Rabu, Maret 07, 2012
0
SURABAYA-(IDB) : Gugus Keamanan Laut Koarmatim melaksanakan apel gelar pasukan Latihan L-3 Terpadu  dalam rangka  Latihan Siaga Keamanan Laut. Dalam sambutannya pada apel gelar pasukan di dermaga Satkamla Bitung,(3/3). Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim Laksamana Pertama TNI Siwi Sukma Adji menekankan bahwa Latihan Siaga Keamanan Laut merupakan bagian dari Operasi Militer Selain Perang yang dilaksanakan oleh Guskamlaarmatim melalui operasi Alur Hiu dan Operasi Taring Hiu, dimana melibatkan unsur  KRI dan Pesud BKO Guskamlatim serta Lantamal VIII Manado beserta jajarannya sebagai salah satu unsur  pendukung.

Melalui kegiatan Latihan ini hendaknya dapat menjadi suatu momentum untuk mengukur kemampuan dan kesiapan prajurit serta alutsista yang dimiliki oleh TNI AL dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI Angkatan Laut.  Danguskamlatim mengajak seluruh komponen yang terlibat agar dapat lebih mendalami kemampuan masing-masing sekaligus memahami kekurangan yang ada, baik itu aspek personil, peralatan, alutsista dan yang tidak kalah pentingnya adalah prosedur setiap pelaksanaan kegiatan agar dapat dijadikan sebagai evaluasi untuk perbaikan dan pengembangan yang lebih baik.

Latihan Siaga Keamanan Laut dilaksanakan mulai tanggal 29 Februari sd 05 Maret 2012 melibatkan 3 (tiga)  KRI yaitu KRI AMY-351, KRI SRA-802, KRI TKL-813,Pesud Cassa U-625 dan Pangkalan TNI AL VIII Manado. Kegiatan latihan  dibagi  dalam dua tahap yaitu Tahap Latposko dan Tahap Manlap yang dilaksanakan pada tanggal 05 maret 2012. Adapun Materi Latihan meliputi : Hanlan, LSBA, Keluar Masuk Alur Pelabuhan, Q-Route Transit, Hanud,  Fashex, Flaghoist, Air Joinning Procedure dan VBSS (Visit, Boarding, Search and Seizure). Melalui kegiatan Latihan ini diharapkan terjadi sinergitas antara KRI, Pesud dan Lantamal VIII Manado beserta jajarannya.

Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar