Senin, Agustus 26, 2013
17
AMBALAT-(IDB) : Setelah melaksanakan kegiatan upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi peringatan HUT RI ke-68  bersama unsur-unsur operasi pengamanan perbatasan bersandi “Tameng Hiu 13 secara serentak di perairan Karang Unarang, KRI Malahayati-362 melanjutkan kegiatan operasi dengan menggelar latihan terpadu bersandi “LAKS OPS Tameng Hiu 13” di Perairan Karang Unarang. Latihan Anti Kapal Selam (LAKS) ini dipimpin pelaksanaannya oleh Komandan KRI Malahayati-362 Letkol Laut (P) Moch. Irchamni dengan melibatkan kapal selam KRI Cakra – 401 dan Pesawat Udara Cassa U-625 yang berada dalam satu gugus tugas dibawah komando Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim.

Dalam pelaksanaan latihan diskenariokan bahwa telah terdeteksi kontak kapal selam musuh berada di sekitar perairan Karang Unarang oleh pesawat patroli udara maritim TNI AL Cassa U-625 yang sedang melaksanakan patroli rutin. Informasi tersebut segera dilaporkan ke komando atas dan ke unsur teman terdekat KRI Malahayati-362 yang sedang melaksanakan patroli di perairan Karang Unarang. Komandan KRI Malahayati-362 berinisiatif dengan kecepatan penuh segera menuju ke posisi datum kapal selam yang diberikan oleh Cassa U-625 dan meningkatkan derajat kesiagaan dengan melaksanakan peran tempur bahaya kapal selam.

Seluruh prajurit mengawaki pos tempur masing-masing, Sonar aktif melaksanakan identifikasi terhadap datum kapal selam. Setelah berhasil mendeteksi keberadaan kapal selam, Komandan KRI Malahayati-362 memerintahkan Principle Warfare Officer (PWO) untuk mengunci musuh dalam jarak tembak dengan Torpedo dan Anti Submarine Rocket (Asroc). 

Melalui Under Water Telephone (UWT) KRI Malahayati-362 mencoba menjalin komunikasi untuk melaksanakan prosedur peringatan, sementara itu koordinasi terus dilaksanakan KRI Malahayati-362 dengan Cassa U-625 untuk memantau posisi kapal selam musuh. Sadar akan posisinya yang sudah diketahui, kapal selam negara tetangga pun muncul ke permukaan dan bersedia menjalin komunikasi menggunakan radio. Komandan KRI Malahayati-362 segera memerintahkan kapal selam negara tetangga untuk keluar dari perairan Karang Unarang yang merupakan wilayah kedaulatan NKRI. Dibawah “todongan” Torpedo dan Asroc KRI Malahayati-362 serta pengawasan dari Cassa U-625 kapal selam negara tetangga digiring meninggalkan wilayah perairan kedaulatan NKRI.

Komandan KRI Malahayati-362 Letkol Laut (P) Moch. Irchamni dalam pernyataannya mengatakan latihan sudah menjadi kebutuhan bagi prajurit TNI AL, daerah operasi di perbatasan bukan tempat untuk bermain-main ancaman bisa datang darimanapun dan kapanpun. “Lebih baik banjir keringat di medan latih, dari pada harus mandi darah di medan tempur,” tegas Komandan dengan dua melati dipundak ini.






Sumber : Koarmatim

17 komentar:

  1. Lontong kilo mana yaaaa??? Nongoliiin dooonk....... Huhu

    BalasHapus
  2. Klo lontong malon kan gak perlu dideteksi pake sonar karena gak bisa menyelam wkwk lgsg torpedoin aja pantat scorpane nyaa ....

    BalasHapus
  3. Bukannya mau ngebelain kasel si malon,tetapi tidak semudah itu menenggelamkan kasel kelas scorpene yg sdh dilengkapi AIP plus rudal exocet mm39. So jangan pernah anggap enteng lawan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 18.18..

      Brooo.. Taukah agan kemaren wktu scorpene malon yg br datang gk bise nyelem..
      Bukti mengatakan bahwa scorpene malon di lock oleh ks dr antah brantah... Emang sengaja di kerjain.. Fregaat malon dulu juga pernah di buntutin dari bawah oleh ks kita,,padahal merka sudah memiliki radar canggih. Tapi tak bisa mendeteksi ks kita... ...setibanya di malon fregatnya, tiba" ks kita kluar. Merka cm heran .dan komandan /panglima kita cuma bilang jangan di ulangi.. Itu trjadi ketika latgab di malaon.. .. ..
      Kalo mau cukup di sundul aja fregat malon udah tenggelam. Pura" masuk media dengan kata menabrak karang

      emang ks kita perlu di acungi jempolll


      #salam 1jiwa NKri#

      Hapus
    2. Iya bro.... Maksud nya Ks Scorpen ga bisa nyelam gara" pelaut malon kagak melek teknologi hehehe .... Buat apa canggih klo mental anak mami..... Kami bangga akan TNI... Slalu semangat dan NKRI harga mati...

      Hapus
    3. Kilo pengen liat kilo kita nih dimana gak muncul2??/

      Hapus
    4. mas ano 20.21 dan 23.22

      otak para TLdm dangkaL sedangkaL bak mandi mas bro...
      Mereka cuma tau brang bgus tapi gimana cara bikin nd ngrawatnya serta cara maen nya mereka gak tau... ... ...

      Beda sam kita orang indo... Kita emang juga bodoh.. Tapi gk amat bodoh seperti tetangga jiran kita...


      Ks lontongnya msih di bngkus mas bro heheheh
      cb sms pak Pur n pak beYe gmn lontong se Kilo,seMur,ato seLada kita, ato si bongsor astute,,thypon kit hahhaha

      salam 1jiwa nKrI

      Hapus
  4. Sangat disayangkan skenario latihan seperti itu di karang unarang.Hal ini memberi pesan yang salah kepada Jiran.Harus di ingat setiap latihan militer pasti diamati oleh negara tetangga dimanapun di dunia ini latihan dilaksanakan.Setiap AS latihan pasti di amati oleh Rusia dari jarak yang sedekat mungkin.Begitu juga kita pasti dipantau jiran.Lha kalau kapal selam tetangga masuk ke perairan kita cuma di usir,pasti mereka tidak takut masuk ke perairan kita sekalian ngetes kemampuan sonar kapal kapal kita .Harusnya skenario latihan kapal selam asing masuk perairan kita langsung di hancurkan.Pesan yang kita kirim ke jiran jadi apabila kapal selam jiran masuk akan dihancurkan.Sehingga jiran tak berani ngirim kapal selam ke ambalat.Jangan lupa Kapal Selam masuk dalam senjata yang bernilai strategis.Kecelakaan kapal selam baik kena terpedo atau tidak dalam perang atau tidak.sering ditutupi oleh sebuah negara.Karena kapal selam digunakan untuk menyusup maka dalam damai maupun perang kegiatannya selalu dibuat sesenyap mungkin untuk menyusup sedekat mungkin ke garis pertahanan lawan dan dalam perang atau bukan Kapal selam yang sengaja masuk ke wilayah lain tanpa permisi wajib dihancurkan tanpa peringatan terlebih dahulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 19.27

      gini lho mazz. .
      Kalo ada lontong ks dr malon menyusup nd terdeteksi oleh ks kita trus ks mreka di hantam oleh torpedo kita dan karam . Mereka mau bilang apa sama media kl ks mrka brkurang 1..

      Apa mau bilang sama media
      ks kami negeri jiran sudah di torpedo oleh NkrI gra" kami ktahuan mnyusup...
      Pastilah banyak negara yang tertawa. Hahhahahahahhahahahahahahah

      kalo latihan hanya untuk mengasah saja mas bro..
      Tapi kalo gak latihan gak mngkin begitu ceritanya. Pastii yang kluar adalah Pkr nd lontong" kita pasti nguber" merka..

      Bertahan sampai akhir.
      Itulah simbol para awak ks kita bro


      #salam 1jiwa NkrI#

      Hapus
    2. Jangan kasih ampun torpedo aja klo ada penyusup.... Bangsa kita terlalu sering mengalah... Sya WNI dri kalimantan siap membela harga diri NKRI...... Tembak dlu konfirmasi belakangan...

      Hapus
    3. kalo ks mereka karam krn di torpedo ks kita gara2 ketauan menyusup ya pasti fakta langsung diputer2 lah, pasti mrk bilang ks kita yg menysup dn mentorpedo ks mereka di perairan mereka, walhasil perang terbuka pasti terjadi
      mereka gk bego kali ngomong2 k media kalo ditorpedo gara2 menysup, jadi pastilah upaya pengusiran tetap dilakukan, biar kita punya bukti, ini lho kontak jam segini, dititik ini, jadi jgn sok tau dah anda2 itu emang udah protap setiap al didunia

      Hapus
    4. iya bener tuh, ya kalee langsung didoorr

      Hapus
    5. emang kalo ks mereka karam mereka mau bilang apa mas bro buktinya apa scra kasat mata ..
      Gak ada tho mas broo..
      Merka justru malu.. Udah maling ketahuan digebukin masih ngeyel lagi...

      Mereka kalo membuka perang kita juga sudah siap... Kalo ks mreka sdh d torpedo nd karam kan mereka pasti modhar shekk.. Bktin konkrit aja ks india yg tenggelam gk ada 1pun yg hidup mereka.
      Kejadian juga bisa hampir serupa dengan freegat korsel yg d torpedo korutt. Mereka modar semua...

      Kalaupun mereka mengontak agen" mereka mau blg apa siapa yg salah. Siapa tau ks dr negeri lain. . Sdgkan ks antra inggris nd spanyol yg sma" canggih saja bisa bertabrakan broo..

      Saya emang awam dalam pengetahuan alutsista gant.. Tp stidaknya saya bisa belajar dari kekurangan say.a
      bila ada kurang baiknya silahkan di tmabahi bukan cuma mencela tapi harus bisa jelaskan..


      Salam 1jiwa NkrI

      Hapus
  5. kapal selam itu senjata rahasia, jadi klo ada KS malon yg menyusup dijadikan rahasia bawah laut saja :d

    Lagaian klo KSnya tenggelam malon juga gak bakal nuntut Alias malu :-)

    BalasHapus
  6. Di dunia ini kalau kapal selam menyusup ke perairan negara lain pasti diburu ,bom lau pasti dilepas kalau terdeteksi .Beda dengan kapal parmukaan atau pesawat yang masuk ke wilayah negara lain akan di bayangi di ingatkan dan diusir keluar kalo tak patuh baru di paksa mendarat atau ditahan.Kapal selam menyusup diam diam melepaskan tembakan kemudian melarikan diri secepat mungkin sebelum terdeteksi dan diserang.Di sanalah nilai strategis kapal selam.Ingat kasus kapal Korea Selatan yang ditembak yang hingga kini belum diketahui siapa yang menembak.Puluhan prajurit terbaik gugur dan kapal mereka hancur..Di curigai ditembak kapal selam mini korut tapi tak ada bukti yang pasti karena doktrin perang pakai kapal selam memang begitu.Datangi diam diam hancurkan dan melarikan diri secepat mungkin.Sewaktu perang dingin negara negara Nato di eropa sering memburu kapal selam dengan menjatuhkan bom laut walau pihak pakta warsawa selalu nenyangkal.Tidak pernah diketahui hasil perburuan itu ,entah kapal selamnya rusak atau tenggelam .Yang dikhawatirkan kasus seperti korea selatan itu terjadi di kapal kita tanpa tahu siapa yang menembak.Usul semoga secepatnya diadakan latihan lagi dengan skenario yang berbeda yaitu kapal selam intruder dicari dan di tenggelamkan.

    BalasHapus
  7. kilo manaaaaaa mesen lontong sakilo....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang brow, bntr lg jg datang, paket snjatanya super2 waahh2. . ., wuuaahg..lg

      Hapus