ngasih tau China klo Malon dibackup si ASU... gitu bray...

    BalasHapus
  8. bagus lah lhat mlay dkash penghargaan

    BalasHapus
  9. hahaha ptustasi menghadapi china ngadu2 n merengek ke us...

    BalasHapus
  10. tanggungjawab yg diberi harus digalas tak kira apa pun terjadi walaupun tergadai nyawa..itulah tugas perajurit!!!!!bukannya kabur dr medan perang naik taksi utk selamatkan nyawa sendiri..lg satu kebancian tentera indon terselah apabila kapal perang aussie ceroboh indon tp tidak disergap oleh indon..satu KRI pun tidak dihantar..kenapa?takut sama aussie yg memiliki kapal yg lebih modern?wakakakaka..tentera banci yg hanya jaguh di medan latihan tp kecut telur aka banci di medan tempur sebenar shame on you INDOG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa tentara m'sia tidak pernah muncul lagi di ambalat? lagi tirakat ya?

      Hapus
    2. bukan tirakat bro...tapi tiarap saking takutnya sama KOPASKA...

      Hapus
    3. Menutupi aib selama 20 tahun lebih,....operasi menangkap jendral aidit di mogadishu yg gagal....malingshit sama amrik lah yg pada kocar-kacir pada lari dalam menghadapi militan di mogadishu.....kekalahan tentara malingshit sama amrik yg sebenarnya.....haha shame on you malingshit......lo ♏αΰ ngomong apa......??? Hahaha űϑαȟ gitu sampe ada yg mati lagi tuh tentara banci malingshit sama amrik......operasi di hentikan langsung oleh presiden bill clinton.......shame on you.

      Hapus
    4. Uruslah urusan kau dengan China tu...James shoal diceroboh kapal China...mana kapal selam scorpene???oh ya kapal selam tak boleh selam,kapal rusak bin rongsokan dikorupsi ratusan juta dolar pula.... mana kapal perang TLDM??oh yaa kapal lagi didowngrade kemampuan Ashm pon tak layak..mau modernisasi pon tak bisa karena tak de wang....tentera mu itu cuma jaguh di upacara..oh wait..upacara pon pingsan so..JUST SHUT THE FUCK UP....

      Hapus
    5. malashit... memang anjing... ngomong seenak perut... jaman sebelum 1998 berlindung di balik slogan negeri serumpun, jiran. baru berani gonggong waktu eyang Harto udah turun tahta.. rampok sipadan - ligitan.. ketagihan mau rampok pula tuh ambalat, karena tau indo itu lagi susah dan genting alutsista, itu pun jinjit2 takut ketahuan.. begitu tau indo punya sukhoi, mana tau kemana lagi anjing malashit tuh sembunyi.. gak ada kabar beritanya.. yang cakap malah anak anjing malayshit yang baru lahir kemarin sore

      Hapus
    6. sekali" boleh lah malayshit di kasih pelajaran biar ga sok sok an tuh :-t

      Hapus
    7. ano 19.16 kami malaysia juga punya sukhoi jauh lebih canggih dari Indo asa tahu jugakami juga punya mig, uav tercanggih di asean, hornet,f 16 diatas indo punya, masih bnyak yang kami punya yang lebih bagus dari indo punya,,ini saja kami mau beli sukhoi versi termutakhir,kami juga lagi pesan kapal perusak dari inggris ,rudal kami juga punya yang lebih canggih dari indo,kami punya satelit pertahanan sendiri,pasukan khusus kami dilatih SAS...jadi lo gak usah banggain,kami punya yang lebih bagus dari lo

      Hapus
    8. Ano 00.27 ngaca bro!! Jangan mimpi mau punya sukhoi terbaru uang tak ada, urus aja scorpene yang gak bisa nyelam tu. Kalau masalah kualitas prajurit indonesia sudah diakui dunia alias battleproven,nah malaysia?? Baru dilatih sas aja udah bangga,kopassus sekarang udah melatih bukan dilatih ya alias sudah jadi guru ckck.

      Hapus
    9. ano 00.27 mana bisa M'sia beli sukhoi lagi apalagi SU-35 gak bakalan bisa, sudah ditolak oleh Russia secara halus karena masalah prinsif kerahsiaan teknologi Sukhoi dan Russia menjaga Reputasi pesawatnya karena menganggap pilot M'sia tidak kompeten dalam menerbangkan pesawat Sukhoi.

      Hapus
  11. langsung dech naek kuping tu malasya...
    udh tau lah kita otak budak" malasya tu..ndk bs d andalkan...sampah

    BalasHapus
  12. Mana mgkn tentera pondan ATM macam JOHARI dapat berperang apalagi di somalia yg terkenal akan keganasan militanx.. Perang lwn pejuang sulu saja sering miss fire macam nembak pokok sawit, kapal selam tak boleh menyelam, sering dikerjai kopaska waktu di ambalat,. Memang meley ni rajanya konspirasi.. Nonsens lah kalo tentera pondan ATM dpt penghargaan dr PBB,, nol besar.. Ckckckck geli aku bacanya.. Tp tak palah buat lawakan.

    BalasHapus
  13. Propaganda gan,.....yg jelas kegagalan amrik ϻҨ pasukan malaingshit dalam operasi mogadisu....langsung tuh operasi dihentikan.....itu berita yg benar.....hahaha operasi gagal kok dibilang gagah berani.....coba TNI yg turun waktu itu, tentu lain ceritanya, pasti opersi menangkap jendral aidit di mogadisu berhasil.....dasar amrik ϻҨ malingshit banci, űϑαȟ pake teknologi perang yg canggih aja gagal.....itu baru banci.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tni yang kesana yang ada mati semua ...ha....bebaskan sandera aja takut kok...pakai bawa pasukan ratusan tapi gak turun....pasukan khusus itu bergeraknya sedikit bro...ini hampir ribuan,bawa kapal perang,,eh ala..ujung -ujung nyali ciut...pakai dibayar lagi tu perompak,udah itu orang yang udha dibayar udah pada lari,,yang ditembak temannya..waduh lucunya...pakai bawa sampan nya lagi buat nutupi malu...jangan malu belajar dari pasukan khusus negara lain...pasukan khsusus kita emang belum teruji kok...lo bisa aja rendahan negara lain seperti malaysia...tapi lo jangan salah gitu gitu pasukan khusus malaysia itu sudah pernah kesomalia lo pusatnya terorris lolo bisa bayangkan US NAVY SEAL aja kedar sampai sana....afganistan juga...jangan terlalu dibanggain pasukan khusus indonesia itu yang ada ntar mentalnya jeblok,jago kandang...coba ja kirim sana biar gak dibilang jago kandang,dan belum teruji,biar bisa dibilang pasukan khusus yang dibanggakan

      Hapus
    2. ano 19.22
      Pasukan khusus Indonesia belum teruji???WTF
      -operasi Woyla (1981)
      -operasi Mependuma(1996)
      -Operasi penyusupan Irian barat
      -banyak lagi....
      perlu dicatat kenapa waktu pembebasan sandera di Somalia bawa banyak pasukan ampe tank segala...itu sebagai penyelesaian akhir kalo ternyata pembebasan sandera gagal(sandera terluka atau mati)yaitu dengan menyerbu sarang para perompak didaerah pantai...dan perlu diketahui pada malam hari sebenarnya mau dilakukan raid tetapi ketika sedang persiapan salah satu sea rider pecah kena ombak sehingga raid dibatalkan...Anda mengatakan pasukan khusus kita belum teruji berarti anda harus belajar sejarah dulu...jangan terlalu membodohi diri sendiri oke....

      Hapus
    3. malayshit udah goblok,malas,otak porno ( tukang rogol ) sok sok an lg hmm,emang ga ada bagus nya negara satu ini :-b

      Hapus
    4. bro ano 19.38 berarti kita gak nguasai medan...intelijen kurang memberi kedalaman informasi ,,keberhasilan operasi sangat bergantungkan kepada informasi intelijen...berarti juga intelijen diluar negeri lemah,.penggalangan lemah,seandainya saja penggalangan didarat bagus ..akan lain ceritanya bahkan kontra militan somalia saja sudah tahu kalau kita sudah bawa kapa perang...kita jugatidak boleh anti kritik..kemajuan didapatkan dari kritik membangun....kalau ano ano boleh jujur,,terlepas dari rasa nasionalisme..banyak hal yang harus kita perbaiki...saran buat kopassus,,jika anda anda memang bisa dibanggakan bangsa,,terus berlatih dimedan perang sesungguhnya,saya pikir perlu juga kopassus berlatih claindestein diluar...agar mental dan daya infiltrasi mereka terasah ..yang terlebih pasukan khusus harus punya budi pekerti yang baik,mengutamakan kepentingan negara diatas jiwa korsa yang menyimpang..kiblatnya kepentingan negara...saya pikir semua kita akan bangga bila pasukan khusus kita berjaya diluar negeri...dimedan tempur sesungguhnya...

      Hapus
    5. ano 00.40 sok menggurui banget lo bro, Kopassus disuruh berlatih claindestein diluar. Asal tau saja ya kebanyakan negara afrika utara mempercayakan pelatih pasus nya dari kopassus. Itu baru Kopassus men, belum yg namanya denjaka, kopaskhas dan lain2.
      Masalah Operasi militer di mogadhizu itu adalah pembantaian pasukan US yang paling memalukan, dikira Aidit bodoh ... jauh sebelum datangnya pasukan US sudah siapkan jebakan batmen dengan sistem perang kota.

      Hapus
  14. AAAAH,,, ITU CUMA BISA-BISANYA AS AJAA PUJA PUJI ,,, SUPAYA MALON BELI F-15 DAN F-18 NYA AS,,,, SAMA DENGAN BRITISH,,,, PRESIDEN DIANGKAT JADI BANGSAWAN INGGRIS,,, ALHASIL BELI NAKHODA RAGAM ,,, BELI RUDAL ,,,, BELANDA MINTA MAAF SOAL HAM DI JABAR,,, ALHASIL BELI SIGMA ,,,, akakakakakakakakakakakakakakkk

    Gak ada yang istimewa! santai aja!
    ngapain nih admin berita puja puji malon dimasukin kesini???

    BalasHapus
  15. Malon baru keluar kat bilik termenong.! Ngakak gua baca brita ni.! 20 tahun...!!! Kaya kasus kiki fatmala..! Hahaha

    BalasHapus
  16. 2 kata buat Sekutu yang sulit di ucapkan, gengsi bilang Terima kasih Atau gengsi bilang Minta maaf sama bangat kaya tetangga kita. haha

    BalasHapus
  17. indonesia mah santai aja.. Gk usah ribut soal siapa pasukan khusus yang terbaik.. Yang jelas kalo pasukan khusus TNI bergerak baik itu kopasus AD, kopaska AL, atau pun satgultor TNI.. Nyawa nomor terakhir yg penting misi berhasil..!!! Khusus chase perompak somalia.. Yg terpenting tdk ada korban jiwa dari pihak indonesia.. Dan misi penyelamatan sukses.. Kemudian chase 2 prajurit TNI kabur naik taksi itu tidak benar.. Malah 2 prajurit ini mendapat penghargaan dari PBB karena keberaniannya melerai perang yg saat itu hampir terjadi antara pasukan libanon and zionis israel.. Karena saat pasukan yg lain ditarik atas mandat pimpinan pasukan pbb saat itu tetapi 2 prajutit tni ini tertinggal karena ada mis komunikasi.. Setelah mendapat info segera tinggalkan lokasi konflik.. Barulah mereka pergi dibantu masyarakat libanon.. Mereka disambut dan dijamu karena keberaniannya mencegah konflik terbuka pasukan libanon dan israel.. Selesai dijamu mereka dipesankan taksi utk kembali ke pangkalannya.. So.. Bagi prajurit TNI.. Nyawa itu paling belakang.. Yg penting misi sukses..!!! Utk warga malaysia.. Selamat atas penghargaan yg diberikan utk pasukan khususnya saat misi disomalia.. Itu bukti nyata bahwa pasukan AS dan sekutu tdk lebih baik dari pasukan khusus negara ASEAN!!! Go Indonesia and malaysia..!!! Go ASEAN..!!!

    BalasHapus
  18. Kenapa dalam film black hawk down tentara jaguh malingsia tidak diceritakan,oh iya lupa tentara jaguh malingsia kan udah main di film 3gp contohnya: ATDM vs cikgu bertudung bogel,askar TUDM hisap batang najib ,hahaha......

    BalasHapus
  19. ano2 semua kita harus bijak... itu fakta nya.
    kita harus akui prestasi ATM khusus nya Pasukan gerak khas mereka....
    di sini gw adalah orang yg paling benci malaysia... karena pengalaman gw selama 1 thn di johor baru thn 2008. tp gw lbh benci sama singapore.. krn saat dulu prisedin kita gus dur.. kita di hina sm rakyat singapore.. trus waktu bom bali di pelabuhan dan di bandara singapore banyak spanduk bertulisan indonesia is teroris... no indonesia. semua orng indonesia di curigai di sana.
    tapi kalian perlu ketahui... takti yg di pakai mereka adalah takti kopassus... yg mereka dapat selama pendidikan di batu jajar. seperti dahulu jg... kata bokap gw dulu.... negara malaysia, vietnam dll banyak belajar ke indonesia.

    BalasHapus
  20. ano 19.16- 5 februari... .... Sipadan ligitan dari thn 88 diduduki malassia. . kemana mbahmu ,

    BalasHapus
  21. Mmang ada d film BHD kl pasukan AS mnta bntuan panser dr malas-ya yg ada d perbatasan. Cm sebatas itu aj ko', sejarah mncatat nilai merah utk psukan ranger dan pasukan elit AS lainnya yg bsnjatakan lgkap tp kalah dgn pergerakan militan. rencana yg cm 30 mnt mjd molor dan merubah konsep strategi mrk d tanah afrika. pasukan malingshitt cm mmbntu evakuasi terakhir aj krn kendala angkutan transportasi AS yg minim dsana Kbtulan aj malingshitt tdk jauh dr pbatasan. Evakuasi terakhir dkawal bbrp heli serang, kbtulan malingshitt mmbwa bbrp APC yg dpt mngangkut personel, ttap aj mkn wkt bnyk utk tgukdatangan mrk dan tp ttap aj tdk mngurangi rsa malu AS dgn kekalahan telak tsb, Qta jstru hrs waspada dgn AS yg mngkin mesradgn mrk.

    BalasHapus
  22. Ngapain juga nunggu sampe 20 tahun hanya utk ngucapain trimakasih sama minta penghargaan, sebenarnya malingshit itu iri dan sirik sama pasukan perdamaian Indonesia yg selalu dapet penghargaan dan selalu diberitakan, jadi mereka minta klo bisa pasukan perdamaiannya dikasih juga penghargaan walaupun gagal, itu juga sudah 20 tahun lewat masa tugasnya, knape ga dari dulu2 aje, pikir aja secara logika.....masa selalu indonesia aja yg dapet penghargaan dari UN, malingsht ga dapet penghargaan dari UN, mereka minta sama amrik....amrik kan bukan UN.....hahaha tanya aja tuh sama si penguasa malingshit betul ora comment ĝώ.....shame on you MALASya.....negara beruk ga tau malu.

    BalasHapus
  23. AS mempunyai strategi utk adu domba malaycret dg Indonesia dg cara, memberikan penghargaan dlm membela AS di somalia dan dg penghargaan akan timbul keberanian utk melawan NKRI. Krn AS bangkrut ketakutan biar bertambah kere, bila menghadapi prajurit TNI agak kewalahan dan dg cara CIA adu domba spt jaman belanda dijalankan biaya murah. Bravo TNI...................

    BalasHapus
  24. KAMI MEREDEKA DENGAN DARAH BUKAN HADIAH...
    Kebanggaan itu yang tidak akan pernah kalian miliki malayngsial

    BalasHapus