Kamis, September 05, 2013
33
MAKASSAR-(IDB) : Rabu sekitar pukul 17:30 WITA, Pesawat raksasa Antonov AN-124 kembali mendarat di Lanud Hasanuddin Makassar. Tak lain tak bukan, pesawat ini membawa 2 buah Su-30MK2 terakhir pesanan Indonesia. Dengan Demikian, lengkap sudah Skadron 11 TNI-AU memiliki 16 buah Flanker.


Hingga berita ini diturunkan, proses bongkar muat masih berlangsung. Karenanya, foto-foto dalam tulisan ini akan selalu di update. Pembaca setia ARC harap merefresh laman ini jika ingin mendapat perkembangan teranyar.

 
Pertanyaannya kini, apakah ini merupakan seri Flanker untuk TNI-AU? tidak ada yang tahu pasti, meski konon TNI-AU melilirik Su-35BM untuk pengadaan selanjutnya. Semoga saja, Su-35BM nantinya bisa bergabung dengan keluarga TNI-AU.






Sumber : ARC

33 komentar:

  1. oww....waw.... :-d :-d :-d :-d :-d :-d :-d :-d

    BalasHapus
  2. dilirik saja tapi ndak dibeli... jadi mimpi lagi...zzzzzzzzzzzzzzzzzz...zzzzzzzzzzzzzzzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. haters detected....udah kalo benci keluarlah dari sini....ndak usahlah ngurusin negara ni..

      Hapus
    2. tenang omm .... ntar di siapin dulu duitnya kalo belum cukup ngutang dulu di cicil bayarnya ......

      Hapus
  3. Spek su-35 jeroan sama mesinnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang aja bang lagi disiapin dulu tempat tongkrongannya buat su 35

      Hapus
  4. ...beres SU 27/30 kita lirik SU 35 BM untuk mengimbangi F35 milik ausi dan singa,setelahnya kita belajar mandiri dg mengandalkan PT.DI...(by:liem ban piet)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak SBY kan skrang lagi ke rusia nih om... buat nawar harga su 35 sekalian ama pes siluman rusia yg baru ...sekalian minta kriditan buat belanja pesawat....

      Hapus
  5. Akhirnya lengkap juga... setelah 10 thn. (h)

    BalasHapus
  6. mudah-mudahan mr muldoko gak cm melirik, tp dibelinya, kira2 kapan ya gan datangnya ??

    BalasHapus
  7. mudah mudahan SU 35 BM masuk bidikan mabes TNI dan menjadi alutsista TNI AU kedepan.. amin... By. E-Kafa..

    BalasHapus
  8. Owww... hati Indonesia yg sdg bangga dan berbunga-bunga...

    Saya teringat saat malon berencana membeli pak pa, jujur, hati saya ketir2 kuatir miris teriris-iris oleh keangkuhan malon, dan negara saya tercinta akan diangkuhi si malon.

    Alhamdulillaaah..... hari ini, Dia memberi kita, ano2 indo defense, kebahagian yg benar2 mem........ apa ya???? Tak bisa diungkap kata2.

    Kami bersyukur kpdMu, yaa Alloh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. malon mo akusisi pak pa??? gkgkgk......mimpi na kesiangan browww?? emang tu pesawat dah produksi masal?? hahaha....... 2020 aja mesin aslinya baru bisa di uji....... :))

      Hapus
  9. wakakakakaa....pengiriman terakhir dan tak pernah belanja lagi

    BalasHapus
  10. ifx gmna ya...?klw ga jelas mending di alihkan saja buat beli jenis lain..klw masih ada iyu jg dananya :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang aja bang .... proyek IFX jln terus ,IFX kan pesawat siluman jadi bikinnya juga ga kelihatan tau tau pesawatnya sd jadi...

      Hapus
  11. zzzzzzz.....su35......zzzzzzz.........s300......zzzzzzz......pantat eh pantsir.......zzzzzzzzzzz

    BalasHapus
  12. Tu foto di web berita dunia militer, sukhoinya koq single seat yah yg turun??? Apa tu bukan su 35 atau su 27 skm???

    BalasHapus
  13. nthu yg dateng SU-30mk2 om...
    Gue nglirik dari sebelah..
    Jadi tenang aja..

    Tunggu selanjutnya dulu apa yg sudah di lirik TNi gk boleh di expose dulu,
    takut tetangga sebelah demam ..

    BalasHapus
  14. su 35 bm klw jadi kebeli kmungkinan pada mef 3

    BalasHapus
  15. Ada yg tau gak, gosip2 tni au ngelirik typhon??? Tp kbr kmrn mesin kfx mw dipasang mesin typhon atau super hornet, secara mana mgkin inggris atau amerika ngasi mesin pespur yg notabene dapur pacu inti dr pespur tsb kalo tdk indonesia sdh pesan typhon dr inggris... agan2 ada yg tai hak infonya???

    BalasHapus
  16. Yah masa komentar pm david cameron rumor belaka. 24 typhoon itu sayangnya kemungkinan ialah tranche 2, single seater yang urung dipesan pemerintah inggris pada tahun 2005-2008. Pernyataan menhan bahwa ifx akan tetap berjalan dari proyeksi indonesia menunjukkan itu. Coba anda perhatikan desain ifx kita yang berbeda dengan kfx. Tidak heran korsel menunda proyek itu, bandingkan dengan penundaan t o t changbogo dan pesanan kilo/amur indonesia. Terlihat clue nya?

    BalasHapus
  17. Maksud-a apa kemenhan sdh sadar klo qt udh dibohongi korsel??? Yg jelas saya heran proyek dgn korsel utk pembuatan senjata berat super canggih selalu terhambat. Apa korsel takut dgn qt krn pengalaman lpd tot malah qt bs buat lbh bagus dan bersaing menang tender do philipina yah. Jd typhon apakah bnr2 sdh dtng atau kmrn sekedar isue pembelian belaka??? Krn klo pespur kan gak mgkin bs dirahasiakan, gak kyk kpl selam bs diumpetin dilaut indonesia yg luas... mhn pencerahan- a agan 2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu pernyataan diplomat korea yang menyatakan bahwa indonesia akan lebih besar dari negara korea. keberhasilan indonesia melakukan TOT dari FN Herstal untuk FNC, Aerospatiale untuk super Puma serta Casa untuk N 235 ialah contoh sahih bahwa pemerintah memiliki cetak biru dalam pengembangan teknologi strategis. Menurut saya kebutuhan pesawat MRCA itu belum dimiliki kita. Entah SU 35 BM atau euro fighter adalah kelas tersebut. Sukhoi sendiri merupakan penempur strategis. Dengan struktur dari pesawat latih propeler, latih jet, latih jet tempur, tempur taktis, tempur strategis..mari anda lihat Gross, Wong Bee, Hawk T 50, F-16, Typhoon/SU 35 BM, dan Sukhoi. Proyek IFX ialah klas 4,5 diatas klas Typhon dan generasi 5 pak fa. Menurut saya Cetak biru sudah menunjukkan siapa pun pemerintahan indonesia akan mengikuti ini. mungkin karena kita cenderung ingin merubah konfigurasi typhoon tranche 2 yang ditolak au inggris inilah, kita belum melihatnya datang saat ini.

      Hapus
  18. Anonim Merdeka 22.

    Emang total sukhoi kita 16 unit??? yakin??? Coba deh teman2 cek lagi tuh pemberitaan kedatangan sukhoi yang lalu-lalu ... ada terselip mesin jet sukhoi 8 unit, lalu 4 unit lagi disamping pesawatnya sendiri .. pertanyaannya apakah itu mesin cadangan atau mesin tambahan atau emang jumlahnya lebih dari 16 pesawat ??? nah lhoooo ... yang punya saudara di TNI AU coba sindir deh ... ini sama dengan jaman dulu waktu kita beli pesawat Hawk, ... jumlah pastinya tidak pernah diumumkan ...

    BalasHapus
  19. Saat uji coba kemampuan radar hanud milik rusia(saya lupa waktunya) jet2 tempur siluman milik us (F22raptor),typhoon(eropa),rafale(perancis),justru yang sulit terdeteksi alias kecil sekali tampilannya di radar lebih unggul jet tempur rafale. saya lebih cenderung suka dg rafale ketimbang typoon. Cuma sayang peminatnya sedikit drpda typoon. Sdg raptor ga dijual bebas dan dipake sdr oleh usaf. Kalo tni au beli typoon atau rafale jstru akan jadi maslah kedepannya masalah beragamnya suku cadang.

    BalasHapus
  20. bkan tidak mungkin kalo tni melirik su-35BM, dulu ada wacana untuk membeli sekitar 150 keluarga sukhoi secara bertahap untuk mendukung MEF smpai 2024 moga ini tercapai. maju indonesiaku getarkan kembali dunia

    BalasHapus
  21. Sebenarnya jg saya lbh setuju tni mengganti f5 dgn rafale bkn dgn typhon atau f16 32++ hibah+ ongkos upgrade itu. Tp berita tni ngelirik rafale pun kagak pernah ada jelas. Malah isue ngelirik typhon pulak. Proyek ifx jg kurang greget, bnyk yg psimis, kyknya qt idh dibohongi n kadalin korsel mentah2. Pertanyaannya apa f16 32++ qt bisa melawan super hornet australia, hornet malaysia, bahkan f15 n f16 singapura gak ya??? Agan2 ada yg tau gak peluang statistik f16 qt ntar kedepannya menghadapi jet tempur negara tetangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan ano 12.11, kembali pada saat kampanye pesawat penempur masa depan singapura, F 15S,Dasault Rafale, Euro fighter Typhoon, dan Lockheed martin F 16i pada kurun waktu pertengahan 2000 akan banyak pertimbangan pemerintah memilih pespur nasional. Ingat dasault rafale ialah pesawat yang gagal terjual di luar perancis. Mengapa? Sampai ditawarkan di negara arabia, brazil dan india. Kita pun pernah ditawari pula. Singapura toh memilih F 15s, bukan yang lain. Ada banyak hal yang patut jadi pertimbangan mengenai logistik, kesediaan suku cadang, pengembangan elektronika, pengubahan varian dan kombinasi selama masa penggunaan pesawat telah menjadi fokus dari hal pemilihan itu. Banyak negara memutuskan untuk tidak menggunakan rafale. super hornet?? varian terbaru EA 18 Growler ialah digunakan sebagai pesawat penempur elektronika dalam perang jaming dan masa pengembangannya menghitung hari. F 16C blok 32 atau D blok 52? Hanya mematangkan teknologi kita dengan turki, pengembangan sista radar..misil..jamming..material pesawat sampai pada periode 2020 atau masa interim saja. Euro fighter dengan lingkup bisnis EADS ialah konglomerasi industri militer di eropa. Termasuk di antaranya ialah aerospatiale, casa, yang telah bekerja sama dengan pemerintah indonesia sekian lama ini. Tidak heran kita memilih typhoon.

      Hapus
    2. Tp apakah emang iya typhon sdh deal??? Klo iya kpn kontraknya diteken n barangnya datang??? Napa qt ga coba joint buat pespur dgn cina??? Secara j10 katanya lbh superior dr f16... ada yg tau alasannya ga???

      Hapus
  22. Dari pertemuan menhan inggris sekitar 2010 dan pm inggris 2011, pengadaan itu konkret. Hal ini berasal dari pembatalan pesanan au inggris sebanyak 88 unit kursi tunggal/tranche 2. Indonesia diisukan memesan 24 unit. Dan diperkirakan memesan kursi ganda untuk pelatihan. J-10 sudah pernah ditawarkan ke kita pun jf 17 join pro cina-pakistan. Performanya? Menurut pengamat lebih baik dari varian f-16 dan f 18. Kelemahannya mesin al 31 f lisensi untuk mesin sukhoi juga, mengalami masa usia perbaikan lebih pendek: 2000 jam berbanding al 31 f asli: 18000 jam.

    BalasHapus
  23. Tp emang barangnya typhon blm dtng atau gmn klo udh deal??? Nachoda ragam kpn tibanya ke tanah air??? Oya, issuenya waktu pak beye ke inggris dijamu mama elli ada pembicaraan penawaran kapal selam atau keinginan pembelian kpl selam dr inggris, agan2 ada yg tau info lengkapnya ga???

    BalasHapus