Sabtu, Mei 04, 2013
39
BANDUNG-(IDB) : PT Dirgantara Indonesia (Persero) meneken kerjasama dengan PT Regio Aviasi Indonesia untuk mengembangkan pesawat terbang turbotrop modern berkapasitas 70-90 orang penumpang bernama Regioprop, di kantor PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Jumat, 3 Mei 2013.

Direktur Utama PT Regio Aviasi Indonesia Agung Nugroho mengatakan, kerjasama tersebut bertujuan untuk mengembalikan kejayaan PT DI sebagai pembuat pesawat terbang dari ujung sampai ujung mulai dari desain hingga pemasaran. Selain itu untuk memberdayakan industri pesawat terbang asli produk Indonesia. “PT Regio Aviasi Indonesia disini posisinya sebagai sponsor dan marketing sementara PT DI sebagai strategi partner dan main contractor,” katanya pada Tempo, Jumat, 3 Mei 2013.

PT Dirgantara Indonesia berfungsi sebagai strategi partner dan main contractor untuk menangani program sejak awal, perancangan, sertifikasi sampai dengan pembuatan pesawat serta serial dan melakukan pemasaran bersama. Sementara PT Regio Aviasi Indonesia sebagai sponsor, marketing dan pengembangan program.

Program pengembangan akan dilakukan terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah pleminary design dan feasibility study, yang akan berlangsung selama kurang lebih satu tahun untuk definisiawal pesawat dan menyerap keinginan atau persyaratan customer. Tahap kedua, full scale development atau pengembangan skala penuh, terdiri dari detail design, prototype manufacturing dan sertifikasi. Tahap tersebut berlangsung sekitar empat tahun terhitung mulai 2014-2017 untuk mendapatkan sertifikasi nasional Kementrian Perhubungan. “Semoga di tahun 2018 sertifikasi turun dan bisa berlanjut ke tahap tiga yaitu serial production, penjualan dan layanan purna jual,” katanya.

Program yang ditargetkan rampung dalam lima tahun itu akan memanfaatkan pengalaman rancang bangun anak bangsa dalam mengembangkan pesawat terbang sejak 1979 – 1982 (CN35) dan 1989 – 1996 (N250), yang disesuaikan dengan tantangan kebutuhan pesawat di masa depan, akan transportasi dengan efisiensi dan keekonomian yang lebih baik, kenyamanan penumpang dan keandalan yang lebih tinggi serta ramah lingkungan.

Selain itu, program tersebut juga dimanfaatkan untuk mengisi kebutuhan pasar di sektor pesawat regional (regional aircraft) pada kurun waktu 2018-2037 dan untuk mengambalikan kemampuan rancang bangun pesawat terbang di Indonesia. “Indonesia punya potensi untuk mengembangkan industri pesawat di Negara sendiri. Baiknya ya bangsa ini membuat pesawat untuk bangsanya sendiri untuk kebangkitan dirgantara nasional,” ujarnya.

Oleh karena itu, program tersebut juga merupakan satu wadah untuk meneruskan cita-cita yang telah dirintis oleh PT DI dalam mengembangkan pesawat terbang secara bertahap, baik dari segi kapasitas, daya jangkau dan kandungan teknologi. Seperti program-program PTDI seperti NC212, CN235, N250, dan N2130 yang telah dikembangkan sebelumnya.





Sumber : Tempo

39 komentar:

  1. Akhirnya begawan teknology Indonesia mulai kembali berkiprah secara aktif lagi...semoga seluruh tenaga ahli dan teknokrat Indonesia dimanapun berada bersatu lg krn bapak pelopor teknology tinggi Indonesia turun gunung lagi. Semoga amal ibadah bapak Habibie dinilai seperti ustadz Jefri sebagai pencerah generasi muda dan rakyat Indonesia, pembuka pintu gerbang kemajuan IPTEK Indonesia...aamiin

    BalasHapus
  2. Mesin nya bisa gak ya buat sendiri????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Org ga sekolah ngomong...tuh ngomong sama malon aja gimana bikin mesin apalagi mesin pesawat

      Hapus
    2. Oooh iya elu yg sekolah ngomong nya bisa ga??? Bisa buat apa lo? Buat anak bisa gak???

      Hapus
  3. Kalo mesin memang belom bisa. Butuh waktu. Cina aja saat ini lg ngembangin mesin pesawat jet tempur dengan anggaran lebih dari Rp. 130T.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Kita baru bisa bikin mesin mobil 600 cc yang dipasang pada mobil Gea buatan pt inka

      Hapus
  4. Jegerrrrrr Membahanaaaaa..... sesuatuuuuuu

    BalasHapus
  5. perlu di audit duluuu habibe bawak duwit enggak?? megigat record nya di pt nortanio kurang mentereng .

    BalasHapus
    Balasan
    1. bettull brooo di audit dan di investegasi zejarah kellam di pt di masih mengundang tanda tayaa hampir gulung tikar sepeninggalan mr habibe ,hutang segudang ,rakyat harus menanggungnya pelakunya datang lagi ,di perlukan manusia jujur di pt di bukan orang pintar tukang gerecokin gaku superman . !!!

      Hapus
    2. D atas ane ano" budak brutush :D

      Hapus
  6. Bpk habibie adalah bapak teknology bangsa kita,beliau berjasa atas hasil yg sudah diraih dan dirasakan bangsa kita saat ini. Beliau bukan spt orang yg doyan korup,IPTN sakit parah bukan ulah habibie melainkan permainan politik negara maju yg memberikan tekanan lewat tangan IMF.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup semua itu ulah barat yang takut indo maju d bidang IPTEK terutama di penerbangan

      Hapus
  7. Ano-ano yg ngeragu'in Habibie.. ente2 baru lahir kemarin y ? tau siapa yg ngediri'in IPTN ga ? tau Krisis Moneter 98 ga ? IPTN sekarang bisa 'nongkrong' diBandung bikin pesawat tu karena siapa.. jangan suka ngarepin 'lampu aladin' lah, yang tinggal minta langsung jadi, ga logis.. semua ada tahapan dan prosesnya, masa sulit adalah salah satunya.. tak ada IPTN tanpa seorang HABIBIE ! lagian dulu Krismon 98 bukan karena seorang Habibie.. tanya anak kuliahan

    BalasHapus
  8. Ano 02.35
    Hahahahahahaha , maklum lah bung mereka kah budak" imprialis , lagian ane ama 2 ano yang komen negatif tu , ane curiga kayanya tu orang yang sama , liat aja tulisannya tu , semrawut kaya lagi mimisan :D

    BalasHapus
  9. Ano 02.35
    Hahahahahahaha , maklum lah bung mereka kah budak" imprialis , lagian ane ama 2 ano yang komen negatif tu , ane curiga kayanya tu orang yang sama , liat aja tulisannya tu , semrawut kaya lagi mimisan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq bellom lupa yaaa ...masa2 sd daholoo beritanya santer sekali di media tvri, tni al bakal akusisi kapal perang buatan jerman yg menurut petinggi negara waktu itu tercanggih di classnya
      tidak ada boleh yg nentang resikonya bakal di buru bak babi hutan akusisi kapal rongsokan buatan jerman ,rakyat mangguk 2 dengan terpaksa dari pada yawa terbang gak karuan haha.....tahu sendiri siapa terdepan akusisi kapal jerman ,jellas sekali mr habibe patgulipat harga di motori jendana sialan pembunuh .mereka pembunuh bellom di adili harus di pertanggung jawap kan di pegadilan ,menurut sumber wold bank kekayaan cendana dengan hazil gejarah tembus $ 54 milyar dolar .

      Hapus
    2. Hadahhhh org malay tau apa....korupsi sekarang malah lebih rakusss.....ga ada beda dg soeharto bedanya cuman jaman soeharto yg korupsi masih kalangan terbatas......sekarang semua org !!! Malay takut kalo habibie balik Indonesia pasti lebih hebat teknologinya....dasar Malay takut para ahli Indo yg di Malay pada Balik !!! Hahahaha..... Org ga ada yg 100% bersih tp sy dan rakyat Indonesia yakin dan terbukti Habibie tidak pernah tersangkut masalah korupsi di manapun era Orba.....mana bukti pernah jd saksi atau apalagi tersangka....semua rugi krn memang bisnis dan politik.....dan tidak ada Industri pesawat terbang yg untung (tidak subsidi)didunia ini kecuali Airbuss & Boeing....malaysia punya kancut doang!!

      Hapus
    3. Trus apa hubungannya dengan pt.di , kan ente tadi bilang. , gara" habibie pt. Nurtanio kinerjanya kurang menteereng , trus ente bilang gara" bapak habibie utang pt.di menumpuk n rakyat yang menanggungnya , jadi apa hubungannya ama kaapaall , dari pt.di (pesawat) larinya ke kapal , ketauan banget lo ada masalah ama pak habibie , selalu cari kesalahan pak habibie :D

      Hapus
  10. Kok IPTN semua Industri Strategis dibentuk dg koordinator Habibie dulu mulai Pindad, Pal, Batan dll dan sebagian besar beasiswa anak2 terpandai negara ini disponsori BPPT ahli nuklir, ahli rudal balistik di prancis dll.....kalau yg ngomong dan minta balik Pak Habibie insyaallah mau dan patuh. Beliau Perncang dan peletak dasar Industri Strategis Indonesia....anak emas Jerman sampai sekarang sbgai warga negara kehormatan, anak emas soeharto krn IPTN adalah proyek mercusuar soeharto utk kebanggan Indonesia. Klo Malaysia ga punya yg punya cuman ncik penyuka pecun perkosa TKW Indonesia...ngaku Muslim tapi Laknat Malay!!!

    BalasHapus
  11. Untuk para ano beri kesempatan ke 2 buat bpk habibie. Insya allah niatnya tulus buat indonesia tercinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bole kalo komen belajar dl cari fakta.....Malay takut kalo habibie balik Indonesia pasti lebih hebat teknologinya....dasar Malay takut para ahli Indo yg di Malay pada Balik ga bs bikin part pesawat n avionik lg!!! Hahahaha..... Org ga ada yg 100% bersih tp sy dan rakyat Indonesia yakin dan terbukti Habibie tidak pernah tersangkut masalah korupsi di manapun era Orba.....mana bukti pernah jd saksi atau apalagi tersangka....semua rugi krn memang bisnis dan politik.....dan tidak ada Industri pesawat terbang yg untung (tidak subsidi)didunia ini kecuali Airbuss & Boeing....malaysia punya kancut doang!!

      Jangan ngawur kamu bole...mana fakta dan bukti, ini menyangkut nama baik org

      Hapus
    2. Contoh kecill ni yee kalo pak habibie d takuti/di benci malon(umgok) ketika Bapak habibie ketemu ama bapak anwar ibrahim aj umgok dan kroni"nya pada kebakaran jenggot , entah kenapa umgok n kroni" nya begituu marah pada bapak habibie sampe" si siapa tu si mahatir y namanya memfitnah kalo pak habibie dan anwar ibrahim adalah budak imprialis :D uoew y udah OOT jauh banget nii , :(

      Hapus
  12. Bole kerjamu apaan sih....komen ngawur tiap hari nongkrongin formil, pengangguran belagu ngomong teknology n kritik ngawur modal dr baca berita doang !!!! Kerja sono....belagu banget cuman modal baca berita n baca analysis doang !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga bule , ups ralat bole bung :D

      Hapus
    2. haha...masak aq pengangguran ,tiap mejalan ibdah yg lima waktu watcheng rolex daytona slalu gasih tahu anda waktunya sholat karna di sini tidak ada adhan atau bunyi beduk bertalu 2 .

      Hapus
  13. Visi dan program habibie itu bagus dan visible sekali sbgai penguasa asia pasifik utk pesawat jarak sedang yg ekonomis bahan bakar krn jarang perusahaan yg fokus di sini paling boeing dg 737 900ER dan 800NG nya tp kan mahal.... Malay n semua pada takut krn Habibie bukan sekedar keputusan politik krn Habibie punya kemampuan secara pribadi dg dukungan engineer muda....tinggal kita mendukung n mendokakan jngn su'udzon apalagi dikebiri...Habibie ini org pinter yg diakui Jerman dg memperoleh warga kehormatan dr sedikit org yg bisa...bukan main2 bos, Jerman aja butuh!!!

    BalasHapus
  14. Malay bodoh...suka hina n siksa pecun!!! Bukan sahaja di pakai....siksa n hina pecun!! Dosamu berlipat.....hrsnya menurut Islam itu pecun ditolong dibimbing bukan malah dihina disiksa suruh kerja jd pecun di Malay......Laknat Malay penyuka pecun nciknya !!!! Siksa pembantu merogol....laknat Malay!!! Katanya muslim ternyata anjing imperialis punya ratu org Imperialis...ingat ratu mu Imperialis barat !!!

    BalasHapus
  15. Ano2 komen ini Bole yg komen pdhal Bole nggak pernah komen apapun di artikel ini,Bole sdh kapok dan nggak akannulis komen lagikrn takut di tangkap aparaf krn saksinya ano ygmengumpat,menghujat dan mengancam, pdhal setahu saya stlh sg searching krn penasaran siapa itu"Boleroes11" ternyata wah nggak main- main peranan dia.
    Initial Boleroes itu sebenarnya nama proyek lanjutan dari Alpha Proyek yaitu proyek pengadaan pespur A-4E Skyhawk dari Israel, sedang Boleroes dicipta oleh penerbang jagoan alm Marsda TNI (Pur) F.Djoko Poerwoko.Almyg juga ahli melukis itumenggambar pswt A-4E Skyhawk untuk di sablon dikaos oblong dan dibawah gambar pswt dituliskan" Boleroes".Kebetulansi boler ini adlh seorang L.O di proyek WDNS dan HUD untuk pswt A-4E Skyhawksbg pengganti avionik lawas Ferranti.
    Sehingga "Boleroes" jadi kata kunci disamping kata "Sir" ygsdh jadi kebiasaan di kalangan perwira TNI - AU.
    Sedang11 itu adlh nomor body pswt dari 0411 dr sksdron 12 HND,Makassar, Bole jugamengganti canopy pespur A-4E Skyhawk produc dari P,cis yaknj Sully Produce Specioux,yg jugamembuat dan merancang glass cockpit cn-235maupunN-250.
    Dlmpelaksanaan programtsb, tdk banyak anggota AU yg tahu atau mengerti termasuk di skd 11.12 mengapa pswtnya banyak yg ferri ke Iswahyudi pdhal blm waktunya ferriuntuk perbaikan air frame dan ke benghar 32 Malang pdhal pswt sehat sehat saja.








    BalasHapus
  16. Ano 12.34 maksud loh???? Tambah gak ngerti ane!!! Jadi boler tuh dah di tangkep???? Atau boler itu ...... Ntah lah sbodo teing!!! Intinya kalau komen jgn meng AKU2 pernah ini pernah itu!!! Jgn kate boler yg ngomong gak jelas ,SBY ngomong yg harusnya di hormati aja banyak yg menghujat!!!! Jadi getuuuu BOLEEEER sia'!!

    BalasHapus
  17. untuk Ano-Ano diatas ni,daripada kalian bertengkar urusin urusan orang,mending kalian ciptakan sendiri teknologi terbaru,buat bangsa ini bangga dari pada meng olok-olok orang lain gak penting gitu,.,.
    jangan hanya komen sana - sini cuman HOAX ja kalian,.,.

    BalasHapus
  18. Kapal perang dari jerman timur yang dibeli TNI AL (39 unit corvett n LST) menurut saya sbg solusi instan jarak waktu pendek,saat itu kapal perang TNI AL terus menyusut,daripada beli sdkit n masih kurang banyak,maka tni mendapat tawaran dr jerman (jerman barat ga mau pakai krn beda prinsip n teknologi) utk mengakuisisi kapal2 ex jerman timur. Disinilah peran bpk habibie buat melobi krn kedekatannya dg petinggi2 jerman. Hasilnya tni al bisa beli banyak dg harga murah,dgn resiko retrofit semua kapal salah satunya ganti engine. Krn corvet kelas parchim trmsk jenis pemburu so boros bahan bakar,diganti yg irit bbm. Jadinya kelihatan mahal padahal tidak spt itu. Sampai skrg kapal2 tu masih berlayar kan(20thn lebih) kecuali KRI TELUK BERAU sdh ditenggelamkan buat latihan. Mslh keluarga cendana terlibat KKN saya ga tau tp kemungkinan besar YA,spt kasus HAWK 100/200. Kejadian kapal perang jertim ni kemungkinan akan sama dg F16 hibah dari US skrg,drpda dapat 6bj F16 baru,mending dpt F16 second tapi dah diobok2 buat mempercanggih,kan lumayan bisa dipake 15-20 thn lagi.

    BalasHapus
  19. Ano 12.50. Boler itu sdh tuwir dia sdh stop nulis komen. Baca dulu komen gue diatas loe baik2.

    BalasHapus
  20. Bener sob ano 13.38...

    BalasHapus
  21. Koreksi untuk ano 13.39 Kaprang ex ajerman Timur terdiri dari :
    1. Kelas "Parchim" 16 unit
    2. Kelas Penyapu Ranjau " Condor" 9 unit
    3. Kelas "Frosch" .14 unit,
    Disamping itu, 1200 truck rantis, 2.000 unit SAM "Strella" dan puluhan unit dapur lapangan.
    Engine "Parchim" aslinya memakai mesin pendorong pokok dg radial sistim produk Russia kemudian diganti mesin diesel biasa.
    Kapal tsb tadinya telah disurvey tim kecil TNI, kemudian diputuskan untuk mengambil secara bertahap, namun kecium LSM setempat dan kapal yg sdh siap tsb dirusak yg mengakibatkan jadwal penyeberangan gagal.
    Hal ini di dengar Pak Harto diambil alih dan kemudian di tunjuk Pak Habibie selaku Ketua Tim krn kedekatan hub beliau dg Helmut Kohl Kanselir Jerman.
    Namun terjadi friksi antara pak Habibie dg Alm Jend, Eddy Sudrajat yg berakibat majalah Tempo di breidel oleh Harmoko krn memuat berita yg menghebohkan tsb.
    Untuk 2 jenis kapal "Parchim" dan "Frosh" dilayarkan sedangkan "Condor" dikirim lwt kapal barang.
    Ada anekdote yg saya rekam hasil guyon dg bbrp perwira yg pernah ikut pada kegiatan tsb, diantaranya :
    A. Persepsi AL Jerman,
    Diperkirakan AL kita sama spt Nigeria yg juga membeli kpl, performance pelautnya kurang bagus, namun begitu personil AL kita berbaris dg rapi dan "apik" Jerman akhirnya penuh hormat dan friendly.
    -AL Jerman memberikan pelatihan bgm cara manuver kpl dsbnya yg menurut mereka di perlukan, namun waktu sailing pass mereka teriak-teriak krn manuver yg di jlnkan AL kita lebih dahsyat dan membahayakan.
    Dan dijawab bahwa ini kapal kecil kita sdh biasa dg kapal besar, Frigatte, Corvette bahkan Destroyer.
    Akhirnya Jerman salut kpd AL kita.
    B. Pelaut kita mengira namnya kota di Jerman, pasti wah gemerlap dan glamour bagai gambar2 yg biasa mereka lihat selama ini.
    Yg terjadi, mereka tidak mengira kota yg mereka kunjungi lebih sepi dari kota kecamatan di Indonesia, dan alamaak warungnya jam 21.00 mlm sudah tutup dan yg dijual hanya roti bantal nan keras plus kartofellen alias kentang baik rebus maupun goreng, buyarlah impian mereka.

    BalasHapus
  22. Ano 13.40 sudah lah boler itu cuma ganti nama sekarang ngikut jadi anonim!!! Kalo boler tuh dah tuwir cepat lah bertaubat!! Jgn bohong terus!!!

    BalasHapus
  23. Buat sob ano 17.28,saya berterima kasih atas koreksinya,n thanks buat nambah wawasan saya.

    BalasHapus
  24. wahai saudara ku sebangsa setanah air nkri dalam ancaman srius hentikan
    bella bapak tua itu, barat dan sekutunya mulai berulah ,mereka sudah terang 2 gan mendukung para pembrontak di papua .kita berharap peguasa sekarang ini bertindak tegass ,semua perusaan inggris britis harus angkat kaki dari bumi pertiwi ,termasuk bp migass di papua harus di usir .kita dukung penguasa sekarng demokrat harus punya kebijakan jellas tegas berani ,bertanggung jawap di hadap rakyat ,tampa kebijakan tegas nkri bakal jadi bulan2 nan di panggung internazional ,lupain harta karun di papua terlanjur demokrat tanda tangan block tangguh dengan bp britis compeney .selain merugikan perjanjian ala orde baru tersebut, explorasi migas di papua cendrung meguntungkan segelintir orang.
    ku sudah berkoar 2 dari tahun yg lalu ,britis australia moncong penghancur nkri SUDAH YATA TAK TERHINDARKAN BAU AMIS AROMA PERANG SUDAH TERASA !!!!

    BalasHapus