Senin, Agustus 19, 2013
74
Kapal selam Kilo Rusia
Kapal selam Kilo made in Rusia


ANALISIS-(IDB) : Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, pemerintah Indonesia mendapatkan tawaran untuk  membeli sekitar 10 unit kapal selam dari Rusia. Jumlah ini di luar rencana pembelian tiga unit kapal selam dari Korea Selatan yang akan datang pada 2014.

“Kapal selam dari Rusia sudah ada. Mereka membuka kesempatan karena kedekatan dengan kita,” kata Purnomo saat ditemui di Istana Merdeka, Sabtu, 17 Agustus 2013.

Dalam kalimat langsung  yang dikutip tempo.co itu, Menteri Pertahanan menyatakan: “Kapal selam dari Rusia sudah ada”. Menteri Pertahanan menyampaikannya dengan kalimat multi tafsir. “Sudah ada” dalam artian telah ditawarkan atau “sudah ada” dengan arti Indonesia telah memiliki kapal selam Rusia.


Dia menyampaikan sebuah clue, namun tidak menjelaskannya lebih lanjut.

Informasi tentang tawaran 10 kapal selam Rusia, juga ditulis beritasatu.com. Menteri Pertahanan kembali menyampaikan kalimat yang multi tafsir:

“Memang ada tawaran lagi 10 kapal selama dari Rusia,” kata Menteri Pertahanan (menhan) Purnomo Yusgiantoro, Purnomo di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8).

Logika kalimat Menteri Pertahanan tentang “tawaran lagi”, adalah, Indonesia sudah pernah ditawarkan dan membelinya atau setidaknya Indonesia punya track record yang bagus dengan produsen kapal selam Rusia. Kalau tidak memiliki rekam jejak yang bagus, tidak mungkin ditawarkan langsung 10 kapal selam (refurbish).


Kalau belum pernah membeli, seharusnya bunyi tawarannya begini: :Ini coba 2 kapal selam refurbish Rusia, kalau suka bisa tambah lagi”. Orang yang ditawarkan pun tidak akan terkejut.


Mengapa Rusia menawarkan langsung 10 kapal selam refurbish?. Karena tawaran mengambil 2 kapal selam dengan opsi bisa menambahnya hingga 10, telah dilakukan tahun 2007: In September 2007, it was announced that Indonesia had placed an order for two Kilo Type 636 submarines, plus options to purchase up to eight more.


Dalam berbagai catatan, Indonesia pernah menandatangani kontrak pembelian kapal selam dari Rusia, yang langsung disaksikan Presiden SBY dan Vladimir Putin.  Namun kelanjutan dari kontrak tersebut, tidak pernah dibuka secara terang  ke publik, apakah dieksekusi atau batal. Dengan adanya tawaran dari Rusia untuk pembelian 10 kapal selam refurbish, kontrak terdahulu semakin jelas seperti apa ENDING-nya.


Hal lain yang bisa ditangkap dengan tawaran 10 kapal selam dari Rusia, tersirat Indonesia sudah familiar/tidak merasa asing, dengan jenis kapal selam tersebut.


Padanannya kita rujuk kasus  pembelian 30 pesawat  refurbish F-16 eks AS.  Indonesia tadinya hendak membeli 8 pesawat baru F-16 Block 52, namun AS menawarkan 30 F-16 block 32 rekondisi dan Indonesia mengambilnya, untuk mengisi kekosongan fighter, dengan harapan KFX/IFX bisa terwujud sesuai waktu yang ditentukan.


Mengapa AS langsung menawarkan 30 pesawat tempur F-16 refurbish ?. Karena Indonesia adalah pengguna lama dari F-16, sehingga tidak ada perdebatan tentang kualitas pesawat, apakah pesawat itu bagus atau tidak.


Nah sekarang Rusia langsung menawarkann 10 kapal selam. Logikanya, Indonesia merupakan user / sudah terbiasa dengan  kapal selam yang ditawarkan.


Kasus pengguna baru, seperti Malaysia ditawarkan 2 Scorpene oleh Perancis. Singapura yang selama ini pengguna kapal selam Swedia, juga mencoba membeli 4 scorpene dari Perancis. Sementara Vietnam yang memiliki ikatan militer kuat dengan Rusia, membeli 6 kapal selam Kilo. Nah, untuk kasus Indonesia, Rusia langsung menawarkan 10 kapal selam refurbish. Tawaran ini bisa diartikan, Indonesia dianggap tidak asing dengan kapal selam tersebut. Apalagi operator kapal selam berjumlah puluhan, berbeda dengan pesawat tempur yang hanya dioperasikan oleh 1 atau 2 pilot.


Sejumlah dokumen tentang pelatihan TNI AL untuk menyambut kapal selam Kilo dari Rusia, sempat beredar. Dokumen itu dibuat tahun 2007. Jika dikaitkan dengan dokumen pelatihan awak kapal selam Kilo Indonesia, tawaran penjualan 10 kapal selam oleh Rusia menjadi klop dan nyambung. Artinya proyek pengadaan kapal selam Rusia dan pelatihannya yang ditandatangani tahun 2006-2007, tidak pernah berhenti.


Indonesia tampaknya memiliki program berkesinambungan dengan kapal selam Rusia.


Pengadaan 10 kapal selam refurbish dari Rusia (kalau jadi dibeli), akan memiliki positioning yang sama dengan 30 F-16 refurbish AS. 10 kapal selam itu, untuk menngisi kekosongan/ stopgap, hingga Indonesia bisa membuat kapal selam Changbogo Korea Selatan, atau dengan kata lain, hingga Indonesia membuktikan ketangguhan Kapal Selam Changbogo, saat mengoperasikannya nanti.


Berbicara tentang pembangunan kapal selam Changbogo, Indonesia mestinya optimis bisa membangun sendiri kapal selam tersebut. Militer Korea Selatan telah mengoperasikan 12 kapal selam Changbogo, sehingga tidak perlu dikhawatirkan, apakah kapal selam ini akan berwujud atau tidak. Dan Indonesia memesan 3 kapal selam Changbogo yang baru ke Korea Selatan.


Kembali tentang kapal selam dari Rusia. Saya jadi teringat dengan tulisan wartawan Radar Timika tentang kunjungan kapal selam 402 ke Sorong. Di situ sang wartawan berbicara cukup detil tentang spesifikasi dan kemampuan kapal selam tersebut, seperti: jumlah kru, kedalaman menyelam, serta lama perjalanan. Wakil Komandan Kapal Selam juga tidak ketinggalan menyebutkan jumlah kapal selam Indonesia.


Sang Wartawan pun memberi detil bahwa dia melihat langsung kapal selam tersebut dengan tulisan: Kapal selam sendiri sandar di pelabuhan Sorong, tepatnya di pelabuhan sebelah kanan disamping kapal pengangkut container.


Namun dari penjelasan itu semua, ada hal ganjil. Tulisan itu tidak menyebut jenis kapal selam yang dia lihat dan juga wawancarai Wakil Komandan Kapal-nya.


Jka anda menjadi wartawan dan bertanya tanya tentang sebuah mobil/motor di satu showroom, apakah l/motor tersebut, sementara anda telah melakukan pembicaraan cukup detil ?.


Yang paling mungkin terjadi, sang wartawan diminta tidak menyebutkan jenis kapal selam tersebut, kecuali nomer lambungnya 402. Kenapa ?.


Wakil Komandan Kapal menyebutkan awak kapal selam tersebut berjumlah 66 orang. Jumlah awak tersebut bukanlah muatan dari KRI Nanggala 402 type U-209 buatan Jerman Barat. KRI Nanggala 402 type 209, hanya mampu mengangkut 30-an awak kapal.


Agar tidak berbohong, sang wartawan hanya menuliskan nomer lambung kapal selam, menyebut jumlah muatan kapal, namun tidak menyebutkan jenis kapal selam tersebut. Mengapa jenis kapal selam tidak disebutkan, karena memang ada yang harus dirahasiakan.


Kapal selam sendiri sandar di pelabuhan Sorong, tepatnya di pelabuhan sebelah kanan disamping kapal pengangkut container…..

Kita jadi teringat dengan kalender TNI AL yang memasang disain photo kapal selam Kilo yang diberi nomer lambung 412. 






Sumber : JKGR

74 komentar:

  1. uaneh orang-orang ini, kapal selam indonesia itu ada 2 yaitu cakra dan nenggala, belum ada kapal selam lainnya, dulu pernah rencana mengambil 4 kapal selam dari jerman, bendera sudah dipasang namun tidak jadi karena krismon yang melanda Indonesia, sekarang baru ada dana segar makanya baru akan mengembangkan skuadron kapal selam lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk kapal selam, memang sudah seharusnya dan wajib untuk di rahasiakan jumlah kepemilikannya berapa banyak.

      Hapus
    2. Yang lebih susah itu cari 1001 alasan supaya pembaca "optimis" Indonesia punya Kilo Class.
      dan JKGR berhasil, alasanya juga ciamik. walaupun semuanya subjektif dan kira2.
      kalo gak begini, blog militer gak "hot" lagi!
      jadinya kudet.

      Hapus
    3. justru kita percaya dengan komentar asing, mereka memastikan ks indo lebih dari 2 ekor (cak & nang), kenapa bisa begitu? sebab asing yang lebih tau tentang jumlah ks kita karena mereka melihat melalui satelite pengindraan jarak jauh.

      mereka malah bisa menghitung berapa ks indonesia, ketimbang pengamat militer indo sendiri.

      ah...sudahlah.

      Hapus
    4. Kapal selam merupakan salah satu senjata terhebat di abad ke-21 ini. Semua alat penginderaan jarak jauh yang dimilki Amerika hanya mampu mendeteksi semua benda yang ada di permukaan saja. Itu sebabnya Uni Soviet begitu giat mengembangkan armada KS mereka karena alasan ini.

      Apa yang dilakukan oleh militer kita adalah wajar, menyembunyikan armada kapal selam agar negara lain tidak bisa membaca kekuatan kita. Kalau militer membuka semuanya, sama saja dengan membuka kelemahan sendiri.=))

      Hapus
  2. ya mudah2n ada kejutan dari semua ini.. pokoknya negara kita jgn sampe lg mengalami pelecehan dari negara tetangga kita yg selalu arogan dan picik.. geser patok kita sikat abis!!

    BalasHapus
  3. Ano 07.44 yg uaneeh itu sampeyan!! Kalimat terang benderang dari menhan, dubes rusia, awak ks di sorong ! Kok masih juga tak faham!!! Itu yg ngomong para pembuat kebijakan dan para pengguna alutsista bukan ibu2 arisan!! Faham???

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini lho le..
      yg ano 07:44 maksudkan, selama pemerintah menyatakan kita hanya punya 2 KS yg terima saja, kalo sampean mau berangan2 RI punya sekian KS yo silahkan.. kalopun sampean sampe ngotot tanya ke KASAL, pastinya akan dijawab sama dengan ano 07:44
      makanya ga usah sewot...bela-belain pernyataan yg masih abu-abu ga jelas.
      mudeng ga le?

      Hapus
    2. enggeh mbah dokon. bruakakakaka...

      Hapus
    3. Mbaahh...! Nomere piro..?

      Hapus
  4. Kalau kita punya kapal selam cuma 2 kenapa??? kalau punya lebih dari 2 juga kenapa?? Ini orang Indonesia diam-diam HAUS perang rupanya yaa? ribut soal alutsista emang kenapaaa???

    Kalau tidak mau dilecehkan oleh negara dan bangsa lain itu bukan hanya punya militer yang kuat,... tapi negara bersih tidak ada korupsi, bangsanya damai tidak ada tirani mayoritas, tidak ada SARA dalam pembangunan, tidak ada mental buang sampah di sungai di pinggir jalan ... nah pasti kita disegani bangsa lain !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak ribut alutsista namanya bukan blog militer pak bos.
      komen pak bos salah tempat nih. cocoknya di blog LSM.

      Dalam militer, kalo mau damai harus siap perang pak bos !

      Hapus
    2. gemanee neh kalo nabok dulu baru ngomong.. pasti mantaap bro ! he..3x

      Hapus
    3. setuju masbro..

      Namanya juga lutsista strategis, gaperlu di gembar-gemborkan. Kalo pemerintah / TNI bilang hanya punya 2, yo wis kita bilang punya 2. Ga usah ngotot kita punya 4 ato berapapun.
      Berapapun KS yg RI punya, ga masalah, dan ga usah ngotot punya berapa berdasar hanya analisa.

      Hapus
    4. justru indonesia punya rencana buang sampah & jamban di KL bos..., hehehe...

      Hapus
    5. Ano 9.13 emang nte orang mana??? logat indonesia banget tapi ngejelekin Indonesia sendiri....kayanya orang KONTRAS ni orang

      Hapus
  5. analisisnya tepat sebenernya mungkin bisa dilihat dari penomoran lambung kapal selam .... kalau di kalender ada yang nomor lambungnya 412..... berarti kita kemungkinan punya 12 unit..... ya namanya juga intel jen bro .... mana mungkin mau di ungkap ke publik..... semoga benar analisinya.... kita hanya bisa mengira2 karena itu bersifat rahasia.

    BalasHapus
  6. Tirani mayoritas?? Hehehe itulah demokrasi ala barat!! Sara?? Itu sifat dasar orang barat!! Ketika ahok nanya ke anggota senat USA gimana kalo obama itu muslim apakah tetap akan di pilih jd presiden??? Senat menjawab "tidak"!! Oh begitu?? Kata ahok "saya china kristen di antara 93% muslim babel tetapi saya di pilih oleh 60% masyarakat babel jadi bupati"!!!

    BalasHapus
  7. kalo meang 10 jadi diakuisisi, berarti benar kalender TNI AL ada gambar kilo dengan no lambung 412, 2 cakra class + 10 kilo class di 2014.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi bro, tapi ditambah 3 changbogo..

      Hapus
  8. Heh kalo kami percaya ks kita ada 10 dengan alasan ini itu, sama hal nya dengan anda yg gak percaya monggo2 aja!!! Ini analisa kami silakan kalo anda punya analisa lain!! Namanya analisa!! Berdasar semua to?

    BalasHapus
  9. aku kira indonesia tak perlu tambah kapal selam lagi, cukup 2 saja, seperti konsep KB, dua anakcukup.
    Tapi kalo istri boleh sampai 4, sehingga masing-masing istri cukup 2 anak. hehehe... (gelap).

    Begitu juga dengan Kapal Selam Indonesia cukup 2 nama, "Cakra & Nanggala" tapi untuk jenis atao type nya boleh berjumlah 10 atao 20 atao 30 dst. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANE SETUJU MA ANO SATU NE....

      KS KITA CUKUP 2 AJA "NAMANYA" ADAPUN JUMLAH BOLEH BANYAK...
      TU KAK CAKRA DAN KAK NANGGALA, PUNYA ADEK BANYAK KALE YA....

      Hapus
  10. Ssst..negeri tetangga pd merinding gemeteran tuh. Paling paling nanti pak menhan buat statment klo ks itu gk jd diambil karna kemahalan, padahal tuh ks...tetep bungkuss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut penerawangan mbah dokon, memang kejadiannya persis seperti itu.
      mosok boyo dikadalin. huehehehe..

      Hapus
    2. HUAH HAHAHAHA....

      Hapus
  11. hayo kira2 kilo yang mana yang ditawarin ?

    _http://www.naval-technology.com/projects/kilo877/

    _http://www.defenseindustrydaily.com/submarines-for-indonesia-07004/

    BalasHapus
  12. Nanggala 1 - 6, Cakra 1 - 6.......mantap biar mumeeet tuh para jiran dan ano yang pesimis...hehehe

    BalasHapus
  13. =))setuju gannn....

    BalasHapus
  14. Waduh!... mana nech yg asli?????...
    Bisa jadi 6!...
    Kabuuuuur....

    BalasHapus
  15. GAAAAAK PERCAYA BLASSSSS,...YG RAHASIA CUMA TEMPAT PERSEMBUNYIAN DAN MISINYA....KALAU JUMLAH SELURUH DUNIA PUN TAU....CUMA GEMBEL KERE AJA YG KERJANYA NGIMPI SIANG MALAM......NOH UTANG BBM TNI AL UDAH LUNAS BELUM?????KOK NGIMPI INI ITU

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak percaya ya udah jgn sewot

      Hapus
    2. ngopo thoo leee??Wis tha meneng wae nek ra percoyo ngono ae kok repot...

      Hapus
  16. Kita tidak usah menjawabnya, karena telah dijawab oleh Wakil Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Abdul Rahim Bakri: “Baru-baru ini, Vietnam juga bercadang membeli enam buah kapal selam dan Indonesia telah memiliki dua buah kapal selam yang dibekalkan Rusia”. Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) memerlukan sekurang-kurangnya enam buah kapal selam bagi membentuk angkatan yang berupaya mengawal sempadan maritim negara secara berkesan.
    Sudah jelas kan ?
    Bahkan duta besar russia yg sekarng dan pendahulunya pernah bilang, kalau indonesia udh punya ks kilo.
    Masak para duta besar dan wamenhan malaysia berbohong ?
    Apa motif mereka ?
    Kecuali, memang indonesia sudah punya ks kilo yg udh ada di bawah laut NKRI dan menjaga kita dari persembunyiannya.
    NKRI harga mati !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga menhan malaysia masih nerawang2 bro, blm tentu cuma 2, siapa tau udah 7 ? :x

      Hapus
  17. Yang jelaz kalo ada perang, bbm c'man cukup buat 1 hari doang, soalnya bbm ƍäª cukup. Itu kalo ƍäª salah omongan dirut pertamina ibu karen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo gk ada BBM, kita SMS aja.

      Hapus
  18. Bener2 dibikin bingung deh prediksinya,kayak kejadian lampau spt kapal cepat kelas komar dg rudal ssn2 styx. Rahasia....

    BalasHapus
  19. Beli beli dan beli, kapan bs buat sendiri kapal selamnya?:-/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar gan, kan lagi ToT dengan korsel. Changgobo class. Galangan lg dibuat untuk perakitan. Dengan adany kilo class diharapkan nanti kita,mampu memodifikasi KS sesuai kebutuhan...

      Hapus
  20. Saya jd inget saat bung karno mengumandangkan trikora untk merebut irian, belanda dgn PDnya dpt mengalahkan Indonesia tp USA dgn pesawat mata2nya ( U-2 ) meyakinkan Belanda bhw Indonesia memiliki alutsista yg mematikan dr USSR tanpa sepengetahuan dunia, sehingga Belanda urungkan niatnya untk berperang dgn Indonesia. Begitu jg saat suharto membeli alutsista dr barat, yg ternyata sebagian dr israel ( A-4 skyhawk dan lain2 ) pdhl israel tdk ada hubungan dagang apalagi dipomatik dgn Indonesia. Tp saat itu militer mengatakan bhw itu dr USA, br saat reformasi smua terbuka. Maka saat ini mngkin militer menutup-nutupi, sehingga kita hanya bs menebak2 saja, biar anak cucu kita yg akan tau cerita yg sebenarnya.. ( karena itu merupakan rahasia negara ) Makanya saya berpikir bnyak ano2 yg mengatakan ks indonesia hanya 2 tdk lebih atau mengatakan ks kilo indonesia hanya hoax semata atau mengatakan ks indonesia hanya 2 dan akan tambah 3 tp msh lama.. Itu merupakan pengalihan saja.. Agar kita tak mengira lebih jauh. Seperti ano 07.44 yg mengatakan ks Indonesia hanya 2, saya jd curiga. Kok ngotot mengatakan bahwa ks indonesia hanya 2.. Jgn2 anda dr...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Gan, Zaman dulu yg ekonominya Lemah aja, bisa Borong Alutsisa Rusia. 12 KS, Bomber, Pesawat Mig, Kapal Induk Irian dsb..

      Hapus
  21. Nomor dikalendar 412 berarti kapal selam kelas " ? " Kapal no 2, cakra dan nanggala 401 dan 402, artinya armada kapal selam "4", kapal jenis "0" dan kapal kesatu dan dua......dengan kata lain ada yg no 411, jadi kemungkinan sudah ada dua kelas kilo dengan nomor 411 dan 412

    BalasHapus
  22. iya achmad ridwan arief ane juga heran semua negara berlomba membuat alusista yg pake Bahan bakar minyak padahal sudah pada tau minyak di muka bumi ini akan habis untuk beberapa puluh tahun yg akan datang dan pasti akan lebih cepat dari prediksi soalnya jumlah kendaraan bukan tambah sedikit malah tambah buanyak, kapal selam changbogo, KFX/IFX masih tahap prototive dan tentu pake bahan bakar minyak juga sedangkan prediksi akan terealisasi digunakan di 2022 sedangkan kala itu nanti BBM cadangan seberapa banyak pasti lebih berkurang lagi.....
    Maksud ane negara industri seperti Amerika dan Rusia z ko tidak mendesain pesawat tempur atau alusista masa depan yang memakai bahan bakar energi alternatif ya?????

    BalasHapus
  23. Tapi prediksi ane di masa depan perang menjurus ke arah Perang Robot sebagai energi alternatifnya, dan listrik menjadi sumber energi utama terutama listrik yg dihasilkan dari reaktor nuklir.............Untuk alusista masa depan sebaiknya alusista difokuskan ke arah pembuatan robot hehe mungkin Terminator jadi kenyataan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata mbah einstein perang dunia keempat pake batu dan kayu bro :s

      Hapus
  24. Sudahlah ga usah ribut2.sdh jelas dari data data sudah kliatan terang benderang bhw indo pnya kpl selam.biarlah rahasia negara.nnti jg klw pas mau perang atw keadaan mendesak tuh monster kluar dari sarangnya....

    BalasHapus
  25. Tahukah jenis ks apa yg ditawarin ruskie 10 biji itu,ada yg tau?

    BalasHapus
  26. wah...rame seneng baca komen - komennya....!!!!

    BalasHapus
  27. Knapa RI harus repot TOT ya? kelamaan gan...harusnya tiru China dengan cara beli di spy market dan maksimalkan kemampuan para ahli IT kita beres..cepat dan murah..

    BalasHapus
  28. Prinsip China gak ada manusia yang gk suka duit..mo bule kek mo item kek...owe beli lu punya lahasia tehnologi..lu pelu duit belapa hahhh??? Dan jreng!! Jadilah mereka sprti skarang...

    BalasHapus
  29. Mungkin gk ada staf lockheed martin yg mau dikasih duit misalkan 500M ato 1T utk rahasia tekhnologi?
    Mungkin gk ada staf BAE yg mau dikasih duit 500M ato 1T utk rahasia tekhnologi? jawabnya adalah SANGAT MUNGKIN. So knp gk kita lakukan???

    BalasHapus
  30. wkwkwkwk....semakin aneh aja orang2 ini..., perdana menteri Malaysia, orang asing dipercaya...pemerintah sendiri ndak dipercaya... Indonesia punya 10 kapal selam??? Dari HONGKONG... sebagai pembanding... harga 1 kapal selam ~ 3-4 kapal frigate, 1 frigate ~ 8 - 10 pesawat tempur.... 1 kapal selam ~ 24-30 pespur.... jaman orde reformasi kebablasan (krismon) kita mampunya beli 4 sukro bekas pake Ruski tampa rudal, nanti masa akhir SBY baru beli sukro baru satu skuadron, nanti 2014 baru lengkap dengan rudal...Kalo pemerintah mau beli changbogo dan akan mempertimbangkan tawaran 10 KS Ruski... ane baru percaya dengan kekuatan ekonomi sekarang ini.... Jangan sebarkan isu-isu meresahkan....percaya pemerintah...jangan mudah percaya dan dipecah antek asing

    BalasHapus
    Balasan
    1. To Ano 07.28
      Hare Gene masih percaya Pemerintah???
      wkwkwkwkwk gak salah tu gan, secara isinya rayap pemakan duit rakyat, konconya tikus-tikus senayan????
      Pake otak lah gan...

      Hapus
  31. Maaf gan bukannya menyebar isu2 yg meresahkan atau sesat, ini hanya sekedar beropini. Dan ini menandakan bahwa masyarakat indonesia sudah melek informasi.. Dan jangn menuduh ano2 yg lain dngn yg tdk2 seperti antek asing.. Dan semakin kita saling berbagi informasi maka semakin pintar bangsa INDONESIA.. TERUS JAYA DAN MAJULAH BANGSA KU INDONESIA

    BalasHapus
  32. kapal selam yg ditawarkan bukanlah kelas bombastis....kelasnya sama aja sama si mbah cakra nanggala.....rusia itu tawarkan killo 877 yg udah kuno.....sama cakra nanggala sekarang aja masih jauuuuh canggih cakra nanggala.....

    BalasHapus
  33. Ah bisa-bisanya bikin analisis saja,sampai saat ini kapal selam kita ya 2 biji itu,gak ada tuh KS kilo..,nah kalau KS kiloan alias Rongsokan ada tuh Di Surabaya wkwkwkwk...

    BalasHapus
  34. Babilah kalian semua ngomong seperti orang gila (pandawalima) kok gak terima neh fb pandawa lima https://www.facebook.com/profile.php?id=100002461449881&sk=photos&collection_token=100002461449881%3A2305272732%3A6

    BalasHapus
  35. Bangun ndon bangun...keje ndon keje, apa indon-indon sdh tak ingat ke ngan klewang ndon sebaiknya indon sekalian pesan teksi buat tni ndon yg berada di lubnan, ingat don perkara ganyang malaysia and perkara timor leste dimana semua ndon bertekuk lutut, mana yg selalu katakan kopasus nomor 3 sedangkan upacara jer pasus ndon pengsan nanti di dalam submarines rusia tni semua pengsan Нà нà.ingat don tki mu ditangan kami, sipadan n ligitan dikaki kami salam buat ndon lop u puih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. anonim 10.47
      jga omonganmu.........

      Hapus
    2. satu lagi beruk malon yang kebakaran jenggot....klo ga ada yang bisa dibanggain dari negara lu, ga usah belaga gila di sini....lon..malon... kasiann..kasiannn...bruakakakakak

      Hapus
    3. Malon satuni nyasar kesini..hushushus pergi la lon uruslah tenterako yang pingasang pas upacara tu...

      Hapus
    4. Ada Beruk yg lepas dari kandang

      Hapus
    5. peliharaan siapa & antek mana lo bro...??

      Hapus
  36. Tiduk bae kau lon dalam tempurung tu!!! Ngape nak ngurus negara kami!!! Negara mu tu heibat, kaya, cerdas se tempurung klapa!!!

    BalasHapus
  37. prestasi malon :
    -Kursi lontar sukhoi eject kat hanggar
    -kapal selam scorpene tak boleh selam
    -engine pesawat pejuang pon dicuri
    -gimana lon senjata vita berapi kau thu??
    -failed bombardment...
    Jadi tak usahlah kau menghina kami lon...

    BalasHapus
  38. huss jangan pada ribut.yakin saja pemerintahan indonesia ga mungkin gak berbuat apa2 disaat kawasan asia memanas&datang pasukan pembuat onar dari barat...
    urusan KS silent aja.
    tidak ada satupun keterbukaan tentang alutsista penting di dunia ini bro.

    BalasHapus
  39. Thanks ,,,, !!!
    Malon dengan ikhlas telah memperlihatkan kebodohannya :

    Banyak Melayu Malaysia sekarang ini yang tak
    tau siapa leluhurnya, Melayu Malaysia hari ini
    hanya tau bahwa dengan sendirinya bangsa
    Melayu sudah ada di Malaysia, padahal tidak.
    Bangsa Cina sangat paham dan menyadari bahwa
    leluhur mereka berasal dari Cina, bukan berasal
    dari England atau Afrika.
    Sampai detik inipun
    bangsa Cina Malaysia sama dengan Cina di
    Negara asalnya, Bangsa india pun begitu. mereka menyadari bahwa leluhur
    Mereka berasal dari india,
    sedangkan Melayu hari ini
    apa ???
    Perang saudara di Lahad Datu jangan
    sampai menutup sebagian dari sejarah Melayu.
    Panasnya hubungan Indonesia-Malaysia jangan
    sampai melupakan sejarah..Bangsa lain pasti tak
    percaya bahwa leluhur Melayu berasal dari
    England.
    Sebagian Melayu Malaysia hanya
    melihat Indonesia adalah bangsa Kuli dan babu,
    padahal baru berapa juta saja orang Indonesia
    yg menjadi Kuli/babu, sementara berjuta-juta
    orang Indonesia kelas menengah ke atas tak
    dihitung, bahkan kelas menengah keatas indonesia lebih. banyak dari jumlah warga malaysia keseluruhannya ??? Dan Walaupun bekerja sebagai kuli
    Banyak orang tak tau bahwa tidak sedikit pendapatan
    kuli RM. 2000,00-7000,00 perbulan,
    mengalahkan gaji seorang Manager atau Enginer
    tempatan. Banyak pula para Kuli Indonesia yang
    kemudian jadi Boss renovation dan
    constructions dengan pendapatan perbulannya
    sangat tinggi. Hal itu belum lagi yang menjadi
    ekspatriat dan peniaga.
    Pembahasan bangsa
    Melayu jangan hanya memfokuskan Melayu
    Malaysia hari ini. Saya fikir bangsa Melayu
    mudah di adu domba, pemalas, dengki. (melayu malaysia). hal ini sesuai dg sejarah
    Melayu yg suka berpecah belah contoh kecil kalau mau. Pilihan raya, hasut sana sini , sesama melayu. Khianat dan saling menjatuhkan. segala cara dihalalkan, paling suka dipuji, dan memuji diri sendiri.
    Malaysia dahulu
    pernah menjadi bagian dari wilayah Sriwijaya
    dan kerajaan Majapahit, sebab kedatangan
    British telah memisah rumpun yang sama
    menjadi 2 negara.
    jadi ingatlah bahwa leluhurmu dari
    Tanah melayu bernama INDONESIA

    BalasHapus
  40. ks indo cuman 2 ekor aja, kalo lebih dr 2 itu cuman reka2 orang forum2 dan itu katanya2.
    ada yg bilang indo punya byk ks "katanya" akan timbulkan dampak lingkungan kawasan, lha negeri seupil punya seabrek ks toch mana ada yg protes. dampak itu cuman akal2an aja biar indo tdk beli ks baru ato memang ga punya uang utk beli.
    infonya ks sbg rahasia negara, itu juga akal2an aja, biar pengadaannya pun tdk dipantau rakyat dg alasan "rahasia negara". ujung2nya markup korup dg alasan rahasia negara. bisa dimaklumi kalo senjatanya amat rahasia, tp kalo ksnya apa masih rahasia? ...kite kuatir kalo ada duit matanya ijo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini orang ga belajar geografi ya?? Luas Indonesia ( darat dan laut) itu hampir sama luas nya dengan negara2 EU digabungkan bung!! Secara, indonesia itu negara neutral yang ga punya sekutu dan terletak di jalur perdagangan yang paling ramai di dunia. Kalau perang dunia ke 3 datang, lu mau ngarepin siapa?? Kita Negara Neutral, kita harus mampu mempertahankan keneutralan kita, kalau perlu di backing Nuklir sekalian, biar janagn di bully blok barat ataupun timur!

      Hapus
  41. Ssstth.... saya seorang jendral... saya kasih tahu jumlah sebenarnya Jumlahnya ada 22 buah + 3 yg mau dibuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Kumendan, kalo lagi patroli, mampir di resto apung ane ndan. khusus crew kilo/cbg/209/semur/merica boleh ngebon, tapi pulangnya langsung bayar yak....nitip torpedo gratis gan buat nakutin polair sebelah nyang minta makan gratis terus hw..hw....

      Hapus
  42. Engkel" ae. . . Wong mlaysia kae k0n rene tak gantung,e nek prapat,an. . . Melu2 urusan neg0ro ku. . . Oi kabeh w0ng indonesa. . . M0ngano w0ng malaysia kui. . "Jo katek aneh2 karo w0ng indonesia. . ." [salam satu jiwa indonesia]

    BalasHapus
  43. http://play-offline.blogspot.com/

    hehhehehhhehehe,,
    numpang posting disini ya

    BalasHapus