Kamis, Oktober 24, 2013
21
MEDAN-(IDB) : Dewan Perwakilan Rakyat menolak isi perjanjian dengan Singapura dalam mengekstradisi pelaku korupsi karena dikaitkan dengan kerja sama pertahanan yang merugikan Indonesia.

Di sela-sela Sidang Umum Parlemen Antikorupsi ASEAN di Medan, Rabu, Ketua DPR RI Marzuki Alie mengatakan, kerja sama tersebut berisi ketentuan bahwa Singapura akan mengekstradisi koruptor Indonesia yang ada di negara jika diperbolehkan melakukan latihan militer di Tanah Air.

Ketentuan itu dimasukkan dalam perjanjian kerja sama pertahanan (Defence Coorporation Agreement/DCA) yang diajukan ke DPR untuk diratifikasi.

Namun setelah dikaji secara mendalam, isi perjanjian kerja sama tersebut dinilai sangat merugikan Indonesia karena mengharuskan pembolehan pesawat tempur Singapura melintas dan menggunakan wilayah nusantara sebagai tempat latihan.

"Seolah-olah, (Singapura berkata) kami mau tukar menukar tahanan koruptor, tetapi kami menggunakan wilayah anda. kan tidak fair," katanya.

DPR hanya akan menyetujui kerja sama tersebut jika perjanjiannya dipisahkan antara pengembalian tahanan koruptor dengan kerja sama pertahanan.

"Seharusnya, dipisahkan antara kerja sama pertahanan dan ekstradisi. Jangan dicampuadukkan, maka DPR tidak menyetujui," kata Marzuki.

"Istilah DPR, seolah-olah (Singapura) menjajah kalau bahasa kasarnya," ujar politisi Partai Demokrat tersebut.

Secara institusi, kata dia, DPR mendorong pemerintah membahas kembali isi perjanjian tersebut dan memisahkan ketentuan antara kerja sama ekstradisi dengan pertahanan.

Pihaknya juga telah menyampaikan keberatan terhadap isi perjanjian tersebut kepada pimpinan parlemen Singapura ketika bertemu dalam kegiatan bilateral di Brunei Darussalam belam lama ini.

"Mereka memahami, parlemen (Singapura) juga akan berusaha meyakinkan pemerintahnya," ujar dia.




Sumber : Antara

21 komentar:

  1. Singapura di tenggelamin aja, kecil-kecil udah mau menindas

    BalasHapus
  2. tempatin astros di batam

    BalasHapus
  3. Coba pasangin arhanud di sumatera batam dll keluarga s-300 350 400 500......sama yakhon versi darat.....klo ada pesawat mau take off di singasu...trus di lock...pasti si pudel ini ga bertingkah.....psywar bagi pilotnya....bisa2 joget cesar apa joget stroke..tuh pilot

    BalasHapus
  4. Tindakan tepat, klu perlu tidak perlu ada perjanjian tentang pertahanan dengan singapore. klu dia mau latihan diwilayah indonesia bayar, dan beri tempat yang berbatasan dgn laut cina selatan. sbb. bila di berikan izin ia juga bisa mematati matai sambil latihan.

    BalasHapus
  5. yang namanya bandit ya bandit... jangan sampe ntu pesawat tempur tetangga mondar mandir saenake beutueng.. jangan di hargai sejengkal tanah pun untuk dilalui.. ntr pada nyaho.. kalo pesawat mereka cuma bisa keliling2 doang kaya odong2.. ha..3x

    BalasHapus
  6. Halaaaahh... ano2x pada ngomel tapi kalo liburan juga ke orchard, foto2x di merlion. BLEH !! :-b

    BalasHapus
    Balasan
    1. negara israel juga benci ma indonesia tapi rakyat nya juga banyak yg wisata ke bali.. pake otak dong masalah politik dan wisata beda jalur bro jgn di samain gak masuk tu barang..

      Hapus
    2. Singapore target negara wajip di basmi , negara yg hidupnya 85% dari indonesia fakta yata !!! Ini semua akibat ulah orxe baru bezerta anak didiknya beyeee...patut kita pertayakan banyak pengusaha hitam hasil dari tambang di tampung di singapore , mereka hanya bayar upeti ke pejabat daerah dan pusat , terbukti cara bagi hasil pengusaha hitam dan pejabat tidak pernah dibpublikasikan ini yg anehh ....dan harus di bongkar habis !!!! Pelarian devisa negara milyaran dolar keluar negeri tampa bisa cegah akibat ulah para setan negara !!!

      Hapus
  7. Suatu saat-Singapore itu akan menjadi quwait nya versi ASEAN- dulu quwait di timur tengah berlagak gaya dg sembunyi2 curi minyak dari daratan irak- yg akhirnya di vonis mati dg dibombardir oleh irak- meski akhirnya irak kalah oleh sekutu- begitupula dg singapore yg sekarang banyak gaya itu-mungkin swatu saat bisa di bogem malaysia dlm kasus pipa air- atw dibogem oleh RI- dlm kasus reklamasi-ekstradisi koruptor..jika si sekutu US ikutan manggung bantuin si singa' nasibnya akan sprti di vietnam jilid2-kondisi alam asean beda dg di teluk" yg medan - pasirbnya rata-

    BalasHapus
  8. Buat negosiasi ekstradisi nangkap koruptor jika Singapore byk tingkah, udah biarkan saja, dan mending kirimin Kopassus saja buat culik tangkap dan bius bawa ke Indonesia diam2 dan adili di sini. Jika pun ketahuan bilang saja urusan utang piutang swasta beres.

    BalasHapus
  9. Semunya berdasarkan penglaman singapura terhadap pejabat2 masa lalu!!! Bagaimana pasir dijual, sampah di kirim ke indo, batam di beli dll!!

    BalasHapus
  10. masih kecil udah mau jajah, bgus DPR jagn mau di bodohi ma negara kecil,....
    smoga aj musnah tuh negara...

    BalasHapus
  11. rugi bgt indonesia kalo perjanjian nya seperti itu.. emang sekarang2 ini udah brapa banyak sih koruptor yg berhasil kabur ke sana ??... and kalo kira2 ada pejabat yg terindikasi ada masalah korupsi ya cekal duluan dong passport atau visa keluar negeri nya supaya dia gak bisa keluar negri beres...

    BalasHapus
  12. inilah negara yg di ibaratkan sprti ank durhaka pd ortunya... singapura negara secuil tp blagu.. lu bs kaya jg dr indonesia.. brp bnyk koruptor yg lu lindungi.. brp bnyk apartemen yg dibli rakyat indo...brp bnyk bhan mentah yg lu ambil... sbnrnya gmpang bkin singapur skarat... bakar ja hutan disumatra n riau prekonomiannya pasti mati... stop pnjualn tanah n bhan2 mentah ke singapur.. wahai para pngambil kbijakan bngunlah n mandirilah jangan mau dibodohi n diatur negara tengu neokolonialisme singaprett..

    BalasHapus
  13. info , tenatara australi telah latih warga di pante selatan, gimana ni TNI, berani dak ni presiden lebay bertindak

    BalasHapus
  14. terang terangan menghina indonesia,bukti memang singapura dengan sangat sengaja melindungi koruptorrr. pak by orak mung meneng ae. ngat you mantan tentara ora memble ae, klau dak berani serahkan pada rakyat

    BalasHapus
  15. tetangga pada hina indonesia beginilah bila presidennya tidak unya nyali dan tegas

    BalasHapus
  16. Setiap kali Indonesia mengajukan perjanjian ekstradisi selalu saja Singapura mengajukan daerah latihan militer ,,,, itulah pintarnya singapura ,,, karena apa?
    Kalau ribuan orang Indonesia yg bermasalah dan berdomisili di singapura sekarang ini dipulangkan maka total aset ayng bisa direbut kembali adalah 56 miliar dolar AS ,,, yang sudah jadi investasi di berbagai sektor di singapura ,,, kalau Indonesia setuju memberikan daerah latihan militer ke singapura, maka walaupun singapura akan kehilangan putaran uang 56 milliar dolar AS, tapi singapura akan dapat melatih, membiasakan diri untuk merebut daerah-daerah Indonesia nanti dikemudian hari, seperti kepulauan riau ,,, coba perhatikan sebagian besar tanah-tanah di Batam itu dimiliki oleh pihak singapura langsung maupun tidak langsung artinya penguasaan dengan cara sewa 40-50 tahun ,,, investasi buat pabrik-pabrik yang kurang penting ,,, atau penguasaan lewat orang Indonesia entah sebagai isteri atau mitra dagang ,,, sehingga ada dua maksud yang tercapai ,,, tanah-tanah tersebut tidak bisa dibangun oleh pihak INDONESIA ASLI untuk pelabuhan atau proyek yang menyaingi singapura ,,, dan menyiapkan agenda masa akan datang 20-30 tahun lagi ketika singapura karena meledaknya jumlah penduduk dari 6 juta jadi 10 juta perlu tanah hunian dan antisipasi perubahan cuaca global es mencair dimana air laut naik sampai lebih dari 1 meter dan 40% daratan singapura tenggelam ,,, saat itu juga diperkirakan indonesia sedang kacau didalam negeri,,, jadi singapura bisa dengan alasan kemanusiaan didukung PBB & Commonwealth serta unsur-unsur daerah Indonesia yang tidak puas menduduki tanah-tanah yang sudah dikuasai sejak lama ,,, ITULAH CERDAS NYA BANGSA PULAU KECIL ITUUUUU ,,,,
    Jadi buat singapura mana-mana saja menguntungkan buat indonesia mundur kene' maju kene' ...

    Kalau mau membuat Singapura terhambat maka ,,, tunda ASEAN CONNECTIVITY ,,, dan tentukan syarat bagi negara-negara jika berinvestasi di Indonesia maka harus langsung tidak boleh lewat singapura ,,, ekspor impor tidak perlu lewat singapura ,,, kalau tidak lewat singapura maka bisa dikasih insentif ,,, kalau lewat singapura tidak dikasih ,,, dengan begitu singapura yang kemajuannya 60% cuma jadi perantara dagang Indonesia dengan asing bisa di potong !!!
    Sama seperti yang dilakukan oeh Indonesia dengan Cina, yaitu dagang langsung tidak lewat singapura !!! ...... cuma kadang-kadang orang Indonesia sendiri yang merusak kebijakan itu yaitu dengan buka kantor di singapura kampret kan? Terus orang-orang di perbatasan yang punya dwi warga negara harus dilarang ,,, gimana kalau malam pulang kesingapura, kalau siang kerja di Batam punya usaha??? terus naruh uangnya dibank mana dan bayar pajaknya dimana??

    harus ada larangan PEJABAT NEGARA tidak boleh punya aset di singapura karena dari situlah bermulanya penguasaan singapura terhadap pejabat-pejabat tersebut ,,, ngerti kan? (kalau lu nggak bantu gua nati gua buka nih lu punya uang ada berapa di singapura,,, OK kawan? win win solution laaaah cincailaaaahh) ,,, rusak kan? PEJABAT NEGARA kalau bepergian ke singapura diluar dinas harus seperti TNI diskrining dulu gak bisa semaunya ,,,

    Ayo cerdaslah bangsaku ,,, jangan cuma galak doang ... waspadalah waspadalah ...



    BalasHapus
    Balasan
    1. LOE PNYA KOMEN TERLALU PANJANG GOBLOK. TPI INTINYA GAK ADA.. LOE KOMEN PENDK TPI BERISI. LOE PNYA OTAK KYK UDANG. GOBLOK.BODOH.TOLOL.

      Hapus
  17. Panjang banget sihh keretanya*

    BalasHapus
  18. gausah pake peranjian segala mending kirim aja pasukan elit TNI suruh culik tuh parakoruptor yang kabur ke singapor bla perlu sekalian dikarungin kirm lewat batam ok ok ok .....

    BalasHapus