Minggu, Maret 03, 2013
58
BELAWAN-(IDB) : TNI mengerahkan tujuh unit kapal perang di wilayah blok Ambalat yang perbatasan langsung dengan Malaysia. Kesiapsiagaan itu setelah sebelumnya sempat terjadinya gesekan antara kapal perang TNI dengan Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) di sekitar perairan tersebut.
"Ada tujuh unit kapal perang TNI siaga di sana (Ambalat), kita akan tetap menjaga perbatasan laut Ambalat. Sebelumnya sempat KRI kita bersenggolan dengan kapal perang TLDM," kata, Laksamana Pertama TNI Aan Kurnia SSos, Kepala Dinas Hidro Oseanografi (Hidros) di Mako Lantamal I Belawan, Sabtu (2/3).

Aan menyebutkan, insiden di perairan Ambalat itu sudah ditangani. Kapal perang berbendera Malaysia yang berada di perairan sengketa itu juga sudah dihalau."Apapun niatnya, kalau masuk ke teritorial tentunya kita halau. Artinya kita tetap mengedepankan upaya penyelesaian secara diplomatik," ujarnya.

Menurut mantan Dan Lantamal IX Ambon ini, dalam mengamankan wilayah batas laut Indonesia yang luas, bukanlah semudah dibayangkan. Apalagi Indonesia terdiri dari negara kepulauan yang mempunyai wilayah perairan yang sangat luas. Dia mengaku, untuk mengamankan perairan perbatasan di Indonesia, TNI masih kekurangan armada kapal.

"Kapal perang yang selalu beroperasi di sepuluh perbatasan laut Indonesia termasuk di perbatasan Malaysia dan Filipina. idealnya masih kurang. Saat ini kita baru punya 125 unit kapal perang, padahal dengan kondisi batas laut kita sangat luas atau idealnya kita mesti memiliki 350 unit kapal perang," kata dia.

Selain itu, dia juga mengaku untuk operasi pengawasan dan penjagaan batas laut, pemerintah membatasi penggunaan bahan bakar armada kapal, sehingga mau tidak mau harus digunakan secara bergantian.

"Itu pun dari seluruh armada yang kita miliki, hanya sekitar 25 hingga 30 unit kapal perang saja yang dioperasikan pada setiap harinya," imbuhnya.




Sumber : JPNN

58 komentar:

  1. wis anget lagi, ayo, kcr nya buruan ngerjainnya...

    BalasHapus
  2. koq cuman disenggol..?? Banci...
    Hajar pake Jachont..!

    BalasHapus
  3. ga ada ktegasan, bung karno mnangis.....

    BalasHapus
  4. bung karno??? beli alutsista ngutang sama uni soviet nggak dibayar2x. sampai berubah menjadi rusia, akhirnya rusia menghapus utang negara kita yang segede gunung. harusnya kita malu sama rusia. suka nggak suka bangsa ini emang bangsa dhuafa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woy! Bung karno itu pendiri bangsa Indonesia! Uni Soviet hancur bukan karena RI ngutang sama Uni Soviet, tapi mereka hancur karena korupsi yang merajalela, korupsi disana sudah gila2an dan terpaksa mereka harus bubar. Dan Soviet Union juga ngasih alutsistanya dengan baik hati pada Indonesia karena soekarno berpihak dengan blok Timor dan bersikap anti-barat yang imperiaslime. Makanya Uni Soviet dengan baik hati memberikan bantuan alutsistanya kepada Indonesia, dan alutsista yang dari Uni Soviet itupun akhirnya digunakan untuk perang dengan belanda 1949, menakuti perampasan Irian barat, dan untuk berperang dengan Malaysia yang memihak dan memilih pasrah/tunduk pada Imperialisme Inggris. Jadi jangan salahkan Bung Karno.

      Hapus
  5. Adanya sikap Malaysia yg mulai agresif kembali...menandakan adanya sinyal kelemahan pd kita (Indonesia) yg mulai ditangkap oleh pihak malaysia... Ingat pd kejadian2 yg sdh lewat, bahwa malaysia ada keberanian saat kita lemat... Hatii hatiiiiii......

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Provokativ. .
    Harusnya di jelasin kpan kjadian senggol2an kapal.
    Kayaknya udah tahunan . .

    BalasHapus
  8. Slogan tni 'loe masuk gue gebuk'
    it just BULLSHIT !

    BalasHapus
  9. Kalo gue jadi pimpinan tni udah gue tembak tu kapal malingsia.. duh miris pemerintah kita kurang tegas

    BalasHapus
  10. sikat bleh gimana sih masa diem aja!

    BalasHapus
  11. Ayo Parpol Komentar jgn duit mulu dikomentearin....

    BalasHapus
  12. "untuk operasi pengawasan dan penjagaan batas laut,
    pemerintah membatasi penggunaan bahan bakar
    armada kapal, sehingga mau
    tidak mau harus digunakan
    secara bergantian".

    Percuma aja punya laut luas tapi minyak dan gas dikuasai pihak asing. Jangankan negara ini. Amerika aja yg mempunyai teknologi maju tetap menggunakan minyak dan gas sebagai bahan bakarnya. Entah klo amerika tdk mempunyai cadangan minyak yg besar. MUNGKIN amerika dan china nasibnya akan sama seperti negara ini..

    KALO SUDAH BEGINI SIAPA YG HARUS DI SALAHKAN ?
    pasti. Ujung ujungnya rakyat juga yg disalahkan..

    Mau pakai tenaga nuklir, surya dll EMANGNYA PUNYA DUIT ???
    Yg udah ada aja ga bisa dikelola dengan baik. Maunya yg masih dalam angan angan dasar negara lawak..


    Salam reformasi tanggung

    BalasHapus
  13. pasangin aja ranjau2 laut di daerah perbatasan.so klo dia lewat trus kena ranjau ya salah sendiri.masuk rumah orang tanpa ijin

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa bolehlah kalau kapal luar yg kena ranjaunya..
      TAPI KALAU PARA NELAYAN KITA SENDIRI YG KENA RANJAU TERSEBUT GIMANA????

      Hapus
  14. Ada yg tahu enggak? 7 kri kita yg stand by di sana apa saja? tks.

    BalasHapus
  15. malaysia pondan, tldm pengecut baru disenggol udah ngacir.
    Dasar malonyet busuk.

    BalasHapus
  16. Pada minta di TEMBAK......Tu TLDM ga perlu di tembak aja SUDAH LARI.....ngapai buang" duit pake peluru.....bego ni yang minta nembak

    BalasHapus
  17. ha ha ha ...minyak banyak di konsumsi oleh kapal perang atau minyak banyak di selundupkan dengan kapal perang ....kita tahu tp gak berani omong ...entar disianida..yg membuat negara ini melara karena aparat yg menciptakan sendiri iklim tsb..polri .TNI * penjahat yg di legalkan * trus bbm dah di batasi teriak2 gak bisa patroli gak bs ini ..gak bisa itu pdhal aslinya gak bisa nyelundupin bbm..woalah kelakuan.....

    BalasHapus
  18. Haduh kawan2 itu hanya politik tentara kita!!! Perhatikan arah beritanya!! Kapal malaysia masu terus di halau terus cerita kalau tni hanya punya 125 kapal idealnya 350 kapal!!!! Ok ok rakyat sudah pAham!!! Dgn ini kami izin keen membeli 500 kapal lagi dgn catatan jangan korup, jgn penakut, jgn cengeng, tunjukkan lu nongol gw tembak!!! jalasveva jayamahe!!!

    BalasHapus
  19. sya ykin 100% qt pnya prasaan yang sma, qt rakyat kcil kangen aknskrng duit aja yg dpkirin ama elit politk. mskin amt mreka krja aja ga jujur. mmpir ya ke mhoki88.blogspot.com buat prediksi jitu. mksi

    BalasHapus
  20. klau mereka macam2 tembak aja.......

    BalasHapus
  21. jangan kan malesia perang dengan singapur negara kecil aja kita babak belur brooo, peralatan tempur kita mengalami kemunduran yg sangat keritis di banding dulu kita jaya dan di takuti di kawasan asia, ini terbukti para jendral dan pemimpinnya banyak penghianat.

    BalasHapus
  22. waah malaycia bakar menyan berarti ada undangan di laut lepas. Mungkin dia masih penasaran sama alusista yg di miliki tnial. Atau emang kepingin melihat langsung di lautan lepas maklum namanya juga setan laut autonomouse, hovercraft atau pesawat yg bisa landing di air apa ya namanya (lupa), semur, lada, yakhon, cruse, lumba lumba sang pendeteksi dan pembunuh, klewang, dll (tapi boong) :P

    klo kata menhan :ada atau tidak ya itu rahasia.. Sstt yg penting silent ngiler huahahahahahahahahaaa..

    BalasHapus
  23. pemimpin pengecut, pahlawan ngorbanin nyawa demi nkri, sekarang malah banyak yg dilepas-lepas aja bagian nkri. rakyat siap mati demi nkri, mang pemimpin tu ngak malu apa d lecehin negara lain............

    BalasHapus
  24. malaysia bangsa bandel yang susah dikasi tau. kalo bandel musti dikasih tau terus atau digebuk ya..??
    mana ni nyali jendral jendral TNI kita..?? nyali Presiden dan seluruh jajaran kabinetnya..??
    jaman sudah berubah pepatah jawa mengatakan
    IKI JAMAN EDAN YEN ORA EDAN ORA KEDUMAN
    dahulu mengabdi negara no 1 uang no sekian...
    sekarang uang no 1 mengabdi negara no sekian
    dan terima kasih... ^_^ ...

    BalasHapus
  25. udah biasa ini mah sebulan 1-2x KD nongol di ambalat, begitu ada yg nongol lagi maburrr,....yg seru mah sekarang conflict sulu, last report udah 8 org polisi yg jadi korban termasuk pamen, klo dipihak sulu kabarnya 14 org, kok jadi tambah ganas ya, ato apa mungkin ada hubungannya dgn meningkatnya konflik AL philipina dan TLDM sedang blokade laut.....sayang nggak ada postingannya ya disini.....kan masuk bidang defense juga.......

    BalasHapus
  26. Persiapan perang TNI:
    1. Yang nembak duluan yang salah
    2. Persiapan logistik yg kuat meliputi: sukucadang,minyak,amunisi,dll yg berkaitan dg alutsista.
    3. Kesiapan pasokan data2 intelejen tentang peta kekuatan militer lawan
    4. Malaysia negara persemakmura,apabila di serang duluan maka resiko dikeroyok macam inggris,singapur,brunei,new zealand,australia, hrs diantisipasi dg kekuatan alutsista dlm jmlh sangat besar,walaupun mereka ga bakalan mampu menundukkan NKRI.
    5.cadangan defisa yg kuat bt perang jangka panjang.
    Ok...

    BalasHapus
  27. ayo hajar jangan kasih ampun !!!
    hahaha !!!
    masih aja tuh ngara sok-sok.an,,,
    anggaran pertahanan cuma secuil belagunya minta ampun lu malay !!! hahaha

    BalasHapus
  28. Tuh kontras aja suruh nyerang...
    Berani gak
    Jangan berani bacot aja

    BalasHapus
  29. ini berita baru atau lama...soalnya kagak denger nih di TV. Palingan kerusuhan di sabah yang di ekspose. Lawan pejuang Sulu saja Malaysia kerepotan...atau malah minta tolong negara persemakmuran hadapi tentara Sulu ??

    BalasHapus
  30. ha....ha.... indon banyak cakap takut ke sama malaysia berjaya

    BalasHapus
  31. yg lama korbannya cuma 2 polisi,sulu korbannya 12 org itu waktu nyerbu lahad datu,...sekarang dah nambah, gua kira juga udah langsung beres tuh sulu langsung KO terus balik kampung, ternyata konflik masih berlangsung nah updatenya dah nambah korbannya 6 polisi dan 2 dari sulu....busett dehhh alot juga ternyata org2 sulu seremm juga ternyata dan TDM udah turun tangan sekarang...dan Hamburger kayaknya udah mulai ikut campur nah looo malonn....

    BalasHapus
  32. hah?? Angkatan bersenjata kok memerangi gangguan dalam negri... Hayo.. Malaysia melakukan pelanggaran HAM berat ni... mana ni suara pengamat HAM internasional...

    BalasHapus
  33. wakakakaka guoblooooook,berita basi...kejadian taun berapa nih???kalau mau buat sensasi yg up to date napa???

    BalasHapus
  34. harus cari pemimpin seperti sukarno untuk saat ini AD perketat daerah perbatasan kasih alutsista yg bikin keder, untuk AL kasih kapal selam dan kapal yang banyak, untuk AU kasih pesawat2 canggih dan persiapan cyber war. Rakyat siap memback up TNI menjadi komponen cadangan . AYO PERANG......kepalan tangan rakyat udah gatal....

    BalasHapus
  35. rasakan hukum karma..!!!, dolo mereka dukung gerakan separatis aceh, kemudian ngedukung separatis MNLF di philipina,....tanpa menghiraukan perasaan sesama negara asean, mereka jadi tentara pengawas pertama dari asean di timor leste, gagah kale perasaan die berdiri sama konco FPDAnya si oz, wowww...cyber war between malon and pinoy begin...saling serang asekkk......nahhh bagaimana rasanya punya bisul bernanah lon enakk...??....ayo sulu pantang mundur,,...!!

    BalasHapus
  36. malon detected....awwkwkwk....update kalee disini negara bebas, informasi kayak gitu nggak disensor, nggak kayak dimana ayooo...????nanya kok taun berapa makanya klo pake google jgn ke web malon doang isinya nggak mutu....sensornya banyakkk, jalan2 juga ke philipin juga, kan deket tinggal gerakin mouse beress awkkwkwkwkk.....kasian deh lo tambah berlarut tuh urusan ama sulu, malah tambah gawat kayaknya MNLF bakal ikut campur juga mantapp....tanah kontrakan tiap tahun bayar punya org aja, kok mau dihak itu lho, piye to lon....lonn dari dolo nggak insyaf2....awkwkwkwk...

    BalasHapus
  37. Yo wis qt skalian demo mngecam pnyerangan tdm trhdp tentara sulu.trus qt dkung negara sulu merdeka di depan kedubes malon sana

    BalasHapus
  38. Apakah baiknya indonesia berperang saja dengan malaysia ??
    permisi skalian mau numpang iklan pakaian dalam wanita grosiran

    http://pakaiandalamwanita.blogdetik.com

    BalasHapus
  39. mari kita tengok ke belakang....thailand vs malon > langkawi island, singapore vs malon >batu puteh island, filipina vs malon >Sabah, Indonesia vs Malon > sipadan & ligitan, ambalat, nah gue cuma mo ngingetin ama lo lon coba lo kurangin tuh sifat jelek bawaan pengen ngehak yg bukan miliknya ama sifat maling tuh, jgn suka main tikam dari belakang itu juga nggak baek pengecut namanya, nahhh itu nggak baek di laknat gusti allah, ternyata bukan cuma indonesia yang nggak betah tetanggaan sama malon yg lain juga pada empett....lon...lon....lo mah suka yg "aneh2" aja sih ahh...awwkwkwkwwkwk.....untuk apa demo bro, mending bantu doa aja kita nonton sinetron malaysia dan sediakan informasi yg berimbang jgn kayak disinformasi disonoo..nohh

    BalasHapus
  40. gw lagi nunggu komentar
    -DvD Bokep
    -mbah boleroes
    -tukan sayur

    BalasHapus
  41. menurut ane,ini cuman sekenario 2 pihak yg bisa menguntungkan bersama.
    1.malaysia sekarang ini,berhadapan dg pilihan raya[pemilu].so malaysia ingin mengalihkan perhatian publik,karena partai oposisi sekarang ini sedang di gandrungi masyarakatnya.
    2.dg adanya insiden ini,di harapkan ada peningkatan anggaran ke DEPHAN.yg ano-ano semua jg tau,negara kita sedang giat untuk meremajakan alutsista yg usang.untuk jelasnya,biar MPR/DPR gak bnyak cing-cong buat ngelulusin anggaran.

    BalasHapus
  42. Aneh padahal disana banyak org beragama apa iya kok sifatnya bisa kayak gitu sihh bro tora...?
    maaf nih sekalian numpang promosi kain sarung grosiran ane yg jual halal ini mah bro tora...

    http://grosirkainsarung.com

    BalasHapus
  43. MALON MAU MAEN2 YA PADAHAL MEREKA SEDANG GALAU KARENA PARA PRAJURIT KESULTANAN SULU DARI FILIPINA SELATAN YG MAU NGEREBUT KEMBALI SABAH DARI MALON SUDAH BERHASIL MENDUDUKI DAN MEMPENGARUHI BEBERAPA DESA DI SABAH DAN AKAN KEMBALI LAGI.. ITU MENANDAKAN BETAPA LEMAH NYA PENGAWASAN MILITER NEGARA MALAYSIA YG SUDAH BERHASIL DI SUSUPI OLEH PRAJURIT2 KESULTANAN SULU..

    BalasHapus
  44. buat yang cinta malaysia, tuh makan
    http://thestar.com.my/news/story.asp?file=/2013/2/18/nation/20130218145753&sec=nation

    BalasHapus
  45. Biarpun gun-man sultan sulu bertekuk lutut, ditundukkan, tapi sejarah sekarang mencatat dan dunia melihat dareah Sabah itu masih ada yang punya, sulatannya masih ada.

    BalasHapus
  46. Kalau lihat sulu, sabah inget kesultanan bulungan yg d duga mo gabung ke malon atau mo diriin negara sendiri bareng ketiga d atas. Keturunannya pada ngumpet d malon. Pantesan malon nuduh kita pemusnah kerajaan.. lon.. lon.. Indonesia itu Republik dan malon dipertaruhkan di Sabah.

    BalasHapus
  47. semua kerajaan didalam NKRI itu masih eksis, kerajaan bulungan kalau tak salah adalah adik dari kerajaan Brunei. saat emrdeka Bulungan masuk NKRI.
    Dari 10 thn lalu sudah dengar kalau sultan Sulu akan angkat senjata, ternyata terbukti juga.
    Kalau kita mau usil, duitin aja sultan sulu untuk menuntut haknya dan undang china untuk latihan Laut bersama.... dijamin Malon bakal teler, dan embah Ely akan datang lagi membantu. lalu silahkan malon membayar upetinya

    BalasHapus
  48. siapa mo perang? siapa? owhhh gua kira kita mo perang beneran..., taunya cerita lama ambalat ngapain diributin, udah biasa itu tiap bulan ritual, yg satu ngintip yg satu ngintai, yang ngintip muncul, yg ngintai keluar ngejer...kaboorr deh yg ngintip.....dah biasa ntu seh yg penting selama mereka nggak open fire first aja, soalnya dijamin blunder, klo cuma ngajak maen kucing2an ya kita mainkanlahh...jadi inget pelem tom & jerry...awkwkwkwk....btw klo masalah sabah biarin aja masalah internal mereka itu, jgn suka menertawakan penderitaan org lainlah, cukup tersenyum dalam jiwa masing2 saja....peace, love & gaoll, gitulochhh kata cintahh laurahhh anak pak lurah...awkwkakkwkk....

    BalasHapus
  49. @tukang sayur 2.20,
    sabah itu bukan urusan internal lagi bung. Raja sulu merupakan bagian dari Pilipina, malay masih tetap membayar sewa daerah sabah kepada raja Sulu. Kalau didiamkan terus nantoi sultan sabah jadi sungguh kehilangan daerah sabah.

    BalasHapus
  50. Tukang sayur sontoloyo itu sarkas..hihihiihi, perhatikan kalimat2 akhirnya, lagian kita nonton aja biar dunia tau dengan sendirinya, wong wartawan dari philipina ama al jazeera ditahan ama pihak aparat malon kok, bad move malon, very bad move, not good at all.

    BalasHapus
  51. Kita merindukan Pemimpin seperti Bung Karno....

    BalasHapus
  52. berjuang dengan mandiri itu lebih terpuji pak cik...!!!

    BalasHapus
  53. Nada indonesia sgt angkuh..mau tembak tp x mau berpikir..tembak kapal malaysia maka nasib tki anda sbgai taruhan..

    BalasHapus
  54. SAYA PAK ALEX INGIN BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA AKY SUGENG YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,,BERKAT BANTUAN AKY SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKY SUGENG YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DISANKA SANGKA TERNYATA BERHASIL.[ ].BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA AKY SUGENG SEPERTI KAMI SILAHKAN HBG 0823=1897=7769 INI KISAH NYATA DARI KAMI.
    ? ? ? ? ? ? ?
    +–+—–++—–
    ++++—–¦¦—-+
    -¦¦¦-¦¦¦+¦-¦¦¦¦¦
    -+++—++¦-++¦-+
    ——-+-+-+-+–
    ? ? ? ? ? ? ?
    SAYA PAK ALEX INGIN BERT ERIMAKASIH BANYAK KEPADA AKY SUGENG YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,,BERKAT BANTUAN AKY SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKY SUGENG YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DISANKA SANGKA TERNYATA BERHASIL.[ ].BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA AKY SUGENG SEPERTI KAMI SILAHKAN HBG 0823=1897=7769 INI KISAH NYATA DARI KAMI.
    ? ? ? ? ? ? ?
    +–+—–++—–
    ++++—–¦¦—-+
    -¦¦¦-¦¦¦+¦-¦¦¦¦¦
    -+++—++¦-++¦-+
    ——-+-+-+-+–
    ? ? ? ? ? ? ?

    BalasHapus