Selasa, Februari 26, 2013
55
JAKARTA-(IDB) : Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono berang dituding komisioner Komnas HAM tidak pernah bekerja dan terkesan hanya tidur dalam mengatasi konflik di Papua.
Sebelumnya, komisioner Komnas HAM asal Papua Natalius Pigai menyebut bahwa dalam mengamankan Papua TNI kerjaannya hanya tidur. "Saya rasa pernyataan Komnas HAM yang menyatakan TNI tidur, merupakan pernyataan yang tidak simpatik dan tidak pantas yang dilakukan Komnas HAM. Karena tidak mengerti situasinya," kata Agus, dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi I DPR, Jakarta, Senin (25/2/13).

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Staf Kodam Cendrawasih, di Papua Brigjen I Made Agra. Menurut Made, pernyataan Natalius Pigai sebagai pimpinan Komnas HAM asal Papua sangat provokatif. Bahkan, dia menyebut Natalius kurang ajar. "Itu sangat biadab, saya sudah bertahun-tahun meningalkan anak," serunya dengan tegas.

Ia menjelaskan, hubungan antara TNI dengan warga Papua itu sangat harmonis. Hal itu terlihat ketika evakuasi korban penembakan yang menewaskan delapan prajurit TNI, seluruh masyarakat berbondong-bondong untuk membantu TNI mengevakuasi Jenazah korban penembakan orang tak dikenal yang telah membusuk.

"Koramil di sana itu sama, kami tidak pernah menggunakan senjata tajam, karena kami tahu kita mengahadapai rakyat sipil, saya bertanggung jawab memang di sana ada pembiasaan TNI," terangnya.





Sumber : Inilah
 

55 komentar:

  1. Panglima,

    oknum komnas HAM itu antek OPM. Sikat aja. NKRI HARGA MATI. MERDEKA....!!!

    BalasHapus
  2. KOMNAS HAM Periode sekarang seperti sekumpulan pendekar mabok baru kemarin ribut ingin gantian pimpin komnas skrg bikin ulah baru. Ngga intelek

    BalasHapus
  3. Mereka itu sebetulnya anti NKRI, jadi hukumnya HALAL dibantai...!!!
    masak gak tau caranya sih....

    BalasHapus
  4. ngga cuma BIADAB,tapi BUAJINGAN semua itu anjing2 liberalis..pernah dengar mereka mngecam pembantaian di palestina ato rohingnya??mmg kuontol smua tu org2 komnas ham.smoga anak si munyuk natialus itu mati ditembak opm disana,biar ngrasain..

    BalasHapus
  5. kemaren waktu TNI menumpas opm, komnas ham koar2 menyalahkan TNI. Sekarang TNI diam, sampai ada yg gugur, TNI masih di salahkan. Lalu maunya gimana?

    BalasHapus
  6. anggota komnas ham gw doain lo dan keluarga lo mati semua kecelakaan lalu lintas amien...

    BalasHapus
  7. Komnas ham memang musuh dalam selimut, perlu d babat habiss...

    BalasHapus
  8. mudah-Mudahan masalahnya cepat selesai..buat komnas ham satu kata fuck!!

    BalasHapus
  9. RIP KOMNAS HAM
    RIP KONTRAS
    SAVE KPK
    SAVE TNI
    SAVE RI

    BalasHapus
  10. Sangat disayangkan bhw kehadiran Komnas HAM kinerjanya tdk sesuai dg gelar yg disandang. Komnas HAM hanyalah sekumpulan orang2 buta, telinganya tuli, hatinya tdk punya rasa & otaknya tdk bisa berfikir cerdas. Akibatnya mulutnya keluar suara tanpa saringan, yg ada hanya keluar kata2 bodoh & tdk obyektif, otakny dungu & tindakannya tdk becus. Tentara juga manusia yg juga patut dibelaa hak2nya. Komnas HAM ternyata tdk bisa membela hak azasi manusia secara benar & tepat.

    BalasHapus
  11. aaahhhh apaan itu HAM HEM HOM,, tai kucing,, emang kalo negara ini di serbu ama negara laen keluarga orang2 HAM itu yang mau nolongin,, HAM HAM silit gak ada urusan,, HIDUUPP TNI,, HIDUUPP INDONESIA ...

    BalasHapus
  12. KETERLALUAN BENER NI KOMNAS HAM!! suruh tuh orang-orang yg suka koar2 HAM maju belain negara di papua..banyak tantara kita meninggalkan keluarga demi tugas negara dan bertaruh nyawa MALAH DIBILANG TIDUR!!!YANG SEBENARNYA TIDUR SIAPA HOOEEYYY??

    BalasHapus
  13. Panglima jalankan operasi khusus!!
    Kerahkan saja gultor kopassus!!
    Jangan kalah sama densus!!
    Hajar pemberontak sampai mampus!!

    BalasHapus
  14. jendral hancurkan OPM,, dan hancurkan juga kantor HAM itu rakyat indonesia sangat2 mendukung mu,, kami jijik dengan orang2 licik, biadab berkedok HAM itu...

    BalasHapus
  15. CULIK CULIKIN AJA ORANG KOMNAS HAM YANG BERPRILAKU BANGSAT TNI JGN MAU KALAH SAMA SEGERINTIL ORANG JGN TAKUT BILA KITA BENAR

    BalasHapus
  16. kalo beneran TNI hanya tidur berarti pembunuhan anggota TNI dan warga sipil kemaren bener2 BIADAB dunk (krn membunuh org tdur) wkwkwkw....

    BalasHapus
  17. Jangan2 anggota komnas HAM ini ikut bantai TNI dan rakyat di papua????????

    BalasHapus
  18. Mereka itu UUUAAASUUUU, perlu disekolahkan pak de

    BalasHapus
  19. Sudah bukan rahasia kalau HAM merupakan Isyu yg sangat efektif untuk menekan, menjatuhkan, dan merusak negara yg di anggap berseberangan dengan kepentingan politik & ekonomi negara2 promotor HAM..atas dasar ini pula tidak sedikit dana yg di gelontorkan untuk membiayai aktifitas kantung2 organisasi HAM di negara2 tujuan menggunakan tangan2 LSM HAM untuk melakukan propaganda dari dalam dan tangan2 lembaha HAM international siap menyambutnya untuk melanjutkan kepentingan sponsornya di skala yg lebih besar...mungkin fenomena ini lebih tepat di sebut "Pelacuran Hak Azasi Manusia"..bahkan untuk sang aktor mungkin lebih tepat di sebut sang pelacur bangsa...

    BalasHapus
  20. Bedanya komnas HAM dgn komisi lainnya spt KPK dll adalah komnas HAM lembaga paling dibenci rakyat indonesia krn indonesia ada bangsa timur jgn disamakan dgn bangsa barat. Kepentingan individu tdk boleh mendahulukan kepentingan masyarakat dan negara. Indonesia hrs mencontoh cina, yg bisa bersikap tegas dan langsung aksi tanpa banyak omong shg pekerjaan bisa selesai. Tdk perlu dihiraukan HAM, cepat dan bersih dan terencana

    BalasHapus
  21. wah maen culik bunuh itu jman soeharto..tapi efektif juga seh..hehehe... reformasi ni prasaan tatananya makin carut marut pada kebanyakan undang undang..keblinger juga ma aturanya yang dibuat. begitu aturan dibuat banyak dilanggar..begitu ada yg salah dijerat pasal banyak bgt..
    undang undang kebanyakan direvisi..udah direvisi dilanggar lagi.. mo bahas HAM.. yang gugat HAM minta uang tutup mulut. yang ngasi uang tutup mulut hasil duit korupsi...wadooooh komplit...!!! cape cape mikiran ham...mending makan ham-burger.

    BalasHapus
  22. K0MNAS HAM slamany akn mngrong~rong NKRI satu~prsatu wlayah akn dlepaskn dri NKRI dgn isu planggrn HAM.mreka adlah antek2 dri agen blok barat yg ingin mmecah belah wilayah NKRI. Kata satu utk rakyat indonesia hapus KOMNAS HAM dri bumi indonesia.

    BalasHapus
  23. gantian saja pak Komnas HAM suruh pake baju TNI,kasi Senjata,jadikan pagar betis di depan Pos jaga biar pada mampus semua....
    Gak ada yg nangisi pak kalo KOntras n Komnas Ham anggotanya pada mati....

    BalasHapus
  24. Oi.. pada lihat Garuda Militer.. BALKANISASI INDONESIA. Gak usah pikirin LSM sama komnas ham Pak.. Beli aja Kilo class 4 unit, S 300PMU, Pantsir. Orang negara terancam BALKANISASI kok masih adem ayem aje.. Aliran PETA apa KNIL sih?

    BalasHapus
  25. siapa sih yg mbikin komnas ham dlu?kok isinya bajingan-bajingan smua?

    BalasHapus
  26. para bandit tengik komnas ham itu harus minta maaf sm smua anggota TNI d indonesia.terutama si beruk natalius itu.itu org mikir pake perutnya kali ya.sy ngga yakin didalam kpala besarny itu ada otaknya.

    BalasHapus
  27. Kalo Gwa jadi Panglima, Asli bos gw suruh bawahan gwa tuk bantai thu orang sekalian keluarganya jadi taruhannnn....
    Jaman Pak Suharto orang-orang kayak entu sudah lama kena sikattttt....

    BalasHapus
  28. Andai aja sby sekarang kayak jaman pak harto.
    Tuh orang" ham pasti udah pada mateeee semua

    BalasHapus
  29. berlakukan culik menculuk aja biar mulut orang2 lsm itu enggak sembarangan kowar2 semoga uundang2 utk lsm cpt jadi klo blm bisa ya jaman pak harto jalankan biar negara enggak ada bangkai busuk yg nggerogotin NKRI tercinta

    BalasHapus
  30. KOMNAS HAM ANTEK ASING. PENGHIANAT BANGSA DAN RAKYAT INDONESIA. DEMI KEPENTINGAN PERUTNYA SENDIRI.
    KOMNAS HAM BAJINGAN = LEBIH BAHAYA DARI TERORIS

    BalasHapus
  31. bubarkn aj LSM2 yg mmbhayakn NKRI .bungkam mulutny dgn moncong snapan,mreka tdk pntas mnjadi wrg ngra indonesia.
    Komnas HAM biaaadap...!
    ~~~~! !~~~~~ pnghianat bangsa...!
    ~~~~! !~~~~~ antek asing brkdok LSM..!

    BalasHapus
  32. Bentuk LSM dr keturunan jawa papua(Japa), sbg Pembela Nusantara Papua(PNP) dan LSM yg minir serahkan ke PNP biar diselesaikan secara adat.

    BalasHapus
  33. KOMNAS HAM = teroris

    BalasHapus
  34. maklommm komnas ham bisa bin atang ya mcam tulah!!!!!"

    BalasHapus
  35. Ini KOMNAS HAM udah gila kali yaa ... TNI dulu diharuskan kembali ke barak ga boleh ikut campur keamanan dalam negeri karena itu tugasnya polisi ... sekarang udah ditembak mati 8 orang TNI dibilang tidur-tiduran ajaa... maunya itu orang apa yaa??? ... nanti kalau TNI kembali trengginas main sikat culit tembak demi NKRI ... si Komnas teriak-teriak lagi didukung sipaman gembul .... wah wah ni dunia udah gila semua ...

    BalasHapus
  36. KOMNAS HAM/LSM adalah TERORIS yg sesungguhnya!!!
    mereka tidak lebih baik dari penghianat bangsa!

    SAY NO TO KOMNAS HAM/LSM!!!


    BalasHapus
  37. Buajingan kbeh arek2 komnas ham,njiancuxx tenan kbeh..

    BalasHapus
  38. Buajingan kbeh arek2 komnas ham,njiancuxx tenan kbeh..

    BalasHapus
  39. Anjing2 liberalis biarkan menggonggong,tni tetep jalan.bunuh smua opm yg mbrontak.halal hukumnya mnumpahkan darah para pmberontak..

    BalasHapus
  40. Sebagai bagian dari ilmu Agitprop (Agitasi dan Propaganda) maka yg keluar dari mulut anggota HAM tersebut sudah mencapai sasaran.
    Ini dibuktikan dari counter attack alias balasan dari petinggi TNI, belaiu sudah mulai marah yg sebenarnya pribadinya jarang muring/marah.
    Dari aspek penanganan apapun yang terjadi di Papua, kelihatan sekali tidak tegasnya policy pemerintah dalam hal ini, yang takut HAM Nasional maupun HAM Luar, dan masih banyak pertimbangan lagi. Sementara di satu sisi, korban di pihak kita sudah berjatuhan tanpa berhasil melokalisir dan menjepit posisi atau keberadaan perusoh.
    Bandingkan dg apa yg telah dilakukan TNI di Mapanduma, dalam rangka menyelamatkan 100 sandera yg di kuasai kelompok Kelik Walik.
    Taktis, cepat dan sigap dengan kondisi alam yg sama dengan Tingginambut maupun di Puncak Jaya, dilakukan observasi dengan UAV karena kalau memakai Heli sangat terbatas, jam terbang, obstacle alam, dan biaya ops tinggi. Pemakaian Alkom special buatan Tadiran Israel yg memang khusus untuk mengatasi alam Papua dan berhasil dipakai dg baik waktunpendakian Hilmalaya.
    Dg kelengkapan di UAV yg dpt di ganti, misi pemotretan, misi pemutakhiran koordinat, dan berfungsi sebagai repeater alkom pada saat penyergapan maka resiko dan hasil penyergapan dapat terlaksana dg baik.
    Menurut saya, dengan pemakaian senjata api dan konsentrasi kelompok penyerang maka saya kira kalau UAV dilengkapi dg peralatan penjejak panas, akan memudahkan kita untuk mendeteksi dimana posisi mereka.
    Masalahnya para prajurit sudah mempunyai kemampuan mengindera sitim Imaging belum? Karena UAV ini mampu pula di operasikan siang dan malam, nah kalau malam akan lebih mudah terdeteksi karena dijaminmereka pasti membuat perapian.
    Prajurit kita harus sudah mempunyai peralatan camera on head atau dipasang di topi baja yg terintegrasi dg peralatan Alkom mereka sehingga di Kodal akan dapat mengikuti gerakan prajurit secara real time.
    Peralatan yang saya sebut tadi sudah banyak di jual secara umum dan harganya tinggal pada kualitas serta fungsinya.
    Dari uraian artikel dimana disebut bahwa saat di tembak prajurit kita sedang dalam kegiatan untuk mengambil alkom, mengapa sih, pd waktu mereka berangkat kok nggak dibekali Alkom khusus?
    Saya jadi trenyuh, dan ngeres di hati kalau membaca tragedi ini.
    Kasihan dengan para pimpinan di wilayah seperti Papua yang eskalasi kegiatan perusuh bersenjatanya tinggi namun tidak dilengkapi dengan material alutsista yang mendukung keberadaan prajurit di alam yang susah dan ganas. Saya yakin prajurit yg ada di garis depan tidak dilengkapi dengan Night Vision Google yang sudah level 3 G.
    Tidak ada Alkom yg sesuai dg kondisi alam Papua yg bergunung - gunung dan berbukit-bukit, apalgi Kaporlap se level pasukan khusus walau prajuritnya punya kemampuan sebagai pasukan khusus.
    So, ??.??

    BalasHapus
  41. KOMNAS HAM = KOMISI NASIONAL HANYA ASAL MANGAP
    Anjing Asing
    amrik aj kata PBB pelanggar ham berat, ini yang biayain banyak asal amrik... jhancook

    BalasHapus
  42. Betul Om Boleros.. sikap apapun pasti dianggap salah sama Komnas Hanya Asal Mangap ini. So tindak tegas aj ky di Mapenduma dlo.. percuma ngeluarin biaya pendidikan dan pelatihan Pasukan Khusus kalo hanya untuk "pajangan", takut digunakan... hadeeehh

    BalasHapus
  43. komnas ham itu kan perpanjangan tangan antek2 asing, jadi jangan takut untuk menindak tegas para anjing2 liberalis itu. MAJU TERUS TNI... NKRI HARGA MATI...

    BalasHapus
  44. aduh, komnasHAM lagi.....
    konasham itu ingin indonesia terpecah2,
    yg di bela cuma penjahat.
    ngeliat muka-muka anggotanya aja ud mau muntah...
    BUBARKAN KOMNASHAM...........

    BalasHapus
  45. Sebaiknya mahfud md gak usah ikutan nyal0n presiden.
    Jadi ketua k0mnas ham aja. .
    Sepertinya rame. . .
    He he. .

    BalasHapus
  46. KOMNAS HAM MERUPAKAN CORONGNYA BARAT

    BalasHapus
  47. Udah cukup k0mennya.
    Liat tipi. .
    Si natulius udah minta maaf pada TNI,dah di terima panglima. .

    BalasHapus
  48. Minta maaf ngga cukup,hrs sungkem sama smua anggota tni trutama kluarga prajurit yg gugur kmren

    BalasHapus
  49. Sungkem aja ngga ckup,minimal ganti rugi msg2 kluarga1milyar.klo ngga sanggup y jd babu d rmahny aj min 1 bln

    BalasHapus
  50. Beuh.. sing sabar pak jendral. Jangan bahas dendam dendam lagi. Fokus utama adalah, dari mana itu OPM dapet M16, Realisasikan secepatnya Changbogo, radar dan UAV untuk deteksi pergerakan rantai suplai logistik senjata dari tetangga2 sialan.
    BIN...??? udah dapet selongsong belum dari TKP? darimana asalnya? berapa jauh jarak tembaknya?
    kan ketauan.. jika mereka memang terlatih, siapa yang melatih mereka?

    BalasHapus
  51. kita bisa ngomong apa sama mereka, otaknya sudah rusak orang itu. kau lihat kehidupan komesioner ham dari papua satu ini paling dia waktu ngomong sedang di pengaruhi alkohol/mabuk. kita sudah tahu model atau adat dari orang ini bodoh, pemabuk, penzinah suka bikin onar. pokoknya parah

    BalasHapus
  52. SEKEDAR INFORMASI............
    45% BERASAL DARI KALANGAN PREMAN & ORG2 YG KURANG INTELEKTUAL NYA.

    22% BERASAL DARI DIDIKAN Central Intelligence Agency (CIA) USA.

    5% BERASAL DARI MOZART ISRAEL MEREKA YG MENDANAI KHUSUS UTK MENCIPTAKAN ISU2 YG TIDAK SEDAP DIDALAM LINGKUNGAN MASYARAKAT, EKONOMI, POLITIK, & MILITER.

    BalasHapus
  53. Kesimpulannya : rakyat mendukung tugas TNI dan melengkapi alutsistanya. Kalo ada yg mempersulit peremajaan alutsista berarti mereka diragukan Nasionalismenya. Kadang mereka mengatasnamakan rakya..tapi rakyat yg mana ??? wong rakyat mendukung sepenuhnya TNI demi NKRI...betul nggak saudara2..

    BalasHapus
  54. komnas ham paling senang kalau yang bermasalah itu tni, dia pikir tni bukan manusia... Koruptor malah di bela... Rakyat busung lapar bengong aja... Anjing bangsat, Preman tiap hari malak, bunuh rakyat sampai tni dibunuh juga, ngerampok, perkosa orang Kemana komnas hak asasi anjing itu... Waktu anggota kopassus dibunuh mereka adem ayem aja... Bangsat itu pikir anggota kopassus itu bukan manusia? Giliran kopassus langsung kayak anjing dikasih tulang... Goyang2 ekor menggonggong tak karuan... Babi..

    BalasHapus