Senin, Juni 03, 2013
0
MANADO-(IDB) : Penutupan patroli bersama Corpat Philindo XXVII-2013 yang dilaksanakan KRI Kerapu-812, BRP Magat Selamat dan BRP Miguel Malvar dilaksanakan di Mako Lantamal VIII Manado ditutup oleh Komandan Guskamlaarmatim Laksamana Pertama TNI Wuspo Lukito, S.E. yang dihadiri oleh Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Guguk Handayani, Komandan NFEM (Naval Forces Eastern Mindanao) Capt Antonio A. Habulan JR PN, Komandan KRI Kerapu-812 Mayor Laut (P) Kusumo Atmojo, Komandan BRP Magat Selamat De Sagon dan Komandan BRP Miguel Malvar Sabang dan seluruh Perwira Staf Lantamal VIII Manado.

Selama di Davao City Komandan beserta prajurit KRI Kerapu-812 melaksanakan Courtesy Calll ke Komandan Eastern Mindanao Command, Komandan NFEM, Walikota Davao dan Konjen RI di Davao.

Dalam kegiatan latihan bersama yang telah dilaksanakan selama tanggal 20-31 Mei 2013 merupakan program latihan rutin yang dilaksanakan antara pihak TNI AL dengan Republic of Philipines Navy antara lain. melaksanakan tugas pokok Operasi Patroli Terkoordinasi dalam waktu yang telah ditentukan yang meliputi pencegahan/penangkalan dan penindakan terhadap setiap pelanggaran wilayah dan tindak kejahatan diwilayah Perairan Laut Sulawesi Perbatasan wilayah laut Indonesia – Philipina.

Selain itu patroli ini sekaligus sebagai bentuk pengamanan pulau-pulau terluar NKRI yang amat berdekatan dengan Philipina. Selain mengamankan wilayah perbatasan, kedua kapal perang kedua negara tersebut juga melaksanakan latihan bersama, dengan tujuan untuk meningkatkan interoperability yang meliputi latihan komunikasi (radio, bendera, semaphore dan lampu sorot), manuver taktis, latihan tabir, Replenishment at Sea dan latihan pemeriksaan kapal (VBSS) serta dilanjutkan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan diperbatasan kedua Negara diantaranya pulau Balut dan pulau Marore dan dilanjutkan penyerahan sembako bagi masyarakat pulau Marore oleh Komandan KRI Kerapu- 812, selesai kegiatan dilanjutkan pertandingan bola voli persahabatan antara Filiphina dengan Indonesia.

Pada rangkaian kegiatan latihan bersama Corpat Philindo XXVII tahun 2013 yang dilanjutkan dengan pelepasan kedua kapal Filipina dari dermaga Satkamla Bitung, dengan pengawalan dari KRI Kerapu-812.




Sumber : TNI AL

0 komentar:

Posting Komentar