Senin, Januari 06, 2014
131
JAKARTA-(IDB) : Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengaku ingin menambah pesawat tempur untuk Angkatan Udara. Salah satu pesawat tempur yang diincar Moeldoko adalah Sukhoi SU-35.

"Tapi ini baru tahap diskusi, kalau maunya Panglima sih iya," kata dia sambil tersenyum kepada wartawan di Lapangan Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, 6 Januari 2014.


Moeldoko mengaku sudah berdiskusi langsung dengan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro. Menurut dia, Menteri Purnomo pun setuju upaya menambah kekuatan tempur Angkatan Udara Indonesia.


Pesawat tempur Sukhoi SU-35 adalah pesawat kelas berat penghubung generasi keempat dan kelima. Saat ini Indonesia baru mempunyai satu skuadron atau 16 unit pesawat campuran Sukhoi SU-27 dan dan SU-30 yang bermarkas di Makassar, Sulawesi Selatan.


Selain Sukhoi SU-35, Moeldoko juga membidik pesawat tempur buatan Amerika Serikat. Namun, mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu belum mau menyebut rinci pesawat tempur apa saja yang masuk incarannya.


"Apakah F-16 atau produk terbaru lainnya, Insya Allah kami bisa (membeli pesawat tempur lagi)."


Tahun ini, TNI Angkatan Udara bakal menerima belasan pesawat baru dan bekas berbagai jenis. "Ada pesawat tempur jet, pesawat tempur baling-baling, dan pesawat angkut," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto saat dihubungi Tempo, Sabtu, 4 Januari 2014.


Dari jajaran pesawat tempur jet adalah F-16 blok 24 hibah dari Amerika Serikat. Menurut Hadi, sebelum bulan Oktober 2014 Angkatan Udara bakal menerima delapan dari 24 unit pesawat hibah yang diperbaiki lagi sistem avioniknya. Sesuai rencana pesawat F-16 bakal "tinggal" di Skuadron 16, Pekanbaru, Riau.

Angkatan Udara juga bakal menerima secara bertahap pesawat tempur bermesin jet T-50 Golden Eagle buatan Korea Selatan. Dari satu skuadron atau 16 unit pesawat yang dipesan baru delapan unit yang diterima Indonesia. Pesawat inilah yang bakal digunakan untuk melatih pilot-pilot tempur TNI AU menggantikan pesawat Hawk 100/200.



Sumber : Tempo

131 komentar:

  1. Terkumpul sudah senjata rusia..dari yakhont.tank amphibi.mi35,su 27/30 dan terbaru dgn hati senyum kpl selam kilo dan su 35..terimakasih jendral sudah mw lindungi tanah air ini dari terkaman ular berbisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo komentar itu yg enak kaya gini ini...

      Hapus
    2. Itu enak karena keenakan, karena g mikir kritis, tahunya "Sego mateng surak = Nasi masak senang" pikirannya anak balita.
      Pespur hebat perlu, KS Kilo perlu, MBT Leo penting, tapi kalau peralatan Pernika masih kuno ya sama saja bohong.
      Gampang di jamming, di sadap dan di kacau distribusi informasinya, bijimana sdh mikir kesana blon, atau hanya penqgen makan doang. Dasar gemblung.!!!!

      Hapus
  2. masih ada yg belom gAn,
    pertahanan udara sedang dan menengah(SAM) & destroy / fregat nya yg pihak kemenhan udah tergiur,

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak, setuju

      Hapus
    2. setuju, klo ada SAM di perbatasan pesawat tempur/sipil negara lain bakalan mikir 1000x klo lewat batas secara ilegal krn lngsung di lock sama SAM apa gak jiper tu :-)

      Hapus
    3. Kalo pespur lawan make anti radar, atau radar SAMnya di brangus duluan atau pespur melepas bom pinter dari jarak auh, atau di hajar make rudal lawan radar kita, trus apa yg akan sampean perbuat????
      Mikir, dulu jgn asal setuju ajah. Paling ngliat rudal atau ngliat radar berputar dan cara kerjanya juga dari "mimpi basah" alias onani, he.....he......he...............
      Mimpi 'ngkali............"mimpi basah" sambil megang "anu" di sangka megang rudal SAM, he.....he.....he.......

      Hapus
    4. antek imperialis, jgn dihiraukan lanjutkan modernisasi mumpung jendral sekarang belum kesusupan skenario imprialis yg kaki tangannya orang2 para penghianat bangsa,mereka berusaha membodohi...jgn beli lagi peralatan dari barat ntar diembargo lagi...merdekaaaa!!!

      Hapus
  3. Mau tidak mau tni harus putar haluan stop melawan arus ikut permainan barat , jangka panjang yaris di lupakan .
    Sejarah adalah guru bukan untuk di lupakan , dalam dokument snow dent sudah tertera jellas : barat bersusah payak untuk memasok senjata class dua ke indo supaya ke belakang gampang di ciduk di embargo ,
    Sukhoi 35 s kalau sampai di akusisi tni kawasan sebelah akusisi f35 suluman bakal percuma . Tidak ada jet tempur di dunia bisa berbelok arah 180 drajat ke cuwali sukhoi 35 plus jangkuan radar , bisa nembak ke belakang new enggine bisa di adu nanjak mirip astronot .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Gan... mau tidak mau SU 35 harus kita miliki..2 skuadron plus S 300/400... sempurna sdh..

      Hapus
    2. Setuju ama semangatmu agan ano 19.44, cuma harus diralat dulu, semua pesawat bahkan yang paling lowclass baling-baling pun bisa berputar 180 drajat gan, sama seperti bus ato trem bahkan kereta batubara yang puanjanngnya audzubillah minzaliq juga bisa. mungkin perlu dilengkapi seperti ini: manuver 180 drajat dalam radius sekian meter gitu...

      Hapus
  4. pastinya hanya mimpi basah.. =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mimpi basahnya lu yaa.. Lu kan bru baligh.. Kalo mimpi itu jgn smbil onani... Hahaha :-D

      Hapus
    2. Ne yg suka nonton bokep, jadi onani trus

      Hapus
    3. nie orang nafsunya guede banget yak, baru ngomongin pesawat aja udah mimpi basah apalagi ngomongin nyang laen???

      Hapus
  5. su 35 sudah cukup untuk menandingi f35 milik singapura apalagi gk takut akan di embargo klo beli produk rusia. Ayo Pak Jenderal wujudkan dalam hal nyata pembelian su 35!!! Bravo NKRI 8-)

    BalasHapus
  6. saya kalau diminta mau iuran 100rb utk beli sukhoi ini, kalau dikalikan umpamanya ada 100 juta penduduk indonesia saja sudah 10 T cukup untuk beli 12 unit pesawat su 35.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh2 saja, tapi kalo rusianya g mau ngejual itu pesawat su - 35, mending duitnya di kaseh ke saya buat beli "grontol".........atau "suweg"........... atau "gatot" pasti kenyang......

      Hapus
    2. gan gua juga kalau di minta sama pemerintah untuk iyuran RP 1.000.000 buat beli su 35 sanggup bayar..kalau cuma mau beli f-16 block 52 ataupun 60 kalau ada ,terang kurang setuju.f-35 se,itukan pesawat tempur kelas dua amr.lagian rawan embargo.dan kelemahan semua pesawat tempur buatan barat,ada di telapak tangan negara barat juga,jadi kapan maunya orang barat tinggal nunggu waktu..

      Hapus
  7. Bang isan;
    saya setuju klo di adakan iuran 100rb..
    Jngan kan 100,200 saya mau biar dapat 24 unit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebarkan mas bro, ane setuju 1000%

      Hapus
    2. saya iuran 10 juta...saya wajib pajak yg baik...demi NKRI

      Hapus
    3. Kalo emang bener2 buat beli su35 500 ribu juga berani gan,..walaupun hrs peras keringat kerja nguli,...(demi Indonesia tercinta)...he..he..

      Hapus
    4. saya siap 1 juta saja. ayo kita galang dukungan! GERAKAN SERATUS RIBU PER WARGA UNTUK BELI SU-35! ngomong2 yg di atas beneran nih?? kalau bener koq masih ber ano2...

      Hapus
    5. nanti ya iyurannya kalo udah di ambang perang pasti ada rekening khusus iuran rakyat buat beli senjata gila2an
      jadi ingat janjinya ya
      *bukan berharap mau perang

      Hapus
    6. Wah ini sy setuju, hingga 500rb sy perjuangkan daripada anak-anaku dapat ancaman di masa depan :-b siapkan aj organisasi pengelolanya, pengawas-nya BPK & KPK sekalian, biar mulus.. kalo dah terbentuk nanti sy setorr.. MERDEKAA !!

      Hapus
    7. saya rakyat jelatah siap juga sumbang 500rb untuk beli Sukoi SU-35/Pakfa 50 dan Kasel Turunan KILO.., NKRI harus kuat dong..., MERDEKA...!!!

      Hapus
    8. Gw setuju juga..... kalo bener2 ada sumbangan buat su-35..... by:kal-sel
      NKRI harga mati

      Hapus
    9. maaf saudara,bukan gua kebanyakan uang,tapi karena kami bukan tentara,makanya kalau pemerintah mau minta iyuran sebesar RP 1.000.000,buat beli SU-35,gua setuju banget.kapan waktunya ,namun sangat disesali adalah segelintir dari pemimpin ada yg pro barat demi kepentingan sendiri.pemimpin seperti ini sanggup meng gadaikan negara dan nasib bangsa....menjilat tangan dan kaki negara asing.ganjalan demi ganjalan tidak terputus2 untuk menggagalkan pembelian alat tenpur kelas satu,yg di perlukan TNI kita.buat menjaga keutuhan NKRI...hidup BRVO TNI,HIDUP BANGSA INDONESIA...

      Hapus
  8. Saya setuju pak jendral, SU35 harus kita miliki untuk menyeimbangkan kekuatan udara bukan hnya di ASEAN tetapi jga d ASIA, dng kedtangan F35 brarti MEREKA jelas2 menantang keutuhan NKRI... NKRI Harga Matiii

    BalasHapus
  9. bagai pungguk merindukan bulan hahaha berani bertaruh sampe 10 tahun ke depan pun roda su35 ga akan pernah mendarat dibumi indonesia..klo mmg niat beli pswt canggih ngapain beli T50 golden eagle dan f16 afkir,anda semua sdh masuk dalam buaian indah moeldoko,ks kilo,su35,s300/s400 itu semua omong kosong...australia,singapura dan malaysia lg ketawa ketiwi ngliat ambisi indonesia yg cm modal nafsu besar tapi tenaga tidak ada hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wong ndeso..penerbang baru itu butuh pesawat latih...emang sampeyan bisanya naik bajaj.....bayar pajak bisar bisa jagain negaramu..

      Hapus
    2. Ano .21.29 lu keturunan londo campur asu ya...

      Hapus
    3. Hai mister 21.29,,, kalau you tidak suka dengan ano-ano Indonesia yang optimis dan mempunyai harapan besar bahwa TNI kita menjadi kuat ,,, yah you tidak usah baca forum ini ,,, bergabung saja dengan blog nya australia atau malaysia yang setiap hari mencaci makin indonesia ,,, ini blog nya putera-putera Indonesia yang memimpikan Indonesia yang kuat !!! diblog itu anda bisa puas banget memaki-maki indonesia ,,, OK mister ?

      Hapus
    4. ano 21.38 asli gan ane baca komen ente ngakak =))maklum saudara ano 21.29 menganggap nyetir pesawat kaya nyetir bajaj dia biasa narik sih....

      Hapus
    5. ano 21.39. .. mantap

      Hapus
    6. Ano 21.39 maaf anda warga nkri tp jd penghianat atau anda warga malaysia yg sudah lama di indonesia.mw adu domba kami,ciri ciri warga nkri asli dia tdk pernah remehkan bangsa ini dgn kata2 spt itu,malahan akan mendukung untuk mempertahankan dan keutuhan kedaulatan nkri dari negara lain.

      Hapus
    7. wahhh sU 35 maknyosssss nihhh tapi cukuplahhh punya f16nya kebanyakann...
      kurangi hub dngn USA.. sumpahhh lebihhh banyakkk mngecewakannya daripada bagusnya...

      Hapus
    8. ano.21,29 kowe wong goblok, kowe goblok. ayo hancurkan ano.21.29

      Hapus
    9. Bro ano 21:29...kalo you gak ngerti soal pesawat dan dunia militer...lebih baik you baca majalah BOBO saja ya...cuci tangan n kaki terus bobo ya...mimpi yg indah..

      Hapus
    10. Mental tempe sifat penghianat ya seperti bung ano 21.29 wajib di musnahkan orang-orang seperti anda

      Hapus
    11. Ano 21.29 kalo ngomong PAKE OTAK jgn pake pantat.. lo pikir tu Pilot SUKHOI tadinya supir BAJAJ, mereka sebelumnya pilot2 "PESAWAT NATO", GA DA MASALAH NGALIH KE SHUKOI.. LU SEKOLAH DI SELANGOR Y, BLO'ON BANGET :-)

      Hapus
    12. setuju benar ano 21.29..

      Hapus
    13. HEHEHE...BERENCANA SALAH.PEMERINTAH DIAM JUGA SALAH...YG BENER ITU GIMANA YAA..???AJAR TUH PAK MOELDOKO,......

      Hapus
  10. Ane optimis klo semua org indon sering colie SU 35 pasti kebeli...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woi pak cik kami tau kok malon negara seks, jgn dibawa2 donk pengaruhnya ke indonesia hehehe

      Hapus
    2. ano 22.33 anda adalah orang indonesia tapi berupaya mengadu-domba bangsa Indonesia,aksen anda jeas aksen Indonesia tapi menyamar jadi orang malonsial, di malon warganya lebih sering memakai kata "kerap" bukan "sering" dan lebih sering memakai kata "tebeli" bukan kebeli,aksen "sering" dan "kebeli" adalah aksen orang Indonesia

      Hapus
    3. ano 08.46: wkwkwkkwkwk....skakmat dah tuh.....ada ahli bahasa nimbrung whe..he...he...

      Hapus
  11. optimis itu biasa,tp you semua bkn optimis,melainkan seperti anak kecil di janjikan sesuatu yg menyenangkan,akan di bawanya sampai ke alam mimpi jk blm di penuhi..nah saya ibaratkan anda2 semua adlh anak kecil tsb..
    atau anda anda mmg sdh terbiasa berbicara dgn mata terpejam,sehingga tidak melihat realita yg ada?
    saya tdk perlu bercerita tentang australia atau singapura atau malaysia..tp cukup saya sarankan utk anda2 pergi ke tiga negara tsb,agar mata anda terbuka dan bs melihat bahwa indonesia blm ada apa2nya bagi mereka hahhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke bisa dijelaskan perbedaan antara optimis,dan sifat anak kecil itu??mohon penjelasannya bro...

      Hapus
    2. ano 23.00 saya saran kan juga anda pergi ke india,,
      liat disana rakyat nya lebih parah dari indonesia,, hukum nya juga sama, apalagi polisi nya.. trus bandingkan alutsista ke 3 negara yg anda sebutkan tadi dengan India,, dan bandingkan juga pendapatan perkapita nya dengan india.. bahkan malon yg kamu banggakan juga minta belajar ma india,, pdhal rakyat india disana dibandingkan dengan rakyat malon lebih sejahtera mana??? soo klo membandingkan itu harus sesuai tema nya yg dibandingkan,, klo anda bangga dengan 3 negara td, silahkan anda jadi warga negara mereka,, karena negara kami , baru saja merintis lagi dari awal setelah kerusuhan terjadi dimana2 , korupsi di berbagai instansi. dan mengganggu perekonomian negara,, karena ulah2 intelegen asing yg tidak ingin indonesia maju..dengan mengadu dombakan antar suku..agama, dsb

      Hapus
    3. Woi bego kalo indonesia gk ada apa2nya bagi3 negara tu (like what u said before)
      Kenapa waktu indonesia berencana beli su35, singapur ama aushit kok malah buru2 beli f35?
      DAN KENAPA MALON MINTA2 LATGAB AMA INDONESIA???

      Hapus
    4. ano.23.00 goblok kowe, celeng kowe. ayo hancurkan ano.23.00

      Hapus
  12. Jangan lupa sifat dan kebiasaan petinggi TNI. Kalo Panglima sudah mengatakan AKAN MEMBELI berarti BARANG DAH ADA DI KANDANG....he...he..

    BalasHapus
  13. "ingin" atau "angan" memiliki su35 adalah satu hal yg mustahil utk indonesia..
    Pertama kita semua tahu su35 adlh brg baru dan msh terus di sempurnakan,militer rusia sendiri br memiliki 1lusin..butuh waktu bertahun tahun utk mengembangkan sampai pd tahapan ekspor,jk diekspor sdh pasti yg mendapat jatah adlh sekutu2 terdekat rusia dan"negara2 yg tdk krisis finansial serta memiliki daya beli tinggi"..
    indonesia bkn sekutu rusia,indonesia rentan krisis finansial,daya beli indonesia sangat rendah meski diberi kemudahan pembayaran alias hutang,blm lg geliat dollar yg terus memukul rupiah..jd kesimpulannya,moeldoko dan poernomo sedang mengajak anda semua ke alam mimpi hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 23.22, klo di hitung kemampuan produksi ,dlm 2 thn bisa 26 pesawat,, klo misalkan indonesia pesan sekarng cuma 6 pesawat bukan mustahil thn 2017 s.d 2019 sdh dtg ke indonesia, klo pemesanan besar otomatis suatu pabrik akan lebih dikembangkan lagi kemampuan produksi nya,, tidak mungkin hanya sebatas itu saja.. kecuali pemesanan ga ada, dan hanya utk kebutuhan dalam negri.. seperti halnya berita baru F35 harga nya sdh turun karena pemesanan nya sdh banyak dan produsi nya juga di percepat,,
      jadi tidak ada yg mustahil di dunia ini, selagi manusianya itu mau berusaha.. tuhan yg menentukan nya. salah satu contoh ,, org2 zaman dulu berpikir mustahil manusia bisa terbang,, kenyataannya skrg banyak pesawat terbang yang membawa manusia terbang di udara..
      kemaren2 org bilang indonesia mustahil mendapatkan helicopter Apache AH 64D,, tp kenyataan nya skrg sdh di tandatangani kontrak nya bahkan apache yg dtg lebih canggih lg dari yg di perkirakan mustahil di dapatkan,,,,
      sekian dan terima kash,,

      Hapus
    2. ano 23.22.. yang masih tahap pengembangan itu bukan SU 35 BM/S... tp T50. atau FAK PA,,

      Hapus
    3. Org kyk ano 23.22 nih jgn diladenin
      Pertanyaan ano 23.21 aja sampe sekarang belum dijawab

      Hapus
    4. heellooooo.. ..
      Akan & ingin????????

      Inilah salah satu mahluk tuhan yg di ciptakan keluar dr lubang buritt beserta taiikknya..
      Dgn kurangnya nasionalise yg perlu di tanamkan kembali..

      Hapus
    5. Ano 00.17, biarin aja dibilang akan dan ingin
      Tapi ingat aja, org yg kekenyangan pasti sebelumnya merasa INGIN makan dan AKAN makan sampe kekenyangan...

      Hapus
  14. @ano 23.22
    Yg pasti malon juga gk deket ke rusia kan wkwkwkwk!

    BalasHapus
  15. Malingsia bangkrap, muflis, fakir nak beli jet pejuang pun tak mampu. MRCA project AKAN, NGPV project KONON, cuma mampu bina jamban je ni kerajaan malingsia.
    -Sukhoi 30 MKM telah jadi barang usang 10 tahun lalu.
    -Scorpene telah jadi barang bobrok rosak terua.
    -Kapal Perang MEKO 100 ompong dari mula beli, tak de wang plak.
    -Deretan barang kuno antik mirip museum ada la di ATM ni, macam F-18, MiG-29, Nuri,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malingsia "bangkrap", muflis, fakir nak beli "jet pejuang" pun tak mampu. MRCA project AKAN, NGPV project 'KONON", cuma mampu bina jamban je ni kerajaan malingsia.
      -Sukhoi 30 MKM telah jadi barang usang 10 tahun lalu.
      -Scorpene telah jadi barang bobrok "rosak terua".
      -Kapal Perang MEKO 100 ompong dari "mula beli", "tak de wang plak".

      yang bertanda petik ( " ) adalah bahasa dan aksen malon ano ini orang malonsial
      -Deretan barang kuno antik mirip museum ada la di ATM ni, macam F-18, MiG-29, Nuri,

      Hapus
  16. @ano 23.46
    Jgn lupa ama tank pendekar yg konon jaguh cam tin kosong tu wkwkwk

    BalasHapus
  17. Ano 23.00,klo aussie ma singapore ok lah...tp negara ke tiga yg anda banggakan kok rasanya blm pantas masuk hitungan,jngn cm lihat klcc saja trus bermegah....you coba pergi ke trengganu...kemaman sana.....memprihatinkan

    BalasHapus
  18. Kalo harapan ane sih moga2 tni au dapat air superiority atas daerah kedaulatan nkri biar gk ada kapal maling lagi, dan ane yakin tni pasti mampu membeli apa yg dibutuhkan untuk air supremacy amin ya rabbal alamin

    BalasHapus
  19. Kalo untuk pembelian SU 35 ini memang kayaknya tidak bisa dicegah AS ( kabar angin barang dah masuk lama ). Namun teror dari AS tampaknya masih kuat dg pernyataan Panglima yg masih membidik pespur AS :” …. F16 atau pesawat yg lebih baru. Insya Allah bisa….Sinyal ini menjadi pertanyaan?Apakah TNI akan membeli F16 blok 52 atau F35 spt yg ditawarkan AS sebelumnya ataukah dipaksa membeli F18 rongsokan.Dg pembelian pespur dari AS, apakah program IFX MANDIRI dg bantuan SAAB akan terjadi perubahan arah.Kalo feeling saya TNI akan dipaksa untuk membeli F35 atau F16 blok 52/60 supaya Indonesia berada dalam klik AS, Korea, Jepang dll. Yang berhadapan dg Cina. Sehingga membuat Cina sendirian di kawasan ini. Dengan kekuatan lobby Jepang dan Korea di Indonesia dapat menekan Pemerintah RI.Semoga IFX MANDIRI dg bantuan SAAB tetap jalan lancar walaupun dipaksa beli F16/F35.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sori nyela
      Tapi kalo gitu ane takutnya waktu kita beli brg ke rusia, cina ntar malah desak rusia biar gk dijual ke kita
      Gimana dong?

      Hapus
    2. klo cina kyk nya ga mungkin bs mempengaruhi rusia terkait indonesia gan,, cos rusia sendiri butuh duit dgn penjualan pesawat tersebut, dan lagi rusia jg tau dari dulu indonesia tidak berpihak kemana2.. klo mau kita liat india aja yg masih bersih tegang dengan china terkait perbatasan antar negara,,
      dan waktu india mengadakan tender utk persawat tempur barunya,, di menangkan oleh rapael,,perancis.. tp rusia tidak menaruh dendam sama india.. pdhal india merupakan sekutu rusia yg kuat,, dan msh ikut joint produk pesawat tempur fak pa..

      Hapus
    3. Indonesia juga pernah jadi penghianat karena telah menghibbahkan mig-21 pada amerika.dan sebagai imbalan us telah menghibbahkan indonesia pesawat tempur yg lain

      Hapus
  20. kata kata diatas,,,,,
    Selain Sukhoi SU-35, Moeldoko juga membidik pesawat tempur buatan Amerika Serikat. Namun, mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu belum mau menyebut rinci pesawat tempur apa saja yang masuk incarannya.

    "Apakah F-16 atau produk terbaru lainnya, Insya Allah kami bisa (membeli pesawat tempur lagi)."

    kayak nya negara kita bukan hanya memihak ke rusia aja, karana negara kita masih menganut system nonblok,, jadi masih juga memesan dari USA, sebagai penyeimbang alutsista antara blok barat dan blok timur..

    yg jadi pertanyaan di atas adalah,,

    "Apakah F-16 atau produk terbaru lainnya, Insya Allah kami bisa (membeli pesawat tempur lagi)."
    produk terbaru nya ini F16 blok 62, atau F35 yah??? cos sama sama satu pabrik,,
    dan indonesia pernah ditawarkan utk ikut dalam pengembangan f35..tp ditolak karena biaya nya yg besar.. dan kemudian singapura cemburu karena tidak di tawarkan,, setelah itu karena indonesia tidak ikut akhir nya singapura yg ikut,,
    selain itu saya baca berita F35 sekarang harga nya sdh turun sampai 4% dari harga semula..
    maaf bukan nya mengharap F35 . tp mengharap teknologi nya yg bisa diambil utk pengembangan pesawat tempur nasional..

    BalasHapus
  21. Nah itulah payahnya orang Indonesia,,, tidak bisa tahan emosi,,, sedikit di hina aja sudah koar-koar ,,, oleh karena itu bloggers Malaysia, Australia itu senang sekali mengganggu kita.

    Coba kalau orang Indonesia itu bisa mempunyai mental negara besar ,,, diamkan saja mereka yang negatif apakah itu dari luar atau dari orang Indonesia sendiri ,,, kita diamkan saja,,, kita diskusi diantara kita sendiri saja yang senang alutsista, yang mempunyai pandangan positip dan yang selalu optimis melihat kedepan,,,, kita harus mengambil sikap seperti warganegara dari sebuah negara yang besar INTELEK,,, yang tidak perduli dengan ocehan negara kecil,,, kampungan ,,, iri hati terhadap kita yang dianggap primitif, kampungan tapi negaranya kaya dan besar ,,, mereka tidak rela,,, kepulauan yang kaya ini dihuni oleh orang-orang yang tersinggung dikit udah cabut golok,,, gak bisa bahasa Inggris,,, berak masih dikali,,, buang sampah masih dijalanan ,,,, he he he he he ,,,, mereka menganggap bahwa merekalah yang lebih pantas memilii kepulauan ini,,, karena mereka bisa bahasa Inggris,,, mereka lebih intelek,,, lebih internasional ,,, dsb,,dsb,,, oleh karena itu disemua blog-blog yang ada mereka pasti melancarkan hal-hal yang membuat emosi kita naik,,, karena mreka tahu kita pasti akan ngawur balasnya,,, dan sekali lagi mereka berhasil membuktikan pada dunia bahwa kita memang orang-orang yang gampang cabut golok ,,,, heheheheheheh ,,, JADI SEKARANG TERSERAH KITA,,, MAU MELAYANI MEREKA ATAU FOKUS PADA DISKUSI DIANTARA KITA SENDIRI YANG MEMANG SENANG ALUTSISTA ,,,, TERSERAH KALIAN LAH ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 0056 stuju bangets bang!
      kata orang sekolahan, kalo kamu dimaki tukang becak, kamu panas juga balas memaki bahkan memukul maka kamu yg sekolahan sebenarnya sama dgn tukang becak itu !
      akakakakakakakakakkk

      Hapus
    2. maaf saudara anonim,walaupun saya tidak bisa menulis secara detail seperti saudara.tapi,saya sangat sependapat seperti mana yg anda sampaikan.tapi sering kali ,apa bila saya m,enulis di teman2 sebangsa dan setanah air indonesia yg lain.,malah mereka salah menilai.mereka anggap saya pengecut,mata2 negara asing.memang saudara,mental rakyat indonesia ,adalah mental putus asa,diplomasinya adalah emosi.pantang dihina maupun di kritik walaupun sedikitpun,namun saat di caplok dan di bawa ke pengadilan antara bangsa indonesia ,koit.lalu di mana letak kepintaran rakyat indonesia.kalau soal ribut memang dapat mengalahkan rusia dan india,bangsa kita ini pantang melihat kekurangan negara sendiri.namun juga tidak berani melihat kelebihan negara lain,maaf bukan nya tidak patriotic.tapi sejujurnyalah bangsa kita ini masih kurang kualitas pendidikannya berbanding negara lain di dunia.kalau gak salah indonesia ada di tangga 63 dalam 100 negara terbaik.dan tabiatnya agak kurang baik,tentang kebersihan tahab kesadarannya relatib rendah.coba lihat kebersihan negara singapore dan malysia,jauh di atas indonesia.kalau berbicara alutsista kita gak usah pergi jauh sampai kebenua eropa dan australia,kita tinggal singgah aja kenegara tetangga,yaitu singapore.terang aja negara kecil itu,jauh berada di atas kita.baik dari segi jumlah apa lagi qualitas.apakah kita harus menyalahkan pemimpin karena anggaran yg di berikan.ataupun memang kita tak mampu.,. ?siang malam di website kia sering teriak INDONESIA ADALAH CALON ASIA..!!!.kadang-kadang saya bertanya pada diri sendiri.benarkah...? apa yg telah ada di tangan tni..?sumberdaya alam..? apakah kita bisa mengelola sendiri..?sedangkan negara-negara besar di asia,china,india,korea sel/utara.iran,turkey,mereka diam gak berkoar-koar.yg kedengaran dan terbaca di semua media adalah,mereka telah berhasil meluncurkan ciptaan mereka yg memang cukup gahar.bukan anoa...tapi rakyat mereka diam.adem ayem..mereka telah buktikan,bukan akan,tapi belum tentu bisa di buktikan oleh bangsa kita.karena kita cuma numpang teknologi.contohnya kerja sama pembuatan kapal perang dengan pak menir TOTnya untuk di bangun di indonesia amblas.kfx,ini juga belum pasti,karena kita tidak punya kuasa mutlak.kita hanya punya 20 persen..maaf bukan mau merendahkan kekuatan bangsa sendiri.bagi saya,yg lebih pass itu diam,tapi sesekali menyengat mereka.negara tetangga tidak akan tunduk dengan negara kita kalaupun kita hanya bisa koar-koar.ciptsksn teknologi yg bisa menundukkan mereka dengan sebenar-benarnya.apa bila kamampuan kita sudah berada di atas mereka,mereka akan mengakui kemampuan kita,kita gak usah berkoar-koar,calon macan asia dan sebaginya.kita harus bisa menggunakan senjata yg mereka takuti,untuk membuat mereka takut dan segan dengan indonesia.bukan senjata yg di tertawakan mereka..!!!!!!!

      Hapus
    3. anonim 0056,tentang jumlah pembelian su -35 .masuk akal kalau cuma quantiti 16 unit,untuk batch pertama.buat penye imbang.karena kedepannya ,mungkin penggunaan pesawat tempur akan naik selevel ataupun satu setengah level lagi.bermakna generi 6,dan pada waktu itu apa yg dimiliki indonesia akan berada di kelas nomer 2.dan pada saat itu indonesia masih punya anggaran untuk membeli lagi satu skuardon lagi,level di atas su-35.mungkin fak-fa ataupun pesawat stealh yg lebih canggih agar terus punya saing.kalau anggaran ada yaa bisa beli kayak australia,jerman dan inggris..mereka beli jet tempur jumlahnya pasti di atas 36 unit.australia aja ingin membeli f-35 100 unit,dan bagi mereka bukan hal yg mustahi.tapi agi kita apakah bisa berbuat demikian...adakah kita ini lemah dan apakah mereka yg kuat..??maaf bukan intel asing/juga bukan merendahkan negara sendiri,tapi itulah yg sering saya baca di tulisan bloger -bloger kita.apakah kita tidak mau menerima kelemahan itu,kalau memang benar ada. saudara anonim 01.00 pendapat anda juga bagus juga.kalau kita meladeni orang tidak waras,orang lain anggap kita sama-sama tidak waras.

      Hapus
  22. betul bang sy stj..kita pasti beli su 35...bravo tni au

    BalasHapus
  23. Amin. Semoga cepat direalisasikan...

    BalasHapus
  24. Ayo patungan... rekeningnya BCA saya aja.. biaya admin 0,1% aja per bulan..:p

    BalasHapus
  25. Wah brokernya untung besar nih

    BalasHapus
  26. Kalo sampe beli F16 berarti jendralnya goblok, karena pabrik f16 sendiri mengatakan akan menutup produksi f16 pada tahun 2020, mending sekalian f35 6 biji ditambah f18 growler 6 biji, lebih maknyus lagi ditambah 6 biji Su35 sebagai tulang punggung heavy fighter

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6 biji lu!! mikir dulu baru nulis 8-)

      Hapus
    2. tujuan beli f16 block 52 ++, hanya sebagai patroli,, tidak mungkin patroli menggunakan su 35 setiap hari,, yg biaya oprasional nya sampe 450jt / jam..
      di samping itu f16 block 52++ atau block 62, masih bisa duel ma F18 growler,, ada anti jaming jg,, radar lumayan jauh,, kecepatan bertambah, dan jangkauan tempur juga bertambah jauh dibanding F16 block 32,
      jadi ga ada salah nya kalau ngambil f.16 block 62,,
      klo F18 growler kyk nya kita akan kerepotan lagi dari pengoprasian dan suku cadang, udah gitu masih termasuk genre 4.+..
      klo mau sekalian f35,,tp tetap biaya pengoprasian nya juga lebih mahal dari F16 block 62, hanya saja,, teknologi nya lebih canggih,,dan yang paling penting dia punya teknologi siluman,, walaupun masih kalah sama F22 raptor baik di lapangan atau di atas keretas...
      sebenar nya nanggung klo kita beli su 35, sebagai tulang punggung ,, cos pertempuran masa depan banyak yang menggunakan teknologi siluman,, walupun jangkauan radarnya jauh sampai 400km, tp belum tentu bisa mendeteksi f35, apalagi F22..
      yg di khawtirkan klo terdeteksi lebih dulu dan ditembak dengan rudal yg punya kecepatan diatas 5 mach,, su 35 sedikit kesulitan utk menghindar, wlupun begitu klo su 35 bisa mendeteksi f35,, f35 akan sulit menghindar wlupun di tembak dgn rudal yg dibawah kecepatan 5 mach.. hanya saja dua duanya memiliki anti jamming,,

      maaf klo tulisan nya belepotan,, sama sperti org nya,,soo tau,, hehehehe

      Hapus
  27. sabar saudara2 asa dan mimpi perlu, saya yakin para jendral kita tidak goblok..... mereka nasionalis, walau masih ada oknum yang mementingkan perut sendiri, optimis dan doa, ada rencana, analisis, klik tujuan, dana bisa dari berbagai sumber pendapatan indonesia, terutama miskinkan koruptor, tagih tunggakan pajak perisahaan besar, maaf saudara cabut juga subsidi untuk BBM motor dan mobil kecuali angkutan umum........ bukan suatu yang mustahil barang2 yang kita incar dan kita bicaakan akan terbeli beli semua,..... ingat amerika juga tergantung sama kita sedikit kita tekan mereka akan melunak..... rusia dan cina asal pendekatan kita bagus mereka juga tidak akan melepas indonesia loby yang saling menguntungkan bukan mustahil alutsista produk mereka banyak yang masuk ke indonesia....... master plan hankam kita sudah ada jadi sabar ya..... mari kita dukung presiden dari kalangan militer atau orang yang peduli dengan alutsista kita.... siapapu itu orangnya, demi kelanjutan program

    BalasHapus
  28. Ayo agan2 semua... mari kita semua bayar pajak yang benar... aye yakin kalau seluruh warga bayar pajaknya bener, kagak ada yang mustahil buat ngewujudin NKRI super power... Bayar pajaknya langsung ke bank ya, jangan sama orang pajak atau yang ngaku2 orang pajak.... kalau buat yang karyawan selalu pastikan untuk nerima bukti potong pajak, biar perusahaan atau bendahara kagak bisa ngemplang pajak karyawannya...

    BalasHapus
  29. apa kedepan pertempuran udara msh menggunakan genre 4.++.. atau bahkan sdh menggunakan drone genre 6,, ??
    klo menurut saya klo kita beli su 35, alangkah lebih baik nya jgn terlalu banyak dulu, 1 skuadron aja cukup,hanya sebagai pengisi kekosangan, soalnya saat ini mungkin masa peralihan teknologi genre 4++ ke genre 5,, dan negara adidaya sudah mencoba prototype nya yg genre 6..
    klo kita perbanyak genre 4++, apa ga buang2 biaya ? cos pesawat yg kita beli ternyata dlm beberapa tahun ke depan sudah tidak memungkinkan lagi melawan generasi 5..atau generasi ke 6,,

    kalo saja radar su 35 yang jangkauan nya 400km bisa mendekteksi F22, f 35, J20 china, ATD-X jepang, FAK PA rusia,, mungkin masih berguna dalam 10 atau 20 thn tahun kedepan,,
    tp sampai sekarang msh belum bisa mendeteksi pesawat siluman
    walaupun jago manuver nya,, tp klo di berondong rudal yg mempunyai kecepatan 5 mach, apa masih bisa menghindar?? sementara su 35 hanya bisa mendeteksi pesaat siluman dalam jarak kasat mata saja. yaitu 0 s/d 5 km dan pesawat siluman sendiri bisa mendeteksi su 35 dari jarak,150km tanpa ketahuan klo su 35 sdh di lock..

    amerika , jepang dan rusia sudah memulai percobaan nya pesawat generasi ke 6,,
    apa kita akan bertumpu sebagai tulang punggung, pada generasi yg masih dibawah nya (generasi 4++) ???

    maaf kalo sok tau,, karena ingin tau.. klo ga gitu ga bakalan tau,, terima kasih sebelum dan sesudah nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane setuju kita ngg usah beli banyak su 35 ..lbh baik duitnya kita gunakan untu R&D untuk alutsista....secanggih apapun pesawat kalo kita bisanya cuman beli....rasanya kurang puas kalo belum bisa bikin sendiri...sampai kapanpun kita akan tergantung ama negara lain

      Hapus
  30. adeuh ribut gak jelas...forum tetangga barat jauh sebelum berita ini muncul sudah lebih dulu membicarakan soal rencana atw minat indonesia+china+india membeli su-35 bahkan top pejabat russia mengutamakan ketiga negara ini.see and wait bro.pihak tni gak mungkin diam tetangga punya f-35

    BalasHapus
  31. Tenang2. Kita ini sebenarnya negara non blok kan? Jadi klo kita mau beli senjata apapun itu pasti Amerika Rusia juga bolehkan kecuali senjata mematikan seperti nuclear. Kita harus cerdas karena posisi kita sebagai penjaga perdamaian. Makanya Indonesia itu perlu untuk punya armada pesawat tempur jenis ini : F-35 dan Su 35 BM. Kenapa kita gak manfaatkan untuk punya armada yang peralatan tempurnya nomer satu yang berasal dari Amrik dan Ruski? Kalo kita bisa mendapatkan sistem senjata nomer satu pasti negara Indonesia yang diuntungkan, karena bakalan tahu sistem senjata canggih gabungan dari barat dan timur. Think smart gitu lho. Saranku kita bungkus aja itu F 35 dan Su 35 BM. Karena jika kita mendapatkan dua2nya maka hanya kita yang tau kelemahan F35 jika dihadapkan dg Su35 BM. Nah negara lain gak akan seberuntung kita, bahkan Amerika pun tidak, karena mereka tidak tahu perihal apapun tentang SU 35 BM . Jadi bungkus aja keduanya yaitu F35 dan Su 35 BM. kita punya duit juga kok. hihihihi gak usah mempersulit diri. ya kan? hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju bro,, ini dia koment yg aku tunggu dari kemaren,, ga terlalu panatik blok barat / blok timur,, asal baik untuk negara dan bangsa knp tidak,, klo f 35 di embargo ,, masih bisa su 35,, klo su 35 di embargo masih bisa f35.. jgn lupa unisoviet dlu jg pernah mengembargo kita..thn 1965 s/d 1990 begitu jg amerika, thn 1999 s/d 2005.. soo ga ada di dunia ini yg benar2 bersahabat,, semua didasarkan pd kepenting politik,ekonomi,sosial dan hankam,, klo sudah berbeda pandangan bahkan sampe pada titik terendah bukan mustahil akan di putuskan diplomasi dan dihentikan suplay sukucadang atau di embargo.. itu berlaku utk semua negara,,

      Hapus
    2. ah mantab banget nih komentarnya !
      memang kita harus begitu ! negara besar seperti kita tidak perlu berkiblat pada satu kekuatan ! suka-suka kita mau ngumpulin alutsista darimana aja,,, yg penting kan kita bayar ! lalu kita pelajari untuk mendasari buatan kita sendiri nantinya !

      akakakakakakakak ,,, happy banget gue mengkhayalnya !

      Hapus
    3. ya udah kalo gitu lanjutkan aja iuran rakyat untuk SU-35 dan juga F35. ane siap iuran 1 juta. ayo yang lain segera bergabung....

      Hapus
  32. sebenarnya f35 kalah jauh sama su35.....baik dari kecepatan,manuver,daya jelajah...f35 tak tahan dogfight lama....superioritas di udara kalah jauh sama su 35....f35 menang di electronic doang

    BalasHapus
  33. betul tuh....kelemahan pesawat generasi 5(f 35 atau pakfa)....adalah kurang lincah dalam manufer ekstrem...itu resiko kemampuan stealth...utamakan tak terlacak radar(meski sekarang radar pasif pun dapat deteksi pesawat generasi 5).....kemampuannya kalah jauh dengan su 35.....simulasi menunjukkan ganasnya manuver su 35,baik sebagai pemburu,intersep,maupun multirole....jadi kalau f35 tampak dalam pandangan su35....habis dah....sedang f35 akan mati kutu kena kejar su35.....karena bahan bakar f35 kalah banyak dengan su 35......kelemehan mendasar su35 adalah cost operasi yg super mahal itu aja.....tapi wajar sebagai jet superior bukan untuk patroli

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 13.56.. saya mau tanyanih,, kalo f35 mengurangi gelombang elektromagnetik komunikasi nya bisa terlacak ga, sama radar pasif??
      su 35 dalam jarak 5 km baru bisa liat f35, karena teknologi siluman nya,, , sedangkan f 35 bisa liat su 35 pada jarak 150km, klo pada jarak 120 km F35 menembakan rudal AIM 120D yng memiliki kecepatan 4.5 mach.. dan di tembak kan langsung 3 rudal, dgn teknologi anti jamming,, apa su 35 masih bisa menghindar walupun jago manuver nya,, karena rudal ini akan terus nguber pesawat tempur walaupun dari sudut yg kecil.???

      saya yakin f 35 akan menghindari dog figth dengan pesawat sukhoi family, tarmasuk su 30 mk2, karena dari sisi manuper wlupun su 30mk2 termasuk teknologi kemaren,, tapi masih bisa menandingi f 35 dalam manuvernya. dan itu di akui oleh pilot2 USA,,

      yang jadi masalah adalah pertama melihat,, pertama menembak,, dan pertama membunuh,,

      kalo pun sampai ketauan sama radar pasif di bawah,, apa bisa langsung di instgrasikan ke su35, apa bisa su 35 menembakan rudal canggih nya R77 untuk menghantam f35 dengan bantuan titik koordinat XYZ nya.. dari radar pasif?? sedang kan R77 menggunakan panduan radar aktif homming..

      pertempuran jarak dekat hanya akan terjadi kalau pesawat tempur kehabisan rudal, dan tidak terdeteksi dlm radar.. klo msh terdeteksi, dan bawa rudal f35 akan pilih perang jarak jaauh

      kalo ada org buta bawa pistol. dengan system laser, . lawan org melek yg bawa panah siapa yg akan menang??

      Hapus
    2. bang...rudal itu ada kelemahannya,dia mudah dikecoh sama flir,atau pengecoh lain....malah ganas sistem ciws yg tak dapat dikecoh oleh sistem flir...tapi daya tembak rendah.....setidaknya kejar2an masih akan terjadi....dengan membawa flir yg banyak/decoy.....sepertinya strategy combat masih bagus......

      Hapus
  34. sy coba jadi analis palsu ahh- tentang-*posisi SU35 AU indonesia dlm antisipasi melawan F35: untuk jetSU35 yg miliki biaya operasional tinggi..akan selalu bersiaga di AFB nya-standby dan simultan terus2an komunikasi dg pilot jet2 patroli rutin*yg miliki ongkos operasi standar sprti: F16.T50.SU27/30mk2 itu bila kepergok dg jet F35..maka jet SU35 yg siaga di AFB itu* segera scramble full trotle-melesat mach2.truz tebar jamer dan aktipkan fitur BVR400km...radar lock..fox one.. kemudian zusss si AA12-meluncur to F35..mudah2an itu jetF35 berubah jadi bola api besar..he he

    BalasHapus
  35. Memang SU-35 penting tapi tidak usah banyak-banyak,,, SU-35 itu kita pakai untuk menerobos dan membom instalasi strategis negara yang kurang ajar ,,, karena SU-35 adalah jet tempur fighter bomber jarak jauh.
    Yang harus dibanyakin adalah rudal-rudal laut ke udara dan darat ke udara lengkap dengan sistem radarnya dan skwadron-skwadron jet tempur lapis kedua untuk mencegat jet tempur negara lain yang masuk wilayah kita.
    Kalau itu bisa tercapai ,,, akakakakakakakak negara tetangga akan sedikit mereda sifat-sifat liarnya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn ketawa ngakak dulu, bro.
      Mungkin kita mampu beli ini itu spt yg sampaean tulis, tapi sebelum perang, ada perang elektronika, radar di jamm, radio dibungkem, perlatan sistim elektronika di kacau truuuuussss di hujani rudal dan roket lawan, di pastikan dalam hitungan 10 menit, rata sudah obyek vital kita termasuk alutsista yg sampean banggakan.
      Tinggal sampean dg sedolor - sedolor yg lain di luar saya jadi tawanan perang alias interniran kayak Londo di Salatiga doloooooo.
      Jadi mikir yg komplit biar jadi orang pinter jangan asal ngablak tuh. Kecian deh, luh.....wkwkwkwk

      Hapus
  36. org indonesia semakin byk yg depresi berat,hingga tdk lg bs membedakan antara logika dan mustahil,su35 saja sdh tdk mungkin apalg f35 yg pasti harganya jauh lbh mahal,su27/30 aja blm terbayarkan,sdh merindukan bintang yg jauh dilangit hahhahaha
    Negeri tetangga tahu kemampuan finansial indonesia jd mereka cekikikan aja ngliat nafsu indonesia yg lbh bsar dr kemampuannya,jk singapura dan malaysia mau menghambat militer indonesia bs saja mereka mendesak rusia utk membatasi penjualan alutsistanya kpd indonesia krn rusia jauh lbh memiliki kepentingan kpd singapura dan malaysia drpd indonesia,tp itu tdk perlu mereka lakukan krn mereka tahu betul daya beli indonesia sangat rendah,dan rusia jg tdk pernah serius menanggapi keinginan "tidak masuk akal" pemerintah indonesia(mungkin malas dihutangi melulu).lg pula mereka pikir indonesia adlh negeri sejuta masalah,yg tentu sangat tdk menguntungkan bagi rusia,kcuali utk investasi skala kecil..saya rasa cukuplah dgn su27/30,f16 rongsokan,super tugino yg ada gigi taringnya dan t50 golden egel..australia,malaysia,singapore pasti pengertian koq,mreka ga bakalan mau serang kita,kasian katanya hahhahhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah komentar panjang-panjang tapi gak isi nya ga mutu..,

      Hapus
    2. maaf ano 15.30 ane gak ngerti maksud anda, apakah anda memang tidak mempunyai pengetahuan atau karena anda sedang mengalami PHK, kayaknya anda perlu di rehap dulu di rumah sakit jiwa,

      Hapus
    3. Ano 7 jan 15.30... pasti pengangguran, susah nyari kerja, pembenci pemerintah, yg ga percaya Indonesia merdeka smpe skg krn perjuangan berdarah-darah.., belum laku kawin, ga punya cewek... makanya pikirannya pesimissss muluuuu

      Hapus
    4. ADA MALON SAKIT HATI...KERENA TAK DE WANG....WAKAKAKAKAKAKAKA,KITA YANG BELI KENAPA MALON YANG GELISAH????ITU RENCANA BELI HELI SERANG SEJAK JAMAN DINOSAURUS GAK KESAMPAIAN....EMANG KEUANGAN ENTE BAGUS YA????HI HI

      Hapus
  37. maap-MIMPI BURUK itu memang sangat tidak menyenangkan sprti yg dialami ano15.30-apalagi jika mimpi boeruk itu benar2 zadi kenyata an- dan memang dlm wktu tdk lama lagi**@kan menzadi nyataa- SU35 dan SU27/30mk2 RI benar2 akan bikin ano15.30 kena SHOCK berat-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... ano 18.13 bisa aja, tapi benar juga koment ente. gak perlu di tanggapi dech koment 15.30. saya kira beliau ano 15.30 kelak bukan hanya shock berat tapi lebih tepatnya adalah Srtuk berat toh karena semua akan terealisasi. Salam NKRI

      Hapus
  38. mudah"an terealisasi AMIEN!!!! apa yang g bisa...cm hanya orang yang berfikiran pesimis aja yang bilang tidak bisa....yang sekarang kita lakukan bekerja yang keras jadi wajib pajak....hancurkan koruptor sampah negara dan budaya cinta dalam negri kan membangun indonesia menjadi negara makmur....

    BalasHapus
  39. Maap bos2, ane mau nanya situs bokep yg ga di lock namanya apa y?mohon infony bos. . by : Papa Sheikh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini boss: www.bolonge.blogspot.com
      Mudah2an blm diblokir..

      Hapus
  40. owwh sodara odi pan helen,anda msh skt rupanya hehe
    Tlg dibaca baik2 sbg therapy anda,pengadaan su35 itu br wacana bung,mengingat pswt ini blm diproduksi secara massal utk ekspor,jd gambaran harganya jg kita blm tahu tp yg pasti lbh mahal dr su27/30 dan biaya operasionalnya sangat tinggi,utk point ini saja jk pemerintah yg cerdas hrs berfikir seribu kali utk membelinya,sumber dana darimana bung..masak hutang trus,malu dong sama malaysia dan singapura hehe
    apalagi rupiah rentan dibantai mata uang asing..yg ada rakyat pasti demo bsr2an menentang pembelian alutsista yg menguras uang rakyat!
    Jk pun nanti di ekspor sdh pasti negara2 sekutu rusia yg didahulukan,sbg catatan indonesia bkn sekutu rusia!
    Indonesia lbh byk berwacana drpd bekerja tanpa byk bicara,ambil contoh kapal selam kilo class,indonesia sdh gembar gembor akan beli kilo class dr thn 2008-2009,tp hingga detik ini blm terbukti omong besarnya pemerintah,vietnam cm butuh 2 tahun utk merealisasikan rencana pembelian kilo class(black hole) dan skrg kilo class sdh berenang di perairan vietnam..
    Saya kira ini sdh ckp utk therapy bung odi pan helen dan warga disini yg mengidap penyakit yg sama dgn anda hehehe

    BalasHapus
  41. Alaaaahhhh bnyak bacot lo ano 18:46, siapa bilang warga bkalan demo dng pemblian alutsista SU35.. ya kita demo kalo dana yg ada digunakan utk korupsi n untuk ngsi perut ente yg tw nya cuma makan n be'ol di celana doankkk...

    BalasHapus
  42. Akhirnya tni mulai melengkapi alutsistanya , pak moel ambil SU 35 aja minimal 2 skuadron pak buat nakutin tetangga, ntar kalo dah jalan proyek ifx kita buat 100 skuadron sekalian .......merdekaaaaaaa buat yang sinis silahkan sinis sepuasmu!

    BalasHapus
  43. Ada yang begooo singapura dikatakan hebat , hebat apanya ? Negara kecil luasnya cuman secuil, apa hebatnya hah? Bego banget yang bilang singaporno hebat, di bom 2 bijibilang dech singaporno , bego bego malay cuman dapur kalimantan di berakin juga tenggelam jd sudahlah kalian jangan mau dikerdilkan oleh yang jelas jelas sudah kerdil . indonesia itu bandingannya negara eropa yang maju bukan tetangga yang pada maling semua , singaporno maling pasir, malay kayu dll ausie sama aja ....jadi banggalah menjadi orang indonesia

    BalasHapus
  44. Sekali lagi saya ingatkan kebiasaan petinggi TNI dan Dephan. Jika PANGLIMA TNI atau Menhan mengumumkan AKAN membeli. ...biasanya BARANG DAH ADA DI KANDANG......

    BalasHapus
  45. Sukhoi 35 itu salah satu kandidat pengganti f5, mereka pingin satu skadron, untuk gantiin tiger 2 yang dah uzur. Tp kykx keputusan finalnya masih 2015 ke atas, nunggu keuangan negara mumpuni katanx.

    BalasHapus
  46. cm org dungu yg tidak mau melihat kenyataan bahwa tetangga indonesia mmg hebat2..
    Singapore mmg kecil bahkan sangat kecil,tp di isi oleh org2 yg luar biasa cerdasnya sehingga bs menempatkan diri sbg negara dgn stabilitas ekonomi terbaik di dunia,bahkan ada joke mengatakan jika indonesia di jual mereka pun bs beli hehe
    mau mendapatkan fasilitas kesehatan kelas dunia silahkan dtg ke singapore,baru2 ini bandara changi dinobatkan sbg bandara terbaik dan termodern di dunia,sentosa island cm dlm hitungan jari bs mendunia,sorga belanja silahkan kesingapore,sebentar lg mereka akan ada kereta bawah tanah bahkan membelah laut tujuan malaysia..oh iya malaysia jg hebat bgt,bersih ga ada yg berani buang sampah sembarangan,ga ada macet,ga ada banjir krn ada smart tunel yg katanya jakarta mau meniru(memalukan tdk kreatif) hahaha malaysia dan singapore mmg sedang menjajah indonesia,ga percaya? perkebunan2 di indonesia mereka kuasai,jaringan seluler mreka kuasai,blm lg maritim dan kilang minyak..indonesia terlalu bodoh utk dikerjai mereka,sipadan ligitan indonesia ga brni melawan malaysia,lah katanya hebat..klo hebat lawan dong,rebut kembali..klo mau mati sia sia silahkan hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 22.11 ini contoh prokator, yang ingin mengadu domba negara,, dan bersembunyi di balik nama ANONIM,,, org yg pintar dan waras lebih baik ngalah ga usah ngladenin org kyk gini,, sekian dan terima kasih,,

      Hapus
  47. terlalu pesimis bodoh,terlalu optimis dungu terlalu realistis=pesimis nggak maju-maju makanya jangan pada berlebihan...tapi memang lebih baik kita optimis OKE!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boss tau situs bokep yg ga diblokir ga? Lg sange nih...

      Hapus
  48. Tobatan .nasuha.com mas moga moga blom d blokiir mantep gan... wiridan smua

    BalasHapus
  49. yang penting skg kita tnggu aja sepak terjang dan klanjutan dari semua program yg dgagas pak mul.. kita semua berharap tu SU 35 bakal nongkrong dsini,,slain ad tu falcon hibah dari us.. plg tidak d kawasan kita sudah dsegani wlopun emng SU 35 itu masi fighter gen 4 ++ ,,blm gen 5.. dan untuk maslh ks KILO kita emng termasuk terlambat... kita tggu aja di 2014 ini apakah smua program akan terealisasi,,Wallohu alam... smoga semua bsa trealisasi tnp dsertai koar2 ga jelas,, mnding kita diem tp mmbuat kjutan dgn mndatangkan predator2 tgkt atas,,hehehe.. smoga dg rencana KILO n SU 35 Flanker E,,dpikirkan juga pnmbahan radar2 klo ud bnr2 smua tercover,,maka sudah wktunya kita punya SAM ( jarak menengah )..hehehe,,ckup S 300 n pantsyir..

    BalasHapus
  50. "Tapi ini baru tahap diskusi, kalau maunya Panglima sih iya," kata dia sambil tersenyum kepada wartawan di Lapangan Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, 6 Januari 2014.
    Tersenyum ia kerna tau bgt TNI ga ada duit..hanya mimpi basah.. =))

    BalasHapus
  51. anno 7 january 22-1-2014. 22.1, mungkin dia salah lahir di indonesia atau agen bayaran negeri2 asing salah satu yang dibanggakannya, adalah negeri kecil imut seperti tahi lalat itu, kalau mau tau negeri Indonesia yang bantu menjadi suatu negara dari british malay, kamu belum lahir tanya sama pak lee kuan yew, negeri yang penghasilan utamanya nya dari duit judi, broker dan pialang barang gelap/smokel, baru th 1970an jadi negeri produk jasa dan industry dan penampung pencucian uang hasil para koruptor, maaf terpaksa kita buka mata kamu supaya kamu tau sejarah, kamu gak usah bilang kamu siapa, kita tau kamu itu siapa, kamu itu yang beraninya suka siksa/ lempar orang dari apartement para tkw dan tki di sana.

    BalasHapus
  52. ano 12.27 klo you merasa indonesia lebih hebat dari singapura,malaysia..pulangkan tki dr sana,biar tdk di siksa org lg..klo indonesia hebat,kasi jutaan tki tsb lapangan pekerjaan agar mereka tdk mencari mkn di negri orang,tunjukkan kemampuan jika mau membanggakan diri!
    Ini gmna bs blg hebat,klo msh byk wni yg cari makan di negri orang,sementara msh byk lg org miskin dan pengangguran di indonesia yg tdk bs diatasi oleh pemerintah,bgmn bs di blg hebat jk perusahaan multi nasional pun dikuasai mereka,orang indonesia yg berduit lbh percaya dokter2 malaysia dan singapore drpd dokter2 indonesia,bgmn bs di blg hebat jk sektor pariwisata pun bs kalah telak dr malaysia dan singapore..bgmn bs diblg hebat jk puluhan tahun tdk mampu mengatasi kemacetan+kebanjiran jakarta sementara malaysia cm hitungan jari sdh mampu mengatasinya..bgmn bs diblg hebat,sipadan ligitan dirampas malaysia tanpa ada perlawanan dr indonesia..
    Buka mata dan pikiran anda biar anda belajar melihat realita yg ada!
    Nasionalisme yg kebablasan sprti anda cm membawa indonesia kembali kemasa lampau..

    BalasHapus
  53. Woy ano 17.02 yg d atas, nggak usah bnyak bacot .. Emak sma bapak ente aja buang sampah smbarangan di pinggir kali knapa entee diem2 b..? Rumah ente yang dpinngir kali itukann???

    BalasHapus
  54. saya 1 bln GAJI.. Ciyussss nee.!

    BalasHapus
  55. kalau prediksi saya, su 35 tetep beli tapi msh ngeteng.... (lebih realistis)
    dan selanjutnya pemerintah n tni akan lebih memilih 1 skuadron saab gripen + TOT

    BalasHapus
  56. hanya satu kata;BELI..................!!!!!!!

    BalasHapus
  57. coba kalian tutup mata..pasti akan terlihat SU 35 TNI AU... tapi apabila dibuka mata gak ada SU 35 TNI AU... mengapa ya?

    BalasHapus
  58. yang ane takutin mental dari panglima dan presiden, percuma punya kapal perang canggih, tapi kalau menghalang kapal perang ausie masuk perairan RI saja tdk berani, yg parahnya lagi di bilang normal....

    BalasHapus