Selasa, Mei 15, 2012
0
DARWIN-(IDB) : Komandan Gugus Keamanan Laut Wilayah Timur (Danguskamlatim) Laksamana Pertama TNI Siwi Sukma Aji, menghadiri upacara pembukaan (opening Ceremony), Latihan Bersama (Latma) Cassowarry Exercise (Cassoex) tahun 2012 di Darwin Naval Base, Jum’at (11/05). Kehadiran Danguskamlatim di komplek militer gabungan komando utara Larrakeyah Barrack itu bersama dengan pejabat tinggi Angkatan Laut (AL) Australia, Commodore Braddon Wheeler, Director General Maritime Operation, Royal Australian Navy (RAN).

Turut hadir mendampingi pejabat tinggi AL kedua negara, Atase Laut Indonesia untuk Australia Kolonel Laut (P) Bambang Pramushinto dan Atase Laut Australia Untuk Indonesia Captain Katja Bizilj serta para pejabat latihan dan Perwira kapal perang yang terlibat dalam Latma tersebut. Berindak sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) adalahCommander Task Group (CTG) Cassoex 12 adalah, Commander Alex Hawes yang menjabat sebagai (Commander Sea Training Group, Minor War Vessels). Sedangkan komandan kontingen dari Indonesia Deputy Commander Task Group (DCTG) dijabat oleh Komandan KRI Kakap Mayor Laut (P) Himawan.

Pejabat Latma Cassoex 12, Commander Alek Haws dan Mayor Laut (P) Himawan membacakan laporan kesiapan dan rencana kegiatan latihan yang akan dilaksanakan selanjutnya. Pada kesempatan itu Director General Maritime Operation, Commodore Braddon Wheeler menyampaikan sambutan dan ucapan selamat datang di Darwin Naval Base kepada unsur Kapal Perang Republik Indonesi (KRI) yaitu KRI Kakap-811dan KRI Tongkol-813 beserta awak kapal dan tim pendukung lainnya.

Diakhir acara pembukaan Latma Cassoex 12, Danguskamlatim menyampaikan amanatnya mengenai kegiatan latihan tersebut diantaranya, latihan bersama Cassowary 12 merupakan bentuk kerjasama antara TNI Angkatan Laut dan Royal Australian Navy yang dilaksanakan secara rutin setiap dua tahun sekali. Latihan ini untuk meningkatakan hubungan bilateral dan kerjasama yang baik antara Indonesia dan Australia khususnya Angakatn Laut kedua negara.

Menurut Danguskamlatim, Indonesia dan Australia merupakan negara tetangga yang dipisahkan oleh lautan. Membutuhkan kerjasama dan komunikasi yang baik antara Angkatan Laut kedua negara untuk menjaga perairan laut masing-masing dari tindakan pelanggaran dilaut berupa penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing), pencurian kayu (illegal logging), penyelundupan manusia (illegal entry) dan penanggulangan aksi terorisme dilaut (maritime terrorism).Latma Cassoex 12, bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit KRI dan RAN serta menyamakan persepsi dan menjalin kordinasi ketika menangani korban bencana dan kecelakaan di laut”, kata Danguskamlatim.

Sebelum acara pembukaan dimulai, prajurit KRI Kakap dan KRI Tongkol mendapat undangan dari pihak RAN untuk melaksanakan jamuan minum kopi (coffee morning ) di markas HMAS Coonawarra, Darwin Naval Base. Kemudian pejabat latihan dan Perwira yang terlibat Satgas Latma Cassoex melaksanakan rapat kordinasi di Ruang Briefing Room HMAS Coonawarra. Rapat tersebut membahas tentang rencana operasi dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh unsur kapal perang kedua negara selama latihan berlangsung. 

Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar