Kamis, Februari 07, 2013
32
JAKARTA-(IDB) : Satu nukilan info tangan pertama lain yang ARC terima adalah mengenai nasib Marder. Walaupun statusnya sebagai IFV (Infantry Fighting Vehicle), ternyata penerima tangan pertama adalah Kavaleri TNI AD. Hal ini lebih karena alasan kemudahan administrasi. Kedepannya, dari jumlah 50 Marder 1A3 yang akan diterima oleh TNI AD, sebagian akan disebar ke batalyon infantri, sementara sisanya dipergunakan oleh Kavaleri.


Khusus untuk Marder 1A3 yang akan dipergunakan oleh Kavaleri TNI AD, sosoknya akan dimodifikasi dengan bantuan PT Pindad. 

Hal ini tidak lepas dari perjanjian ToT antara Indonesia dan Jerman, dimana Indonesia akan menerima cetak biru Marder 1A3 secara utuh, yang artinya PT Pindad akan mampu membuat lini produksi Marder sendiri dari tahap pertama dengan asistensi dari pihak Jerman. 

Tentunya Pindad sendiri membutuhkan bantuan dari industri strategis lainnya, seperti misalnya PT Krakatau Steel yang diharapkan mampu mengembangkan logam dengan spesifikasi kekerasan yang memenuhi armor hardness untuk kebutuhan pembuatan ranpur.

TNI AD sendiri berharap agar PT Pindad mampu mengawal proses pabrikasi Marder, yang diarahkan sebagai basis dari pengembangan tank medium. Untuk kebutuhan tersebut, TNI AD sendiri telah melakukan studi pendahuluan mengenai ketepatan jenis kubah yang akan dipasang, karena seperti diketahui, ada sejumlah opsi yang tersedia. 

Satu yang ditawarkan saat ini adalah kubah-kanon OTO Hitfact kaliber 105mm yang mampu menembakkan munisi 105mm APFSDS untuk melawan tank. Namun untuk produk final yang dipilih, tentunya membutuhkan evaluasi lanjutan. 




Sumber : ARC

32 komentar:

  1. Wahhh....kalo memang beneran dapet blue print utuh bagus dong, tinggal dipelajari dan di kembangkan....BTW kalo leopartnya dapet blue print nya juga nggak ya....???

    BalasHapus
  2. Yang penting dalam tot bumbu atau resepnya tidak.dikurangi jerman harus full bumbunya shg racikan dlm pembuatan tank medium sempurna sesuai dg prodok asli jerman kalau lebih kreaktif lagi bisa ditingkatkan oleh pindad

    BalasHapus
  3. wahhhhh cantik bngt infonya
    german bener2 membntu Indonesia
    gk salah pak de bibie tinggal di german shingga germa baik sma kita
    hehe

    ngemeng2 baja hardnes or quencing mungkin bisa di rekayasa lagi menggunakan MBE (mesin berkas elektron)
    ane dah sharing ama profesor ane klo itu bisa
    itu membuat kekuatan baja lbih kuat 20-40% krna molekulnya lbih padat di tambah krostal yg terbentuk krna pndinginan cepat trsebut
    smoga ada orng pindad or krakatau yg bca ini biar aspirasi ane tersampaikan
    aamin

    salam anak nuklir

    BalasHapus
  4. JAYALAH TERUS INDONESIAKU..."

    BalasHapus
  5. bersyukur pada yang Maha Kuasa, atas karuniaNya akhirnya bangsa kita dapet guru yang berkualitas, semoga si murid lebih kreatif dan cerdas, sehingga materi pelajaran bisa dicerna & dikembangkan yang lebih bagus lagi. Amin, terima kasih Tuhan.

    BalasHapus
  6. beli banyakan lagi leopard 2nya biar dapet blue print leo 1 lah setidaknya, kalo bisa beserta rheinmetall 105mm-nya

    BalasHapus
  7. Jerman emang gak pelit berbagi ilmu. Yang pelit TOT itu Cina, Belanda, Inggris sama yang SUPPPPER PELIT: Jepang!

    BalasHapus
  8. Semoga indonesia dan rakyatnya semakin pintar amiiiin........

    BalasHapus
  9. ini baru benar2 berita yg di tunggu-tunggu....
    lanjutkan....

    BalasHapus
  10. Mana KONTRAS yang kemarin tereak2 masalah pembelian Alutsista???......tulung cari tahu apa tanggapan mereka ttg hal ini....pengen tahu saya....

    BalasHapus
  11. KONTRAS mungkin dah dikarungin sama den karung..,

    BalasHapus
  12. Kontras tuh serigala berbulu domba.

    BalasHapus
  13. Hebat donk jerman ngasih blueprint secara utuh... ini nih negara yg gak pelit ilmu,,kalau untuk rusia sepertinya sedikit matre,, tapi masih mending dech drpd amrik,inggris apalagi cina parah oii minta tot kebalikannya kita disuruh beli 2500 kapal dagang dari China..

    Maju terus jerman indonesia mendukungmu...

    BalasHapus
  14. Menurut wa, blue print Marder seh g begitu penting, karena Tank Marder designnya sudah kuno, kecuali kalau tank Leo 2A6 nah itu baru hebat.
    PT PINDAD lebih jago rancang bangun tank medium kalau nanti sudah masuk uji fungsi wooooh, baru kita guling-guling tank medium PT PINDAD ternyata lebih bagus segalanya daripada tank Marder yg sudah kuno.Wa, bilang, Bravo PT PINDAD,!!!
    Preeet, Marder....

    BalasHapus
  15. AMX -13 juga hebat kalau di up-grade SKS -nya, sistim komunikasi dan dpt dipasang rudal-rudal jarak pendek, sedang,
    Sedang pada AMX-13 APC dpt ditambah kanon 30 mm Mauser, dan 12,7 mm di pojok kanan kiri muka belakang atau kalau mau lebih huebat, bisa mengalahkan Marder yg kuno, di ganti mesinnya dg Detroit diesel, atau MTU Turbo Diesel.
    Jadi jgn senang dulu dg dikasih blue print Marder kuno, pdhal dg up- grade AMX-13 yg jumlahnya ratusan unit, kita bisa hemat anggaran Trilyunan rupiah serta medptkan tank huebat.
    Marder....mah..preeetttt.

    BalasHapus
  16. @Boleroes11

    agak sangsi kalo pindad bisa bikin tank medium full 100% indonesia, karena dari dulu sampe sekarang kita gak bisa buat cannon, cannon 50mm aja gak sanggup, 75mm aja juga gak kuat, retrofit anoa canon 90mm juga beli, makanya ane ragu kalo tank medium pindad isinya mini gun doang

    sedangkan marder retrofit isinya Otomelara 105mm, alangkah baiknya dibongkar tuh teknologi otomelara, dan bangsa indonesia harus mengakui bahwa kita gak sanggup bikin meriam saat ini

    BalasHapus
  17. itu si Boleroes11 asal ceplas ceplos aja,

    AMX-13 barang keluaran 1953 dibilang lebih modern daripada marder 1A3 tahun 1988?

    ngomong gak pake refrensi, amx meriam 90mm lawan marder meriam 105mm?

    diliat dari power to weight ratio aja dah menangan marder, mobility juga menangan marder, senjata juga menangan marder,

    marder dah dikasih blueprint & leopard RI aja boleh diupgrade konten lokal, AMX-13 emang ada ijin buat di upgrade sendiri? ngaco aja kalo ngomong

    ngomong asal prat pret prat pret, ego diperhatikan, dah bagus diajarin bikin panzer dari yang paling jago bikinnya,

    orang2 macem gini nih yang bikin repot, dulu juga pernah tuh diajak ama ruski bikin tank tapi di acuhin kek gak ada respek

    100% ane yakin tank medium pindad dari segi mobility, persenjataan, perisai ama sistem bidik & kommando pasti masih dibawah marder, akui kalo kita gak bisa buat, jangan suka menghibur diri sendiri ama bayang2 fantasi

    BalasHapus
  18. Kalau blm pernah nge liat tank,naik,nembak g usah komen ttg tank apalagi g ngerti riwa yat tank AMX-13,(APC,TEMPUR,SELF PROPELLED GUN-105) yg kita punya, sebaik nya cari info dulu baru komen. Masak Marder sbg APC hrs make meriam, apalagi 105mm. Kalau APC ya cukup 30mm saja plus smb 12,7mm. Komen sy brdsr pengalaman bro, meretrofit AMX. Pabrik AMX Creusot- Leore di P'cis dah tutup. Mslh retro g hrs minta ijin sm P'cis. Retrofit dilakskn di Ind. Hasilnya sdh diuji coba dan lbh bagus dr aslinya, diantaranya dpt nembak mlm dan tepat,krn pakai LRF n Flir, serta computer. Mesin diganti lbh kecil tapi pakai turbo diesel lbh kuat, suara lembut biaya harwat lbh mu rah dr aslinya. Jadi ka lau dibanding Marder kita nanti cuma jadi tukang jahit, local con tent paling banyak 20 prosen yakni nilai SDM pengin bukti komen sy, wani piro? Marder preeettt, bro. He..he..he.

    BalasHapus
  19. Lain lagi kalau mass produk tank baru, kita blon punya industri dasar dan hilir tuk dijadikan pemasok matnya tank, termasuk senjata. Apa gunanya punya gambar detail tapi nggak tahu hrs bgm, kan sama aja boong. Kalau retro tank AMX -13 kan realistis, dari aspek teknis, readiness opsnya, aspek teknologi, aspek ke ekonomiannya, lebih menguntungka, drpd membuat tank Marder baru. Jadi jgn senang dulu dicekokin sama bule. Hayo, yg realistis, pragmatis dan ekonomis dan secara politis kita lbh terhormat, gitu loh. Marder mah, preeeetttttttt, epreeeetttttt, eeeeeepreeeeetttttttttttttttt.

    BalasHapus
  20. jangan pada ribut liat hasilnya saja kayak orang sok tau semua....??paling banter yah kena tipu lagi atau dikorupsi lagi uangnya untuk tot..teot..pret..prot ..pret...dasar penipu rakyat semua...bila perlu tentaranya nembak jendralnya yg mengkorupsi alutsista TNI bagaimana...??biar enggak kerdil TNI kita untuk menjaga NKRI..setuju engak..??

    BalasHapus
  21. Menurut wikipedia "http://en.wikipedia.org/wiki/Marder_(IFV)" cuma versi Marder1 A5A1 yang ada air conditioningnya. Kalo marder yang dipesan TNI gak pake AC berabe juga, di area tropic with high humidity gak pake AC.

    BalasHapus
  22. Tank TNI nggak ada yg pakai AC, AMX -13, PT- 76, BTR -50 P, kecuali AMX -10P, atau mungkin Scorpion.?
    Lagian buat apa AC, nanti jadi manja, pakai kipas angin saja sdh bagus, atau exhaust yg besar malah sejuk, bisa liyer-liyer, alias angin yg berhembus sepoi-sepoi, nikmat deh. Pasti Anonim belon pernah ngerasain naik tank khan? Saya sampai bosan Anonim. Regedeg....regedeg....gredeg....gredeg.....suiiiing,suuuuiiing,......suara mesin diesel turbo 2 tak.

    BalasHapus
  23. @boleroes11, dah pernah naik marder dimana emang ente?

    BalasHapus
  24. By Boleroes11 : "Kalau blm pernah nge liat tank,naik,nembak g usah komen ttg tank apalagi g ngerti riwa yat tank AMX-13,(APC,TEMPUR,SELF PROPELLED GUN-105) yg kita punya, sebaik nya cari info dulu baru komen. Masak Marder sbg APC hrs make meriam, apalagi 105mm. Kalau APC ya cukup 30mm saja plus smb 12,7mm. Komen sy brdsr pengalaman bro, meretrofit AMX. Pabrik AMX Creusot- Leore di P'cis dah tutup. Mslh retro g hrs minta ijin sm P'cis. Retrofit dilakskn di Ind. Hasilnya sdh diuji coba dan lbh bagus dr aslinya, diantaranya dpt nembak mlm dan tepat,krn pakai LRF n Flir, serta computer. Mesin diganti lbh kecil tapi pakai turbo diesel lbh kuat, suara lembut biaya harwat lbh mu rah dr aslinya. Jadi ka lau dibanding Marder kita nanti cuma jadi tukang jahit, local con tent paling banyak 20 prosen yakni nilai SDM pengin bukti komen sy, wani piro? Marder preeettt, bro. He..he..he."

    komen ane :

    berarti insinyur jerman goblok2 dong masukin meriam 105mm ke marder?

    kalo begitu tolak lagi aja blue print marder sama kek nolak ajakan rusia bikin tank medium, dimana kita cman obrak abrik AMX-13?

    berarti Pindad sendiri juga bego dong bikin panser anoa versi panser cannon 90mm? kan katanya ente "Masa APC pake meriam"

    BalasHapus
  25. @Boleroes11: lo klo koment mikir dulu pakai OTAK jgn pakai DENGKUL, jijik gw baca koment lo!!

    BalasHapus
  26. orang macem boleroes11 tuh orang yang "dikasih ati minta ampla" dan skeptis kek d'hewan di gedung kura2 yang rata2 jamaah amblesiyah,

    saudara @Anonymous, sebaiknya bersabar menghadapi orang macam begitu

    BalasHapus
  27. wah....tks...adu argumentasi yg berbobot;terusin diskusinya agar kita mendapat yg terbaik..insya Allah

    BalasHapus
  28. Nah gitu dong...bagus kali itu lah, kapan PT Krakatau Steel bisa menghasilkan produk yang setara paling tidak sedikit lebih tinggi tingkatannya dari ThyssenKrupp AG.....

    BalasHapus