Senin, Mei 20, 2013
35
Tank ACV SW turret BMP 3
Tank ACV SW turret BMP 3
JKGR-(IDB) : Pemerintah Indonesia dan Turki akhirnya menandatangani nota kesepahaman pembuatan light/medium tank yang dikerjakan oleh FNSS Defense System Turki dan PT Pindad Indonesia. Penandatangan kerja sama ini dilakukan di Istanbul, Turki, saat berlangsungnya Internasional Defense Industri Fair (IDEF) ke-11, Mei 2013.

Menurut Asisten Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Bidang Kerjasama, Silmy Karim, pihak Turki siap bekerjasama dari proses desain hingga tahap produksi. “Keduanya bekerja sama dalam waktu tiga hingga lima tahun. Tahun ini diusahakan grand design tank selesai, sehingga tahun depan bisa dibuat prototipenya,” ujar Silmy Karim.

Kerja sama PT Pindad dengan FNSS Turki merupakan tindak lanjut kesepakatan kerja sama saat kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Turki, Juni tahun 2010. Kesepakatan tersebut dimatangkan kembali  saat Presiden Turki Abdullah Gul melakukan kunjungan balasan ke Jakarta, April 2011.

FNSS Turki bahkan telah mengirimkan prototipe tank ringan ACV 300 untuk dijajal oleh TNI AD dan dipelajari PT Pindad.

FNSS Defence System Turki

FNSS Defense System merupakan pembuat  armoured personnel carrier (APC) PARS  roda 6 x 6 dan 8 x 8 berkemampuan amphibi dengan bobot 16 – 24 ton. FNSS juga pembuat  infantry fighting vehicle IFV ACV 300 (tracked) berbobot 14 ton, turunan M113 USA.

ACV 300 juga memiliki varian baru yakni ACV S yang lebih panjang (Stretched) dengan penggerak rantai 6 roda, sementara ACV 300 rantai 5 roda.

Sebelum bekerjasama dengan Indonesia, FNSS Turki telah bekerjasama dengan Malaysia dalam membuat DEFTECH atau AV-8, yang merupakan pengembangan dari PARS 8×8 Turki. Selain itu Malaysia juga bekerjasama  dengan FNSS membuat  ACV- Adnan berdasarkan ACV 300 Turki.

FNSS PARS 8X*
FNSS PARS 8X8
ACV S (Stretched) varian baru
ACV S (Stretched) varian baru
ACV 300 Adnan Anti-Tank Missile Malaysia
ACV 300 Adnan Anti-Tank Missile Malaysia
Tank seperti apa  yang dibuat PT Pindad bersama FNSS ?.

Sejarah tank Indonesia bisa dilacak dari pengadaan Tank Scorpion TNI AD. Scorpion dibuat Inggris sebagai Combat Vehicle Reconnaissanc, namun tank pengintai ini dimodifikasi Indonesia dengan memasang canon 90 dan 105 mm Belgia.

Begitu pula dengan AMX 13 merupakan light tank, namun mengusung canon: 75mm, 90 mm hingga 105 mm. TNI AD memiliki  sekitar 300 AMX 13 versi canon.

Dari dua jenis itu, bisa dikatakan Kavaleri Indonesia menyukai tank model light/medium, namun memiliki ukuran canon yang besar. Tank model ini dianggap cocok untuk medan pertempuran yang berbukit dan berlembah.

Keinginan Indonesia untuk membuat tank/panser dilengkapi canon, sempat dicoba dengan Korea Selatan dengan memesan 22 Panser Tarantula / Black Fox yang akan dipasang canon CT-CV turret 105mm atau CSE 90 mm Belgia. Turret ini sudah dipesan ke Belgia,  namun entah mengapa, proyek Panser Canon Tarantula itu, tidak terdengar lagi.

Indonesia juga sempat membangun protoype panser canon 90mm, namun hingga kini tidak juga diproduksi. Diduga mesin Anoa yang terletak di tengah, membuat pemasangan turret menjadi bermasalah, termasuk tata letak kru di dalamnya. Hal ini semakin jelas, ketika pihak Kementerian Pertahanan yang berkunjung ke Istanbul mengatakan, tank yang akan dibuat PT Pindad dan FNSS Turki, akan menempatkan mesin di depan, sekaligus untuk meningkatkan proteksi.

Karena Indonesia telah memiliki Anoa 6×6 (berpenggerak roda) yang fungsinya hampir sama denga FNSS PARS, maka kerjasama PT Pindad diduga akan tertuju kepada model ACV 300 yang dipasang turret.

Tank ringan yang akan diproduksi bersama Indonesia dan Turki akan memiliki tingkat kandungan dalam negeri yang cukup besar. Setidaknya hull/ body, instalasi dan perakitan akan menjadi porsi Indonesia. Sementara engine serta rantai tank  dibuat oleh FNSS  Turki.

Turki sendiri telah memamerkan varian terbaru dari ACV 300, yakni ACV SW (Stretched) yang dipasang turret BMP 3, buatan Instrument Design Bureau (KBP) Tula, Russia.Turret BMP 3 ini dilengkapi canon 100 mm serta autocannon 2A72 30 mm. Canon BMP 3 bisa menembakkan peluru konvensional HE-FRAG atau ATGM 9M117 (AT-10 Stabber).

Bisa jadi model Tank Nasional yang dibuat FNSS  Defence System Turki bersama PT Pindad, adalah ACV SW (rantai 6 roda).  “Indonesia melalui PT Pindad diharapkan mampu menyerap teknologi tank milik Turki dan nantinya mampu membuat sendiri”, ujar Silmy Karim.
Tank ACV-S dengan turret BMP 3
Tank ACV-S dengan turret BMP 3
ACV 300 BMP-3_turret

Model Varian ACV Canon
Varian LAIN ACV Canon

Opsi lain adalah hull ACV S namun menggunakan turet CT-CV Weapon System buatan CMI Defence, Belgia. Turret Cockerill CT-CV 105HP ini mengusung: canon 105 mm, senjata mesin pintle-mounted 7.62 atau 12,7 mm serta granat launcher. Selain menembakkan peluru manual, turret Cockerill CT-CV 105 HP  juga bisa menembakkan ATGM Falarick 105. Turret ini memang di-disain untuk light tank.

Cockerill CT-CV 105HP Turret
Cockerill CT-CV 105HP Turret
Cockerill CT-CV 105HP Turret
Turret Cockerill CT-CV 105HP

CT-CV dengan rudal Falarick
CT-CV dengan rudal Falarick

Perbandingan turret Cockerill 90 mm
Perbandingan turret Cockerill 90 mm

Turret Cockerill CT-CV 105 HP dipercaya Polandia untuk  tank multirole Anders. Tank Anders mengusung mesin turbocharged diesel dengan tenaga 720hp dibangun Polandia tahun 2010 untuk menggantikan BMP-1 Angkatan Darat mereka. Produksi massal tank Anders diperkirakan mulai tahun 2015 dengan jumlah 700 tank.

Tank ini diciptakan dalam berbagai varian dan modul: Reconnaissance vehicle, infantry fighting vehicle (IFV), armoured recovery vehicle (ARV), fire support vehicle (FSV) or light tank, engineering reconnaissance and support vehicle, anti-aircraft artillery vehicle, self-propelled 155mm howitzer, medical evacuation vehicle, rocket launcher and radar carrier.

Berat basic  IFV Anders 20 ton dan berkembang menjadi 33 ton jika mengusung turret canon 105 mm. Bisa digeber 72 km/jam dengan jarak jelajah 600km.

Light Tank Anders 105 mm
Tank Anders CT CV turet 105 mm

Prototype Ligh Tank Anders
Prototype Tank Anders turret CMI Belgia
Konsep Tank Anders
Konsep Tank Anders

Anders Varian 3 Kru dan 4 Personil
Anders Varian 3 Kru dan 4 Personil
Kalau tidak mau susah, kemungkinan PT Pindad dan FNSS akan mengembangkan tank model ACV SW dipasang turret BMP 3 Rusia. Kalau jalur yang lebih rumit dan mau bereksperimen, model tank yang akan dibuat ACV SW Turki dengan Canon CT-CV 105 HP Belgia. Indonesia telah mengenal model canon CMI Defence ini dan juga memiliki hubungan baik.

Tank Marder

PT Pindad sebelumnya sempat menyatakan juga akan membuat tank medium, dengan hull model IFV Marder Jerman. Marder merupakan tank medium dengan bobot dua kali lipat dari ACV 300 Turki, yakni 30 ton.

Indonesia memang membeli 50 IFV Marder dari Jerman. Namun perusahaan Rheinmetall Jerman tidak akan begitu saja menyerahkan teknologi Tank Merder dengan turret dengan turret Oto Melara Hitfact 120mm, karena dagangan baru dari Rheinmetall.  Tank Marder bisa menjadi langkah berikutnya jika PT Pindad telah menguasai teknologi light tank ACV SW Turki.

Marder turret Oto Melara Hitfact 120mm
Marder turret Oto Melara Hitfact 120mm

Hal yang sama juga dilakukan oleh Turki. Setelah mampu membuat IFV/ Light Tank ACV SW, kini mereka membangun main battle tank (MBT) Altay berbobot 60 ton, yang prototype-nya ditargetkan selesai tahun 2015 dan memasuki produksi massal tahun 2017.  Otokar Group Turki belajar membuat MBT Altay atas asistensi Hyundai Rotem, Korea Selatan.





Sumber : JKGR

35 komentar:

  1. Waaah, woooowww, kita bakalan punya tank buatan sendiri eehhh kerjasama dg Turkey ding.!!!
    Meriamnya guede banget, amphibious, dan lengkap dg FCS.
    Berapa ya yg di produksi di PT PINDAD nanti? Ada komisinya g kalau nanti dibeli TNI????
    Mbuh, yg jelas kita bisa buat tank hebat, kuat, manfaat, dan dpt membuat musuh sekarat, akhirnya musuh jadi melarat. !!!!!
    Hidup PT PINDAD hidup Turkey, yg sdh bersedia ToT dg kita,Turkey
    memang lain daripada yang lain kalau yg lain pelit ngasih ToT.

    BalasHapus
  2. Lebih hueebaat lagi adalah yg muat Artikel ini yg rajin "Copy Paste" njlimet si JKGR.
    Hiduuuup JKGR, huueeebaaat JKGR!!!!! I Lap yu pull.

    BalasHapus
  3. wuihh mantab gbrnya gan.. Mudah2an bisa terealisasi.. Amiin.. Laksanakan PINDAD..!!

    BalasHapus
  4. Lha wong gambar saja kok di " Gumuni" = di kagumi.
    Nanti tak kasih gambar yg lebih sophisticited perihal tank, mau???????
    Trus dipasang di dinding kamarmu, sebagaian lagi di repro buat alas kepala pengganti bantalmu, agar malamnya kamu bisa ngimpi naik tank.
    Gimana, tertarik tawaranku???????

    BalasHapus
  5. Walah.. bung boler bicara dri tank sampe kamar toh! opo tanknya bisa dubuat kamar?? hahahah :D

    BalasHapus
  6. Halah kebanyakan teory baloroes11 ini, bikin stirling aja masih ngawur apa lagi mau bikin tank. Knapa bung boler gak pakai yg manual aja alias grobak di tambah meriam bambu. Hasilnya puooolll
    Wakakakakakkk

    BalasHapus
  7. Sbnrnya, Iran jg bersedia tot untuk Indonesia...

    BalasHapus
  8. Tunggu hasil nya aja.....gk usah koar² dulu.......

    BalasHapus
  9. bung boler.. Ga usah gbr pun sdh ada tanknya.. Tank kutu busuk ma pesawat nyamuk.. Hehe... Peace..^_^

    BalasHapus
  10. Miris jg bila melihat indonesia ketinggalan sama turki yg notabenenya sama2 negara berkembang bahkan malaysia pun sdh lebih dulu membuat tank dibandingkan indonesia. Indonesia masih bingung atau mungkin belum mempunyai kepercayaan diri utk membuat tank. kalau melihat malaysia bisa, mana mungkin indonesia tdk bisa

    BalasHapus
  11. tank moderen tambah pendek dan simple ,ini kerja sama tanggung dan salah arah makanya indonesia jalan di tempat ,kebijakan yg di ambil sulit di terima akal sehat ,sudah tahu turkey negara kemaren sore bikin tank di ajak kerja sama alih tehnologi ini kan aneh ,dan meyangkut tehnologi tank tersebut patut di pertayakan ? sanggup kah nahan hantaman rudal panggul ? kalau hanya tank seperti di atas buatan turkey 100% pindad bisa ,dan minim tehnologi .

    BalasHapus
  12. Boleer kalo ada yg kagum sama sesuatu yg dia gak suka perasaan komennya bolerr hinaan melulu!!! Kaya boler dah bisa buat aja!!! Hey boler kalo kami ini liat gambar aja dah bangga, apalagi bisa pegang jgn menghina dong!!! Katanya elu pensiunan perwira tni!!!!

    BalasHapus
  13. udah pada seneng di kasih janji lagi. pinter ya pemerintah. untuk mengalihkan perhatian masalah dngan korea yang gagal sekarang di kasih kue janji cap turki udah pada seneng...... kalau di pikir kayak anak kecil.... maaf. itu pandangan saya saja. yang pasti saya mau pemerintah tegas dan bertanggung jawab dngan.apa yang rakyat amanatkan. jangan tegas dalam korupsi. majulah indonesia.... matilah orang yang korupsi...

    BalasHapus
  14. Setelah mengikuti sekian lama komen2 bung BOLEROES 11 , sekarang ane komen anda sendiri.
    komen2 anda bersikap kue talam banyak warna, sepertinya anda termasuk orang2 yg kecewa atau anda seorang antek.
    komen anda lebih kepada penghinaan pd kebolehan bangsa indonesia.
    setiap satu bangsa mempunyai STRATEGI pertahanan yg lebih bersipat RAHSIA, dan tak mungkin apa yg di beli akan di umumkan secara membuta tuli.
    sbg contoh penpur sukhoi katanya ngak ada rudalnya...tapi kenyataanya, kita sdh tahu semuakan?
    kritikmu boleh pedas asal yg sipatnya membangun.
    kalau menghina itu bukan kritik tapi sipat kecewa yg tak bertempat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAAF MOHON PEGERRIANNYA BOLER ITU BUKAN ANTI INDO TAPI SUDAH GILA ,di meliter gagal dan di pecat gara2 jadi makelar sabu ,alias di PSH pazukan susah hidup .geliat tingkah lakunya kalau orang normal gak sebegitu parah ." ada cara boler supaya cepat sembuh ,kazih balok ukuran 78 .di jamin sembuh alias gak bangun lagi kwkwkw..

      Hapus
  15. Yth Anak bangsa, komen anda betul 100% Boler memang antek TNI.
    Dan Anak Bangsa antek dari hati iri nan dengki anti hati bijak bestari karena tidak mengerti yg mengkibatkan salah persepsi.
    Maklum nulis komenpun banyak yg ngaco kalimatnya bak anak SD ngaku sekolah tinggi jadi tak berarti, tapi Boler sangat mengerti ini kan akibat kurang penyaluran aspirasi, alhamdulillah tidak sampai demonstrasi rebutan simpati, aduuhh gimana ini kok jadi begini.!!!!!!

    BalasHapus
  16. Isan
    malaysia bangun tank apa?kok saya baru tau,setau saya malaysia bangun panser PARS 8x8

    BalasHapus
  17. Maaf Ano 18.42 belajar nulis dan menyusun kalimat yg bener baru nyerang ya!!!!

    BalasHapus
  18. Terima kasih bung BOLEROES 11.
    sememangnya ane hanya tamatan SD saja, akan tetapi ane tak menghina bangsa sendiri, ketimbang anda yg mengaku antek TNI, tapi pada kenyataanya anda mempergunakan pengetahuan anda untuk menghina dan memperlekeh bangsa sendiri. ane cukup tabek sama anda tapi saran ane gunakan pengetahuan anda untuk kritik yg membangun demi NKRI tercinta.
    di sini tidak ada istilah iri hati,dengki atau menolak salah persepsi. itu semua hanya ciptaan anda sbg BOLEROES 11, untuk tujuan anda sendiri.

    BalasHapus
  19. Bacalah semua komen boler maka kita akan dapat memahami isinya 1.Mengkritik semua prudusen alutsiSta NKRI 2.menghina anonim atau siapapun yg terkagum2 dan puas dengan kemampuan alutsista utamanya produk negeri sendiri 3.mengancam dengan mengaku pensiunan pasukan elit 4.mengaku sebagai seorang yg ahli dan terlibat dlm pekerjaan pengembangan semua alutsista bahkan nuklir 5.merasa paling tau dan faham nama2 alutsista, spec tehnis, kapasitas dan kapabilitas alutsista 6.merasa paling benar!!!

    BalasHapus
  20. Pak Cik, sudahlah, nasi sudah jadi bubur, tak elok lagi di ukur, biarlah Pak Cik tidur mendengkur, nak risau hamba mengendur, biar berkah datang mengucur, awak ni jadi rang makmur.
    Pak Cik kubagi kueh cucur, agar mulut tak berceloteh ngawur, kerena wa sdg giat bertempur.....di atas kasur.....he...he...he.....

    BalasHapus
  21. Sila menghujat, itu tak berat kerena bukan martabat sekedar lidah bersilat, kerena Ano punya sifat.
    Tak lekang oleh panas tak luluh karena basah, niat Boler terkabul sudah.
    Ano meradang bagai singa garang, Boler pun siap menghadang dg mem bawa keranjang, keranjang sakti bukan kepalang, untuk menutup hujatan Ano yg kelewat jalang.
    Ano kesal Bolerpun sesal, membalas hujatan panjang, akibat ilmu Ano yg kurang, tapi Anopun terus meradang, menyerang dan..........akhirnya Ano masuk ke keranjang bergoyang, sambil mendesah bak orang meruang karena setelahnya Ano akan girang.!!!!!!!!

    BalasHapus
  22. Pak cik boler ternyata masih sanggup bertempur diatas kasur dengan pelacur lewat dubur sampe ancur, sudah lupa sama umur badan pun sudah uzur tapi ngaku masih manjur tak perlu pake telur kalo ada cewek nganggu tak perduli itu sedulur yg penting nafsu BOLER tersalur!!!!

    BalasHapus
  23. Mau tank keras berat kerjasama saja sama rusia atau china,biar lah kita perdalam ilmu buat tank kelas teri sama turki

    BalasHapus
  24. Wadoooh.kasian yg baru mau belajar+tertarik dunia militer/teknologi blm apa2 sdh dimaki2.harusnya yg merasa pintar ajari yg blm pintar dengan rendah diri.tidak bisa ya bicara dgn santun sedikit?percuma jg kita pnya kepintaran klw kata-kata kita tidak bisa dijaga.

    BalasHapus
  25. Betul sekali komen sob ano 22.23,komen kok saling menghujat,kayak anak kecil ga pernah makan sekolahan apa?!

    BalasHapus
  26. dari komennya aja keliatan boler bukan orang berpendidikan, org yg berpendidikan semakin banyak tau akan smakin merunduk, sebalikny tong kosong nyaring bunyinya, alias otak kosong koar2 biar diakui dia itu pinter

    BalasHapus
  27. Peringatan :

    kalau ada komentar tidak baik jgn di hiraukan,dan jangan di balas,dan biarkan saja seperti anjing menggonggong,orng baik tetap berlalu dg komentar yang baik dan santun,karena itu cerminan orang indonesia yang berpendidikan.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  28. Boleroes specialis kopi pahit... Supaya yg masih muda gk gmpang puas n terlena utk lebih memotivasi n tergugah dalam berkarya...
    *membangun mentalitas pemuda indonesia utk lbh dewasa n bijak, serta trus berinovasi demi pengabdian terhadap NKRI*

    BalasHapus
  29. Tank Anders, tank Turret BMP3, tank Marder Torret Oto Melara....
    Saya suka... Saya Sukaaaa....

    BalasHapus
  30. sering makan tidak enak biar tangguh, biasa makan enak bikin gampang mengeluh.

    BalasHapus
  31. itu kamoflasenya anders hasil sorot lampu ya, boleh kalo dicat gitu, jadi keliatan gaul...

    BalasHapus
  32. harusnya pt.pindad ada in lomba gambar tank ke smk sama kampus biki model yg beda sama tank lain bikin mirip f1 bikin ukuran yg gede di dalam ruangan tank ada musolah nya biar nanti di pake perang pada berdoa di dalam tank biar selamat pasti tank ini laku di timteng saya pernah liat di philipin dia lgi neliti anti rudal yg di pasang di tank pake es sama magnet jadi es nya berbentuk bulat bolong nah magnet nya di taro di tengah pas di uji coba bener gak mempan sama rudal nah coba triks dri saya pasti

    BalasHapus
  33. INDONESIA TEMPAT LAHIR BETA, DIBUAI DI BESARKAN BUNDA, HINGGA AKHIR MENUTUP MATA,...SUDAH BETA KOMEN NYA ITU SAJA LAH',...MALAS LIAT BOLER YG KOMENYA MENJELEKAN KARYA ANKA BANGSA SENDIRI

    BalasHapus
  34. @ano 11.21:Iran terbukti TOT ajaran Syiah,bikin runyam negara aja,liat tuh di jember dan sampang hahah

    BalasHapus