Kamis, Agustus 16, 2012
1
JAKARTA-(IDB) : Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengungkapkan, Amerika Serikat kembali menawari hibah pesawat tempur F-16 saat Sekjen Kementerian Pertahanan Marsekal Madya TNI Eris Herryanto berkunjung ke negara itu pekan lalu.

"Mereka (AS) positif untuk menambah hibah lagi," kata Menhan kepada wartawan di Kantor Kemhan, Jakarta, Rabu.

Pengiriman 24 pesawat F-16 bekas pakai yang sebelumnya telah direncanakan akan dihibahkan ke Indonesia, hingga kini belum terealisasikan.

Purnomo mengatakan, tawaran dari pemerintah AS itu akan dibicarakan kembali. Jika disetujui, maka akan sangat berpengaruh pada peningkatan kekuatan dirgantara karena jumlah skadron tempur TNI Angkatan Udara bisa naik hingga tiga kali lipat dari yang ada sekarang.

"Hibah ini akan mempercepat pencapaian program kekuatan pokok minimum (minimum essential force/MEF) TNI," ujarnya.

Ia mengaku tidak khawatir akan kemungkinan terjadinya halangan dalam proses realisasinya karena dimungkinkan situasi politik di Amerika Serikat berubah, jika Presiden Barack Obama gagal terpilih pada pemilihan mendatang karena rencana hibah tersebut telah melalui persetujuan parlemen setempat.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal Kemhan Marsekal Madya TNI Eris Herryanto tidak menjelaskan secara rinci berapa jumlah pesawat yang akan dihibahkan kembali oleh Amerika itu, namun pesawat yang akan dihibahkan itu memiliki spesifikasi yang sama dengan 24 unit F-16 yang lebih dulu dihibahkan.

Pesawat F-16 itu akan di `up grade` kemampuannya menjadi setara pesawat tempur F-16 Blok 52. Dengan up grade tersebut, maka pesawat akan mampu terbang dalam kurun waktu sekitar 15-20 tahun lagi.

Diperkirakan hingga 2014 nanti ada sekitar 45 alutsista bergerak, termasuk pesawat tempur maupun angkut, yang tiba di Indonesia.

Terkait penambahan jumlah pesawat tempur dan pesawat angkut yang akan dimiliki oleh TNI Angkatan Udara, Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Udara Marsda TNI JFP Sitompul mengatakan, TNI AU sudah melakukan rekruitmen penerbang setiap tahunnya sekitar 30 orang.

"Dengan rekruitmen yang berjalan tersebut, diprediksi penambahan puluhan pesawat akan tetap bisa diawaki," ujarnya.


Sumber : Antara

1 komentar:

  1. Jgn trjebak lg dgn politik mnjerat ala benalu yg ditrpkan olh US,.
    2++ skd atau bs dbntuk jd 3 skd skligus,udh mmdai utk fngsi sbg intercept black flight,.tnggal tmpatkan aja 1 skd di madiun,1 skd di biak dan 1 skd di medan,.
    Toh pd knytaammya itu hnya utk gnukan sbgai patroli,intrcept black flight sipil,identifikasi dan bs bs jg utk mlkukan fngsi2 yg lain,nmun ttp sftnya terbtas krn tdk akn mmpu mnghdpi tntngan kedpan yg lbh kompleks dlm perkmbngan situasi,.jk dmkian mngpa tdk radar yg mmpu mengcaouver slrh wilyh kta aja yg diprbnyak,.?bla jumlah radar udh mmpu mngcouver slrh wilyh RI mka peran medium fighter jd sgt2 berkurang,.krn udh pmntauan udh ada radar,jd patroli tdk trllu diperlukan,blpun ada pswt yg mlkukan plnggaran wilyah mka bla ia pswt sipil dan militer dlm hal ini bkn pespur tnggl F16 yg mngintercept,nmun jk pespur mka krhkan sukhoi family sbg lawannya,.
    Jgn rubah lg rncana pngdaan 1 skd SU35BM dgn mnrma kmbli hibah,krn pd knytaannya ktika trjdi case ambalat jilid 2 ataupun dinamika LCS ataupun konflik papua (dlm hal ini cmpur tngan asing)yg plg berpran dan terdepan dlm mnghdpi pespur2 kls berat ngra2 lain ttp fighter murni/pespur kls berat,ykni sukhoi family..
    Jgn sprti case ambalat dlu,bgtu dilecehkan,dan pd saat hndak mmbri pljran,tnga udh tdk ada,.jgn smpai jatu kelobang yg sma,bla jatuh kmbli kelobang yg sma mka pemimpin kta lbh tolol drpd keledai,..
    Dsmping sedia payung sblm hjan,ini jg akn mnmbah sangar AU kta,.dgn 2 skd Sukhoi famili sbgai garda depan dtmbh 3 skd kcil f16 kmdian 1 skd Golden eagle smpai 2014 sya ykin indonesia akn sgt disegani olh slrh ngra Asean dan ausie,.
    Blapun ada kmngkinan bs diambil mka jgn korbankan rncna pngdaan SU35BM..
    Bla menhan mngtkan jk kt trma kmbli hibah tsb mka kekuatan udra kta akn bertmbah 3 kali lipat,mka sya ykin,jka SU35BM yg dibeli bkn 3 x lipat bertmbah kekuatan udara kta,tp 6 x lipat,..

    BalasHapus