Selasa, September 03, 2013
17
Helikopter Serang AS-550 Fennec (photo:eurocopter)
Helikopter Serang AS-550 Fennec.


JKGR-(IDB) : Geliat PT DI semakin kencang setelah Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan 8 helikopter serang untuk melengkapi satu Skuadron Helikopter Apache AH-64E, akan dibuat diproduksi di Indonesia.


Kedelapan helikopter serang yang dimaksud kemungkinan besar AS550 Fennec yang memang telah ditawarkan oleh PT DI kepada TNI AD dengan harga 90 juta USD.  Kebutuhan helikopter Fennec buatan Eurocopter ini sudah lama dibahas TNI AD dan memang direkomendasikan untuk dibeli.


Dengan demikian komposisi skuadron baru helikopter serang TNI AD pada tahun 2014 nanti berupa, 8 helikopter AH64E serta 8 Helikopter AS550 Fennec, dengan harga total sekitar 600 juta USD.


Helikopter Anti-Kapal Selam AS565 MB Panther (photo:eurocopter)
Helikopter Anti-Kapal Selam AS565 MB Panther.

Untuk TNI AL, PT DI juga telah menawarkan 11 Helikopter anti kapal selam AS-565 Panther. Satu helikopter Panther dibandrol seharga Rp 200 Miliar. Sama dengan helikopter Fennec, pesawat rotary ini juga buatan Eurocopter yang akan dirakit  oleh PT DI.


EC725 Brazil Navy (photo:defenseindustrydaily.com)
EC725 Brazil Navy


Tidak ketinggalan PT DI juga menawarkan helikopter jenis EC-725 Cougar Combat SAR, untuk TNI AU sebanyak 6 unit dengan harga 200 juta USD, plus 2 unit NAS332 Super Puma seharga Rp 370 miliar.


Keempat jenis helikopter yang ditawarakan itu produksi dari Erucopter yang memberi kepercayaan dan lisensi perakitan kepada PT DI.


Kauntungan  dari pembelian helikopter dari satu fabrikan ini (Eurocopter) tentunya mempermudah dan yang paling penting memperingan biaya perawatan pesawat serta penggantian suku cadang. Di sisi lain teknologi yang diserap PT DI akan semakin meningkat.

Soal kesiapan, sejak dua tahun lalu, PT DI telah siap merakit helikopter-helikopter tersebut. Semoga saja tawaran dari PT DI ini, direspon positif  oleh user dan Kementerian Pertahanan.
 
Sumber : JKGR

17 komentar:

  1. maju terus,,,

    umpulan Cara Dapat Duit dari Internet # http://tinyurl.com/terpaksa-kaya < TERBARU

    BalasHapus
  2. As 550 fennec imut tapi gahar klo banyak senjatanya,As 565 mb phanter boleh juga..(by:cui lan seng)

    BalasHapus
  3. Nih chopter kalo dimusuhin ma EC-665 menang mana yah??....
    kalo EC-665 vs AH 64E jelas menang Longbow, tapi kalo ditandingin Fennec.... :-?
    by SU 35

    BalasHapus
  4. BAGUS JAYALAH PT DI
    KARNAMU HARKAT, MARTABAT DAN HARGA DIRI BANGSA DAN NEGARA INI BISA DI SEGANI SAMA KAWAN MUNGKIN JUGA DI TAKUTI SAMA LAWAN, SEHINGGA KITA BUKAN LAGI NEGARA DAN BANGSA YG MUDAH DI JAJAH SEPERTI TEMPO DULU DAN BUKAN NEGARA YG LEMAH SEPERTI PALESTINA.

    BalasHapus
  5. aku kira ini bodoh...ngapain fennec????...pt di kan kerjasama dg eurocopter....ngapain gak sekalian heli tiger....sejajar tuh sama apache....harga lebih murah dr apache....tiger anti tembak woeiiii....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya eurocopter ga ngasih lisensi heli tiger ke PT DI bro... kalo PT DI di kasih lisensi tiger, takutnya teknologinya di ambil buat heli gandiwa, ntar heli tiger punya saingan teknology sama tp dgn harga murah yaitu gandiwa made in bandung indonesia.. buktinya impian ingin buat pesawat sendiri N250 kandas di tengah jalan..
      intinya adl persaingan bisnis...orang2 eurocopter kan udah mikir ke arah sono, kalo PT DI gua kasih lisensi ini kira2 bagaimana ya...kalo bisa sama2 untung OK lah di lanjut...tp kalo nantinya potensi jd psaing dgn eurocopter, ya lisensinya ga bakal di kasih...kecuali bikin komponen2 pendukung..

      Hapus
  6. Benar...kenapa mesti apache kalo emang mau pake semua produk eurocopter kan lebih baik pake pah2 tiger jadinya klop semua dah....eurocopter forever.

    BalasHapus
  7. Harusnya fennec yg diganti tiger

    BalasHapus
  8. Utk menambah ilmu PT D.I. Dlm membuat heli serang sendiri, ga ada salahnya jika kemenhan adakan utk TNI A.D. 1 skuadron msg2 utk heli serang Kamov 50, Mil Mi 35, Tiger, Apache longbow AH 64 D dan 64 E, Cobra Zulu seri W, Fennech. Dng bentuk negara kepulauan dan bnyknya pulau yg dijaga, trmsk pulau terluar maka indonesia membutuhkan heli serang dlm jumlah besar, tdk cukup 1-2 skuadron, atau 4-5, kalau dipulau besar,misl aceh dan sumatera,kalimantan, sulawesi, papua,jawa, NTT plng tdk utk idealnya ditmptkan 4-5 skuadron, blm lg gorontalo,kepulauan halmahera,bali,NTB,pulau nias,pulau karimun jawa,pulau nipah,pulau tondano,tarakan,ambalat,nunukan harus dijaga plng tdk msg2 antara 8 unit - 12 unit dr idealnya 16 unit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo terlalu beragam jenisnya perawatannya susah...dan high cost.
      Mending 1macem biar comunaliti terjamin tetapi kuantitinya ditingkatkan.

      Bravo tni.

      Hapus
  9. Fakta sekarang ini TNI udah miliki 28 light atack heli NBO105-si litle but lethal jagoan NOE itu-plus 5-8MI35 HIND-jadi skr RI gak lha kosong dlm hal heli serang-apa lgi klo nanti MI35ditambah+AH64E-fenec.pasti oke-plus saran from vanhalen:jangan ada korupsi yeah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heli NBO105 termasuk heli tua...sdh waktunya diganti... yg cocok dan sekelas sbg pengganti ya fennec..

      Hapus
  10. beli dua lusin pak... mantaaaap

    BalasHapus
  11. heli itu yang pake kitiran yak? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan naak, yang pake kitiran itu 'baling-baling bambu...' :-)

      Hapus
  12. Cuman rakit doang.kirain buat

    BalasHapus
  13. nah gitu dong...klo emang heli serang AS550 fennec itu bagus dan pas dengan kebutuhan TNI beli 1 skuadro sekalian kaktoan.... jangan ragu2,setelah itu jangan lupa realisasikan heli serang gandiwa,masak cuma ngomong doang....?

    BalasHapus