Rabu, April 17, 2013
65
Komandan Kapal Selam : Saat ini ada 5 (lima) kapal selam milik Indonesia yang sedang beroperasi dengan kondisi yang baik
 
SORONG-(IDB) : Kapal selam 402 milik TNI Angkatan Laut yang sedang melakukan patroli rutinitas di perairan perbatasan negara, kemarin sore sekitar pukul 15.00 Wit singgah di Pelabuhan Sorong. Sandarnya kapal selam yang bermarkas di Surabaya tersebut, untuk mengisi BBM, serta mengisi air tawar dan menguatkan bahan makanan. 

Rencananya setelah keperluan itu tercukupi kapal selam akan kembali melanjutkan misi nya keliling perbatasan perairan negara. Komandan kapal selam Letkol Purwanto melalui wakil komandan Mayor Muhammad Dimas yang ditemui wartawan, mengatakan singgahnya kapal selam tersebut karena di Sorong terdapat pangkalan. Ia sendiri belum dapat memastikan sampai kapan kapal yang dapat menyelam hingga 300 meter dibawah permukaan laut itu berada di Sorong. namun menurutnya direncanakan dalam waktu dekat harus sudah kembali berlayar.

Bukan kunjungan tetapi kami singgah karena di sini kan ada pangkalan, untuk mengisi bahan bakar dan juga mengisi air tawar dan bahan makanan,katanya seraya menambahkan, perlunya mengisi BBM , setelah sempat tiga pekan berlayar dan menyelam untuk mengelilingi perbatasan perairan negara. Kalau untuk kondisi di perbatasan perairan sendiri sampai saat ini masih aman terkendali,tegasnya. Kapal selam tersebut sebelumnya sandar di Kupang dan melanjutkan perjalanan tujuan Sorong.

Kapal yang berangkat dari Surabaya kurang lebih satu setengah bulan lalu tersebut, mengangkut 66 anggota yang dilengkapi dengan peralatan khusus. Kapal selam sendiri, menurutnya sempat singgah di Sorong pada tahun 2002 lalu. Untuk selanjutnya kita masih menunggu perintah, bisa saja saat dalam perjalanan ditengah laut mendapat perintah gerak kemana ya kita laksanakan,paparnya. Dikatakannya,saat ini ada lima kapal selam milik Indonesia yang sedang beroperasi dengan kondisi yang baik. Kapal selam sendiri sandar di pelabuhan Sorong, tepatnya di pelabuhan sebelah kanan disamping kapal pengangkut container.





Sumber : RadarTimika

65 komentar:

  1. Benarkah ada 5 unit? Benarkah misteri kilo class kita ada? Klo benar itu ada sungguh membanggakan..

    BalasHapus
  2. Td ane sudah baca di blog lain, mudah-mudahan bener gan..

    BalasHapus
  3. Melihat kebiasaan TNI yg slalu berupaya agar negara tetangga slalu under estimet, mungkin Lima unit yg di ungkap gan!!! yang tersembunyi bisa jadi 5 juga seperti kasal ngomong "namanya senjata rahasia ya mulai dr kemampuan, spec, dan jumlahnya pastilah di rahasiakan!!"

    BalasHapus
  4. 5 buah KS yg tdiri: 3 buah U209, yaitu 2 buah kapal selam kembar dg nomer lambung 401 & 1 buah dg nomer lambung 402. 2 buah KS lainnya adlh jenis Kilo Class...mantaaaappppp

    BalasHapus
  5. Maaannntaaap bo'ongnya, wes, ewes, ilang KS yang ketiga, ke empat dan yang kelima karena masih mimpi, yang ada malah realistis tiga. Yaitu 401 & 402 KRI Cakra dan Nanggala dan satu lagi Pasopati yg jadi monumen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok tau bnget Anda! emang siapa Anda?!! Presiden?! Kasal?! Atau Panglima TNI?!!
      Di mana'' Alutsista suatu Negara tdk smua di Publikasikan!!! Klau tdk tau Lebih Baik Diam!!!

      Hapus
    2. Lah elu juga goblok sok teuu juga.. Katanya senjata rahasia.. Kok diinfokan di blog ini..masak kasal..panglima TNI segegabah itu??

      Intinya sama kita semua pada G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ tahunya karena senjata rahasia...
      Jadi terserah baiarin aja dong orang koment dan beropini terhadap sesuatu yang abu abu..
      Yaa kan??

      Hapus
  6. Mungkin yang tiga udah jadi bangke eks whiskey class

    BalasHapus
  7. keceplosan paling2 ini komandan.....

    BalasHapus
  8. Pengaburan jumlah alutsista sering dilakukan negara-negara lain dengan berbagai cara ... yang paling jelas kawan-kawan coba lihat saja di wikipedia untuk kapal selam AS, dari sejumlah kelas kapal selam yaitu kelas Los Angeles, Sea Wolf, Ohio dan Virginia tidak jelas berapa yang sudah tidak dioperasikan, berapa yang standby, berapa yang sedang retrofit atau menjalani maintenance, berapa yang beroperasi dan berapa yang sedang dibangun ... Negara besar dengan jumlah kapal selam yang banyak, memiliki banyak trick untuk mengecoh pemantauan pihak lainnya. Kelihatannya mereka terbuka dalam memberikan informasi tetapi sebenarnya tertutup karena banyak pembelokan-pembelokan data. Kalau Indonesia dengan jumlah kapal selam yang tidak habis hitungan jumlah jari satu tangan melakukan pembelokan-pembelokan data yang membingungkan yaa wajar-wajar sajalah...nggak usah saling berantemlah diantara kita ... yang penting tetangga nggak tahu jumlah dan kekuatan sebenarnya. Hidup NKRI !!

    BalasHapus
  9. ooh kapal selamnya yg kemarin di tilang sama masyarakat nelayan2 itu ya.
    Saya kira ikan paus raksasa gak taunya kapal selam..
    Badannya Besar bulet ujung lonjong apaan hayoo??? Rem becak wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  10. kenapa harus bicara ada 5 pak biarkan jadi rahasia apa maksud bapak mau publikasikan kapal selam kita?

    BalasHapus
  11. Moga2 yang 3 kasel tu ga ngimpi tni al??? Kalo bener ada kasel 3unit lagi berjenis kilo gue seneng banget,biarpun semisal dibohongin gue anggap ngimpi penuh kebanggaan...wkwkwkwkwkwk....hhhuuaahhhhyamgoreng...ngantuk ahh...mo ngimpi nyetir kasel kilo ahh..

    BalasHapus
  12. yo gak papa dikasih bocoran jawaban kapal selamnya ada 5, toh tetap rahasia karena posisinya tak bisa terlihat (kecuali mereka sedang konvoi bareng2...).

    BalasHapus
  13. Saking penginnya punya KS banyak sampai aspek penalaranpun nggak dipakai, pokoknya begitu ada berita kita punya KS apalagi dari sumber yg blm tentu betul langsung ditelan bulat-bulat.
    Sumber beritanya kan dari koran Timika Post, hasil wawancara dg Palaksa KRI Nanggala 402, mungkin ngupingnya keliru itu wartawan, memang kita akan mempunyai 5 KS tapi nanti, karena yg 3 sedang di bangun. Kalau betul kita sudah punya KS KILo, dimana dan bagaimana dukungan daratnya?
    Karena saking besarnya KS maka kolam tambat di Armada Timur tidak akan dapat disandari karena kolamnya "cetek".
    Tentu harus dicarikan tempat atau kolam tambat yg lebih dalam, disamping itu bagaimana dengan fasilitas pendukungnya , tempat untuk perawatan dan perbaikan ringan mis; Fasilitas charger Battery, pengisian BBM, pengisian air tawar, pengisian olie, dan masalah berbagai macam logistik, ya amunisi, torpedo, bahan makanan serta fasilitas messing untuk ABK, pokoknya se abreg fasilitas harus siap dulu.
    Emang KS dulu ada kapal induknya tempat "netek" kalau sedang operasi lha sekarang kita kan sudah nggak punya kapal induk KS lagi.
    Belum dari aspek informasi, ada salah satu penerbit yg diakui kesahihannya perihal informasi strategis yakni "Jane's " dari Inggris yang selalu dapat mengikuti perkembangan informasi sarana strategis milik negara sejagad raya tanpa kecuali Indonesia.
    Mungkin ada yg belum tahu bahwa TNI -AL kita sudah pernah menaikkan bendera atau ular-ular di tiga KS type 206 dari Jerman diantaranya sudah ada yg diberi nama / pentakbalan sebagai KRI "Nagarangsang" ( jaman pak Habibie) tapi karena masalah politis dan nggak mampu membayar akhirnya KS tsb tidak pernah hadir di Indonesia.
    Apalagi KS kelas Kilo yg lebih besar, lebih ganas dan lebih modern, Jane's pun sudah memberi informasi lewat Jane's Defence Weekly bahwa Indonesia akan membeli KS Kilo 2 biji tapi mengingat belum ada kebijakan politik yg mendukung jadi KS Kilo blm jadi di datangkan.
    So, jangan mempunyai kesimpulan bahwa Alutsista suatu negara itu rahasia, sudah nggak ada rahasia lagi apalgi kalau Alutsista itu di beli dari negara produsen luar pasti "bocor" informasinya.
    Yg Rahasia itu adalah aspek operasinya, nah itu baru rahasia, artinya kapan dia mulai start, kemana, apa tujuannya, berapa lama, targetnya apa nah itu baru rahasia, itupun masih dapat di endus dg teknologi survaillance dari pihak musuh, kalau musuh mempunyai kelebihan teknologi pengendusan, bocor deh rencana tsb.
    Kita kan nggak tahu kalau pangkalan KS musuh kita sudah dpt di endus oleh KS kita tanpa diketahui musuh kita, karena musuh kita belum mempunyai pengalaman mengoperasikan KS.
    Pengin tahu info saya, pangkalan KS siapa yg sudah di amati oleh KS kita?..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua informasi alutsista suatu negara yg paling tau adalah negara itu sendiri!!! Adapun informasi di luar itu sifatnya analisis yg kebenarannya 50:50!!!! Siapapun sumbernya!!! Jadi info yg anda dapatkan nilai nya sama dengan info yg kami dapat!!!

      Hapus
    2. Malaysia ???..

      Hapus
  14. bicara masalah ks selalu jd polemik...kadang bisa bikin orang ga bs tidur...dengan luas perairan indonesia...kira2 mungkin ga indonesia hy py 2 ks...
    sementara matra lain seperti darat dan udara...tni terus berbenah dgn mendatangkan leopard,astros, sukhoi, kapal permukaan pun tak ketinggalan dgn tambahan kcr, nahkoda raga, dan pkr dr belanda...
    knp menhan adem ayem aja ttg kapal selam yg 2 biji...
    pdhal kapal permukaan pemburu kapal selam py kt terbilang sdh gaek...ex jerman timur...
    yg pasti org bebas bependapt seperti apa...
    tp sy ykn indonesia py lbh dr 2 ks...byk leak di forum2 militer...biarpun masih abu2...
    kt pernah sewa ks om vijay aja byk yg ga tau...bhkan da yg bilang ga balik lg ke negarax...krn betah dimari hehehe...
    bravo pasukan hiu kencana...tabah sampai akhir...

    BalasHapus
  15. BOS BACA BOS ..

    Additional
    countries that have recently purchased Project 636 Kilo-class submarines include Indonesia, who ordered two in 2007 at a cost of $200 million each, and Vietnam, who ordered six of the vessels in December 2009 at a cost of $2 billion. [12, 35]
    --------------------------------------------------------
    ******* dalam kategori negara2 tambahan yang telah disetujui untuk membeli kapal selam, termasuk didalamnya adalah INDONESIA yang pada 2007 telah memboyong 2 kelas kilo dg harga masing-masing 200 juta dolar per unit dg pembayaran langsung, berbeda dg vietnam yg memesan 6 kelas kilo dg sistem pembayaran diangsur/pinjam lunak berjangka*******
    -------------------------------------------------

    link: http://www.nti.org/analysis/articles/russia-submarine-import-and-export-behavior/

    BalasHapus
  16. AkangSallytea, ini bukan polemik, ini kan komen ringan saja.
    Untuk KS, Kemenhan RI kan sudah kontrak pengadaan 3 unit KS "Changbogo" dg Daewoo Korsel, jadi bukan adem ayem.
    Persoalan sewa-menyewa no comment.
    Masalah keyakinan kita punya lebih KS, silakan saja.
    Pengadaan KCR, blm seperti yg diharapkan karena rudalnya belum ada,
    Nakhoda Ragam yg diharapkan belum tuntas perundingannya untuk kontrak pembelian.
    PKR dg Dammen Belanda baru dimulai rencana pembuatannya.
    Kapal Buru Selam tidak hanya kelas "Parchim" saja tapi ada kapal lain.
    Sedangkan pengadaan KS diluar yg sudah kontrak 3 unit tadi, ya KS "Kilo" 2 unit yg sudah disetujui dan dibiayai dg state Credit dari Rusia, namun belum ada keputusan politik "Ya" atau "Tidak" diambil oleh pemerintah kita.

    BalasHapus
  17. Sudah saya baca Bos, tapi berita itu belum ada kemajuan realisasinya.
    Jadi hanya berita saja, lain halnya dg Vietnam begitu pesan ada realisasinya dimana calon ABK sudah di kirim ke Rusia untuk di didik jadi ABK nya nanti. Sebagian dari calon ABK KS. "kilo" kita juga sudah disiapkan diantaranya belajar bahasa Rusia, mengadakan studi banding ke India tapi selanjutnya macet....cet nggak ada progress selanjutnya.
    Saya sangat mengerti keinginan para komentator di blog ini, namun juga harus dipahami bahwa program pengadaan KS tidak semudah beli Tank atau Panser dan Pespur atau Frigatte sekalipun karena KS adalah "Silent Killer" sangat-sangat strategis, sabar saja, kita nanti pasti punya KS baru.

    BalasHapus
  18. yg bikin blog lg ngumpet ga da komennya

    BalasHapus
  19. Bung Boler kemana aja ente. Bisa jelasin gak masalah ini? Segera ya ditunggu

    BalasHapus
  20. panggil boleroes pasti muncul !!!
    Bnr atau salah lebih dri lima kan dia pernah bicara ks dgn kode nmr lambung 2 2 2 2.. Klo ditambah 3 cbg brarti 11 dong ks indonesia over kill memang.. Jelas yg matanya sipit tiba2 melotot
    yg gak bisa jalan tiba2 bisa lari.

    BalasHapus
  21. belum termasuk kapal selam mini?

    BalasHapus
  22. Inilah hebatnya yg namanya "silent weapon" serba gelap keberadaanya. Ada maupun tidak ada keberadaanya, TOT tetap dilakukan. Biarkan kesenyapannya serta keberadaannya di laut lepas tetap sbg mysteri bagi negara skitar NKRI. Bravo TNI.

    BalasHapus
  23. Komen Ano-Ano pada top semua, namun kebenaran dan kesahihannya masih diragukan karena referensi pendukungnya nggak adequat.Coba tanya ke Boleroes saya lebih percaya. Cuma kenapa Boleroes jarang muncul di blog ini?

    BalasHapus
  24. Wartawan bodrex guys...

    BalasHapus
  25. ketika menaiki pesawat kecil dari padang, samar2 ngeliat kayak kapal selam yg nongol tp kayae mengetahui keberadaan pesawat, so nyelem lagi.. bentuke agak aneh, lonjong tapi tembem gitu. gak tau apa itu yang dimaksudkan atau bukan

    BalasHapus
  26. Jadi serba bingung... 50:50 keberadaan KS Kilo di Indonesia...
    Dari media Russia, Sudah terjual 2 KS Kilo k Indo...
    Disisi lain Gambar KS Kilo Indo seperti editan dari Kilo Kelas Negara Lain

    Jadi mana yang benerrrr....,

    Di zaman Soekarno katanya Indo punya 12 KS, tapi yang saya tahu:
    2 KS masih di operasikan hingga sekarang
    1 KS jadi monumen di Surabaya
    Nhaaa 9 KS sisanya kemana ????

    Tolong Infonya dari teman2, Sisa KS Indo yang lainnya pada kemana aja??? (apakah sudah jdi bangkai di laut)

    BalasHapus
  27. rupanya ini biang kerok nya!!!

    www.radartimika.com/index.php?mib=berita.detail&id=10721

    BalasHapus
  28. KS SENJATA STRATEGIS.. SAMPAI KAPAN-PUN ADA SISI RAHASIANYA, YG KS KOREA HANYA PROYEK "PEMBELAJARAN", SIAPA TAHU ADA KS YG "RAHASIA".. KEMUNGKINAN BESAR, YA..

    BalasHapus
  29. Yg dimaksud dg proyek pembelajaran itu yg bagaimana ano 10.54?
    Belajar korupsi? Belajar maling? Belajar ngebodohin orang? Atau belajar ............
    Kalo menurut ente KS yg rahasia itu KS tenaga nuklir atau KS yg bagaimana dan KS siapa? Punya Indonesia atau punya negara yg lain?
    Komen kok nggak mutu, yg jelas dong!!!

    BalasHapus
  30. He heheheeee...

    Sebaiknya tdk dibahas. Memang sdh seharusnya keberadaan kapal tetap abu-abu, yg terpenting kita semua yakin bhw kekuatan rentara kita patut diperhitungkan & negara lain tdk main2 sama Indonesia.

    Saya yakin bang bole tdk akan menunjukkan yg sebenarnya, klopun komen pasti jg abu-abu...

    Negara kita adalah negara kuat yg sedang membangun lebih dari kekuatannya sekarang.

    Majulah Indonesia....Jayalah NKRI

    BalasHapus
  31. mending minum bodrex dulu ah...

    BalasHapus
  32. buat@ano 11.12 pembelajaran buat kapal selam o'on, emang disini bahas apa ? baca info juga donk.. ente bego apa goblok.. jauh2 bahas ks tenaga nuklir, milik siapa ? yg dibahas apa ? yg ada aj sekarang kagak nyaho ! bego lo !

    BalasHapus
  33. mending mkn lontong sayur bs bikin kenyang....
    Yg punya blog lg senyum sndirian liat komen2 yg nongol biar pd dibuat pnasaran...

    BalasHapus
  34. Di tanya belum memberi jawaban malah di maki-maki kaya anjing buduk ajah, emang kalau nggak mampu menjawab ya bilang maaf saya nggak ngerti mungkin lain kali yah, gituh mosok maki-maki.
    Diperhatikan kesopanan ano 12.12. Keliatan sekali karakter ano 12.12 manusia kampungan, nggak berpendidikan alias golongan mbambungan. Pantesnya kumpul sama orang gokil yg ada di RS Jiwa, kecian deh !!!

    BalasHapus
  35. Kenapa kok nggak ada yang menanyakan ke Kadispenal saja perihal KS itu ada berapa dan KS nuklir, diesel elektrik atau submidget?
    Barangkali dg menanyakan ke Kadispenal akan mendapat pencerahan sekaligus puas dan tidak eyel-eyelan kakean cocot dan menghabiskan energi.
    Setuju nggak? Nah, siapa yg jadi penjuru untuk menanyakan hal ini? Ngacengkan jari telunjuk tangan kanan.

    BalasHapus
  36. Ano 06.09
    Penjelasan Anda menyebalkan. Menghancurkan khayalan dan impian. Tapi banyak benarnya, jadi terpaksa diamini, he3...
    Kalau diingat2 dari berbagai pemberitaan mengenai alutsista kita beberapa tahun ini memang penjelasan Anda benar.
    Pingin tahu donk cerita tentang pangkalan KS tetangga yg sudah diamati oleh KS kita itu mana saja? Apa benar2 ga ketahuan atau negara tetangga pura2 engga tahu krn berbagai alasan/ bagian dari strategi?

    BalasHapus
  37. pepesan kosong semua,nga punya data nga punya bukti nga ngerti militer pula

    BalasHapus
  38. asle cuman jumlah kapal selam yg misterius, ini yg buat penasaran soalnya gak jelas kelihatan bentuk nya.. abis isi bahan bakar, cek kalo ada yg rusak2 ringan bentar trus nyelem ilang lage itupun munculnya misalkan di sumatra trus bisa2 muncul lage di papua trus ngilang lage waktu dan tempat kemunculan tak bisa di prediksi...

    BalasHapus
  39. Bro kalo Dipikir" masa indonesia seluas ini cuma di jaga sama 2 lontong surabaya ituh??
    Kan kayaknya janggal bgt gitu.
    Apa sebenernya tni udah punya pangkalan ks lain ya tp gak di publish.
    Jadi yg di publish cuma pangkalan di palu yg buat tempat lontoong'nya Negara ginseng itu?
    Menurut broo broo sekalian gimana??

    BalasHapus
  40. yang jd arsenal pemukulnya ya nanggala dan cakra. belum lagi yang mini mini..hehehehe.... mau tau aja apa mau tau banget..???? kalo gak buru buru aku tanyaken ama empunya bole...beliau khan peninggalan mysteri jaman orde baru..hehehehehehe... mbah bole..metuo mbah... tak enteni

    BalasHapus
  41. tolong dong ditransletin link ini :

    http://gentleseas.blogspot.com/2009/08/where-have-indonesian-kilo-submarines.html

    (blok ausie ttg ks indo)

    BalasHapus
  42. p de komennya dong

    BalasHapus
  43. Eeeeeeeaaalah ngatukkkkk.... Masih belum jelas suda punya apa blom.... Tak tgu infonya biar aku bisa jingkrak2 merasa bangga sudah punya ks baru.... Aku tidur lagi. beritanya mawot.

    BalasHapus
  44. http://www.naval-technology.com/projects/kilo/

    BalasHapus
  45. http://science.compulenta.ru/291855/

    BalasHapus
  46. Paling engga kita punya 3 lah, waktu latihan di Teluk Palu th 2011 cakra dan nanggala ada disitu dua2nya, padahal saat itu juga nanggala lagi docking di Korea Selatan, jadi paling engga ada 1 Cakra dan 2 Nanggala...

    BalasHapus
  47. wakakaka,inilah efek mabok cucian beras...kita ini kebiasaan suka hiperbola....semua cuma ilusi....kita emang pernah mau pesan killo class tapi gagal,tapi uang pembelian ini(kredit ekspor dr rusia)emang masih ada...tapi gak dipakai dg alasan tot itu..jadi hentikan suka berhalusinasi...kayak gembel suka bergosip mercy orang aja...yg punya mercy diem,yg kagak gablek suka berspekulasi sana sini...itu penyakit para gembel

    BalasHapus
  48. hobbynya ko berandai-andai hahaha... sudah tau kapal selam itu Alutsista yang RAHASIA ko malah banyak banget BLOG yang ngebahasnya, ntar kalo ketahuan publik bukan RAHASIA lagi dong namanya.
    tolak ukurnya gini aza, dulu waktu indo susah malas-ia dan sing males latihan sm kita. sekarang coba lihat mereka deketin kita lagi and ngajak latihan bareng lagi, itu karena apa???
    terus coba malas-ia sekarang berani ngeledekin indo lagi ga, itu karena apa???
    Australia ngajak kerjasm dan yg seru lagi indo diikut sertakan dlm latihan anggota FPDA padahal Indo kan bukan anggota FPDA, itu karena apa?
    kalo para ANO pinter pasti tau jawabannya hehehe....
    I LOVE INDONESIA

    BalasHapus
  49. Sy sgt setuju pendapat Ano 18.17...biarlah semua jadi rahasia, apalagi bagi negara lain & tetangga. Kita jgn mudah percaya ma kebaikan tetangga kita, yg pada dasarnya penuh intrik & kepentingan.

    Mereka mengajak kerjasama hanya utk maksud memata-matai kita, mengukur kekuatan & kelemahan kita.

    Mereka tdk pernah bersahabat yg sebenar-benarnya, apalagi saat kita jatuh, mereka tanpa sopan santun menginjak-injak kita.

    Janganlah melalui blog ini kita membuka apa yg seharusnya kita rahasiakan... siapapun boleh berasumsi, tapi soal kapal selam tetap akan menjadi rahasia...

    Semoga semua bloger memakluminya...

    BalasHapus
  50. dipojokan timur musti di awasi lg tuh..
    Jgn lengah dan jgn salah langkah !!
    Dampak penyebaran sudah mulai terasa dlm piagam narto dan iotong..
    Sekarang sudah mulai nyata ada di guam startegi berubah menjadi segitiga.. Dari sepur, guaem dan kocel di situlah awal pengalihan isue yg di angkat dr aes lwt kout untuk membombardir dgn jangkauan yg pling dekat..
    Mungkin klo filp menyediakan tmpt untk bersandar akan lebih dekat lagi. Hebat jg yah pengalihan isunya..
    UniEurasia let's move mungkin karna ini juga mungkin benar atau salahnya kita liat aja dampak ekonominya siapa yg paling jaguh. Kabooooorr ada dtektif conan.

    BalasHapus
  51. Gan....mu percaya atau tidak monster laut kita intinya ada...sy sudah lihat sendiri...dengan mata kepala sendiri....

    BalasHapus
  52. da berapa jangan hoaxs do,,,,,,,,,,,,,,,ngxs

    BalasHapus
  53. Wahhhh mas ano ano ini pinter pinteran omongan kabeh
    kayaknya calonya DPR MPR ya salam sukses mas bro

    BalasHapus
  54. Utk membenarkan bahwa Indonesia punya kapal selam yg misterius, ada kapal selam yunani mau dijual jenisnya U-214 jumlahnya 6 buah dan kalau bisa kemenhan cepat2 mencari informasi kalau cocok. Apa salahnya kita beli, sbg pemenuhan akan kekurangan kapal selam dan kapal selamnya tdk diragukan lagi akan kemampuan. Bravo.......kapal selam NKRI

    BalasHapus
  55. saya yakin dengan luas laut indonesia ini tidak mungkin hanya ada 2 kapa selam.

    # http://tinyurl.com/terpaksa-kaya

    BalasHapus
  56. nonton u-boat watch?v=oai40MaDk-Q

    BalasHapus
  57. semur lada sekilo pedesssss......
    kaburrrrr.....hehe

    BalasHapus
  58. Coba dah diperhatiin beritanya:

    1. Komandan kapal selam Letkol Purwanto melalui wakil komandan Mayor Muhammad Dimas yang ditemui wartawan.
    2. Dapat menyelam hingga 300 meter dibawah permukaan laut.
    3. Mengangkut 66 anggota yang dilengkapi dengan peralatan khusus.
    4. Berangkat dari Surabaya kurang lebih satu setengah bulan lalu = +-45
    5. Saat ini ada lima kapal selam milik Indonesia yang sedang beroperasi dengan kondisi yang baik.

    Udah ah...nanti dikarungin...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spek nya mengarah ke papa bear.. kilo/amur kaboooorr..

      Hapus
  59. Saya yakin RI sudah punya KS kelas kilo untuk mengawal laut RI yg luas ini, petikan wawancara Wadan KS yang singgah di Sorong dg wartawan RADAR timika: Wakil Komandan Kapal menyebutkan awak kapal selam tersebut berjumlah 66 orang. Jumlah awak tersebut bukanlah muatan dari KRI Nanggala 402 type U-209 buatan Jerman Barat. KRI Nanggala 402 type 209, hanya mampu mengangkut 30-an awak kapal !

    BalasHapus