Jumat, Desember 13, 2013
30
SEOUL-(IDB) : Pemerintah Irak, Kamis (12/12/2013), menandatangani kesepakatan bernilai 1,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 13,2 triliun untuk membeli 24 unit pesawat tempur ringan multi fungsi buatan Korea Selatan.

Kesepakatan ini, ujar sejumlah pejabat Korea Selatan, akan menjadi ekspor peralatan tempur terbesar negeri itu.

Industri Dirgantara Korea (KAI) mengatakan akan mengirimkan pesawat T-501Q, sebuah varian dari pesawat supoersonik T-50, ke Baghdad antara 2015 dan 2016.

KAI juga diharapkan meneken kesepakatan tambahan sebesar 1 miliar dolar AS pada 2014 untuk menyediakan suku cadang, peralatan, dan pelatihan pilot selama 20 tahun.

Pesawat tempur T-501Q merupakan pesawat tempur multi fungsi canggih yang dilengkapi senjata dengan penuntun sasaran, rudal dan senjata mesin.

"Ini adalah pemesanan terbesar dalam sejarah ekspor senjata Korea Selatan," kata juru bicara KAI.

Korea Selatan sudah bisa membuat pesawat supersonik sendiri yaitu T-50. Setelah penerbangan perdana pada 2002, T-50 kemudian memasuki jajaran AU Korea Selatan pada 2005.

Setelah penjualan perdana T-50 ke luar negeri, yaitu ke Indonesia pada 2011, KAI mengejar kesepakatan penjualan dengan Turki dan sejumlah negara lain.

Pada Oktober lalu, Filipina sepakat membeli 12 unit pesawat tempur supersonik T-50. 



Sumber : Kompas

30 komentar:

  1. Korea harusnya bertirima kasih ke RI berkat kita pembeli pertama t 50 jadi laris manis..bukanya malah ikut ikutan nyadap,kampret luh

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kampret tuh anjing nya asu,
      tp yg lebih bego tuh pemerintah kt, kerja sama ama antek nya asu.

      Hapus
    2. Ooohhh,pemerintah mah mang gitu,ada hubungan perorangan dengan CIA palingan

      Hapus
    3. LEO KAGA TAU AJA ADA ORG CIA YG DUDUK DI PARLIMEN SENAYANG.BOHONG KALAU GAK ADA ANTEK2 AMERIKA(CIA) DI DPR..INILAH SUSAHNYA INDONESIA PEMERINTAHANYA BERMUKA DUA.MENTAL BANCI.. GAK ADA KETEGASAN,MAU DITIPU NEGARA2 BARAT. PENAKUT... LEBH BAIK INDONESIA DI PECAH,SAYA SEBAGAI ORG SULAWESI LBH MEMILH SULAWESI JADI NEGARA SENDIRI.JAUH LBH MAKMUR NANTINYA.

      Hapus
  2. di IRak ada mark up juga ternyata,beli 24 unit 13,2 T padahal Indonesia kurang lebih 4 T sudah dapat 1 skadron plus spare part n pelatihan kru

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://indomiliter.com/2013/10/05/vulcan-m197-20mm-senjata-organik-t-50i-golden-eagle-tni-au/

      Hapus
    2. pesawat se kecil itu isinya sama brooo....radar dan avionic gak beda jauh . yg jellas di makeup tuhhh ...jeroannya .

      Hapus
  3. Ano 12:49 : mungkin isinya beda. Mungkin aja T501Q = FA50

    BalasHapus
  4. korea bukan antek asuuu lagi tapi rajaa...asu asia . ks indo buatan korea sudah rancang penuh alaatt ...sadap, jangan harap changbogo class berkualitas . kecuali buatan jerman asli okee...lah anti sadap dari sejarah jerman proo indo ikut memerangi belanda .

    BalasHapus
  5. Program kfxifx sebaiknya dihentikan. Program ini merupakan siasat agar indonesia tdk cepat mandiri di pesawat tempur. Program ini akan ditarik ulur 20 thn dan nantinya kita akan menghentikannya sendiri (hal yg sama terjadi pd jepang).. ambil aja tot dari rusia untuk lighting fighternya.. 2016 kita pasti sdh buat sendiri.. dan tdk peelu ujilyk terbang segala ke negara ASU itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rusia tidak akan pernah memberi TOT kepada negara manapun termasuk China dan India dg benar. India yg mrmbeli ratusan T90 dg program TOT aja ditipu ama Rusia.Apalagi pasawat tempur......enggak mungkin mau ngasih TOT. Kalo Cina emang mampu mengkloning teknologi Rusia...

      Hapus
    2. Setuju bro, rusia juga punya kepentingan geopolitik, gak mungkin mau share dengan indonesia, paling-paling dalam pikiran mereka "nih negara gampang banget dikadalin ngalor ngidul, ntar gue tipu deh pura-pura kasih TOT Kilo ama Su 35 BM, yg penting duit masuk buanyaaak"...

      Hapus
  6. Langkah pemerintah sudah tepat menggandeng Korsel, realistis saja 20 tahun ke depan Korsel merupakan raksasa produsen senjata dunia, insinyurnya emang cerdas2 dan bantuan amrik melimpah, biar tahapannya lambat tapi prosesnya penting karena kita lagi sama2 blajar, kalo blajar dari rusia kita ketinggalan jauh, pasti banyak proses yang tidak melibatkan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepat kata ...yg menikmati manisnya upeti , gedung kbri di korea pernah di lelang . 1000% ada make up pegadaan
      alutsista dari korea itu , kami siapbongkar fakta yata make up 2..luar biasa broo....negaramu sudah di kusai maling !!!!

      Hapus
    2. Maling....maling yg sekarang ini dulu juga berteriak2 dan demo. ...tangkap dan gantung maling uang negara.....dan ternyata setelah berkuasa jadi maling juga...he...he... Jadi berteriak maling karena belum dapat kempatan jadi maling....he...he...

      Hapus
  7. kalau antek asu asia....jelas singapura no 1....emang kita berani sama singapura???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa takut dengan Singapura sebuah negara yang tidak lebih besar dari pulau Bangka, tanpa indonesia Singapura sudah lama tenggelam jadi selat malaka, kecanggihan teknologi bukan jaminan memenangkan pertempuran, ingat perang Vietnam, perang afganistan dan perang Israel vs hammas,..apalagi Singapura yang notabene tidak pernah punya pengalaman sebenarnya dalam medan perang..cukup lawan pulau Sumatera habislah si penjilat bokong british itu

      Hapus
  8. Betul bro singapura tidak ada apa2 nya dengan indonesia.. Justru singapura yang lagi ketakutan dengan kekuatan indonesia..

    BalasHapus
  9. bisa dikatakan bhw negara singapore itu menganut faham ULTRA OTORITER-DIKTATOR-ini terbukti bhwa rakyat singapore meski makmur tapi nyata2 merasa TERKEKANG-STRESS-/ jika sj ada kebebasan dipastikan rakyat singapore akan protes keras dg rencana singapore yg beli F35 yg nyata2 tak ada manpaat nya untuk singapore.

    BalasHapus
  10. Pada saatnya nanti kita pasti perang dengan singapur, dan kami rakyat menunggu2 saat2 itu terjadi krn saya pun siap jadi sukarelawan untuk di Front depan. Jayalah Negeriku!!!!!

    BalasHapus
  11. hadah hadah. komennya jangan kayak gitu dong. negara tetangga itu aset kita agar kita bisa gede. kita harus optimis mereka jadi satu wilayah dg kita. karena mgkn dulu waktu jaman sriwijaya singapura itu wilayah kita. knpa ya Soekarno gak hidup sampai umur 90 thn lagi? heheh. bayangkan asia tenggara bisa jadi satu itu. hehe

    BalasHapus
  12. singapore memang kecil wilayahnya,tp indonesia yg mengaku bangsa besar aja dibuatnya tdk berdaya..wilayah udara indonesia aja ada dlm genggaman mereka..singapore blanja alutsista baru dan canggih2,indonesia cm bs melongo krn tak mampu blanja alutsista semahal dan secanggih mereka,utk buang malu indonesia mulai umumkan mau bli ini,itu dgn negara ini,negara itu,tot lah,bli alutsista bekaslah(loakan) dah itu ngutang lg..itu jg brgnya blm kliatan sm skali,cm t50 dr korea yg dtg..klo singapore ga pake itu,paling cm buat sasaran tembak latihan pespur mereka wkwkwkwk klo perang,gw zamin indon pasti hancur diterkam sama singapore

    BalasHapus
    Balasan
    1. singapura? maksudnya negara yg buka usaha jasa laundry itu ya... oohh... wong usaha laundry nya kotor gitu gimana uangnya mau jadi daging... ada ada aja...

      Hapus
    2. Indonesia hancur diterkam Singaporn? Yang hancur sebelah mana? Kalo mau hancurin Singaporn. ...enggak perlu senjata yg canggih..cukup dikencingin rame2 aja dah tenggelam Singaporn.....putuskan gas dari Natuna. .... dah sekarat.

      Hapus
  13. Wkwkwk..lawan singapura gitu aj repot..kasih aj asap selama perang maka perekonomiannya akan hancur wkwkwkwk

    BalasHapus
  14. Singaporno lawan Indonesia,bisa bertahan 6 jam saja sudah bagus pokok emak'nya gak ikut2.

    BalasHapus
  15. mmg tepat bgt,secara statistik alutsista mereka jauh lbh canggih dr indonesia,mereka beli f35,kita cm mampu f16 itupun rongsokan dan hibah lg..kita heboh mo beli kapal selam ini itu,mereka dah beli malah sdh nyelam di perairan kita,kita bangga bli leopard tp mereka dah lama punya leopard bahkan mereka akan beli m1 abrams yg lbh canggih lg,mereka punya segalanya bahkan secara ekonomi kita sdh dijajah mereka,indosat mereka punya,pengembang property mereka merajalela di indonesia..pengaturan sebagian wilayah udara kita ada dlm ganggaman mereka,mereka latihan perang diwilayah indonesia sdh bukti klo kita tdk berani mengatakan "no" kpd singapura,byk pengamat militer mengatakan jk indonesia blm bs mengalahkan dominasi singapura,apalg skrg amerika menempel ketat singapura,semakin tak berdayalahj indonesia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. merah putih gak pernah padam, Bro....

      Hapus