Rabu, Maret 06, 2013
34
KUALA LUMPUR-(IDB) : Juru Bicara Kesultanan Sulu, Abraham Idjirani mengaku tidak terganggu dengan serangan udara yang dilakukan Angkatan Bersenjata Malaysia di daerah Lahad Datu dan Semporna, Negara Bagian Sabah, Selasa (5/3).
"Pengeboman itu jauh dari lokasi persembunyian orang-orang kami. Mereka aman," kata Idjirani seperti dilansir AFP, Selasa (5/3).

Serangan ini dilakukan untuk mengakhiri perang yang terjadi dengan kelompok bersenjata sejak Jumat (1/3) lalu. Perang ini mengakibatkan jatuhnya 27 korban jiwa antara polisi Malaysia dengan pasukan Kesultanan Sulu.

Reuters melansir Pasukan Malaysia yang didukung oleh jet tempur menyerbu perkemahan pasukan Kesultanan Sulu selama 30 menit. Setelah itu, pasukan darat kemudian dikerahkan untuk mencari sekitar 200 warga Filipina diyakini bersembunyi di dekat perkebunan kelapa sawit pesisir.

Operasi yang dilakukan tentara Malaysia ini berlangsung selam 11 jam lebih yang dimulai sejak pukul 07.00. Para pejabat Malaysia mengatakan tidak ada korban yang diderita, namun juga tidak merinci nasih kelompok Pasukan Kesultanan Sulu.

Meskipun Idjirani mengklaim tak ada pasukannya yang tewas, namun Polisi Nasional Malaysia Inspektur Jenderal Ismail Omar mengatakan misi yang dilakukan berhasil. "Tujuan misi ini telah dicapai dan tidak ada korban warga Malaysia," ucapnya.

Seperti diketahui perang berdarah pecah di Kunak dan Semporna, Lahad Datu, Negara Bagian Sabah, Jumat (1/3) lalu. Baku tembak ini terjadi antara Polisi Malaysia dengan Pasukan Kesultanan Sulu. Hingga kini, sudah 27 orang dilaporkan tewas.





Sumber : JPNN

34 komentar:

  1. hidup kesultanan sulu.. pade galau ye pak cik hihihi...

    BalasHapus
  2. 300an pasukan sulu d lawan dg 7 batalyon tentara malingsia dan pesawat tempur jg?
    hahaha
    sungguh memalukan tu malingsia.

    maklum pasukan malingsia kan gk punya pengalaman brtempur,bisanya cuma ngebilangin ama mama elie dan ausie.
    hahaha

    semoga pasukan sulu brhasil merebut tanah mereka.

    BalasHapus
  3. Rasanya berlebihan melawan 200 an gerilyawan dengan mengerhakan jet tempur Hornet, Hawk artileri berat dan 7 batalyon + korp kepolisian..niatnya pak cik ingin sapu bersih sekali sapuan, namun sepertinya gerilyawan tsb memang dah pengalaman perang gerilya di pilipina selatan..kita tunggu dee action pak cik berikutnya..jika pak Cik gak malu, Gurkha siap terjun bantu pak Cik wakk kkk

    BalasHapus
  4. KAMI MENDOAKAN PEJUANG-PEJUANG KESULTANAN SULU

    BalasHapus
  5. cacat banget udah mahal2 terbangin hornet ama jatohin bom, hasilnya zonk

    kek gini mau lawan koppasus, memalukan . . .

    belajar dulu sana cara membom yang benar

    BalasHapus
  6. Kalau baca di kompas pagi tadi, tertulis bahwa belum ditemukan satupun mayat tentara Sulu korban pemboman pesawat tempur Malaysia. Berita tsb konsisten dg pernyataan jubir sultan Sulu di Filipina. Jadi sepertinya jenderal perang TDM kurang ahli atau terlalu percaya teknologi atau belum punya doktrin perang yg baku, masih nyontek. Jadi tanpa info intel yg akurat langsung memerintahkan bombardment ke posisi yg sudah kosong.
    Seharusnya mereka lebih mengandalkan pasukan komandonya yg konon sudah dilatih oleh SAS-nya Inggris. Tapi yah, mungkin beda doktrin dg TNI.
    Kalau melihat situasi ini, sepertinya kita boleh lega, krn walaupun peralatan TDM lbh canggih tapi urusan strategi perang belum teruji. Mungkin loh, ini baru mungkin... he3...

    BalasHapus
  7. PICIK itu bukan tanah mu picik, haram tuh hukumnya ambil kekayaan dari tanah orang lain

    BalasHapus
  8. Kalian belon tahu bgm tentera diraja malay sdg atur strategi n itu perosoh cpt ditangkp. Tentera diraja malay sohor dlm tempur n nak takut sama pero soh apalagi dg ....,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey MALON, ane jadi ingat kisah perang 300 spartan VS ribuan pasukan Persia. 300 spartan-nya kesultanan Sulu, sedangkan persia-nya ya MALON... HAHAHAHAHA... (Kalah nih yee...)

      Hapus
  9. malaysia pelanggar HAM berat...

    BalasHapus
  10. Ano 19:46 atur strategi apa nih ? Perang atau strategi ngambil hak milik tanah orang wkkwkwk ...gitu aza udh keluarin bumz dan hasilnya zonKkK ...aduh pak cik pake kacamata x hahaha

    BalasHapus
  11. Hahahhaha.....
    Guoblookk, kalian tau gak BANCI pakcik??
    Itulah kalian pakcik.
    Lawan 180 pake super hornet + hawk.
    Gagal lagi...
    Adoohhhh....
    Sana ngadu sama tante eli kalian...

    BalasHapus
  12. Lawan Lonte di Doli aja pak cik TEntaranya,wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  13. mna nie pbb dan amerika serikat,2 nma jg plangaran ham,msak orang sbyak itu di serbu pswat tempur=tank2=3 batylion,....mna rusia ,india,cina,indonesia mri kta usulkan klau mlaysia udah mlnggar ham,dan itu jlas.....

    BalasHapus
  14. woy.. Jangan banding bandingkan tentara negara orang lain dgn kita. Yg ada ntar kopasus kita pada haus pujian kaya timnas indonesia tuh.. Sekarang kita fokus aja dan belajar dari konflik tersebut.

    dan INGET keberhasilan di bagun dari kritikan dan ejekan BUKAN dari puji pujian. begitu juga MEMBANGUN LEBIH MUDAH DARI PADA MERAWAT !!
    Biarin aja dia pada perang disana Yg penting jangan sampai mengganggu kedaulatan NKRI oke.

    BalasHapus
  15. Wahai ksatria sulu... Jadilah kalian spt 300 ksatria bangsa SPARTAN. Semangat berjuang dan gigih melawan penjajah malingshit merupakan kunci keberhasilan perjuangan kalian,dan bukannya diukur dg alutsista yg canggih dan mahal. Fakta sejarah membuktikan,perang afghanistan vs rusia, hisbullah vs israel,dan yg terakhir dan terdekat yaitu bangsa kami INDONESIA VS BELANDA,JEPANG,INGGRIS. Nenek moyang kami dg persenjataan apa adanya serta senjata rampasan dengan semangat berjuang serta gigih bertempur demi kemerdekaan atas penindasan kaum penjajah tersebut,sama spt yg kalian alami wahai ksatria2 sulu,tirulah semangat perjuangan bangsa kami dan jangan pernah takut apa itu yang namanya alutsista canggih... MEN BEHIND THE GUN...

    BalasHapus
  16. Bro AdyPratama sang ksatria SPARTAN cap"Kampak Merah".kayak yang sudah ngalami dan tahu persis tenataraSpartan, paling tahu dari Googling atau mbah Wiki, komen kayak paling jagoan, ntar kalau diajak ke Sabah paling kecipirit. Makanya jangan sombong Spartan,...Spartan....Spartan.....

    BalasHapus
  17. pasukan sulu sudah menambah 10ribu orang bukan 300 lagi dari hari kemarin..
    Yeah masih ada aja yg percaya sama sinetron 300 sparta, mendingan GLADIATOR lebih mantap atau nggak tukang bubur naik haji.

    BalasHapus
  18. mampus kalian malayshit, melawan pasukan 180 orang ja pake pesawat tempur & tank segala. Mana spesial force yg kalian banggain itu macam paskal atau pasukan gaya 69 kalian?? Dasar tentara banyak bacot, gi sana ngadu ama mama eli

    BalasHapus
  19. MAlon kan memang Tolol, operasi pemboman gagal masih je banyak alasan... kesiannnn ini atokkk, bantai je atok2 nhi !!! Thu kan tanah kalian orang2 SULU... Merdekaaaaa

    BalasHapus
  20. halah! malingsial ga usah banyak cing-cong
    urus saja tuan-tuan UMNO kalian yang bersuka sodomi..
    dr.M dan para tuan UMNO jealous, tau kalo lobangnya dipake oleh Anwar sahaja..
    betul tak? kah kah kah..
    dasar negeri tak beradab..
    Sukarno benar! malaysia akan menjadi negeri paling brengsek di kawasan.
    yg melatih MNLF siapa? malaysia, buat rusuh di Filipine, yang melindungi perusuh di Thailand selatan siapa kalo bukan malaysia?
    dan gue yakin banget, otak teroris di Indonesia saat itu juga monyet-monyet dari malaysia.
    Kesultanan Sulu kalian tipu dengan hanya bayar uang sewa tanah Sabah dengan sangat murah.
    Kalau dirunut sejarah, Sabah adalah milik kesultanan Sulu dan Sarawak milik kesultanan Brunei Darussalam.
    Jadi biarkan Borneo Utara merdeka..seperti cita-cita Sukarno.

    BalasHapus
  21. @ady pratama, yang bener 30.000 pasukan alexander the great lawan 1 jt tentara persia

    BalasHapus
  22. Yah gitu deh Malaysia antara Negara dan Rakyatnya, juga pemerintahannya sama aja. Gak tau malu. Hahaha. melawan 300 orang makai senjata berat.? Banci yg takut. dasar penakut. Negeri bayi mama eli, dimanapun juga penakut. main kroyokan. Udah gitu gak dong sejarah. Dasar bayi lolog.

    BalasHapus
  23. Malaysia boleh...........!!! Boleh kalah maksudnya.......wkwkwkwkwkw.

    BalasHapus
  24. orang minta tanahnya kembali kok tdk d kasih, apakah sdh jadi tabiat pribadi jadi orang tukang rampas tanah orang. Bukankah kalian tahu hukum di negara kalian jika mencuri hukumannya apa di negara kalian. Boleh di bilang kalian dgn kesultanan sulu serumpun masa' saudara serumpun pun kalian curi kalian bunuh, bagaimana juka tetangga serumpun apa jadinya. Jika kelak terjadi lagi kejadian serupa seperti dulu wilayah kita mereka curi tak perlu Diplomasi lagi angkat senjata saja. Lihat saja Amrik dan Inggris diam aja tuh. Tai kucing.

    BalasHapus
  25. negara banci,penakut,sombong,rakus ya itu tu malonte...! 300 lawan 7000+pswt tmpur,tank,altileri bner2 negara pengecut...

    BalasHapus
  26. Yang penting Malaysia Jaya, Mlaysia Jaya, Malaysia Jaya, Indon kaya beruk, buruk muka, banyak cakap tapi corrupt dan punya senjata nak munisi, munisi di corrupt, wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  27. Buat Anonim 12.58 percayalah : UMNO pun corupt mana lah mungkin partai yg telah berkuasa puluhan tahun tak korup dan you juga antek korupnya. Cobalah berdemokrasi secara bebas seperti di Indo pasti lah partai macam UMNO sudah ditinggalkan

    BalasHapus
  28. Greek lawan Persia kan versi barat, kenyataanya yunani terpuruk daripada Iran. Sulu itu dikasih hanya sebagian kecil Sabag Timur. British kolonial harusnya balikin Sarawak dan Sabah ke Brunei bukan serahkan itu ke Malon !!!!!!""""" Ayo Malon serahkan balik Sarawak dan Sabah ke saudara RI yaitu Brunei.

    BalasHapus
  29. commnet disini kok kebanyakan saling mengejek/menghujat ya, mestinya kita saling mengulas politik atawa strategi perang ini.

    Menurutku serangan udara tempo hari itu sengaja dilakukan untuk melemahkan moral pasukan sulu, maka sengaja mengebom tidak pada sasaran.
    hal yang sejenis dan mirip juga dilakukan oleh TNI-AU di aceh dengan menghambur sonic-boom disekitar daerah peperangan (dan tidak menghambur bom).

    kalau untuk menguji nyali, jelas ini nantinya akan menjadi kericuhan jangka panjang, kecuali Malay berhasil memecah belah/adu domba kekuatan politik bangsa Sulu. Seperti yang kita ketahui trah kerajaan sulu itu kan banyak ahli waris. Ada kemungkinan besar semua keturunan
    trah sulu itu ekonominya harus ditanggung oleh Malay sebagai gantirugi/sewa tanah di sabah. sedang ranyat jelata? selamanya jadi korban

    BalasHapus
  30. Unknown 18.29

    ane udah pernah sekolah militer? sampe bisa bikin statement yang kompleks macem gitu?

    ato cman orang yang kebanyakan maen game RTS?

    ini aja sebenrnya udah di ulas sama beberapa ahli kalo ada kemungkinan malaysia sengaja bikin2 kasus macem separatisme macem sulu gini biar pada akhirnya sabah gak bisa di klaim lagi, inget om yang nengahin MILF ama filipina siapa coba kalo buakan malon, intinya pada akhirnya malaysia senang, filipina senang, orang2 jadi korban

    BalasHapus
  31. @ano 19.48
    mosok tulisan kayak gitu dianggap rumit?
    malay dan pilipine senang? saya kira engga. tapi ini alasan tepat buat malay untuk latihan dan predikat kombet prupen.
    untuk TNI, adalah alasan tepat untuk mempercepat troop deployment.
    bila keadaan nanti ber-eskalasi mau tidak mau kita akan menaggung pengungsi.

    BalasHapus
  32. Malaysia jaya (jadi pepaya), malonshit jaya (jadi srikaya), malingsial jaya (jadi makanan buaya), untuk babi babi maloners

    BalasHapus