Senin, Maret 18, 2013
14
BEIJING-(IDB) : China kini telah menjadi eksportir senjata kelima terbesar di dunia denggan menggeser posisi Inggris yang sebelumnya berada pada posisi itu. Ini adalah peringkat tertinggi untuk China sejak Perang Dingin soal ekspor senjata.

Demikian diberitakan kantor berita Reuters, Senin (18/3), dengan mengutip Stockholm International Research Institute (SIPRI), think-tank yang punya reputasi dan berbasis di Swedia.

Menurut SIPRI, volume ekspor senjata China naik 162 persen selama periode 2008 - 2012 jika dibandingkan periode lima tahun sebelumnya. Pangsa pasar China dalam perdagangan senjata dunia juga naik dari 2 persen menjadi 5 persen dalam periode yang sama.

Perdagangan senjata dunia masih didominasi AS dan Rusia, yang masing-masing punya pangsa pasar 30 persen dan 26 persen. Jerman dan Perancis menduduki peringkat ketiga dan keempat sebagai eksportir terbesar senjata.

"China berkembang sebagai sumber pasokan senjata bagi sejumlah negara," kata Paul Holtom, Direktur Program Transfer Senjata SIPRI.

Pakistan menjadi tujuan utama ekspor senjata China. Sebanyak 55 persen dari total ekspor senjata China dtujukan ke Pakistan. Myanmar menyerap 8 persen ekspor senjata China, Bangladesh (7 persen).

Aljazair, Venezuela dan Maroko telah memberi frigat, pesawat dan kendaran tempur buatan China dalam beberapa tahun terakhir. China memproduksi helikopter tempur, rudal, dan dan jenis-jenis senjata untuk kategori pertahanan udara. 





Sumber : Kompas

14 komentar:

  1. Industri China hampir seluruhnya meniru Russia, beda dengan Indonesia, jauh sekali bedanya, dimana kita adalah ciptaan kita sendiri.
    Salah itu penilaian SIPRI belum tahu kondisi Indonesia.
    Payah SPRI I hate you!!! shit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik meniru tapi jelas jadinya daripada ciptaan sendiri tapi gak jadi2 ciptaan sendir ya bambu runcing boloeroes gak maju pikiranmu, jangan bangga dengan ciptaan sendiri tapi gak maju2 dan gak ada hasil teknologinya sangat jauhhhhhhh dg negara yg meniru, kamu kok pinpinbo pinter pinter bodoh

      Hapus
  2. indonesia kok nggak beli alutsista ke china.

    BalasHapus
  3. Indonesia bukan negara sosialis/komunis ...
    Jadi ya ga terlalu perlu gila gilaan bikin alutsista kayak di korut kalo diitung itung tiap keluarga bisa dapet 1 tank ....
    kalo mau banyak alutsista ... Komunis/sosialis harus berkuasa dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. indonesia itu pinter, ngembangin nuklir sendiri dan ngembangin roket dengan terpisah.

      pertama diameter kecil, terus meningkat (terus nanti ada acara, belum beres dan pura2 gagal)
      setelah nuklir dan roket yang disulap jadi rudal siap tinggal digabungin hehe

      Hapus
    2. Memang gagal kok kamu yang bodoh gak ikutin perkembangan jaman, TOT aja baru2 taon kemarin sama cina itu aja baru dikasih TOT lapisan tabung roket luarnya saja sama cina terkesan berat ngasih ilmu teknologi elektronika dan bumbu racikan campuran serbuknya gak usalah munafik bilang aja kita belum bisa kesana yang dapat memandukan rudal kesasaran kita belum bisa kesana bro jarak aja masih jauh dibawah 100km mungkin cuma 35 atw 75km jangkauan kta sedangkan negara laen misal bisa diatas 500km bahkan antar benua gak mungkin dech bisa menciptakan sendiri tanpa bantuan negara lain ilmunya

      Hapus
  4. Ini bisa dicontoh oleh Indonesia, seharusnya dari dulu kita berusaha menjadi bangsa yang mandiri, baik dibidang pangan, teknologi & industri, kesehatan, militer, dan teknologi kesehatan.

    Tapi salah kelola jadinya seperti ini, untuk saat ini kita mulai menyadari betapa pentingnya kemandirian dalam segala bidang bagi negara ini.

    Maju terus Indonesiaku.

    BalasHapus
  5. akibat ulah penguasa orde baru ,lapan dulu lebih pinter dari cina sejalan perjalanan waktu ilmuan lapan di penjara di tuduh kumunis atas permintaan sekutu ,ahirnya lapan gak boleh bikin roket di brendel .akibat tahu sendiri sekarang ke tinggalan jauh dari cina .cina hidup mandiri kekayaan alam percaya diri di kelola sendiri penguasa tidak serakah kruptor di hukum mati ahirnya cina jadi adi kuasa baru ,sedangkan indonesia tahu sendiri peguasa jadi babu sekutu imbal balik mintak dukungan kekuasaan trgissss nkri salah kelola tidak sadar kan diri ancaman yata di depan mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dg kamu bro by: wong kere

      Hapus
  6. Mantap lah.....smoga cepat meraih peringkat 2 atau 3, khan sekarang udah geser inggris.....

    BalasHapus
  7. Kitakan bisa beli j20 yg sebanding f16

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngapain beli j20 kamu kok gablok sih ya sukhoilah

      Hapus
  8. Beli j20 langsung sama amrik f16 embargo...

    BalasHapus
  9. BELAJARLAH WALAU SAMPAI JAUH KE NEGERI CINA

    BalasHapus