Rabu, Januari 29, 2014
5
LSU 03
JABAR-(IDB) : Lapan berhasil melaksanakan uji terbang pesawat Lapan Surveillance UAV (LSU) 03 di Balai Produksi dan Pengujian Roket Lapan Pameungpeuk, Jawa Barat, Sabtu (25/1). Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kestabilan pesawat. Pesawat LSU 03 diterbangkan pada pukul 07.19 WIB dan berhasil mendarat di lapangan uji Pameungpeuk pada pukul 7.30 WIB.

LSU 03 merupakan pesawat tanpa awak yang berkemampuan mengangkut beban 10 kilogram untuk keperluan Airborne Remote Sensing. Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan bukti meningkatnya kemampuan sumber daya Lapan. Ia berharap, di masa depan Lapan terus memperkuat aplikasi pendukung untuk berbagai penggunaan.

LSU 02
Sehari sebelumnya, yaitu pada hari jumat tanggal 24 januari 2014, teknisi Lapan juga melakukan uji terbang terhadap pesawat LSU 02. Sistem autonomous pesawat tersebut telah diperbaiki sehingga dapat terbang lurus sesuai dengan koordinat yang ditetapkan. Uji terbang LSU 03 tersebut dihadiri oleh para pejabat struktural eselon I Lapan. 




Sumber : Lapan

5 komentar:

  1. Ayo siapa di dalam negeri yg bisa menyaingi produk Lapan ini......

    BalasHapus
  2. Fokus pada pengembangan rudal seharusnya .....jangan ngerjain ini itu....serahkan ke PT.DI

    BalasHapus
  3. Ano 18.14.. sebenarnya sudah.. percayalah.. dan jangkauannya 3 digit.. secreet ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ano 212.21,
      Sebenarnya,sudah,..........percayalah,.... bahwa LAPAN belum memakai bahan baku roket buatan dalam negeri sendiri alias masih impor dengan kwalitas KW II.
      Dan percayalah, bahwa LAPAN tidak akan memproduksi roket dan rudal untuk pertahanan, karena LAPAN adalah lembaga riset dan bukan produsen,
      Pervayalah, ano.....percayalah ano......bahwa roket atau rudal LAPAN akan lama sekali pengembangannya, dan percayalah tidak ada yang rahasia dalam kegiatan ini.
      Karena bahan bakunya semua masih impor dan di batasi oleh sumber, oleh karenanya si sumber bahan baku tahu dengan baik, untuk apa dan bagaimana hasilnya.
      Jadi percayalah nggak ada yg RAHASIA dalam hal ini!!!!!!

      Hapus
  4. Ini baru berita, sebuah pesawat nir awak buatan LAPAN telah berhasil melewati uji coba yg berat dan lama yang akhirnya sukses besar.
    Pesawat yg tentu akan menjadi pesaing pesawat serupa / sejenis buatan dalam negeri dan bahkan akan menjadi pesaing produk luar negeri.
    Tentu hal ini sangat menggembirakan semua pihak terkait atas suksesnya percobaan pesawat nir awak tersebut.
    Dan tentu ini akan di tingkatkan terus risetnya sehingga nantinya ada pesawat nir awal buatan LAPAN ini menjadi proto type mutakhir.
    Persoalan apakah proto type ini akan di jadikan keputusan dan kebijakan pemerintah untuk di jadikan produksi massal, tunggu saja waktunya.
    Yang penting LAPAN sebagai Lembaga Riset sudah melaksanakan tugas dan kewajibannya.

    BalasHapus