Jumat, Mei 10, 2013
29
KUTAI-(IDB) : Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengatakan bahwa TNI akan menggelar sebuah latihan terbesar dan terlengkap pada 2014 untuk mempertanggungjawabkan kepada rakyat Indonesia kekuatan yang dimiliki TNI saat ini.

"Kira-kira akhir September atau awal Oktober 2014 latihan tempur terlengkap dan terbesar digelar dengan menampilkan seluruh alutsista yang telah diadakan Kementerian Pertahanan dan TNI," kata Panglima TNI Agus Suhartono kepada pers di Sangatta, Kalimantan Timur, Kamis.

Sebelum memberikan keteranga pers, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono menyaksikan Latihan Gabungan TNI di Sekerat, Kecamatan Bengalon, Kutai Timur Kaltim, Kamis.

Menurut Panglima, tahun depan ada dua kegiatan latihan TNI yakni pertama Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) tingkat Batalyon dan kedua latihan tempur gabungan tiga angkatan sebagai akhir dari kegiatan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II dan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat.

"Semua peralatan militer dan kekuatan tempur akan menunjukkan kemampuannya kepada rakyat, sebagai wujud pertanggungjawaban pemerintah dan TNI kepada rakyat tentang alutsista yang telah diadakan sampai dengan 2014," katanya.

Menurut dia, tahun 2014 merupakan akhir dari masa tugas Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II, maka salah satu agenda TNI adalah memperlihatkan seluruh kekuatan dan hasil pembangunan militer selama lima tahun terakhir.

Namun, kata Panglima, dalam membangun kekuatan pokok-pokok minimal itu belum bisa selesai semuanya sampai 2024.

"40 persen dari program pembangunan kekuatan itu sudah selesai. Tentu ini tidak terlepas dari peran dan dukungan parlemen melalui Komisi I DPR RI," kata Panglima yang didampingi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Marsetio dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia.

TNI, kata Panglima, menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap Komisi I DPR RI yang terus mendorong, mendukung pengadaan alutsista, sehingga bisa dilaksanakan sesuai dengan program pembangunan kekuatan menuju kekuatan pokok minimal.

"Pengadaan alutsista itu terus berjalan, tahun ini ada yang datang kemudian tahun depan juga datang. Itulah makanya perlu digelar latihan besar dan terlengkap sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI terhadap rakyat dan bangsa Indonesia," katanya.

Anggota DPR RI Komisi I H. Tri Tamtomo, SH mengatakan pihaknya akan terus memberikan dorongan dan dukungan kepada Kementerian Pertahanan dan TNI dalam rangka memperkuat pertahanan negara kedepan.

"Komisi I DPR RI akan memberikan dukungan penuh bagi TNI untuk meningkatkan anggaran APBN 2014 dalam rangka memperkuat alutsista dan pertahanan negara," kata Politisi PDI Perjuangan yang juga hadir menyaksikan Latgab TNI di Kutai Timur, Kamis.





Sumber : Antara

29 komentar:

  1. Yang penting segera terwujud Pak.. Jangan ditunda2 lagi, segera datangkan alutsista barunya.. Jgn dengerin para LSM, elit politik, dan antek asing yang merecoki keutuhan NKRI..

    BalasHapus
  2. aseeekkk!!!taun dpn bs liat Leo,Marder,Astros,Caesar,Tukino,F16 Blok 32++,Golden Eagle,aamiiin!!!

    BalasHapus
  3. wah tahun depan ada latgam lagi? dan lebih besar?

    BalasHapus
  4. Bisa menyamai kekuatan TNI spt tahun 1960-1968?
    Punya pembom TU-16, punya Cruiser dan Destroyer, KS 12 unit, punya rudal lengkap jarak jauh, radar banyak????
    Kalau belum, beli lagi dan lengkapi dg fasilitas KE, jgn pakai fasilitas State Credit.

    BalasHapus
  5. 2014 sonda dan klewang jangan lupa di turunin, terus Pantsir sama Tunguska jg boleh ikutan gabung tapi klo jadi !! Tambah rame aja nih alat mulai dari darat laut sampai udara.
    Semoga lancar dan tercapai tujuan dan cita2 dlm membangun kekuatan alusista di negri ini. Bravo tni !!

    BalasHapus
  6. Benerrrr nhiiii?

    Beneraannnnn ?

    Bener sekali atau bener sajaaa ?

    Sumpeeeeh Looo?

    Sesuatu atau cetar membahana?




    BalasHapus
  7. Kira-kira siapa ya penerus Pak SBY sebagai Calon pemimpin untuk melanjutkan MEF II dan MEF III supaya terus jalan.....?

    BalasHapus
  8. Terbesar se kecamatan apa se asean kmendan???

    BalasHapus
  9. Smoga aj MEF jilid 2&3 tdk surut, dn lbih gahar dlm hal pnggnda'an alutsista.bravo tni.

    BalasHapus
  10. Panglima agus pancen O yeee...tapi masih kurang tuh kebutuhan payung udaranya yg masih kelas sedang mana kelas medium seperti S300-S400 dan payung AD,Marinir minimal Pantsir S1 dan versi Tanknya nah kalau sudah ada itu mana class kilonya yg sudah ada di gambar masa kalah sama Vietnam...?mungkin komendan sudah pensiun...?

    BalasHapus
  11. Ano 10.19
    Machfud MD....
    Dibantu Dahlan Iskan sbgai menteri koordinator yg berani....ga mata duitan

    BalasHapus
  12. amin..., semoga saja, sebab alutsista yang berkualitas tinggi sudah hadir dipangkuan ibu pertiwi. Semoga juga duet heli attack apache & Super Cobra Zulu jg sudah ada dijajaran TNI nanti.

    BalasHapus
  13. MLRS ATROSS, MERIAM CAESAR, F-16C, RUDAL udara ke udara/rudal udara ke darat SUKOI, ROKET2 LAPAN PINDAD, MBT LEOPARD Ri, RUDAL C705 KRI CLURIT CLASS, DAN MOGA2 APACHE.
    Kapal selam changbogo belum, Fregat sigma belum, light fregat dari inggris sudah.
    Nah yg ditunggu rudal darat ke udara kelas menengah jadi apa ya?

    BalasHapus
  14. yang penting latihanya nembak kapal malon aja,,wkwkwkwkwkwk......

    BalasHapus
  15. bagus itu pak sekalian jadi latihan tembak trus ancurin ama buang2 in aja tuh ke laut alutsista2 tua.. jgn masih pada di pake pak malu2in ajah..

    BalasHapus
  16. Leoopardnya bekas juga ya?
    Kasian amat ya.

    BalasHapus
  17. Ano 16.27
    Leo yang dibeli 2a4 yang original bekas tapi udah direkondisi sama kayak punya Bundeswehr,yang Leo revo RI baru kok...

    BalasHapus
  18. Latgab TNI 2014 Akan Menjadi Yang Terbesar Dan Tertua...

    Lebih pas kayanya...terbesar krn banyak alutsista terlibat...tp tua2 dan yg baru pun refurbish atau down grade specnya (Leopard Ri)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malu...malu...malu....tertipu

      Hapus
  19. Ane tunggu aksi Leopard,CAESAR ama ASTROSS

    BalasHapus
  20. Wah...kalo pak prabowo jd presiden....pasti lbh mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap banggg mantabb amat ,paling 2 rakyat di kebiri di todong pakek senjata di culikkk di tuduh pembrontak ,maling 2 cendana berkoar 2 rampok sana rampok sini maksa bangun pabrik kayak yg terjadi di jawa timur ,tambak mau panen sang pemilik di tembakin hanya karna tutut mau bukak pabrik garam ,waktu kejadian itu aq masih sd 5 ,anggota kodam ada yg nagiss dengan kata ,kita lagi produksi anak yatim .yataaaa kann anda bella negara atau predator .???

      Hapus
  21. mengetahui bahwa Komisi I DPR RI akan memberikan dukungan penuh bagi TNI untuk meningkatkan anggaran APBN 2014 dalam rangka memperkuat alutsista dan pertahanan negara sungguh melegakan...

    BalasHapus
  22. akhirnya ada anggota dpr yg ngerti kemauan rakyatnya jg ya.. Hhe meski telat tapi bagus juga tentang pernyataannya.
    Ini baru namanya revolusi lanjutken pak dpr.. Seneng saya melihat elit politik akur :)

    BalasHapus
  23. JANGAN LUPA ALTILERI PERTAHANAN UDARA DI DARAT JARAK MENENGAH SGRA DIWUJUDKAN SEBAGAI PAYUNG UDARA PASUKAN DAN ALUTSISTA MAHAL DIDARAT. LENGKAPI DAN SESUAIKAN JUMLAH PESAWAT DAN HELI TNI AU BERIKUT PERSENJATAAN MUTAKHIR YG DIGOTONG,BUAT STRIKE AND DEFENCE WILAYAH UDARA NKRI YG MUMPUNI. DAN TERAKHIR KEPADA BAPAK PANGLIMA TNI,TOLONG BENAHI JUGA SISTEM ALTILERY HANUD KAPAL2 PERANG TNI AL. KRN SAYA PERNAH NGINTIP BLOG MILITER MALAYSIA,KEMAPUAN PAYUNG UDARA TNI AL LEBIH KECIL DARIPADA 1.THAILAND(50KM),2.SINGAPURA(15-30KM),3.MALAYSIA(4,5-15KM),4.INDONESIA(4,5-6KM),SAAT MELAKUKAN KONVOI ARMADA. SUMBER MALAYSIA MILITARY POWER(MMP). GMNA TANGGAPPAN SOB ANO2 SEKALIAN...THX

    BalasHapus
  24. Terbesar??? Jangan terlena dengan kata-kata itu nanti sudah lama nunggu setaon eh malah dibikin kecewa lagiiiii... gwa nggak percaya alutsista saja tua, banyak yg bekas hibah, jumlahnya ketengan lagiiii Ckakakakaaa

    BalasHapus
  25. Ngomong apa kamu itu,,,gak mutu blas

    BalasHapus
  26. Terbesar dan terlengkap korupsinya?????

    BalasHapus
  27. anonim 06.23,10.24 mbok kalo ngomong dipikir dulu jangan asal bicara.TNI anti korupsi jadi cabut kata''anda yang barusan.buat anonim 10.34 kalo tidak mngerti alutsista jnagnberkomentar yang bukan bukan.

    BalasHapus