Rabu, November 20, 2013
20
JAKARTA-(IDB) : Panglima TNI Jenderal Moeldoko membenarkan kabar soal adanya KRI milik TNI AL yang tenggelam. Namun Moeldoko lebih suka mengatakannya dengan bahasa yang berbeda.

"Itu bukan tenggelam, tapi nyungsep 90 derajat," katanya di kantor Badan Intelejen Strategis, Jl Pahlawan Kalibata, Jakarta, Rabu (20/11/2013).

Moeldoko menjelaskan KRI tersebut nyungsep karena keteledoran komandan kapal. Oleh karena itu sanksi sudah menanti bagi komandan kapal itu.

"Ada risikonya, biasanya komandan kapalnya akan di-grounded," katanya

Moeldoko mengatakan rusaknya KRI ini tidak akan berimbas besar pada kekuatan TNI AL. Peran KRI itu sudah tidak lagi signifikan.

"Itu KRI Eks Jerman. Kalau secara keseluruhan dia memang sudah tidak siginifikan lagi. Kapal untuk operasional latihan," katanya.




Sumber : Kompas

20 komentar:

  1. gak karam mas tapi nyelam cari ikan ,,ha2

    BalasHapus
  2. kalo dipaksa nyupirin oplet tuwir, udah ngga power steering, ngga balance pula. begitu nabrak karam eh supirnya yang disalahin... =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajar gan dermaga di tabrak
      sama aja mobil tetangga ente nabrak tembok ampe jebol pasti tuh supir dah kena ceramah semaleman
      haha

      Hapus
  3. Masih untung>tdk pada saat latihan,,coba pak jika KRI itu nyungsep ada personil TNInya,jadikan ini pembelajaran dong,segara modernisasi tuh KRI yg lainya dah pada usang juga dr pada nanti paslatihan,,,jangankan perang,dah tengelem duluan

    BalasHapus
  4. yah sayang euy tenggelem cuma2... coba di jadiin target latihan tembak roket r-han buat di laut kan lebih bermanfaat.. lagian di paksain jalan juga udah gak bisa percuma..

    BalasHapus
  5. Ah ente semua pura2 gak tau aja.. itu artinya tni al minta ganti baru.. daripada lama di komisi 1 di godok gak mateng2. Mending tuh kapal dicemplungin aja biar nyungsep..;-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan,,, sering dger critanya mang bgtu...

      Hapus
  6. Satu kata yg pas karam sebelum berperang,,,,,,,, wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  7. kihkihkihkih..belum perang udah karam..bnyk betul masalah TNI ni yah..maklumlah alutsista sudah ketinggalan zaman,padah beli senjata bekas..hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tni al udah tau ne kapal udah gak layak maka nya gak pernah di pake lage bodoh..

      Hapus
  8. Sdh waktunya TNI AL membatasi armada kapal2 perangnnya sampai batasan sekian tahun harus sudah dipensiunkan (20-30tahun),bagaimanapun juga kapal pasti mengalami kemundurun kemampuan tempurnya,teknologi cms dan persenjataannya. Setidaknya 5 tahun sebelum masuk batasan waktu pensiun sdh dipersiapkan penggantinya. Up grade/repowering/modifikasi hasilnya memang bagus dan murah serta bisa menambah lifetime alutsista tsb,tetapi hasilnya tidak secanggih/sehebat produk yang baru yg sepintas memang mahal tapi efisien utk jangka panjang. Selain itu utk mengikuti perkembangan teknologi yg lebih modern,dan apabila terjadi konflik maka senjata baru dan modern akan lebih unggul daripada senjata lawas biarpun sdh di upgrade/dimodifikasi (diluar man behind the gun lho...). Anggaran minim mkn bisa jadi alasan,tapi kalo saya punya usulan hasil keuntungan dari hasil laut yg masuk ke pemerintah sekiranya 10% aja dibuat belanja alutsista saya kira bisa masuk akal.

    BalasHapus
  9. Suatu contoh: fregate kelas van speik tni al,walaupun sdh dipersenjatai rudal yakhont,tetap saja masih pake radar 2D bukan 3D,rudal hanud pakai mistral yg punya jarak tembak kurang dari 10km,bagaimana kalo ditarget dari udara dari jarak tembak sekitar 200-300km pake rudal brahmost/taurust/harpoon/exocet,apa ga klabakan tuh kapal fregate,kecuali punya payung dari udara yg sangat mumpuni. Andai TNI AL beli fregate baru (ntah buatan dalam negeri/luar) pastinya rudal hanud bisa pake minim rudal mica syukur2 pake sea sparrow/s300 dll yg punya jarak tembak lebih jauh,perangkat cms lebih canggih lagi,radar 3D,rudal jarak jauh,bodi kapal dan mesin msh fress,personel lebih sedikit. Kan lebih mantap.

    BalasHapus
  10. menhan kebiasaan belli barang rombengan , hasil nya bisa di liat .
    tidak ada ombak tidak angin ....kapal angkut tenggelam . saran buat menhan , stop cinta barang rongsokan , ini urusan pertahanan harus di bangun secara serius , kuwalitas baran tolong di utamakn .

    BalasHapus
  11. Betul maz ano03.44- terutama untuk alutsista LST eks jerman ini yg nyata2 kita rugi- LST yg tenggelam ini pasti jenis LST FROSCH yg dibeli bareng 39 kapal dgPARCHIME- CONDOR-proses refurbish trhdap kapal eks jerman timur ini telah sedot dana cukup tinggi- tapi beberapa sudah tenggelam" termasuk 1 korvet parchim sudah tenggelam kan* ini program jaman orde baru- ( bego: retropit 39 eks jerman telan budget 700 juta dolar* coba klo dibeliin ke FPB57 PT PAL pasti untungin negara kan* ) nasi udah jd bubur-skr klo bisa korvet parchim di retropit dg dipasangi rudal SSM EXOCET- HARPOON - C802/705-

    BalasHapus
  12. Kapalnya mau berubah jadi kapal selam.wkwkwkw

    BalasHapus
  13. Pejabat2 kemhan kekayaannya harus diaudit. Banyak duit anggotanya yg dimakan sendiri m atasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip mulai dari jendral dulu ampe kopral, siap laksanakan!

      Hapus
  14. Sekjen dan pembantunya suka korup tuh musti diaudit kpk.

    BalasHapus
  15. hehehe akal pinter jg tni,,, (o)

    BalasHapus
  16. Tenang gan ini lagi di dok habis itu di letak di pulau setokok perbatasan singapura lalu di tembak roket Rhan dari papua lumayan buat nakuti tikus yahudi sisinga kencing lewat mulu

    BalasHapus