Rabu, November 20, 2013
15
DARWIN-(IDB) : Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, berjanji menanggapi surat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan "cepat, sungguh-sungguh, dan sopan." Melalui surat itu, SBY secara resmi meminta penjelasan Australia soal skandal penyadapan telepon atas dia, istrinya, dan para pejabat Indonesia pada 2009, seperti yang telah dibocorkan Edward Snowden. 

Menurut harian The Australian, Abbott memberi tanggapan atas pernyataan SBY dalam rapat rutin di parlemen antara kubu pemerintah dengan oposisi. Abbott mengaku merasa tergugah atas pernyataan SBY mengenai eratnya hubungan antara Australia dan Indonesia.

Sekali lagi dia menyatakan penyesalan yang mendalam "situasi yang memalukan terkait laporan media massa yang menimpa presiden dan bangsa Indonesia."

"Presiden [SBY] telah berkata bahwa beliau segera menulis surat kepada saya. Saya kembali menegaskan kepada dewan [parlemen] bahwa saya akan menanggapi surat presiden itu secara cepat, sungguh-sungguh, dan sopan. Saya selalu berkomitmen untuk membina hubungan yang seerat-eratnya dengan Indonesia seperti yang diinginkan kedua negara," kata Abbott.
TONY Abbott has promised to respond "swifly, fully and courteously" to President Susilo Bambang Yudhoyono's expected letter to him over the spying crisis as the Prime Minister seeks to ease tensions with Jakarta over the spying crisis.
Mr Abbott entered parliament after Dr Yudhoyono's statement in Jakarta and said he was "encouraged by the President's remarks about the strength of the relationship between Australia and Indonesia".
The government will now await the letter, which may reduce the temperature in the diplomatic standoff sparked by media revelations that an Australian spy agency monitored Dr Yudhoyono's mobile phone and that of his wife and senior advisers.
The government has already flagged increased intelligence sharing with Indonesia and the Australian response could involve establishing further intelligence protocols.
Mr Abbott told parliament there "very serious issues that do need to be worked through in the near future between us.
"Again ... I want to express here in this chamber my deep and sincere regret about the embarrassment to the president and to Indonesia that has been caused by recent media reporting.
"The president indicated that he would shortly be writing to me. I'd like to reassure the house that I will be responding to the president's letter, swiftly, fully and courtesously. As always I am absolutely committeed to building the closest possible relationship with Indonesia as that is overwhelmingly in the interests of both our countries."
- See more at: http://www.theaustralian.com.au/national-affairs/policy/tony-abbott-awaits-letter-from-indonesian-leader-over-spying-crisis/story-fn59nm2j-1226764683578#sthash.DrGzezAv.dpuf

''Jelas ada masalah yang serius yang harus kita selesaikan bersama dalam waktu dekat," lanjut Abbott.

Reaksi Keras
Presiden SBY memberikan pernyataan resminya hari ini terkait masalah penyadapan yang dilakukan Australia. Tak seperti sebelumnya, sikap Yudhoyono kali ini lebih tegas.

Bahkan, Presiden memerintahkan pasukan militer Indonesia untuk menghentikan latihan bersama dengan Australia di Darwin dan juga untuk menghentikan patroli bersama untuk memerangi penyelundupan manusia.

Penghentian kerjasama ini merupakan poin kedua pernyataan resmi pemerintah Indonesia. Poin pertama berisi permintaan resmi pada Australia untuk menyikapi soal penyadapan yang dilakukan terhadap sejumlah pejabat termasuk Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Kemudian poin ketiga adalah, untuk kerjasama ke depan, Indonesia meminta ada protokol kode perilaku dan asas pedoman kemitraan di antara kedua negara untuk menghadapi isu penyelundupan manusia atau kerjasama militer dan intelijen. 

"Protokol code of conduct itu sifatnya mengikat, jelas dan dijalankan. Itulah tiga hal yang akan kita tempuh," kata SBY.

Publik Australia Minta Pemerintahnya Minta Maaf Kepada Indonesia

Laman The Sydney Morning Herald menggelar jajak pendapat (polling) untuk mengumpulkan pendapat pembacanya soal ketegangan hubungan Australia dan Indonesia. Indonesia marah karena Australia pernah menyadap telepon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya Ani Yudhoyono tahun 2009.

Media massa Australia ini menanyakan kepada pembacanya, apakah Australia harus meminta maaf karena sudah menyadap telepon Presiden dan Ibu Negara Indonesia?

Polling yang ditutup 18 November 2013 itu diikuti 2.604 pembaca SMH. Dari jumlah itu, 59 persen menjawab bahwa Australia seharusnya meminta maaf. Dan hanya 34 persen yang menjawab sebaliknya.

Selain itu, 7 persen pembaca SMH menjawab tak yakin. Dikutip dari lamannya, SMH menyatakan, jajak pendapat ini tidak ilmiah dan hanya mencerminkan pendapat dari pengunjung yang telah memilih untuk berpartisipasi.

Diberitakan sebelumnya, The Guardian dan The Sydney Morning Herald menjelaskan cukup gamblang atas skandal penyadapan telepon SBY dan para pejabatnya oleh Australia.

Suatu hari pada Agustus 2009, ada panggilan telepon dari Thailand yang masuk ke ponsel E90-1 milik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Panggilan itu dari nomor tak dikenal.
 
Badan Intelijen Australia (Defence Signals Directorate) bersiap menjalankan misinya: mencegat dan menyadap panggilan telepon itu. Sayangnya, perbincangan telepon itu tak berlangsung lama. DSD tak berhasil memenuhi tugasnya.

“Informasi lebih lanjut saat ini nihil (tak memenuhi batas waktu – perbincangan hanya berlangsung satu menit),” demikian catatan yang tertulis di bagian bawah slide presentasi berjudul ‘Indonesian President Voice Intercept (August ’09) milik Departemen Pertahanan Australia dan DSD. Kata-kata ‘Top Secret’ tercantum di bagian atas slide berformat PowerPoint itu.

Itulah salah satu dokumen yang dibocorkan mantan kontraktor Badan Intelijen Amerika Serikat (NSA), Edward J Snowden, dan dipublikasikan luas oleh Guardian Australia bersama Australian Broadcasting Corporation serta The Sydney Morning Herald, Senin 18 November 2013. Penyadapan semacam ini dilakukan Australia sejak teknologi 3G masuk ke Asia.

Bukan hanya Presiden SBY yang disadap, tapi juga Ibu Negara Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono dan 8 pejabat RI lainnya, yakni Wakil Presiden Boediono, mantan Wapres Jusuf Kalla, mantan Juru Bicara Kepresidenan Bidang Luar Negeri, Dino Patti Djalal, yang kini menjadi Duta Besar RI untuk AS, mantan Juru Bicara Kepresidenan, Andi Mallarangeng, mantan Menteri Sekretaris Negara, Hatta Rajasa, yang kini menjabat Menteri Koordinator Perekonomian, mantan Menteri Koordinator Perekonomian Sri Mulyani Indrawati yang kini menjabat Direktur Bank Dunia, mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Widodo AS, dan mantan Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil.




Sumber : Vivanews

15 komentar:

  1. jgn percaya omongan setan (aushit)...
    percaya aushiiiiit sama dengan menduakan tuhan...

    BalasHapus
  2. tapi setidaknya ausie gentle, mengakui klo dia telah menyadap sby dan anggotanya bukan malah membalikan fakta atau pura2 tidak tahu dan menyangkal tuduhan itu. coba klo kita dituduh demikian pasti jawabanya bisa ditebak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oztrali ngakunya nunggu diancam dikucilkan ya bro.. gentle apa takut tuh?

      Hapus
    2. kemaren ga mau menanggapi sekarang ngaku, besok besok??? plin plan

      Hapus
  3. Biar kan saja manusia perahu banjiri australia,kita jgn mau jadi satpam yg menjaga pintu kangguru

    BalasHapus
  4. anjing aushitttt bantai aj jgn ksh ampun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajang battle proven mesin perang Mamarika dgn om rusky

      Hapus
    2. alat2 perang kt jg dong macam ss2, sp1/2/3, anoa, rhan122, cn235, dll. ajang pelampiasan energi berlebih bangsa nusantara yg uda lama gak berperang, masak bunuh2an ma bangsa sendiri aja dari dulu skali2 ma ostrali kek, ma malay kek, ma singepork kek terakhir ma asu kek rebut emas papua dr freeport!

      Hapus
  5. australia memang benar2 negara bangsat,di kasih susu di balas air tuba..saya benar2 membenci negara spt itu

    BalasHapus
  6. Bangsa bule ya tetap punya watak bangsa penjajah,merasa ras paling tinggi dan nggak mau menghormati ras lain yg dianggap ras/bangsa bodoh. Bagaimanapun juga aussie adalah ras inggris kelas buangan di britania raya,jadi wataknya gak beda jauh dg moyangnya.

    BalasHapus
  7. walaupun luka hati bisa terobati dengan kata maaf! tetapi bekas luka itu tidak akan pernah bisa hilang.
    indonesia slalu dilecehkan oleh tetangganya sendiri seperti malaysia, singapur, australia, PNG, dan timles...
    pemerintah dan rakyat harus bersama sama berusaha untuk mengembalikan harga diri dan wibawa indonesia.
    apa yg dilakukan pemerintah sekarang ini sudah tepat. dan untuk kedepan nya pemerintah harus memperkuat kekuatan militer, teknologi dll.
    dan untuk mencapai itu semua harus di dukung oleh semua rakyat indonesia dengan cara membayar pajak, membeli produk dalam negri, harus bisa lepas dari subsidi BBM yg kebanyakan di nikmati orang menengah keatas, jgn suka demo berlebihan yg anarkis yg bisa merusak iklim perekonomian dll. agar negara bisa punya uang banyak untuk belanja alutsista yg banyak dan canggih.
    apa kita bisa??? pasti bisa!!! demi indonesia yg bermartabat........ Insaallah bisa.

    BalasHapus
  8. putus hubungan dagang, putus kerjasama bisnis. kiamat australi...

    BalasHapus
  9. Made kippe...perang2....persiapkan diri kita semua...

    BalasHapus
  10. ternyata nasionalisme dumay cukup besar ya, negara di senggol tetangga langsung mendidih darah Patriotik'y. Fuck bwt Aussie! :-t

    BalasHapus
  11. Kilo setrong uda siaga d pantai selatan

    BalasHapus