Kamis, Mei 31, 2012
0
BATAM-(IDB) : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono direncanakan mengunjungi Pulau Nipah, Sabtu (2/6/2012). Presiden antara lain akan menanam pohon di pulau perbatasan Indonesia-Singapura itu.

Komandan Kodim Batam Letnan Kolonel Ahmad Rizal Ramadhan menuturkan, Presiden direncanakan berkunjung sehari. Di sana, Presiden antara lain akan bertemu dengan TNI yang ditugaskan menjaga perbatasan.

"Sekarang kami sedang mempersiapkan kunjungan Presiden," ujarnya, Rabu (30/5/2012), di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Pulau Nipah adalah salah satu pulau terdepan Indonesia dan masuk wilayah Batam. Saat ini, pulau itu hanya dihuni TNI yang ditugaskan di sana.

Pemerintah berencana mengembangkan pulau itu sebagai pelabuhan tambat. Banyak kapal asing membutuhkan tempat tambat sementara untuk menanti giliran bongkar-muat di Pelabuhan Singapura.

Sebelum dijaga TNI, pulau itu sempat terabaikan dan nyaris tenggelam. Tanah di pulau itu dan pasir di sekelilingnya dikeruk dan dijual ke Singapura. Di Singapura, pasir itu dipakai untuk mereklamasi pantai sehingga daratan Singapura bertambah.'

Di masa Pemerintahan Megawati, pulau itu direklamasi sehingga luasnya bertambah dan tidak jadi tenggelam. Namun, pulau itu masih harus terus dikembangkan. 


Sumber : Kompas

0 komentar:

Posting Komentar