Minggu, Januari 27, 2013
33
JAKARTA-(IDB) : Mabes Polri beberkan soal pembelian kuda dan anjing yang harganya mencapai Rp 16,650 miliar . Hewan-hewan tersebut rencananya dibeli dari Belanda maupun negera lainnya yang kwalistasnya mumpuni untuk kebutuhan reserse.
 
Menurut, Asisten Perencanaan Polri (Asrena) Irjen Sulistyo Ishak, pembelian hewan tersebut diambil dari pos sarana prasarana sebesar Rp1,356 triliun. Selain untuk kebutuhan hewan satwa juga dianggarkan untuk alat komunikasi dan transportasi.

“ Untuk anjing, Polri menganggar dana Rp13,5 miliar untuk pembelian 90 ekor anjing.

Dengan estimasi satu ekornya dihargai USD 8-9 ribu. Namun itu tidak hanya dilihat harganya akan tetapi kebutuhan dan manfaatnya,” jelas Irjen Sulistyo Ishak.

Hewan tersebut memang dibeli di luar negeri sehingga ada biaya tambahan dalam anggaran ini. Seperti PPh, PPn, biaya akomodasi, biaya transportasi pengiriman dari lokasi pembelian ke Indonesia, biaya karantina, biaya pajak masuk, serta biaya transportasi lokal untuk pengiriman ke satuan wilayah yang akan disalurkan.

“Anjing-anjing tersebut untuk didistribusikan ke 31 Polda dalam rangka pengamanan Pemilu 2014,” ungkapnya.

Sedangkan masalah pembelian kuda, Polri mengganggarkan Rp3 miliar untuk pembelian tujuh ekor kuda yang dihargai masing-masingnya mencapai USD 20 ribu.

“Anggaran tersebut sudah transparan dan boleh dilihat diinternet harga hewan tersebut,” bebernya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Suhardi Alius, menambahkan, spesifikasi anjing dan kuda ini juga bukan sembarangan. Menurut Suhardi, 90 anjing ini akan didatangkan dari Belanda dan memiliki kualifikasi berbeda.

“Anjing tersebut mampu mengendus adanya bahan peledak atau narkotika. Memang hewan tersebut spesifikasinya khusus tidak sembarangan,” sambungnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Kepolisian rencananya mengalokasikan dana untuk pembelian satwa anjing dan kuda sebear Rp 16,650 miliar. Jumlah tersebut digunakan untuk membeli 90 ekor anjing dengan anggaran Rp 13,5 miliar, dengan kisaran harga anjing dunia di harga USD 8-9 ribu.

Sementara sisanya sebesar Rp 3 miliar, Polri akan membelanjakan untuk pembelian 7 ekor kuda yang masing-masing seharga sekitar Rp 450 juta.




Sumber : Poskota

33 komentar:

  1. emangnya mendesak dan harus sebesar itu ya pak..mank cari anjing dan kuda yg berkualitas harus impor ya pak..bukannya kita lg menggalakkan produksi dlm negri capt..

    BalasHapus
  2. Lol...emang anjing lokal cuman bisa mengonggong doang and bodoh

    BalasHapus
  3. Pak polisi hati2 impor anjing dari Belanda nanti malah menjajah kita kayak dulu ada ANJING NICA

    BalasHapus
  4. Pak ikut Porbi aja PERSATUAN BURU BABI INDONESIA, anjingnya juga bagus2 ha2

    BalasHapus
  5. buset, anjing aja impor dari negeri orang. Parah banget negara ini :v

    BalasHapus
  6. Kuda dan anjing cukup prodok dalam negeri saja buang2 uang saja

    BalasHapus
  7. perasaan aku punya sodara juga punya kuda...
    kudanya udah sering dapet juara sampek Tingkat Provinsi....
    harganya tertinggi cuma 120an juta....
    emang yg di beli Polri nie kuda terbang ya kok sampek mahal bgt n harus import....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, jangan samain kuda lokal dengan friesian stallion, ini jenis kuda terbaik di eropa yg banyak di buru untuk keperluan perang sejak jaman kerajaan.

      Hapus
  8. mungkin kuda unicorn tu kan bisa trbang, kalo lokal ya kuda lumping hehe..

    BalasHapus
  9. atur saja bro, kalau sudah spt ini males dan mules perut wa.

    BalasHapus
  10. LOL ! Beli Anjing aja harus Import ??

    BalasHapus
  11. Perlu di selidikin tu........jangan2 kyak simulator SIM.

    BalasHapus
  12. Anjing menggongong kafilah tetap berlalu... Naik kuda..

    BalasHapus
  13. pake tot gak beli anjingnya? lumayan buat ngebenerin ANJING2 markup di polri, biar lebih canggih lagi mark up nya!! cih!

    BalasHapus
  14. “ANJING TERSEBUT MAMPU
    MENGENDUS ADANYA BAHAN PELEDAK ATAU NARKOTIKA".
    bisa ngendus uang haram ga tuh.
    Mending Beli lumba lumba aja buat ngedetek ranjau laut sama kapal lawan...

    BalasHapus
  15. emang polri ga bisa melatih anjing lokal ya....?? Hahahaha...... kalah sama tukang doger monyet yg bisa melatih monyetnya buat cari duit.... Beginilah aparat kalo hasil sogokan....... Skill ga mau diasah......,maunya terima jadi....... Masih bangga jadi aparat indonesia.....?? Hihihi....... Mental sosis semua......

    BalasHapus
  16. bli anjing n kuda dr luar negri..?kayanya mungkin mahalan ongkirnya ma pajak dr pda harga barangnya yah?

    BalasHapus
  17. nauzubillah anjing hargae 70-80jt terus kudanya 450jt, apa nggak dicoba pak pake CELENG dolo aja pak cari anakannya gedein dikit biar jinak....idungnya jauh lebih tajem dibanding anjing pak dan dijamin itu demonstran ato huru-hara pasti maburr kabehh daripada kuda ganti gaya dikit pak coba nggo GAJAH SUMATRA ae.....lain daripada yang lain gitu pak dipastikan tidak ada lagi demonstran ato huru hara yang bakalan berani ngumpull.......

    BalasHapus
  18. He...he...he...he..... komentnya sakartis tapi lucu banget, Gajahe Polisi teko.....Gajahe Polisi teko, bubar....bubar.... pendemo....belakangnya ada Celeng gedem.......he....he....he warakkkkkkkk, nganti mules wetengku.

    BalasHapus
  19. waduh ekor nya aja kok sampe ratusan juta ya, kepalanya pasti lebih mahal.hehe

    BalasHapus
  20. itu baru anjingnya import... belon makanannya. nggak mungkinkan dikasih nasi ama toge goreng. Coba liat di supermarket harga makanan anjing berapa harganya. Sementara majikannya makan... ya itu tadi nasi toge goreng.

    BalasHapus
  21. @anon 00:24, kalau bisa ngendus uang haram tuh anjing, yg pertama di gigit ya tuan Polri nya itu... WKWKWKWKWKWK.. Prabowo aja banyak piara dan kawinin kuda impor dengan pelatih asing, tanyain tuh ada yang di jual apa enggak.. pasti lebih murah !!!

    BalasHapus
  22. Temen hobiis ikan gue yg Tionghoa aja banyak ternak anjing2 impor ! Murah dan terlatih ! Ngapain beli dari Belanda. Simulator juga nichh

    BalasHapus
  23. semua.. semua.. harus serba import.. hiduuupppp import... parah2.. emang gak bisa gitu anjing ama kuda lokal di latih.. cintailah dan gunakanlah produk2 hasil karya buatan bangsa indonesia agar bangsa indonesia menjadi lebih cerdas dan sejahtera kayak kata pak sby sering gembar gemborkan kalo lagi pidato itu.. tapi mana buktinya.....

    BalasHapus
  24. Anjingnya oke lah (gw ga gitu ngerti dunia per-Anjingan), tapi kebutuhan buat beli kuda itu apaan?? bubarin kerusuhan?! bah, mending beli mobil anti huru hara jelaas bagusnya, lama masa pakai.. Polisi - Polisi tingkahmu kini....

    BalasHapus
  25. BINGUNG GW, beli anjing aj masih mau sama belanda...
    beli anjing dari german donggggg,
    kuda bisa dari australi atau yg lainnya,
    kenapaseh cinta banget sama belanda.
    enek gw ngedengernya , belanda belanda mulu,
    biar punya harga diri knapa seh...

    BalasHapus
  26. parah banget, kurangrasional itu duit bisa di alokasikan ke persenjataan yang lebih berguna. emang anjing dan kuda semahal itu terlalu urgent apa ya.
    rasanya menghambur-hamburkan uang aja. huda buat ngusir huru-hara mah ga pada takut bung, pake panser, harga 1 kuda = 1 Panser komodo atau 2 truk perkasa. itu kuda juga paling cuma mejeng di acara-acara upacara aja tuh munculnya, kuda pacuan lokal aja bagus bung, acara gth pake kuda imPROT.. LOL.. miris, ketika TNI saja menghemat dalam membelanjakan anggaran minim nya dan masih mengoptimalkan peralatan yang serba BEKAS. sedangkan POLRI membelanjakan anggaran nya dengan HAL YANG KURANG RASIONAL.

    BalasHapus
  27. Kuda untuk apa???
    Jangan2 kudanya mau di pake pejabat tinggi balapan liar di hutan pulau jawa mahal amat.....

    BalasHapus
  28. Kalo beli anjing dan kuda import kan ada biaya tambahannya ya..itung2 polusnya masuk kantong dong...Haaa...maklum siapa yg kagak mau polus gede kan kalo beli di indo kagak daPet apa2..

    BalasHapus
  29. waduh..ngapai beli anjing dri luar negeri..?mahal lgi..kan banyak anjing2 yg didalam senayan jakarta?anjing yg pura2 membela rakyat,atas nama rakyat,agama dll..dan lebih murah lo..krena anjing senayan ini murahan.contohnya buat statement yg blm tentu jelas kebenaranya yg tujuanya ingin menjatuhkan pemerintah,partai politik tertentu..itukan sangat murahan...h h h jadi pantas dunk klau oknum tersebut saya sebut anjing murahan..?

    BalasHapus
  30. gak logis beli hewan mpe milyaran..buang2 uang negara. emg inggris polisi pake kuda? apa mau tiru2 film bonanza...sherif koboy amerika??? ntar lo kurang kas ato kurang uang makan kan bisa cari cari duit kasih surat tilang.. ato bisa minta jatah uang keamanan ke pedagang. aparat negara yang nyusahin ya cuma polisi... njanjuki.. gitu kok ngayomi masyarakat..nyusahin masyarakat iya..

    BalasHapus
  31. Eh..kalo emg d dalam negri ada yg kualitasnya sperti itu.loe bawa aja...sok kepinteran kadang lo koment!!
    Otak d pantat kali

    BalasHapus
  32. ini anjingnya udah di cek apa belum cocok dengan geografis indonesia.... jangan2 ntr sudah jadi dibeli sampe sini kulit tuh anjing bentol2 hahahahahaha

    BalasHapus