Senin, November 11, 2013
2
BANDA ACEH-(IDB) : Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengukuhkan Kapal Repulik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593  yang dilaksanakan melalui upacara militer, Senin (11/11) di Dermaga Malahayati, Krueng Raya, Aceh Besar, Aceh.
 
Puncak Pengukuhan ditandai dengan pemecahan kendi pada lambung kiri KRI Banda Aceh-593 oleh Menhan RI didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kepala Staff TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Marsetio, dan Gubernur Aceh Zaini Abdullah yang diiringi musik daerah Aceh.

Menhan dalam sambutannya mengatakan, pemberian nama Banda Aceh pada salah salah satu kapal perang Republik Indonesia ini merupakan bentuk penghargaan bangsa dan negara kepada masyarakat Aceh atas jasa dan pengorbanan masyarakat Aceh sejak perang kemerdekaan dan sebagai lambang semangat kebangkitan demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kehadiran KRI Banda Aceh-593 ini dapat terus meningkatkan upaya dalam menjaga dan melindungi wilayah kedaulatan NKRI  serta melaksanakan tugas – tugas pertahanan di bidang maritim dan penegakan hukum wilayah NKRI”, tambah  Menhan.

Lebih lanjut Menhan berharap,  keberadaan dan dengan telah dikukuhkannya KRI Banda Aceh-593 ini dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Aceh pada khususnya dan  bangsa Indonesia secara keseluruhan.  

Sedangkan untuk jajaran TNI  khusunya TNI AL, Menhan berharap kapal perang ini dapat dipergunakan untuk lebih berkontribusi dalam operasi-operasi kemanusiaan dalam menanggulangi bencana alam dan kegiatan bhakti sosial di tempat-tempat yang sulit dijangkau serta pulau-pulau terpencil.

KRI Banda Aceh-593 merupakan kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) atau kapal Bantu Angkut Personel (BAP) produksi PT PAL yang memperkuat armada TNI Angkatan Laut (AL). Kapal tersebut merupakan salah satu dari empat kapal LPD yang dipesan TNI AL dan telah resmi masuk memperkuat  jajaran Alutsista  TNI AL  sejak 21 Maret 2011.

Hingga saat ini, KRI Banda Aceh-593 telah mengemban berbagai tugas baik operasi maupun latihan, mulai dari Latihan Gabungan TNI Tahun 2013, kegiatan bakti sosial, dan pelayaran lainnya yang merupakan bagian dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Di antaranya adalah mendukung kegiatan operasi pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economy Cooperation (APEC) 2013 di Bali pada Oktober 2013. Mendukung kegiatan Sail Komodo 2013 dengan melaksanakan Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara (Bhakesra), dan mendukung program mudik lebaran gratis.





Sumber : DMC

2 komentar:

  1. FOTO HOT DEWI PERSIK KENA SANTET

    baroinfo.com/selebritis/kena-penyakit-aneh-dewi-persik-kena-santet

    *numpang promo yah admin :D

    BalasHapus
  2. ini ano 9.34, ganggu comment aja, tolong diblokir deh ama admin kalo bisa. soalnya bukan tempatnya

    BalasHapus