Kamis, September 12, 2013
14
MOSCOW-(IDB) : Prototipe tank tempur utama generasi baru "Armata" Rusia siap untuk di uji coba pada bulan November nanti, komandan Pasukan Tank Rusia, Letnan Jenderal Alexander Shevchenko mengatakan pada hari Sabtu, 7 September 2013.




 "Prototipe (tank Armata) akan diresmikan saat pameran (persenjataan) di Nizhny Tagil, dan uji coba akan dimulai dalam waktu satu atau dua bulan (kedepan), saya yakin akan hal ini," kata Shevchenko kepada radio Echo Moskvy.

Pameran persenjataan ini akan dilaksanakan pada 25 hingga 28 September nanti. Ini menurut pernyataan dari Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin yang mengatakan pada bulan Juli lalu bahwa negara Rusia akan menampilkan tank baru saat pameran tersebut.




Tank tempur utama Armata versi turret (kubah) tak berawak juga akan diluncurkan, kata Shevchenko.

Armata adalah platform kendaraan tempur universal yang akan digunakan sebagai basis untuk memproduksi berbagai kendaraan lapis baja. Shevchenko mengatakan pada Jumat lalu bahwa prototipe Armata yang berjenis tank tempur utama, kendaraan tempur infanteri berat, dan kendaraan lapis baja recovery saat ini sudah dibuat,.


Armata dinamai dari nama meriam Rusia pada abad-14, dirancang sendiri oleh Rusia sejak tahun 2009 melalui perusahaan pertahanan Uralvagonzavod yang berkantor pusat di Nizhny Tagil, Rusia.


Kendaraan-kendaraan tempur yang berflatform Armata akan menjadi tandingan bagi saingan-saingan mereka yang ada di NATO dan bahkan diklaim lebih unggul untuk dioperasikan di daerah-daerah tertentu, Shevchenko mengatakan Jumat tanpa menjelaskan lebih lanjut daerah seperti apa yang dimaksud.


Belum banyak yang diketahui tentang tank tempur Armata yang dijadwalkan akan digunakan militer Rusia pada tahun 2015. Laporan-laporan media dan pernyataan-pernyataan pejabat Rusia sebelumnya mengatakan bahwa kubah Armata tidak berawak, dengan tiga orang awak tetap di dalam yang terlindung dengan chassis yang baik.


Shevchenko juga mengatakan bahwa semua unit siaga dari Angkatan Darat Rusia yang menggunakan tank tempur utama T-72 dan T-90 akan diganti dengan tank Armata pada awal 2015. Langkah ini akan menyelesaikan program unifikasi tank bagi militer Rusia, yang menggunakan 40 model dari 10 tank berbeda sejak tahun 2008, katanya.



Tank Tempur Utama Armata
BuatanRusia
Kru
3
Senjata utama
Kanon 125 mm Smoothbore versi baru dengan kemampuan ATGM
Senjata Sekunder1 atau 2 senjata 30 mm anti pesawat
Mesin
Diesel 1.500 hp
Transmisi
8 Speed Automatic Gearbox
Kecepatan
?





Sumber : Artileri

14 komentar:

  1. bentuknya indah banget :-d

    BalasHapus
  2. Pesen 150 + 150 lg tank buatan polandia yg terbaru.....

    BalasHapus
  3. pindad juga lagi buat medium.... bentuknya kaya apa ya??/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pindad itu ecek ecek.cuman borosin anggaran dari pemerintah

      Hapus
    2. yaaa kalau nggak mau maju ya Pndad ga usah boros nyoba ini itu ... TNI beli aja terus dari asing ... gimana bos? setuju gak? .... (kalau setuju lu diketawain orang banyak luuu).

      Hapus
  4. Akhirnya yang ditunggu muncul juga.... The BLACK EAGLE

    BalasHapus
  5. hemmm... pertahanannya pakai teknologi apa ya??

    BalasHapus
  6. ma Leopard RI dasyat mana ya?

    BalasHapus
  7. Alutsista selalu mengundang decak kagum.selalu ada produk mutakhir dengan teknologi yang mumpuni..namun kagumku tak akan mengalahkan kagumku kepada produk anak negeri..bila ada yang pro kepada produk luar 100% mereke muka tembok dan jiwa nya tak merdeka indra busana wanareja

    BalasHapus
  8. konsep tank armata lebih moderen dari mbt besutan nato , armata postur badan lebih pendek serba otomatis , beda pesanan indo mbt leopart tank tua sudah di poles sana sini tetap ajaa...boros anggaran perawatan dan banyak megandung bayak kelemahan semisalnya : suppention scokk , 15 ribu , wajip di ganti scook !

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendingan mana? scorpi, amx ato leopard? [-(

      Hapus
  9. makin ketinggalan aja ni bangsa kite, kalau perang pasrah aja deh mau hancur mau mati terserah yg di atas,...kkkkkkkkkkk ;(

    BalasHapus
  10. leopard untuk kelas asia tenggara dah lumayanlah, jangan bandingkan dengan kelas NATO & RUSIA, leopard lumayan ampuh buat ngejar maling yang coba ambil kita punya kedaulatan bro.....

    BalasHapus
  11. kalo ruski buat tank baru, artinya udah ada sinyal buat jerman bikin leopard 3 :d

    BalasHapus