Selasa, November 05, 2013
5
HANOI-(IDB) : Angkatan Laut Vietnam memilih sistem rudal anti-kapal Exocet MM40 Block III dan sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) VL MICA dari MBDA untuk dua kapal korvet Sigma 9814 yang dibangun oleh galangan kapal Damen, Belanda, dilansir mingguan bisnis La Tribune Perancis. Kedua sistem itu dianggap sebagai sistem rudal maritim yang paling mutakhir saat ini.



Rudal Exocet MM40 Block III
Rudal Exocet MM40 Block III

Sistem rudal Exocet MM40 Block III saat ini digunakan oleh Angkatan Laut Perancis pada frigat kelas Horizon dan tak lama lagi juga akan melengkapi kapal fregat FREMM Perancis-Italia. Sistem rudal ini juga telah dipesan oleh beberapa negara termasuk Indonesia.



Pada bulan April 2007, MM40 Block III berhasil melewati uji penembakan akhirnya. Produksi MM40 Block III dimulai pada bulan April 2008 dan pengiriman ke pengguna berlangsung sejak April 2009.



Exocet MM40 Block III merupakan versi terbaru dari MM40 yang memiliki peningkatan jangkauan tembak lebih dari 180 kilometer dengan dukungan mesin turbojet, dan empat intake udara untuk memberikan aliran udara secara terus menerus bagi mesin selama manuver high-G.

Rudal Exocet MM40 Block III menggunakan sistem bimbingan GPS, yang memungkinkannya untuk menyerang target di laut dan di darat dari sudut yang berbeda, menjadikan MM40 Block III memiliki peran marjinal sebagai rudal serangan darat. Exocet MM40 Block III lebih ringan dari pendahulunya Exocet MM40 Block II.


Sistem Mica VL telah dikembangkan untuk pertahanan diri dan area lokal untuk melawan kemungkinan serangan rudal anti-kapal. Canister (tabung) dapat dipasang dalam stuktur silo, sebagian atau sepenuhnya dibenamkan di dek kapal. Atau, canister dapat dipasang di samping hanggar kapal atau di vertical bulkhead yang pas. Mica VL bisa dipasang pada kapal baru juga kapal retrofit, mulai dari kapal patroli cepat hingga kapal besar, karena pekerjaannya relatif mudah.



Rudal VL Mica
Rudal VL Mica
Canister berfungsi juga berfungsi sebagai unit penyimpanan dan transportasi selain fungsinya sebagai peluncur vertikal. Target dikelola dari Sistem Manajemen Tempur (CMS) dengan data target dari radar 3-D. Sisem integrasi difasilitasi melalui unit electronic interface yang dipasang di bawah dek. Setiap unit interface menghubungkan 12 rudal VL MICA ke CMS. Sistem ini memiliki kemampuan 360 derajat untuk terlibat dengan sasaran.

Pada bulan Oktober 2011 galangan kapal Damen di Vlissingen, Belanda mengungkapkan membangun empat korvet Sigma untuk Angkatan Laut Vietnam. Dua kapal akan dibangun di Vlissingen dan dua kapal berikutnya akan dibangun di Vietnam di bawah pengawasan Belanda.




MBDA sendiri adalah pengembang dan produsen rudal Eropa yang merupakan gabungan dari 3 perusahaan pertahanan besar yaitu AĆ©rospatiale-Matra Missiles Perancis (bagian dari EADS), Alenia Marconi Systems Italia (bagian dari Finmeccanica) dan Matra  BAe Dynamics Inggris (bagian BAE Systems) pada tahun 2001. MBDA saat ini berkantor pusat di Perancis dan juga beroperasi di Italia, Inggris, Jerman, Spanyol dan Amerika Serikat.



Sumber : Artileri

5 komentar:

  1. FOTO SYAHRINI HOT DENGAN RAMBUT BARU

    baroinfo.com/selebritis/gaya-rambut-baru-syahrini-rambut-basah

    *numpang promo dengan ID pinjaman :D

    BalasHapus
  2. Amsterdam mempecundangi Jakarta dalam pembelian korvet

    Kita beli 4 kervet sigma tanpa TOT
    Vietnam Beli 4 Korvet dua dikerjakan di Vietnam

    Wahai pemimpin negri ini Sadarlah.....!!!!!!!!

    BalasHapus
  3. Belanja alutsista vietnam bagus dan terukur,kita selalu beli rongsok.。beli baru starstrek dg jarak tembak senen_kota(payah) dan itu untuk perlindungan ibu kota...wkwkwk

    BalasHapus
  4. Infonya sistem rudal exocet mm40 blok III & VL Mica jg dipasang di Nakhoda Ragam TNI AL, bwt gantiin sistem rudal Sea Wolf yg terpasang di Nakhoda Ragam. coz Rudal Sea Wolf sdh ga diproduksi lg.

    BalasHapus
  5. Indonesia di bawah kepeminpinan beyee..kroni hanya jadi bulan bulanan asing ,pasti ada sebap musabapnya ?... kemungkinan soal fulus haram megalir ke eropa siap di buka ke publik kalau beyee.. banyak bicara atau pun komplen . " kembali soal kapal fregat sudah 4 thn lamanya gak selesai selesai ini rada anehh ...dan gak masuk akal . " soal pembelian senjata alutsista kita patut angkat topi buat vetnam lebih tepat sasaran dan patut di tiru .

    BalasHapus