Senin, Juni 18, 2012
0
banon-subLEBANON-(IDB) : Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobatt) secara umum dinyatakan lolos yang kedua kalinya dalam pelaksanaan “Uji Kesiapan Operasional” materiil, perlengkapan, persenjataan dan kendaraan yang dilaksanakan oleh Tim COE (Contingent Owned Equipment) UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon), Kamis, (14/6/2012).
 
Hasil penilaian ini disampaikan oleh Ketua Tim COE Mr. Henry dari Ghana pada saat briefing akhir, usai pelaksanaan pengecekan Operational Readiness Inspection (ORI) langsung di lapangan.  Kedatangan tim penilai dari UNIFIL yang berjumlah 11 orang ini diterima oleh Wadansatgas Indobatt Letkol Mar FJH Pardosi didampingi perwira Staf Logistik Mayor Mar Agus, Kapten Kal Indra Aditya dan seluruh perwira staf yang membidangi masing-masing meteri.


Penilaian diawali dengan pemeriksaan di area UN POSN 7-1 meliputi Markas Batalyon, Kompi D, Kompi E dan Kompi Bantuan,  dilanjutkan ke Kompi Chetah yang berada di desa Az Ziqiyah, UN POSN 9-2. Selanjutnya, Tim COE memeriksa di Kompi Alphard yang berada di El Adaisse dan Kompi Bravo di Marjayoun, UN POSN 7-2.


Obyek pemeriksaan terdiri dari Major Equipment dan Self Sustainment. Untuk Major Equipment meliputi kendaraan tempur, kendaraan pendukung, alat berat Zeni, senjata, generator, minyak, peralatan kesehatan serta peralatan anti huru-hara. Sedangkan Self Sustainment antara lain meliputi pelayanan catering (food), komunikasi, perlengkapan kantor, pelayanan listrik, pemeliharaan bangunan, pelayanan laundry dan kebersihan compound.


Tim COE berasal dari kalangan sipil dan militer mempunyai latar belakang spesialisasi sesuai bidang masing-masing, pemeriksaan ini dilakukan setiap 3 (tiga) bulan sekali, untuk memastikan pemberian reimbursment benar-benar sesuai dengan kemampuan operasional Major Equipment dan Self Sustainment satuan yang ada.


UNIFIL sebagai perwakilan PBB di wilayah Lebanon menuntut seluruh satuan yang dikirimkan oleh Negara-negara pengirim atau Troops Contributing Country (TCC) memiliki kesiapan operasional sesuai standar yang telah ditetapkan, baik kesiapan personel, materiil maupun perlengkapannya.


Sumber : Poskota

0 komentar:

Posting Komentar