Rabu, November 20, 2013
26
JAKARTA-(IDB) : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan sambil menunggu jawaban resmi Australia soal penyadapan, Indonesia menghentikan  sejumlah kerjasama dengan Negeri Kanguru itu. Presiden menyatakan, akan menghentikan sementara semua kerjasama militer dan intelijen antara kedua negara.

"Yang jelas, untuk sementara atau saya meminta dihentikan dulu kerjasama yang disebut pertukaran informasi dan pertukaran intelijen di antara kedua negara," kata Presiden dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu 20 November 2013.

SBY menyatakan, semua latihan militer antara kedua negara apakah itu antara sesama angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara atau gabungan akan dihentikan. "Saya meminta dihentikan sementara coordinated military operation, yang untuk menghentikan people smuggling, di wilayah lautan," kata SBY. "Tidak mungkin kita melakukan itu jika ada penyadapan terhadap tentara atau terhadap kita semua," katanya.

Penghentian kerjasama ini merupakan poin kedua pernyataan resmi pemerintah Indonesia. Poin pertama berisi permintaan resmi pada Australia untuk menyikapi soal penyadapan yang dilakukan terhadap sejumlah pejabat termasuk Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Kemudian poin ketiga adalah, untuk kerjasama ke depan, Indonesia meminta ada protokol kode perilaku dan asas pedoman kemitraan di antara kedua negara untuk menghadapi isu penyelundupan manusia atau kerjasama militer dan intelijen. "Protokol code of conduct itu sifatnya mengikat, jelas dan dijalankan. Itulah tiga hal yang akan kita tempuh," kata SBY. 





Sumber : Vivanews

26 komentar:

  1. allhamdulilah,sujud syukur pada tanah airku.negara ini sudah lama di lecehkan,remehkan,dan di injak2 saya sangat mendukung pemerintah..batalkan smw diplomatik dgn australia,tidak usah takut saya siap bela dan siap bila gempur australia

    BalasHapus
  2. masih kurang pak, usir dubes ausie ...

    BalasHapus
  3. saudara saudaraku bangkitlah tunjukkan jiwa nasionalis kalian pada si bangsat australia,negara kita sudah di anggap spt sampah..

    BalasHapus
  4. hajarrrr pak presiden.siapkan pertahanan yg lebih kuat lagi.

    BalasHapus
  5. Siapkan diri kita untuk mobilisasi umum....

    BalasHapus
  6. koq cm ause aja lah kawan" mereka gmn....kanada,inggris,usa n selandia baru d kmanain...orng info semua dah dpt....

    BalasHapus
  7. Ane daftar kemana klo lusa perang ama aushit....klo negara berperang gw...lo ..lo pada...harus ikut perang...perasaan takut mati bercampur dgn harga diri......bismillah

    BalasHapus
  8. buat alasan untuk nambah sukhoi 35........

    BalasHapus
  9. alhamdulillaah..akhirnya kami bisa mendongakkan kepala di hadapan mereka ( aussie ) yang selama ini suka meremehkan bangsa ini...seolah bangsa ini tidak punya jati diri lagi...terima kasih mr.president..

    BalasHapus
  10. Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah-air janganlah kita menjadikan diri kita seperti bangsa yang primitif yang selalu menyelesaikan segala sesuatu dengan berkelahi (perang)...kewibawaan tidaklah akan muncul dari tabiat seperti itu....kewibawaan akan muncul dari sebuah ketegasan dan keberanian dalam bereaksi,bersikap,dan berkata (pernyataan) terhadap sebuah masalah,sekarang australia sudah melihat bahwa bangsa ini bukan lah bangsa yang bisa diremehkan...!

    BalasHapus
  11. Kt om ruskie " ehem ehem nggak mau ambil dulu nih SU-35, S300, kilo atau amur buat jaga2 aja kl tetangga belakang indonesia makin nggak bs diatur"

    BalasHapus
  12. Ini dia pepatah lama akhirnya terbukti lg "civis pacem para bellum kl mau damai siap berperang", kekuatan diplomasi hrs didukung oleh kekuatan militer yg sangat besar dibelakang para diplomatnya

    BalasHapus
  13. Hahahaa...mampus tu australi...kebayang gk tentaranya aussie pada bungkusin baju karena latgab di lembang di hentikan??..Lu pikir lu siape hah??

    BalasHapus
  14. Abisnya norak banget sih tu aussie..hp isteri orang pake disada-sadap segala.

    BalasHapus
  15. memang seharusnya dari 98 sdh putus hubungan. dasar keturunan bajak laut & pelacur

    BalasHapus
  16. Udah takdir nya dan sejarah telah berkata begitu utk urusan alutsista indonesia harus ke russia, utk urusan perdagangan dan ekonomi ok lah kita hrs bekerja sama dgn blok barat dan asia timur, utk urusan latihan perang2an dan latihan fisik TNI + uji nyali TNI ke selatan indonesia aja

    BalasHapus
  17. kmi pemuda siap mati demi nkri mati untuk negara kebanggan buat kami

    BalasHapus
  18. setuju sobat q mendukung penuh.alutsista harus kuat untuk menjaga2 bila mau damai harus ada perang

    BalasHapus
  19. Perang tidak akan menyelesaikan masalah...... namun, bila tidak siap perang masalah akan makin luas.... :-)

    BalasHapus
  20. Siapkan Tni dan alutsistanya, siapkan kontrak pembelian alutsista besar besaran dengan Rusia minimal 10 ks kilo, sistem pertahanan saya300, 10 skuadron sukhoi 30/35, rakyat Indonesia siap untuk mobilisasi umum

    BalasHapus
  21. -Tanya : "Mengapa Indonesia harus tegas trhadap aksi penyadapan Aussie pdhal ada brp negara lain yg ikut ambil bagian dlm aksi ini.?"
    Jawab :"1.karena negara penyadap yg satu ini adlh tetangga dekat yg sdh dipercaya, ttapi berhianat pda tetangganya,.
    2. Krn Aussie berpotensi kontak fisik langsung dgn Indonesia, alsannya jelas, dendam mreka masa lalu, letak wilayah yg bertetangga, mental penjajah yg ingin menguasai/Invasi negara lain.
    jd upaya utk mengukur kekuatan Indonesia mllui aksi penyadapan tdk bisa ditolerir.
    So, bkn Indonesia tdk marah kpd negra penyadap lain trmsuk As, tp Indonesia melihat skala prioritas mana negara yg secara lgsung dpt mngancam NKRI. Kalau ada tambahan, silahkan, yg jelas tdk ada perpecahan lagi diantara kita sesama Rakyat Indonesia, tdk ada beda suku, agama, ras, kita hrs kuat dan hnya persatuan yg bsa menguatkan kita. NKRI HARGA MATI..!!!

    BalasHapus
  22. to : presiden SBY
    hal : penyadapan US & AUSSIE

    Tak terhitung lagi sya mengatakan hal ini pada bapak presiden yang terhormat bahwa tidak ada gunanya kita berteman dan mempercayai orang2 dari golongan itu (amerika cs).
    Karena itu memng sudah tertulis dengan jelas dalam Alquran, bahwa orang2 dari golongan mereka itu tidak akan pernah berhenti mencri cara untuk membuat kita lemah dan pada akhirnya kita akan mengikuti jalan mereka yng sesat itu.
    jadi, anda sebagai pribadi muslim seharusnya telah menyadri itu dengan baik. karena setiap kebaikan yang mereka tawarkan bukanlah sesuatu yang akan kita dpatkn dengn harg yang murah. Bahan sangat beresiko akan merugikan kita.
    Lihat saja ketika anda mendukung pemberantasan TERORIS yang selalu didengungkan oleh amerika cs. TERORIS dalam perspektif mereka bukanlah orang atau sekelompok orang yang membuat keributan dengan menggunakan kekerasan yang bertujuan untuk menakut-nakuti sekelompok orang lainnya. Tetapi TERORIS yang mereka maksudkan itu adalah SEORANG ATAU SEKELOMPOK ORANG MUSLIM YANG MEMANG BENAR-BENAR INGIN MENJALANKAN SYARI'AT ISLAM SEBAGAIMANA YANG PERNAH DIJALANKAN RASULULLAH SAW DAHULU.
    Maka dari itulah TERORIS yang banyak mereka tangkap itu s3bagian besar adlah para ustad, ulama, ataupun orang2 yangsuka mengikuti pengajian dimsjid2.

    Dan anda telah melakukan kesalahan besar karena pernah mendukung program memberantas TERORIS yang digalakkan oleh amerika cs.
    PADAHAL TERORIS YANG SEBENARNYA ITU ADALAH MEREKA SENDIRI.
    Itu bisa terlihat dari tindakan bar-bar mereka dalam menghancurkan negara muslim di timur tengah sana. Dimulai dariPalestina, Irak,Libya,Afghanistan, dan Pakistan, yang dengan sem3na-mena mereka membunuh penduduk negara muslim tersebut dengan berbavai alasan yang sama sekali tak pernah terbukti.

    Maka dari itu, saya mohonkan kepada anda sudahilah hubungan dengan negara yang sep3rti itu. Karena merka semua itu lah yang akan menghancurkan negara Republik Indonesia tercinta ini.

    Percayalah kepada Alquran pak, karena Alquran adalah perkataan Allah SWT, yang selalu maha benar..

    BalasHapus
  23. OK OK OK marah ke Australia wajarlah tapi harus waspada juga terhadap SINGAPURA dan MALAYSIA ,,, mereka diam-diam lebih parah memata-matai Indonesia ,,,, SINGAPURA punya saham di Telkomsel ,,,, nggak sadar yaaa??? hati-hati pada SINGAPURA dan MALON ,,,, heheheheh Intelijen Singa dan Malon baca ini pasti pada kesel ke gua !!! sini datang aja kalian ke komplek Marinir Cilandak !!! wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. xl malaysia, indosat singapur juga yang atur walau sahamnye sudah dibeli qatar... =p~

      Hapus
  24. Saatnya rapatkan barisan demi NKRI, sekaranglah saatnya untuk memproteksi NKRI dgn S400 dan SU35

    BalasHapus