Kamis, Juni 27, 2013
22
TIMOR-(IDB) : Selandia Baru dan Timor Leste meneken kerja sama pertahanan yang melibatkan kedua pihak militer. Di Wellington, Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Timor Leste Jose Luis Guterres menandatangani kerja sama bertajuk Status Perjanjian Kekuatan bersama Menteri Pertahanan Selandia Baru Jonathan Coleman.

"Kerja sama ini menunjukkan hubungan bilateral makin matang. Kerja sama ini membuat hubungan antara Angkatan Bersenjata Selandia Baru (NZDF) dan Angkatan Bersenjata Timor Leste (Falintil) makin erat," kata Coleman sebagaimana warta Xinhua pada Rabu (26/6/2013).

Sejak 1999, sekitar 4.000 anggota NZDF dan personel polisi Selandia Baru bertugas di Timor Leste. "Kini, situasi Timor Leste makin membaik dan stabil," kata Coleman.

Kini kerja sama kedua angkatan bersenjata lebih pada pelatihan bahasa, logistik, dan pelatihan bersenjata ringan.  






Sumber : Kompas

22 komentar:

  1. Orang timor leste goblok goblok by: adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
  2. Bro, adrian yg baik. Karena goblok - goblok, coba ulurkan tangan bung adrian untuk ikut mendidik mereka dg bayaran yg setimpal, mau.......???
    Saya yakin kalau yg mendidik bung adrian pasti mereka jadi pinter semua, who know's???
    Silakan pikir dan mempertimbangkan bung adrian kalibata yg gagah dan hebat.!!!!!

    BalasHapus
  3. bro adrian kalibata,biasanya orang yg goblok akan mengatakan orang lain yg goblok untuk menutupi goblok'nya

    BalasHapus
  4. Iya aku emng goblok,krn dulu aku rela anus ku disodok sm om2...awalnya sih perih tp lama2 enak jg,jd keterusan boooo,hehehe....by: adrian kalibata city herbras 02/CU...

    BalasHapus
  5. orang kaya gini ko d tanggapi sama2 oonnya cuekin aza mau mbacot apa ja.abg labill

    BalasHapus
  6. Saudara se tanah air , sudah jangan gubris si adrian kalibata, terserah omong apa dia, namanya orang tidak waras, cari perhatian saja,mungkin orang kurang kerjaa di warnet, atau mungkin cita cita nya jadi abri tidak kesampaian ha ha ...tetaplah berkonentar secara cerdas untuk kontribusi kepentingan bangsa dan negara dan umum, ide anda sekalian membantu pembangunan bangsa khususnya pertahanan dan ekonomi, belajar berdemokrasi menyampaikan pendapat tetapi bertanggung jawab, karena negara kita negara demokratis poancasila, bebas ungkap pendapat, ya orang timor timur kurang berterima kasih di bangun oleh indonesia, kesalahan rezim suharto.president sukarno sendiri tidak mau memasukan wilayah tim tim, karena di sana hanya batu dan pasir, alias tandus, president sukarno perhitingan nya terbukti tepat sekarang , sekali merdeka tetap merdeka

    BalasHapus
  7. Aneksasi Indonesia ke Timor Timur menjadi bukti sejarah, bahwa pengaruh AS yg merasa sdh "berhasil" mencengkeram tanah air telah terbukti nyata. Bagaimana "D -Day" penyerbuan ke Timor Timur dilakukan pada saat Presiden AS Ford lepas landas dari Halim PK.
    Dan bagaimana juga dg se enaknya AS tidak lagi mempedulikan Indonesia setelah berdarah-darah Timor Timur berhasil kita tundukkan dg sekedar memberi senapan M-16 bekas dan pesawat OV-10 "Broncho" tanpa amunisi, plus A-4E Skyhawk bekas dari Israel.
    Begitu mempertimbangkan bahwa Timor Leste bukan merupakan ancaman bagi AS dan Australia, maka dimulailah pengobokan secara diplomasi International karena apapun pembangunan infra struktur di Timor Leste juga menggunakan program "Aid" dari mereka. Dan akhirnya karena diplomasi kita sdh "keleh" lepaslah Timor Leste dari RI.
    Sekarang malah jadi tumpuan dari China dg mendekatnya para pimpinan "Fretilin" yg Komunis ke mereka dan di gerojoklah bantuan yg lumayan yg akhirnya AS memutuskan untuk menempatkan 2.000 Mrinir di Darwin.

    BalasHapus
  8. Mengingat perkembanganp situasi tersebut dimana Indonesia mempunyai kepentingan nasional yg besar dimana ada jalur AKLI ke III di wilayah Timur yg harus selalu di cermati perkembangannya untuk itu para "ASRO" memberikan masukan kepada para pembuat kebijakan bahwa Indonesia dlm hal ini TNI -AL memerlukan kapal selam "Kilo".
    Dg mengoperasikan kapal selam kelas "Kilo" tsb, dg sendirinya "constant bullary" di wilayah laut dalam sebelah timur dpt diamati secara terus menerus oleh penegak kedaulatan negara kita.
    Sedang untuk perairan Barat yg notabene merupakan laut dangkal " shallow water" cukup effektip dg kapal selam U -209 saja namun dg peningkatan fungsi "CMS" nya agar lebih meningkat performancenya.
    Ini bukan "Kilo" yg diadakan malah "Changbogo" yg diputuskan, nah disini harusnya kita jeli ada apa? Siapa tahu armada ke tujuh sdh " sliwar sliwer " di wilayah tersebut dlm rangka pengawasan kapal selam China?
    Perhatikan manakala nelayan kiat menemukan bekas 2 logistik di pantai Morotai beberapa tahun berselang? Kapal selam kitakah? It's imposible.!

    BalasHapus
  9. ngaku negara kepulauan, punya ks cuma 2 biji dasar goblokk....

    BalasHapus
  10. amis, 27/06/2013 17:35 WIB
    Ini Dia Penampakan Kapal Selam Made in Surabaya
    Feby Dwi Sutianto - detikFinance

    Jakarta - PT PAL Indonesia (Persero) berpartisipasi dalam acara BUMN Innovation Expo and Award 2013 di JCC Senayan Jakarta. PAL menampilkan beberapa miniatur produknya termasuk kapal selam hasil kerjasama dengan Korea Selatan (Korsel).

    Staff Humas dan Dokumentasi PAL Yaya menjelaskan saat ini tim dari PAL telah mengiriman delegasi untuk melakukan transfer teknologi (ToT) kapal selam di Korsel.

    "Masih proses ToT, dulu Kemenhan (Kementerian Pertahanan) menunjuk DSMI (group Daewoo). Dia mau melakukan TOT kapal selam," ucap Yaya di sela BUMN Innovation Expo and Award 2013 di JCC Senayan Jakarta, Kamis (27/6/2013).

    Kapal selam berjenis DSME 209 ini, memiliki panjang 61,3 meter dan lebar 6,2 meter yang mengadopsi teknologi Jerman. Yaya menjelaskan, untuk 2 kapal selam pesanan TNI AL akan dibuat dan dirancang di Korea Selatan.

    "Produksi kapal untuk 2 kapal selam pertama di Korea. Kapal selam pertama, kita magang kemudian yang kedua kita magang dan terjun. Kalau yang ketiga diproduksi di PAL," tambahnya.

    Yaya menambahkan, selama pembangunan 2 unit kapal selam di Korsel, PAL juga membangun fasilitas pengembangan kapal selam di Surabaya Jawa Timur.

    "Selama pembangunan 1 dan 2, PAL bangun fasilitas. Proyeksi 2014 kapal pertama jadi dan 2015 yang kedua. Tahun 2016 mulai kapal ketiga dikembangkan di PAL," ujarnya.

    BalasHapus
  11. Informasi yg paradox dg kenyataan yg ada.
    Memang salah satu cara untuk membuat bingung masyarakat ya seperti pemberitaan diatas.
    Trembelane........

    BalasHapus
  12. Legenda sepakbola dunia , DIEGO ARMANDO MARADONA akan hadir di Surabaya, tepatnya di lapangan sepakbola GOR ITS Sukolilo pd tgl 1 Juli 2013 pkl 15.00-17.00 utk memberikan Coaching Clinic bagi 200 siswa SSB se Surabaya

    BalasHapus
  13. Rugi aja ngajarin orang timor leste otaknya banyak lemot buang-buang energi aja dulu dikasih susu dibayar dg air tuba pada NKRI lebih baik energi ku kupa ke hal yg aku suka ngurusin orang goblok2 gak ada manfaat taik semua kalian by: adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
  14. Bener2 masukan buat saya pak boleroes11, saya baru tahu maksud penempatan marinir USA di darwin, terima kasih infonya pak boleroes11

    BalasHapus
  15. akhir nya mereka ber aliansi.. dan perlahan tapi pasti indonesia semakin terkepung.. tapi jgn pernah takut selama kita kuat mau di kepung bagaimanapun juga blm tentu indonesia bisa di rontok kan dgn mudah...

    BalasHapus
  16. indonesia butuh ally, sudah saatnya meninggalkan politik bebas aktif, mau gak mau kita gak bisa sendirian idup, jgn naif menganggap semua negara itu tulus verhubungan diplomatik dgn kita, sudah saatnya indonesia mencari sekutu yg tulus, tanpa aliansi indonesia sampe kapanpun bakal terus dikadalin sama as

    BalasHapus
  17. kita indonesia berkat bantuan doa rakyat sendiri selamat , di kepung kanan kiri dan peminpin sendiri " liat lah fakta di lapngan soal senjata alutsista , dari kilo class di cancell akusisi changbogo class dengan alasan ( tot ) gak masuk akal ,lancar lah mega proyek multi year hanya untuk tahun depan ajaaa ....tahun depan ganti koki ganti menu .
    "jangan mengharap senjata ampuh mumpuni dari tuan demang itu langit dan bumi !! apa adanya ajaaaa ....akan lebih baik alias jangan di pilih lagi besutan barat .

    BalasHapus
  18. papua(OPM),aceh(GAM),poso,sampang n bnyk lg..lpz ny tim0r leste,
    spt parasit dlm tubuh..

    BalasHapus
  19. INDONESIA ini PINPINBO pintar pintar bodoh udah sok pintar tapi bodoh malau aku punya pemerintah/DPR/MPR moral bak kerumunan babi dalam kandang babi by: adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
  20. adrian...kmrn malem kamu lupa ya anusmu ga kamu kasih lotion,pantes aja kok ada cacing2 kremi putih kecil2?!

    BalasHapus
  21. woy jeng aing ribut adrian u cari nama gw Tb awong..di batu cepeq tangrang..

    BalasHapus
  22. Aku dikalibata babi by: adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus