Rabu, Desember 18, 2013
62
ANALISIS-(IDB) : Lagu Maju Tak Gentar layak dilantunkan untuk memberikan semangat suasana hati yang gembira, bangga dan senang, utamanya untuk pengawal republik yang sedang digagahperkasakan.  Sejumlah kado akhir tahun memeriahkan bahasa tubuh tentara dengan kedatangan berbagai alutsista baru untuk disandangkan di satuan tempur TNI segala matra. Selasa tanggal 17 Desember 2013 PT Dirgantara Indonesia menyerahkan 3 pesawat angkut militer CN295 kepada TNI AU dari jumlah pesanan 9 unit.  Dengan penyerahan ini TNI AU sudah memiliki 5 unit CN 295.  Kemudian TNI AD mendapat tambahan 6 heli serbu Bell 412 EP.  Matra darat ini memesan sedikitnya 24 Heli jenis ini bersama 16 Heli jenis Fennec yang akan datang tahun 2014. Minggu ini juga TNI AL mendapat kekuatan tambahan dengan datangnya 37 unit tank amfibi maut BMP3F dari Rusia.



Kado terbesar dari semua keceriaan yang mewarnai “jalan-jalan” bersama tentara tentu dengan diumumkannya rencana pembelian kapal selam Rusia secara besar-besaran oleh Menhan Purnomo Jumat siang tanggal 6 Desember 2013. Rencana ini juga bersinergi dengan pembangunan infrastruktur kapal selam di tanah air untuk pembuatan kapal selam Changbogo. Kapal selam yang mau dibeli itu adalah dari jenis Kilo dan Amur, dua jenis kapal selam yang paling ditakuti di seluruh dunia.  Kapal selam ini mampu menembakkan peluru kendali dari bawah laut menuju daratan dari jarak 300 km. 

Kapal selam Amur, senyap yang menggetarkan


Dipastikan kehadiran dua jenis kapal selam paling senyap di dunia ini akan memberikan efek gentar dan getar dalam perkuatan otot militer TNI yang sesungguhnya. Dengan lugas dinyatakan Menhan Purnomo bahwa kehadiran kapal selam ini untuk menjaga ALKI di laut Selatan.  Maksud tersiratnya jelas pada tetangga Selatan yang lagi galau karena dicuekin SBY. Galau dan panik karena gelombang laut Selatan mengirim manusia perahu makin deras. Tetapi tidak hanya laut Selatan saja dong, juga untuk memagari Laut Cina Selatan atau Ambalat, atau membatasi gerak kapal selam negeri pulau sebelah Batam itu yang suka nyelonong ke perairan kita.



Sebenarnya berbagai alutsista lain sudah menjelang masuk gudang arsenal TNI.  Misalnya Kapal Cepat Rudal (KCR) 40m yang ke empat buatan Palindo Batam.  Kemudian Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 m buatan PT PAL.  Sementara 16 jet tempur T50 Golden Eagle seluruhnya akan tiba akhir Desember ini.  Juga pesawat Super Tucano dari Brasil yang kecepatan datangnya dikalahkan Golden Eagle Korsel. Panen raya alutsista digambarkan dengan jelas akan terjadi sepanjang tahun 2014 dengan kedatangan beragam alutsista seperti kapal perang jenis Light Fregat dari Inggris, kapal cepat rudal 60m, kapal angkut tank, kapal BCM (Bantu Cair Minyak), tank berat Leopard, tank Marder, panser Anoa, MLRS Astross, artileri Caesar Nexter, artileri KH179, rudal Starstreak, rudal Mistral, jet tempur F16 dan lain-lain. 



Itu yang mau datang Pak Cik.  Yang mau dipesan juga masih banyak utamanya untuk kebutuhan MEF 2 periode 2015-2019.  Dengan prediksi anggaran belanja alutsista sebesar US$20 milyar untuk MEF 2 maka asumsi kita minimal akan ada tambahan untuk TNI AU 1 Skuadron Sukhoi Family, 1 skuadron f16 batch2 dan 1 skuadron Typhoon.  Sedangkan untuk TNI AL akan ada pemesanan 3-5 fregat dari Rusia, tambahan 3-5 kapal PKR10514 Sigma Belanda, atau bisa saja mengambil 2 Destroyer.  TNI AD akan memperkuat satuan Kavaleri dan Armed dengan mendatangkan MBT dan MLRS serta Heli tempur.  Heli Apache dan Blackhawk sudah diambang pintu termasuk  peluru kendali pertahanan udara jarak sedang (SAM) yang akan memayungi Jakarta dan sejumlah pangkalan militer.



Untuk pembangunan kapal selam, jika proyek “Sekilo Semur” berjalan lancar maka prediksi kita pada tahun 2019 saat MEF 2 selesai Indonesia akan memiliki sedikitnya 12 kapal selam dengan rincian 4 Kilo, 4 Amur dan 4 Changbogo.  Dua kapal selam Cakra Class buatan tahun 1980 tidak lagi dioperasikan.  Sementara teknologi Changbogo yang sudah didapatkan akan menjadi loncatan prestasi dan sekaligus awal pengembangan teknologi kapal selam sehingga RI mampu memproduksi kapal selam secara berkesinambungan mulai tahun 2020.

Juara di lomba ASEAN, tradisi ketangguhan TNI


Sebuah kado sejatinya adalah sebuah momentum.  Meski bukan hanya kado akhir tahun saja yang telah diterima pengawal republik.  Sepanjang tahun 2013 ini sudah banyak kado yang dipersembahkan untuk tentara rakyat ini.  Demikian juga tahun 2014 dan seterusnya, tentara benteng NKRI akan terus mendapatkan berbagai alutsista berteknologi terkini sebagai kewajiban dan tugas pemerintah dan rakyat Indonesia.  Wajar dong kita mendandani prajurit kita karena mereka kita tugaskan untuk mengawal dan mewibawakan teritori NKRI. Tentara berteknologi tempur adalah visi dan misi yang harus disandangkan kepada siapapun yang akan memimpin republik kebanggaan ini.  Ke depan ini adalah sebuah era dimana perebutan sumber daya energi tak terbarukan menjadi tema utama.  Negara yang kaya ini harus dijaga dengan kekuatan militer yang setara dalam teknologi.



Ke depan ini kekuatan Asia Pasifik akan dibelah menjadi dua kekuatan besar.  Cina Rusia Korut dimungkinkan menjadi kekuatan militer gabungan melawan AS, Australia, Jepang dan Korsel.  Meski tanpa Rusia kekuatan Cina pun sudah mulai diperhitungkan.  Insiden pencegatan kapal perang AS USS Cowpens oleh kapal pengawal kapal induk Cina di Laut Cina Selatan 5 Desember 2013 merupakan embrio dari liga pertarungan gengsi militer dan klaim teritori.  Indonesia mau tak mau harus ikut kompetisi itu dalam kapasitas membela teritori, menjaga kualitas kewibawaan wilayah negara dan eksistensi NKRI.  Maka kado demi kado alutsista harus terus dipersembahkan kepada pengawal republik agar kemampuan jaga wibawa dan jago berotot dapat diperlihatkan.  Jika tentara petarung militan dan tentara berteknologi disinergikan dengan jiwa nasionalis sejati. Maka perhatikan apa yang akan terjadi.  Super sekali.
Sumber : Analisis

62 komentar:

  1. beritanya cuma wacana saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iki analisa masbro..., ora wacana, piye toh...

      Hapus
    2. TAK SADAR AIR MATAKU BERLINANG MEMBACA BERITA DIATAS KALAU ITU BENAR, BETAPA BANGGANYA AKU SBEAGAI ANAK PETANI......JAYALAH INDONESIAKUUU.

      Hapus
  2. Widiiiihhh,kalau semua kabar diatas terealisasikan,Indonesia akan menjadi Super Power di Asia Tenggara,Australia juga sudah mulai pusing pusing & flu berat mendengar rencana belanja tsb diatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau super power Asia tenggra sudah bung. super power ASIA Lah ndezzzzz....

      Hapus
  3. Kapal selam scorphen 2 unit lupa ditulis tuh.
    Kita udah punya 2 !!!

    BalasHapus
  4. dengan meningkat nya alutsista-trofi ASSM diraih- jangan lantas kita trus2an bangga diri" merasa yg paling baik..jd lupa daratan- yg akibatkan kita lupa untuk teruss tingkatkan kwalitas...dlm persaingan dikawasan..untuk itu kita RI harus trus merasa prihatiin sbg cambuuk tuk truss melesat
    .

    BalasHapus
  5. untuk kapalselam sebaiknya ditingkatkan lagi setelah pembelian dari rusia (kilo & amur), singapur sudah memesan u-218sg dengan bobot 3000 ton dari jerman, ini merupakan ancaman serius bagi wilayah indo yang berdekatan dengan singapur.
    usulan ks yang perlu diakuisisi tetep dari rusia yaitu Kapal Selam B-90 Sarov.
    B-90 Sarov ini adalah kapal diesel-listrik yang mempunyai pembangkit listrik tambahan berupa reaktor nuklir dengan skala kecil yang berfungsi untuk mengisi batery tanpa harus muncul kepermukaan. Untuk persenjataan kapal selam ini menganut sistem SLBM (Submarine Launched Ballistic Missile) semacam R29PM yang mampu menghantam sasaran sejauh jarak 8.300km.
    Ini cocok untuk ditempatkan di Wilayah Selatan dan perbatasan LCS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinnnn... semoga aja ada niat dan realisasinya.

      Hapus
    2. Tapi yang harus diwaspadai usaha-usaha pihak BARAT untuk menggagalkan pembelian semua alutsista yang akan membuat kita lebih unggul dari negara-negara PERSEMAKMURAN INGGRIS yang ada disekeliling kita ,,, lihat saja berapa kali RENCANA PEMBELIAN KAPAL SELAM RUSIA itu DIGAGALKAN oleh PIHAK BARAT MELALUI TANGAN-TANGANNYA di dalam ELITE Bangsa Indonesia sendiri !!!!

      Waspadalah waspadalah !!!

      Hapus
    3. Kira2 U218nya disimpan dimana tuh? di wilayah singapur yg secuil itu? dgn bobot sebesar itu maka kemampuan selamnya akan terbatas mengingat laut di sekitar selat malaka termasuk kategori laut dangkal, dan dpt dipastikan ia akan memasuki perairan kita mengingat wilayah perairan singapur yg kecil dan ini mesti di antisipasi, satu lagi yg mungkin menjadi senjata andalan kilo dan amur selain Club-S yaitu Torpedo VA-111 Shkval, torpedo yg meluncur mencapai kec. 300-400 km/jam di dlm air, kecepatan tsb bisa dicapai krn torpedo tdk menggunakan lagi penggerak baling2 spt umumnya, tetapi teknologi rocket di dlm air (Superkavitasi) .....

      Hapus
  6. ini analisa bantingan....''MEF...akan berakhir sampai disini...kenapa?biasanya ganti pemimpin ganti acara...jadi acara kelanjutan shoping alutsista sudah habis.....presiden baru akan cari balik modal biaya pemilu....rezim baru akan cari proyek buat dikemplang anggaran bagi kroni....jadi mimpi basah alutsista cuma sekedar mimpi yg berhenti sampai disini''........lariiiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. belom tentulah masbro, siapa tahu pemimpin yang akan datang lebih ngilani blonjone.. hayooo...; ngarep mode on masbro. (b)

      Hapus
    2. kalo pemimpinnya roma, ARB, dan lain2 yg gk paham militer yaaaaa sampe sini aja gan
      kalo yg paham militer baik dari militer maupun tidak pasti di tambah
      jngankan 200T
      500T untuk 5 thn bisa asal subsidi BBM yg nilainya 200T lebih per tahun dikurangi

      Hapus
  7. Hal yang paling bolong dalam kekuatan kita adalah Angkatan udara. Bolong long. Padahal Luas area udara lebih luas dibandingkan lautan dan daratan. Aneh cuma segelintir F16 kuno dan sukhoi yg kurang baru. Juga pesawa latih T50. kenapa gak sekalian beli Sukhoi 35 BM atau F35 . padahal kita sudah ditawari oleh mereka yang memproduksi itu senjata. Aneh bin melompong Udara kita. hayo pikir itu. Angkatan udara adalah bargaining power suatu negara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe .... betul, seandainya kita mempunyai sistem pertahanan udara terpadu maka kelak pesawat2 tsb digunakan hanya utk menghajar objek yg lolos dari sergapan sistem pertahanan tsb. Sistem ini akan mendeteksi objek apapun yg masuk teritori wilayah kita, dan akan meluncurkan rudalnya utk menghajar musuh yg datang. Utk Jarak pendek ( sd 100 km) bisa digunakan Pantsir sementara jarak sedang bisa digunakan S300, S400 atw mungkin S500 yg ditempatkan di sisi terluar (perimeter) wilayah kita, dibagian dalam sudah menunggu panstir dan armada sukhoi dll "menunggu"seandainya musuh lolos .....

      Hapus
  8. 2 KATA SAJA : "SANGAT REALISTIS"
    OM AUSTRALIA MENYEBUT INDONESIA (AKAN MENJADI NEGARA) "SUPER POWER" BUKAN ISAPAN JEMPOL, KITA ADALAH NEGARA DENGAN SDA TERKAYA KE-4 DI DUNIA SETELAH, RUSSIA, BRAZIL DAN CANADA. HANYA BUTUH KEMAUAN DAN KEMAMPUAN 1 ORANG SAJA, YAITU KEPALA NEGARA SEBAGAI MANAGER NEGARA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,SDA nya di rampok,terus kita di kangkangin negara orang LOL

      Hapus
  9. 2 KATA SAJA : "SANGAT REALISTIS"
    PM AUSTRALIA MENYEBUT INDONESIA (AKAN MENJADI) NEGARA "SUPER POWER" BUKAN ISAPAN JEMPOL, KITA ADALAH NEGARA DENGAN SDA TERKAYA PERINGKAT KE-4 DI DUNIA SETELAH, RUSSIA, BRAZIL DAN CANADA (DATA PBB), ARABSAUDI DAN USA SAJA DIBAWAH KITA. HANYA BUTUH KEMAUAN DAN KEMAMPUAN 1 ORANG SAJA, YAITU KEPALA NEGARA SEBAGAI MANAGER NEGARA. cheer

    BalasHapus
  10. saatnya RI miliki rudal artileri strategiz medium(400-800 km) yg berbasis di darat mobile....macam SCUD-SCRUB-M11-FROG-LANCE dan RM530 LAPAN...di negara laen yg ekonominya dibawah RI''sprti pakistan- korea utara.iran- angola-vietnam'' satuan2 armed AD nya sudah szak 20 tahun lalu tlh pake SCUD.. RI pun jangan ragu2 mesti miliki armed rudal IRBM-

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan masalah ekonomi suatu negara mampu untuk mengadakan alutsista yang mumpuni, yang memang mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara, apalagi negara sebesar indonesia ini, ironis memang, negara sebesar ini kok ngekor sama malaysia dan singoporno, negara sebesar indonesia seharusnya kekuatan militernya menggunakan ukuran china dan amerika. sayang sekali pemimpin bangsa ini tak punya nyali takut oleh tekanan amerika dan sekutunya. sehingga alat pertahanan negarapun asal ada. prihatin jadi warga negara Indonesia.... padahal tidak ada alasan untuk bangsa indonesia untuk tidak mampu menjadi negara yang kuat. tidak ada kemajuan sebuah negara tanpa ada kekuatan militer yang memadai....

      Hapus
  11. indon cakap kosong bolehlaaah..semue tak de fakta,pasal kerana keheibatan malaysia&singapore,indon pun takut lalu lah cakap nak beli weapon itu ini,taik kucing mulai dari pemimpin pembohong lah..wang tak de nak cakap tinggi hahahahha
    Nak wang keeh,boleh jual same kami pulau borneo dan sumetera biar kalian bisa beli weapon cash tak hutang selarat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon & Negara Bandar (Singapore) bukan lawan yang seimbang buat Indonesia,jumlah pendudukmu digabung dengan Singapore hanya seukuran East Java saja,kalau dimobilisasi angkatan ke 5 Indonesia jumlahnya jutaan,ini nyata bukan omong kosong.

      Hapus
    2. ano 16:26 kamu itu anak bangsa budak gak usah ngomong disini lah !!!
      Kau sudah disadap oleh australia dan singapura masih juga kau jilat pantat singapura,,, memang kalian tidak ada keberanian!!!
      Indonesia mau cakap kosongkah mau cakap isikah ,,, tak ada urusan dengan kamu bangsa budak but pretend to be Masters ,,, LOL
      Malulah proclaim to members of commonwealth but your masters still spying on you !!! akakakakakakakak ,,,, maak malunya ,,, berlagak negara persemakmuran tapi oleh tuan Inggris tidak dipercaya tetap saja disadap lewat singapura dan australia !!! akakakakakakak

      Hapus
    3. malon-malon,ap kau cakap ha,kecik-kecik tak mau mampus udah nyusahkan orang

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  12. mlaysia tak tau mlu... kapl frigate china msuk teritori hanya di pelototin hahaha mw mrh tak punya rudal mw balik mlu..

    http://malaysiamilitarypower.blogspot.com/2013/11/kejadian-pencerobohan-tentera-laut.html

    BalasHapus
  13. To malaysia:
    Indonesia memiliki kekuatan militer terbesar di asia tenggara. No 15 terkuat di dunia versi GLOBAL FIRE POWER. Tanpa MEF (minimum essential force) pun kekuatan militer indonesia tetap yg terbesar di asia tenggara. Militer indonesia selalu mengedepankan SOFT POWER ketimbang HARD POWER untuk menyelesaikan masalah2 konflik dan perdamaian dunia. Militer indonesia bisa kuat sejak bangsa kami berjuang merebut kemerdekaan kami bersama rakyat. Selain itu dukungan geografis dan jumlah penduduk indonesia merupakan kekuatan besar yg sulit buat dikalahkan negara lain yg ingin menjajah indonesia. SEJARAH BANGSA KAMI DALAM MEREBUT KEMERDEKAAN KAMI SUDAH MEMBUKTIKAN,BANGSA BELANDA,JEPANG,SERTA INGGRIS (RATUNYA NEGARA2 PERSEMAKMURAN ATAU BAHASA BEKENNYA NEGARA2 JAJAHANNYA) BISA KAMI KALAHKAN SEMUA DARI TANGAN BANGSA INDONESIA SENDIRI.

    BalasHapus
  14. Malon cakap macam taik anjing lebih baik lu lon jual malayan penisular sama sarawak dan sabah sekalian awek awek melayu biar jadi lonte semua seperti nama negara mu yang dipertuan agong sultan malontesial bin abdul rujak jailangkung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas bro, inget sabah tidak tuh malon udah ngak bisa bayar sewa. Dan malon jadi penjajah cilik di asia.

      Hapus
  15. Satu hal lagi buat malaysia,mungkin kalian lebih makmur dan tingkat kebahagiaan kalian lebih tinggi dari kami (faktor jumlah penduduk yg lebih kecil). Tapi bangsa indonesia jauh lebih bahagia buat menghirup nafas kemerdekaan yang kami miliki tanpa menyembah atau menjilat negara penjajah serta membayar upeti persembahan buat penjajah. Buat apa makmur tapi hidup masih dijajah. Coba pikir dan renungkan buat rakyat malaysia???

    BalasHapus
  16. saran:: gak usah ditanggapi koment2takgune cakap kosong nya MALON..kwality manusia MALON memang burukk..

    BalasHapus
  17. manyap

    I HOPE SO

    semua warga negara ini tidak mau negara ini dilecehken kembali karena ketidakmampuan alutsista,kita semua berharap itu cepat terlaksana dan mampu memberi rasa bangga dan aman ke pada negara ini


    JAYA TERUS INDONESIAKU

    BalasHapus
  18. Ahh...Malaysia sekali sikat aja udh keok. Malaysia negara pemasok narkoba dan dalang teroris ke Indonesia. Pencuri kayu di perbatasan. Kembalikan tuh sabah ke Kesultanan Sulu.

    *Ayam Jantan dari Timur

    BalasHapus
  19. bagai menepok ayer di dulang tepercik muke sorang..mengatakan malaysia bahwe sebenarnya dirinyelah yang bangse budak,bangse yang punye mental pesuroh rendah,bukalah mata engkau dan tengok dimane negara selalu ade indon betabor termasoklah daripadanye 1juta lebih indon mengais makan di malaysia cam ayam tak jumpa umpan,tak de laen kerje selain menghinekan diri dengan jadi budak dari tuan tuan di negri orang..boleh engkau cakap heibat tentera indon,sipadan ligitan boleh malaysia ambil dari pada indon tak de berani nak fight,ambalat maseh status quo dan bila masa malaysia nak ambil,indon pun tak kan kuasa nak elakkan..menaboh perang,akan buat rakyat indon kelaparan..ok!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerja Indonesia itu diundang oleh malaysia dari jaman tengku abdul rahman untuk menandingi banyaknya orang cina india tambi ,,,,, orang indonesia diminta membantu untuk memberikan suara padawaktu pemilihan umum karena melayu malaysia takut kalah suara dgn non melayu ..... orang indonesia di malaysia itu kerja karena orang melayu malas kerja kasar,,,,, kalau kalian tak suka ,,,, tutuplah negaramu biar tak ada orang indonesia ditanahmu,,,, usir saja semua,,,, lebih senang kalian undang pekerja india myanmar bangladesh tambi pakistan kan? ?... sudahlah kami mengerti kalian suka orang indonesia kerja ditanah kamu karena kamu bisa merasa SUPERIOR,,,, jadi tuan terhadap pekerja indonesia yg kamu benci sebenarnya ! ?..... usir sajalah itu semua orang indonesia,,,, supaya kamipun tidak ada beban moral kalau suatu saat harus menghajar kalian !!

      Hapus
  20. ha ha ano malon15.14 ini hanya pandai cakap saje..bual bual tak quality.

    BalasHapus
  21. sorry..apa yg ano 15.14 uraikan ga ada yg salah,99% bner(soal ambalat gw ga setuju)..ada yg bs di bantah satu persatu silahkan,bung adie van helen argumen lu mana,respon lu yg ga ada kwalitasnya,itu respon pecundang namanya..bantah dong apa yg dia uraikan,asal sesuai fakta hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu ano16.39,,,99% kampret juga!! Kok bisa setuju dgn si malon? Lihat tuh penjelasan ano 16,52 !!!

      Hapus
  22. ano 17.22 knpa jd lu yg panas,klo lu ada penjelasan yg lebih masuk akal ya uraikan dong,jgn ale panas2 ga jelas..pecundang jg namanya!
    Mmg knpa dgn penjelasan ano 16.52?
    Penjelasan itu tdk menjawab dr apa yg diuraikan temen malaysia kita toh,itu tdk lbh dr pd luapan emosi,dan itulah salah satu kelemahan bangsa ini,tidak melihat apa yg terbentang di depan mata cm berdasarkan emosi personal dan terlalu percaya diri,hingga kekurangan diri pun jd tak terlihat!
    Cb ada yg bs jawab,mengapa lbh byk turis asing yg berkunjung ke malaysia di banding indonesia?
    thn ini sdh lbh dr 21jt yg berkunjung ke malaysia,sementara indonesia baru mencapai 8jt turis yg dtg,jauh bgt yuuuaaaah..
    Pdhl indonesia jauh lbh luas,obyek wisata melimpah,pantai2nya indah,budaya adat istiadat yg hebat,taman lautnya mendunia,mngapa?
    Yg pasti jawabannya adlah,MALAYSIA lebih CERDAS dari indonesia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kecerdasan dilihat dari kunjungan turis? kok bisa?

      Hapus
  23. ha ha ano16.39 ya ampun tak quality

    BalasHapus
  24. si ano18.07 banyak berbual luhh..tahayullll terus..bangsaat taikk luh..

    BalasHapus
  25. jiaaaahhh..odi van helen,siang odi mlm helen sm ano 18.22,cm sgtu lu pd punya koment,anak alay mane lu..mo koment tp ga punya bekal pengetahuan yg cukup,jd cm bgtu2 doank kata2nya krn gtw kudu jelaskan gmna,mending lu jd tki haram sono ke malaysia jd budak org malaysia, klo ktangkep di gebukin polis malaysia hehe malaysia boleh...

    BalasHapus
  26. orang sombong cuwekin aza.....

    BalasHapus
  27. ano 21.35@ semua org pasti mengatakan malaysia lbh cerdas,cm org dungu yg berkata sebaliknya hehe slh satunya sektor pariwisata mereka jauh mengungguli indonesia,sebenarnya byk skali keunggulan mereka..kita tahu bgmn petronas bs mendunia,bhkn petronas menanamkan kukunya di indonesia,kuala lumpur dulu lbh parah dr jkt dlm hal banjir dan kemacetan,tp dlm sekejap mereka bs atasi dgn teknologi smart tunelnya sementara indonesia sdh puluhan thn msh ga tau gmna mengatasi banjir dan kemacetan jkt,mereka pisahkan pemerintahan di putera jaya sementara KL tetap sbg ibukota negara dan pusat bisnis,indonesia rencananya akan meniru pola tsb(memalukan)hehehe..
    sipadan ligitan termasuk kecerdasan malaysia brikutnya dimana mereka bs meyakinkan dunia bahwa mereka lbh pantas mengelola sipadan ligitan dr pd indonesia,mereka tahu org indonesia mau di gaji murah,pintu lapangan kerja kasar pun mereka buka utk tki,sbg catatan anda,tki menerima gaji terkecil diantara tenaga2 kerja negara2 lain hahaha msh byk lg keunggulan2 mereka yg menunjukkan jk mereka jauh lbh cerdas dr INDONesia

    BalasHapus
  28. ada malon kok malah ribet, lempar 'pisang' dong si malonyet pasti diem... :d

    BalasHapus
  29. ano 22.23 percume banyak cakap berbual tak quality...tak sinkron..tahayull...mana bukti???gowind masih kertas..SULU dg mudah inzak2 sabah...pertanda kehampaan nyata..

    BalasHapus
  30. sy ucapkan bela sungkawa sebesar2 nya kepada ano malon-22.23-16.39-19.22 atas segala ketahayuulan nya...( berbual tanpa kenyataan)

    BalasHapus
  31. Waspada sama anteknya Suharto.. dlm Pemilu nanti jgn salah pilih! mereka bisa dibeli barat..Antek Suharto = antek USA, ingat sejarah disingkirkannya bung karno yg punya inisiatif membanggakan dlm hal pertahanan.. Indonesia lgsg jd macan ompong..

    BalasHapus
  32. komentnya cm soal "takhayul"..bs di maklumi,krn org indonesia dr zaman kuda gigit besi sampe skrg msh percaya hal2 klenik termasuk "takhayul" itu..makanya indonesia walau wilayah luas,penduduk byk tetap saja paling terbelakang diantara negara asean,vietnam yg br tumbuh saja dah lbh maju dr INDONesia,sebentar lg myanmar blg "good bye INDONesia"
    Rakyat INDONesia byk tp tak ade kwaliti,salah satunya ano 23.05,ano 01.02,ano 01.34 dan si sekong odi siang mlm helen hahaha
    Ga bs meng counter koment org,bs nya cm "takhayul" bla bla bla..gak intelek,buat malu indonesia sm temen2 dr malaysia,singapore dan australia,maaf ya kwn2 jiran..

    BalasHapus
  33. bagus salut tuk mas ano 08.47- mati matian kuras energi otaknya..hanya untuk memperjuangkan kenyataan yg hampaa belaka...**satu hal penting yg perlu 08.47camkann..mana ada org yg simpatik bila liat cara pdktan bersosialmu...buta sangat matamu"/ ultra egois-smpe tak bisa menyadari bobroknya dirimu...indo begitu hinakah dimatamu...broee- berantem dilanjutt

    BalasHapus
  34. makaseh untok sahabat indonesia 18:07,19:22;22:23,08:47..tak de yang salah yang you wartakan,semue benar bahkan maseh banyak sangat malaysia mengkuasai apa yang dipunyai dari pada indonesia,malaysia juga membeli banyak weapon tapi tak de negara lain tahu,semue hal yang dibuat indon malaysia boleh tahu kawan!
    Saye boleh harap kahwan indon yang lain lagi membuka matanya biar bise tengok dunia nyata tak hidop dalam mimpi sahaja,tki tetap boleh mengais makan di malaysia,indon indon disini juga boleh bile masa tak de nak buat,boleh cari makan di malaysia dari pada tak dapat makan lalu lah mencuri menyusahkan indon yang lain,wassalam..

    BalasHapus
  35. Udh ga usah di layani broo,,tuh mahasiswa malaysia yg udh lama di indonesia yg udh ngerti bahasa indonesia,,yg pasti sejarah ga bisa di hilangkan karena dunia mencatat kalau INDONESIA merdeka dengan cara sendiri dari para penjajahnya,,maaf buat MALAY sampai skr pun kalian belum merdeka karena dunia pun tau MALAY negara boneka nya BARAT...ahayyy jebret!!!

    BalasHapus
  36. penduduk malaysia 60jt org..RI250juta org..yg kerje di malon hanye 1 juta-sisa240juta org RI alhamdulilah berdiri ekonomi independent..he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. tingkat kesejahteraan warga malaysia 70% berarti 42jt yg sejahtera,indonesia 7% berarti cm 17jt yg sejahtara..gmne tuh,aye gak ikutan tp nih

      Hapus
  37. kasihan awak10.25 nih..sudah mati2an tulis koment panjang2 laksana kereta kosong..hampa pula qwality nya..ha ha

    BalasHapus
  38. halah.. masih dibahas aja...

    BalasHapus
  39. Orang malaysia itu asalnya dari indonesia,pendiri malaka adalah iskandar dzulkarnain syah alam raja sriwijaya begitu pula aceh,jambi,melayu kampar,melayu deli,pagaruyung padang,bugis makasar serta tulang bawang lampung,saya ўªήğ jg msg terhitung keturunannya menyesalkan tindakan warga muda malaysia ўªήğ tak sadar cakap menghina Indonesia tahukah kalian semua pemImpin malaysia adalah keturunan Indonesia,Indonesia bangga dengan keragaman budaya,ras,bahasa,ўªήğ menjadikan Indonesia merdeka bahkan Indonesia senang dengan beragam masalah ўªήğ di negeri malaysia tak mungkin terjadi,seperti perebutan kursi presiden sedangkan malaysia memang terlahir sebagai kesultanan ўªήğ dibangun putra raja melayu ўªήğ diberikan kerajaan dan putri raja iskandar dzulkarnaen syah alam ўªήğ merupakan keturunan Iskandar dzulkarnaen great macedonia.tidak kah kalian tahu PM malaysia sekarang TUN Abd.Razak tiap tahunnya menyempatkan diri balik kampung asalnya di gorontalo dimana masih ada keluarga dan familynya

    BalasHapus