Rabu, Desember 18, 2013
11
TOKYO-(IDB)  : Jepang mengumumkan pada Selasa pihaknya akan membeli jet-jet tempur siluman Stealth, kapal selam dan pesawat canggih lain sebagai bagian untuk memperkuat militernya dan meningkatkan pertahanan pulau-pulau di tengah-tengah perselisihan teritorial dengan China.

Kabinet Perdana Menteri Shinzo Abe sepakat untuk menggunakan dana senilai 24,7 triliun yen (240 juta dolar AS) antara 2014 dan 2019 dalam perubahan strategi terhadap selatan dan barat negara itu -- kenaikan lima persen anggaran militernya selama lima tahun.

Belanja peralatan senjata itu bagian dari usaha Abe meningkatkan militer di Jepang, yang secara resmi bersifat mengambil jalan damai sejak kekalahan pada Perang Dunia II. Jepang yang memiliki peralatan militer yang memadai dan personel profesional dibatasi hanya memiliki peran bela diri.

"Dapatkah kita sesungguhnya melindungi nyawa warga negara dan negara kita hanya dengan melaksanakan hak untuk mempertahankan diri individual?" tanya Abe secara retorika pada pertemuan dengan panel pakar keamanan Selasa, seperti dilansir kantor berita Jepang Kyodo.

Pengeluaran berskala besar atas peralatan militer terjadi ketika Jepang membentuk satu Dewan Keamanan Nasional seperti ala Amerika Serikat yang diperkirakan mengkonsentrasikan kekuasaan lebih besar di tangan sejumlah kecil politisi dan birokrat senior.

Ketakutan berkembang di Jepang atas kekuatan yang meningkat di China. Kedua negara itu terlibat perselisihan soal kedaulatan satu gugus kepulauan di Laut China Timur, dan ancaman dari Korea Utara yang tak dapat diprediksi.

Garis-garis besar baru yang disetujui kabinet pada Selasa menyerukan Jepang untuk meningkatkan sistem pertahanan peluru kendalinya menghadapi "ancaman" dari Korea Utara.


Pyongyang melakukan tes nuklir ketiganya pada Februari, menyusul tes kedua pada Desember 2012.

Pedoman itu juga menuntut satu "kekuatan pertahanan bersama dinamis", yang bertujuan membantu pasukan udara, darat dan laut bekerja sama lebih efektif.

Abe mengatakan perubahan itu akan memungkinkan militer Jepang lebih baik memikul tanggung jawabnya di pentas dunia.

"Kami berharap membuat sumbangsih lebih lanjut bagi perdamaian dan stabilitas komunitas internasional melalui pasifisme proaktif," kata dia. "Ini menunjukkan dengan transparansi kebijakan-kebijakan pertahanan dan diplomasi kami."

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengatakan pada kunjungan ke Manila Selasa bahwa negerinya mendukung rencana yang baru diumumkan Jepang dengan menyatakan hal itu telah dibicarakan dengan AS sebelumnya.

"Jepang punya kemampuan untuk memainkan satu peran lebih modern dan terlibat (di kawasan). Ini sesuatu yang kami telah bahas, dan mereka telah rencanakan untuk kurun waktu cukup lama," kata dia kepada wartawan.

Pengeluaran untuk belanja peralatan militer akan naik menjadi 24,7 triliun yen selama lima tahun mulai April 2014, naik dari 23,5 triliun yen selama kurun waktu hingga Maret 2014, tapi angka itu bisa dipangkas hingga menjadi 700 miliar yen jika kementerian pertahanan dapat melakukan penghematan dan efisiensi.

Peralatan baru akan mencakup dua kapal perusak yang dilengkapi sistem anti rudal dan 28 jet tempur F-35, satu pesawat siluman jauh lebih unggul dari sejumlah jet tempur F-15 yang saat ini Jepang operasikan.

Jepang juga akan membeli peralatan lainnya yang dirancang untuk meningkatkan pengintaian maritim dan meningkatkan pertahanan pulau-pulau, demikian AFP.




Sumber : Antara

11 komentar:

  1. Satu F 35 lebih unggul dibanding beberapa F 15,..apa benar f35 benar2 superior bagaimana bila dilawan SU 35..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya yg superior ???...itu semua hanya propaganda dr USA aja...yg canggih krn desain anti radarnya aja...soal radar avionik dan rudal punya rusia jg gak kalah canggih...begitu F22/35 ketangkap radar...tinggal di adu aja siapa yg bawa rudal canggih...tentunya dibarengi skill pilot juga...faktor MEN BEHIND THE GUN, turut menentukan juga..

      Hapus
  2. F-35 cuma unggul.stealth nya aja.. kalo udah bisa kediteksi.. f-35 cuma barang usang.. kecepatannya aja cuma 1,6 march..

    BalasHapus
  3. Pertanyaan mantap bro?! Yg pasti (bukan sok pintar) sukhoi 35 BM unggul dari segi avionik terutama radar penjejak sasaran serta rudal bvr nya drpada F35,hanya kurangnya di segi stealthynya. Sukhoi 35BM masih bisa diandalkan buat menghadapi F35 biarpun dari gen 4++,apalagi specknya turunan dari T50 pakfa.

    BalasHapus
  4. f35 unggul karna punya ke mampuan stegah siluman , problem tetap ajaa ...ada yaris bellom sempurna bawak senjata terbatas , senjata di gantung di luar tetap ajaa bukan siluman yata ke liatan alias nogol radar 3D atau radar sukhoi 35 s jangkuan radar 300 km . jangan heran pembuatan F35 yaris gagal total karna biayaya membengkak sana sani ahirnya pesawat f 35 se class GRIPEN NG malah lebih unggul jas gripen murah perawatan kecepatan gripen lebih unggul asal gripen dan f35 tidak di ajak adu nanjak gos ..gosan .

    BalasHapus
  5. kalau buat endurance combat F35...kalah jauh sama su35bm....kejar2an dengan su35 bm...juga kalah....mending untuk tandingan f35 adalah su35bm yang banyak....masalahnya......kedepan f35 harganya hampir sama dengan su35bm.....itu yg buat ngiler....tapi udah tau kebiasaan licik usa...harusnya jangan pernah lirik f35

    BalasHapus
  6. itu apa gak salah biaya beli senjata jepang cuman 240 juta U$ . Itu 240 milyard dolard kalek. Cepetan beli Su 35 BM ..... hayooooo Indon,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nulis Indonesia yg lengkap mas !!!

      Hapus
  7. Om diego kmana ya?....
    Kog. http://jakartagreater.com/
    Ga bisa di buka?....

    BalasHapus
  8. Superior di HARGA X.

    BalasHapus
  9. semoga indonesia bisa mengejar ketertinggalan teknologinya.....

    BalasHapus